Cara Merawat Tanaman Cantik Alocasia Odora dan Memperbanyaknya

Tinggal di dalam rumah memang membantu melindungi kita dari wabah virus saat ini, tapi itu bisa menjadi sangat sepi dan membosankan. Itulah mengapa kami merekomendasikan terapi hijau: merawat tanaman hias. Merawat tanaman atau mendekorasi rumah dengan tanaman hias tidak hanya menghidupkan rumah Anda; itu juga meningkatkan mood Anda.

Harga Alocasia Odora

Dan ini bahkan tidak akan menjadi hobi yang membebani, jika Anda memilih tanaman dengan pemeliharaan rendah seperti Alocasia. Secara khusus, kami merekomendasikan Alocasia odora. Tanaman ini memiliki daun yang besar dan subur, yang pasti akan menambah kesan dramatis di rumah Anda dengan sedikit usaha. Tanaman ini juga memiliki aroma yang manis, sehingga menambah tingkat kekayaan ekstra pada ruangan Anda. Dalam postingan ini, kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan Alocasia odora.

Perawatan Alocasia odora memerlukan campuran media tanam gembur yang mudah mengering menggunakan tanah, sekam bakar, dan cocopeat. Tempatkan Alocasia Anda di tempat dengan cahaya tidak langsung yang terang. Jendela yang menghadap ke timur sangat ideal. Jaga tanah tetap kering dan sirami hanya setelah 5 cm bagian atas tanah benar-benar kering.

Kisaran suhu yang ideal adalah antara 15 °C sampai 30 °C. Kelembaban harus sedang sampai tinggi sekitar 70% atau lebih. Beri pupuk tanaman Anda setiap dua minggu sekali dengan pupuk daun atau pupuk organik. Jangan memupuk secara berlebihan.

Profil Tanaman Alocasia Odora

Hal pertama yang akan Anda perhatikan tentang Odora adalah keindahannya yang mencolok. Tanaman rhizomatous tahunan ini dikenal dengan dedaunan hijau suburnya yang berbeda, yang ditopang pada batang yang kokoh. Daun ini berbentuk seperti telinga gajah, membuatnya terlihat sangat mirip dengan talas dan Colocasia gigantea. Apa yang membedakan Odora adalah fakta bahwa daunnya mengarah ke langit, sedangkan sebagian besar Colocasia mengarah ke bawah.

Setiap daun baru yang terbentuk pada tanaman ini cenderung memiliki warna hijau limau, dan mereka bersinar dengan indah sampai mulai menua dan terlihat lebih muda oleh daun yang lebih muda. Bagian lain yang menarik orang pada Alocasia Odora adalah bunganya.

Bunga-bunga itu memamerkan seludang dan tongkol persik pucat yang cantik. Lebih baik lagi, mereka memiliki aroma yang harum, yang menjadi lebih menonjol di malam hari. Ini menjelaskan mengapa tanaman ini juga disebut sebagai bunga bakung beraroma malam.

Panduan Perawatan Alocasia Odora

Tanah

Rahasia untuk membantu Alocasia Odora Anda berkembang adalah dengan meletakkan fondasi yang baik, dan itu dimulai dengan menggunakan campuran media tanam berkualitas. Saat memilih media untuk menanam tanaman ini, pertimbangkan salah satu yang memiliki drainase yang baik.

Ini memastikan tanaman tidak duduk di tanah yang basah, yang sebaliknya akan menyebabkan rimpang membusuk. Jika Anda menggunakan tanah biasa dicampur pasir, pastikan untuk memasukkan sedikit bahan organik untuk memperkayanya.

Anda selalu membuat campuran media tanam sendiri selama Anda bisa memastikannya porous. Campuran tradisional tanah, sekam, dan kompos bisa digunakan, atau Anda bisa memilih campuran sekam bakar, cocopeat, dan kompos.

Cahaya

Alocasia Odora paling baik diletakkan di tempat yang terpapar cahaya tidak langsung yang terang. Anda dapat meletakkannya di ambang jendela yang menghadap ke timur atau tempat yang terkena cahaya penuh baik dari jendela yang menghadap ke barat atau selatan.

Idealnya, cahaya alami adalah bentuk pencahayaan terbaik untuk tanaman hias. Ini karena menghasilkan keseimbangan yang sangat baik antara cahaya biru dan merah. Namun tidak semua orang mampu menyediakan jenis lampu ini.

Jika Anda menanam tanaman di ruang bawah tanah atau ruang lain tanpa akses cahaya alami, Anda harus melengkapi dengan sumber cahaya buatan. Secara khusus, kami merekomendasikan bola lampu neon, yang 2,5 kali lebih efektif dalam mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Yang terakhir adalah apa yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.

Selain itu, perlengkapan lampu ini menghasilkan panas yang sangat sedikit. Artinya Anda dapat menempatkan Alocasia Anda sedekat yang Anda inginkan dengan sumber cahaya.

Air

Berikut satu hal yang perlu Anda ketahui tentang Alocasia. Mereka lebih suka media tanam yang sedikit lebih kering. Artinya, kekurangan air lebih baik daripada kelebihan air, meskipun tidak satu pun dari situasi ini yang ideal. Jadi dalam hal frekuensi, tunggu hingga 5 cm teratas dari lapisan atas campuran tanah mengering sebelum disiram. Dengan mengikuti prinsip ini, Anda akhirnya akan menyirami Odora hanya sekali setiap tiga hingga empat minggu.

Selain memeriksa ketinggian air, cara lain untuk menentukan apakah Anda sudah menyiram tanaman secara berlebihan adalah dengan waspada terhadap tanda-tandanya. Tanda-tanda overwatering yang paling umum meliputi:

– Pangkal lonyot

– Media tanam berjamur

– Menguningnya daun tua

– Kematian tanaman

Suhu

Alocasia Odora lebih menyukai tempat dengan suhu hangat. Ini tidak mengherankan mengingat ini adalah tanaman tropis. Suhu ideal berkisar antara 15 °C sampai 30 °C. Hindari menempatkan tanaman Anda di dekat pintu dan jendela yang sering dibuka karena tidak tahan terhadap suhu dingin dengan baik. Dengan catatan yang sama, jangan letakkan tanaman di dekat unit AC.

Kelembaban

Mengenai kelembapan, Anda sebaiknya memberikan kelembapan sedang hingga tinggi; tidak kurang dari 70%. Jadi jika Anda tinggal di daerah beriklim gersang, Anda mungkin ingin membeli alat pelembab udara berkualitas. Sebagai alternatif, pertimbangkan untuk menyemprot odora Anda dengan botol semprot untuk mencegah daunnya mengering dan layu.

Nampan kerikil adalah solusi lain yang layak. Untuk membuat nampan kerikil, cari nampan tahan air; harus memiliki lebar yang hampir sama dengan alas pot Anda. Selanjutnya, letakkan kerikil di dalam nampan itu, lalu taruh tanaman di dalam pot Anda di atasnya. Isi nampan dengan air tetapi pastikan kerikil berada sedikit di atas permukaan air.

Mengapa menempatkan pot Anda di atas nampan kerikil membantu dalam kelembapan? Nah, air di dalam nampan kerikil tersebut akan mulai menguap. Akibatnya, tingkat kelembapan di sekitar tanaman akan meningkat.

Pupuk

Umumnya, Alocasia adalah penyerap nutrisi berat. Artinya, Anda harus mempersenjatai diri dengan pupuk berkualitas untuk memberi makan Odora Anda. Anda bisa memupuk tanaman Anda setiap dua minggu sekali.

Perbanyakan

Karena termasuk tanaman rhizomatous, cara termudah untuk memperbanyak Alocasia Odora adalah dengan menggunakan rimpang. Jika Anda menanam tanaman di luar ruangan, mulailah dengan menggali di sekitarnya; gali tidak kurang dari 30 cm agar Anda tidak merusak sistem akarnya. Selanjutnya, angkat tanaman dengan hati-hati dari permukaan tanah. Ini akan menunjukkan beberapa umbi panjang hanya sedikit di bawah permukaan tanah.

Jika Anda menanam Odora di dalam ruangan, ikuti proses yang cukup mirip. Namun gali secukupnya untuk menghindari kerusakan sistem akarnya. Langkah selanjutnya sangat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan tanah dan mencacah umbi. Anda kemudian dapat menanam masing-masing cacahan umbi ini di potnya sendiri.

Secara sederhana; isi pot yang berbeda dengan campuran media tanam pilihan Anda, lebih disukai yang kaya dan lembap. Tanam rimpang baru Anda dengan kedalaman yang sama seperti sebelumnya. Setelah ditanam, letakkan pot di tempat yang sebagian teduh. Ingatlah untuk menyirami tanaman baru Anda sesuai kebutuhan. Anda akan melihat pertumbuhan baru tidak lama lagi.

Pertumbuhan

Jika dibekali dengan semua kondisi yang tepat, Alocasia Odora Anda bisa tumbuh dengan sangat cepat. Artinya jika tanaman Anda tumbuh sangat lambat, bisa jadi dia menderita penyakit busuk batang atau akar. Ini juga bisa berarti tidak menerima cukup cahaya.

Dalam hal ukuran, Odora tumbuh setinggi 2,4 meter dengan penyebaran 60 sampai 90 cm. Daunnya sangat besar, tumbuh hingga 60 cm panjang dan lebar 30 cm.

Pot

Seperti Alocasia lainnya, Odora tidak perlu sering direpot. Anda mungkin hanya perlu merepottingnya setahun sekali setelah akarnya mapan. Jika Anda berencana untuk merepoting tanaman Anda, pastikan Anda memindahkannya ke campuran media tanam dengan sifat yang mirip dengan yang asli.

Artinya media tanam harus kaya dengan drainase yang baik. Meskipun pot juga harus lebih besar, tambahkan satu atau dua ukuran lebih tinggi. Dengan cara ini, drainase tanah tidak akan terganggu.

Masalah Umum dengan Alocasia Odora

Jika dirawat dengan baik, Alocasia Odora tumbuh dengan sehat, menjadi titik fokus di mana pun tanaman ditempatkan. Namun tanaman mungkin diserang oleh hama rumahan biasa, terutama tungau laba-laba dan kutu putih. Berikut adalah panduan sederhana tentang cara menangani masing-masing hama ini:

Tungau laba-laba

Karena namanya mungkin membuat Anda percaya, tungau laba-laba adalah makhluk berkaki delapan yang diklasifikasikan dalam keluarga arakhnida. Hama ini paling mungkin menyerang Alocasia Odora yang dibesarkan di dalam ruangan, sebagian karena mereka tidak menemui predator alami di rumah.

Jadi, bagaimana Anda tahu apakah tanaman Anda sedang diserang oleh tungau laba-laba? Nah, tanda yang paling menonjol adalah anyaman di tanaman Anda. Dedaunan yang dulunya hijau cerah juga bisa berubah menjadi kuning bercak.

Jika Anda melihat salah satu faktor ini, Anda harus segera bertindak. Mulailah dengan menyiram Odora Anda di bawah wastafel dapur. Keran shower juga bisa digunakan. Melakukan ini membantu mengusir hama dari tanaman. Selanjutnya, gunakan insektisida pilihan Anda. Lebih baik gunakan pestisida organik seperti minyak neem, dicampur dengan sedikit air. Tidak hanya efektif melawan hama rumah tangga biasa, pestisida organik juga tidak beracun. Artinya, Anda tidak perlu khawatir menggunakannya di hadapan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jika Anda menempatkan Odora di dekat tanaman lain, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memisahkannya. Periksa juga untuk memastikan tidak ada tanaman lain yang terserang hama ini.

Kutu putih

Selain tungau laba-laba, kutu putih adalah spesies lain yang mungkin menyerang Alocasia Odora Anda. Untungnya, ini juga salah satu yang termudah untuk diidentifikasi. Jika tanaman hias Anda terlihat seperti tertutup salju atau dedaunannya memiliki bintik-bintik putih kecil, kutu putih kemungkinan besar penyebabnya.

Untuk menghilangkannya, pertama-tama cari beberapa bola kapas dan penyeka. Basahi dengan alkohol, lalu gunakan untuk membersihkan dedaunan. Pastikan untuk membersihkan bagian dalam celahnya juga. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam 1 cangkir alkohol gosok dan satu liter air. Aduk kuat-kuat, lalu masukkan larutan yang dihasilkan ke dalam botol semprot.

Anda kemudian dapat menggunakan insektisida buatan sendiri ini untuk merawat Alocasia Anda, dan tanaman hias lain yang Anda curigai terinfeksi. Ulangi perawatan ini satu hingga dua kali setiap minggu, sampai Anda yakin bahwa masalahnya telah teratasi.

Tips Agar Alocasia Odora Bebas Masalah

Jika Anda ingin Alocasia Odora Anda tumbuh tanpa masalah, ada beberapa aturan yang harus Anda patuhi, seperti:

– Jangan biarkan tanaman Anda terkena sinar matahari langsung; bahkan jika Anda menanamnya di luar ruangan, letakkan di tempat yang teduh sebagian

– Biarkan beberapa cm lapisan atas tanah mengering di antara penyiraman

– Pertahankan suhu hangat; 15 °C hingga 30 °C dan kelembapan sedang (setidaknya 70%)

– Ingatlah untuk memupuk tanaman Anda setiap dua minggu sekali, tetapi kurangi frekuensinya selama musim dingin

– Repot Odora Anda jika akarnya terlalu penuh untuk memberinya lebih banyak ruang untuk pertumbuhan

Tanya Jawab tentang Alocasia Odora

Apakah Alocasia Odora berbahaya?

Semua bagian tanaman mengandung biomineral umum yang dikenal sebagai kalsium oksalat. Biasanya ini ditemukan dalam bentuk kristal, senyawa ini bersifat toksik. Jika Anda menelan secara tidak sengaja, Anda akan merasa mulut, lidah, dan tenggorokan Anda seperti ditusuk dengan ribuan jarum kecil.

Namun biomineral ini rusak setelah tanaman dikeringkan atau dimasak sepenuhnya, sehingga tidak beracun. Jadi jika Anda ingin mengkonsumsinya, keringkan seluruhnya atau masak, jika tidak, itu tidak aman. Namun ada kelompok orang tertentu yang harus menghindari makan tanaman ini sama sekali, yaitu penderita:

– Reumatik

– Radang sendi

– Encok

– Batu ginjal

– Hiperasiditas

Mengapa daun di Alocasia Odora saya terkulai?

Ada beberapa alasan mengapa daun tanaman Anda bisa terkulai, seperti:

– Kelebihan atau kekurangan air

– Kekurangan nutrisi

– Hama

– Pencahayaan tidak memadai

Pertama, periksa jadwal penyiraman Anda dan tentukan apakah perlu disesuaikan. Ingatlah untuk memberikan waktu yang cukup untuk mengeringkannya di antara penyiraman. Jika jadwal penyiraman Anda bukan penyebabnya, pertimbangkan pencahayaan di tempat Anda meletakkan tanaman. Apakah tanaman menerima cukup cahaya alami?

Jika tidak, pertimbangkan untuk melengkapi dengan beberapa lampu tumbuh. Jika semua faktor ini bukan masalahnya, itu berarti tanaman Anda telah tumbuh lebih besar dari potnya. Alocasia merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh pesat, tidak terkecuali odora. Jika demikian, pertimbangkan untuk memindahkannya ke pot yang sedikit lebih besar.

Kesimpulan

Salah satu tanaman indoor terbaik yang bisa Anda tambahkan ke rumah Anda adalah Alocasia Odora. Ini luar biasa, vibrant, dan harum. Selain itu, perawatannya sangat mudah. Yang dibutuhkan hanyalah cahaya terang tidak langsung, kelembapan sedang, suhu hangat, dan air hanya jika diperlukan.

Komentar