Cara Merawat Tanaman Hias Anthurium Hookeri

Tanaman anthurium hookeri adalah salah satu jenis tanaman unik. Ini bukan jenis tanaman tropis yang selalu bisa Anda temukan di rumah pencinta tanaman karena sekarang tidak terlalu dikenal luas seperti dulu waktu booming anthurium gelombang cinta. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung serta tanah yang lembab untuk tumbuh. Menggunakan tanah yang berdrainase baik akan mencegah kelebihan atau kekurangan penyiraman pada tanaman ini.

Harga Anthurium Hookeri

Di daerah tropis, tanaman Anthurium hookeri bersifat epifit. Tapi apa sebenarnya arti epifit? Tanaman epifit memiliki kemampuan luar biasa untuk tumbuh tanpa tanah. Di hutan tropis tempat asal tumbuhan ini, mereka tumbuh di atas tumbuhan lain dan bahkan pohon. Tapi itu bukan satu-satunya hal keren tentang Anthurium hookeri. Tanaman Anthurium ini menumbuhkan buah beri putih.

Mereka juga menumbuhkan bunga yang mempesona di tengah tanaman. Oleh karena itu julukannya sebagai “Anthurium Sarang Burung.” Tanaman Anthurium ini juga menghasilkan daun keriput dengan warna hijau penuh dan subur. Mereka terlihat tropis seperti aslinya. Meskipun mereka bukan tanaman yang umum, mereka sepadan dengan usaha yang dilakukan untuk merawatnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk merawat tanaman Anthurium hookeri baru Anda.

Petunjuk Perawatan Tanaman Anthurium Hookeri

Tanah

Menurut University of Florida, tanah yang bisa mengeringkan air dengan baik sangat cocok untuk tanaman Anthurium. Ini termasuk Anthurium hookeri. Tanah yang seperti ini bisa mencegah penyiraman yang berlebihan dan penyiraman yang kurang pada tanaman Anda. Jenis tanah ini memiliki bahan yang menahan kelembapan yang dibutuhkan tanaman saat Anda menyiramnya.

Tapi tanah juga perlu cukup aerasi agar air berlebih jatuh ke dasar. Pot tanaman dengan lubang drainase membantu agar air berlebih mengalir alih-alih duduk di dasar tanah. Untuk tanaman Anthurium hookeri, gunakan setengah tanah dan setengah cacahan pakis. Ini adalah kombinasi media tanam dengan drainase yang baik. Periksa kembali tanah untuk melihat apakah air masih bisa mengalir keluar seperti seharusnya. Jika tidak, pertimbangkan untuk menambahkan sekam bakar ke dalam campuran tanah Anda.

Cahaya

Tanaman anthurium hookeri membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung untuk menunjang kesehatan yang optimal. Mereka perlu menyerap banyak cahaya untuk berkembang dan berfotosintesis. Tanpa banyak cahaya, akan ada lebih sedikit bunga yang tumbuh di dalam daun. Semakin banyak bunga, maka semakin meriah.

Namun tanaman ini rentan jika terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung bisa menghanguskan daun dan meninggalkan bekas mengerikan yang tidak kunjung sembuh. Ini juga berlaku untuk bentuk pencahayaan lain. Jika Anda menggunakan lampu artifisial, bukan alami, Anda tetap perlu melindunginya dari cahaya langsung.

Jangan letakkan tanaman Anda tepat di bawah lampu buatan. Di tempat Anthurium ini berasal, tanaman ini menerima banyak sinar matahari. Tetapi mereka terlindungi dari sinar langsung karena mereka tumbuh di bawah tanaman yang lebih besar.

Air

Seperti kebanyakan tanaman Anthurium, Anthurium hookeri membutuhkan tanah yang lembab (tetapi tidak jenuh). Anda harus menghindari penyiraman berlebihan pada tanaman ini. Ini akan menyebabkan kesehatan yang buruk, jamur, atau bahkan pembusukan akar. Saat tanah terlalu jenuh, oksigen tidak bisa sampai ke akar. Faktor ini dan kelimpahan air bisa membusukkan akar tanaman.

Jika semua akarnya membusuk, tanaman Anthurium Anda tidak akan bertahan. Yang terbaik adalah mencoba menghindari penyiraman berlebihan pada tanaman Anda dengan segala cara. Atau setidaknya hentikan busuk akar sebelum menyebar ke semua akar.

Tetapi Anda juga tidak boleh kurang menyirami tanaman. Tanaman yang kurang air tumbuh lambat. Jika dibiarkan terendam dalam waktu lama, tanaman akan mati. Untuk memeriksa apakah tanaman Anthurium hookeri Anda membutuhkan air, letakkan jari Anda di tanah ke buku jari besar Anda.

Saat tanah masih lembap sampai ujung jari, Anda bisa melewatkan menyiram tanaman. Anda akan melihat bahwa tanah menempel di jari Anda saat Anda menariknya keluar dari tanah. Bila tanah di ujung jari Anda kering, sekarang saatnya menyirami Anthurium.

Suhu

Tanaman Anthurium hookeri harus berada di lingkungan dengan kisaran suhu 21 sampai 32 derajat Celsius. Karena ini adalah tanaman tropis, suhu tidak boleh turun lebih rendah dari 13 Celsius. Mereka tidak dapat menahan suhu dingin untuk waktu yang lama. Jangan biarkan embun beku berkembang di daun Anthurium hookeri Anda jika Anda tinggal di daerah empat musim.

Kelembaban

Kelembaban tinggi paling baik untuk tanaman Anthurium hookeri. Mereka membutuhkan banyak kelembapan seperti yang mereka terima di hutan tropis. Untuk Anthurium ini, Anda menginginkan tingkat kelembapan sekitar 80%. Kebanyakan rumah tidak memiliki kelembapan tinggi, terutama rumah di daerah kering. Tapi menciptakan kelembapan itu sangat mudah.

Metode paling populer untuk menciptakan kelembapan adalah metode nampan kerikil. Ini mudah dilakukan dan murah. Anda membutuhkan nampan, kerikil, dan air. Itu saja. Isi nampan sampai paling atas dengan kerikil halus. Setelah nampan penuh dengan kerikil, isi nampan dengan air. Pastikan air tidak melebihi kerikil.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menempatkan Anthurium hookeri Anda di atas nampan kerikil berair itu. Saat air menguap, ini menciptakan kelembapan di udara. Kelembaban ini langsung masuk ke tanaman Anda. Setiap kali air habis, isi kembali nampan. Metode umum lainnya adalah menyemprot daun Anda dengan air bersih dari botol semprot. Air akan menguap, menciptakan kelembapan.

Saat Anda menggunakan metode ini, berhati-hatilah untuk tidak membuat daun Anda basah kuyup. Terlalu banyak air akan menempel di daun Anda dan menciptakan jamur. Ini sama dengan menyiram tanaman Anda secara berlebihan. Anda juga bisa membeli humidifier. Mesin ini tidak hanya memungkinkan Anda menciptakan kelembapan tetapi sebagian besar memungkinkan Anda memutuskan seberapa banyak kelembapan yang akan dibuat.

Pupuk

Anda harus memupuk tanaman Anthurium hookeri sebulan sekali saat masih tumbuh. Saat tanaman Anda sudah dewasa, Anda hanya perlu memupuknya setiap tiga atau empat bulan sekali. Tanaman Anthurium ini membutuhkan pupuk dengan jumlah fosfat yang tinggi. Fosfat memastikan daun tanaman Anda subur.

Pupuk harus setengah kekuatan. Pupuk berkekuatan penuh bisa terlalu banyak dan menyebabkan garam menumpuk di tanah.

Perbanyakan

Cara paling mudah untuk membudidayakan Anthurium hookeri adalah dengan menggunakan stek batang. Tetapi mungkin juga untuk memperbanyak tanaman ini menggunakan bijinya. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi dibandingkan dengan mencoba memperbanyak tanaman lain dengan biji.

Teruskan membaca untuk mengetahui cara memperbanyak Anthurium hookeri Anda menggunakan salah satu metode.

Pertumbuhan

Tanaman Anthurium hookeri tidak tumbuh terlalu besar. Mereka biasanya hanya tumbuh antara 10 cm hingga 60 cm tingginya. Daun pada tanaman ini tumbuh antara 30 cm dan 90 cm panjangnya.

Pot

Tanaman Anthurium hookeri tumbuh lebih lambat daripada banyak tanaman dalam ruangan lainnya. Jadi, Anda hanya perlu mengepot ulang setiap dua hingga tiga tahun. Periksa lubang drainase di pot tanaman Anda. Saat akarnya mulai menjalar, inilah saatnya menanam kembali tanaman Anda.

Meskipun perlu waktu lama antara melakukan pot ulang, Anda tetap harus melakukannya. Jika tidak, pertumbuhan tanaman Anda akan melambat atau bahkan berhenti sama sekali. Tanaman Anthurium hookeri mudah direpotting tetapi harus hati-hati dengan akarnya. Semua akar rapuh dan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk merusaknya. Karena tanaman ini bersifat epifit, Anda tidak perlu menanam akarnya terlalu dalam ke tanah.

Langkah Perbanyakan Anthurium Hookeri

Jika Anda pemula dalam memperbanyak tanaman, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah menggunakan stek batang. Ini adalah metode termudah dan tersukses untuk digunakan. Tetapi jika Anda ingin mencoba sesuatu yang lain, kami juga akan memandu Anda melalui perbanyakan menggunakan benih.

Menggunakan Stek Stek

– Anda membutuhkan stek batang Anthurium hookeri yang sehat. Potongan batang ini setidaknya harus sepanjang 7 cm dan harus ada dua mata tunas. Pastikan Anda memotong tepat di bawah mata tunas. Sebelum Anda memotong, sterilkan gunting pangkas Anda. Anda dapat menggunakan alkohol isopropil 70% untuk mensterilkannya. Anda dapat menemukan alkohol ini di sebagian besar toko umum.

– Setelah batang dipotong, Anda harus membiarkannya selama seminggu. Cuttingan harus diletakkan di atas handuk kertas di lingkungan yang hangat. Hal ini memungkinkan ujung potongan dari stek batang untuk kering mengapal. Ujung yang mengapal membantu pembentukan akar di kemudian hari.

– Sementara Anda menunggu cuttingan batang sembuh, pertimbangkan untuk menyiapkan semuanya. Pot tanaman Anda harus memiliki lubang drainase di bagian bawah untuk mencegah air menggenang. Isi dengan tanah yang memiliki drainase baik.

– Setelah seminggu berlalu, Anda dapat melanjutkan dan menanam stek batang Anda. Gunakan jari Anda untuk membuat lubang sempit di tanah. Lubang harus setinggi buku jari besar Anda. Tempatkan cuttingan batang di lubang ini dan pendam dengan tanah di sekitarnya. Tanah yang padat akan menahan batang cuttingan dengan tegak.

– Jika Anda mengalami masalah dalam menjaga batang tetap tegak, pertimbangkan untuk menggunakan tongkat kecil. Ikat tanaman ke tongkat hingga bisa berdiri sendiri.

– Sekarang setelah cuttingan batang Anda berada di dalam tanah, Anda dapat melanjutkan dan merawatnya. Pastikan Anda menyiramnya agar tanah tetap lembab. Dan pastikan mendapatkan sinar matahari tidak langsung yang memadai. Jika tanaman Anthurium Anda berada di jendela, putarlah sehingga semua sisi mendapat cukup cahaya. Sebelum Anda menyadarinya, stek batang Anda akan menjadi tanaman Anthurium hookeri baru.

Menggunakan Biji

– Untuk memperbanyak Anthurium hookeri menggunakan biji, Anda membutuhkan tanaman yang menghasilkan biji. Tanaman Anthurium induk akan berbuah. Pada tanaman ini, buahnya adalah buah beri putih. Saat tanaman Anda pertama kali mulai tumbuh, Anda akan melihatnya mulai sebagai jantan dan kemudian berubah menjadi betina. Saat tanaman masih jantan, Anda harus mengumpulkan serbuk sari yang dilepaskannya dan menyimpannya di dalam lemari es.

– Sekarang Anda harus menunggu tanaman induk berubah menjadi betina. Anda akan tahu itu berubah saat tongkol bergelombang, bahkan mungkin mulai mengeluarkan zat seperti getah. Setelah itu menjadi betina, Anda perlu menyebarkan serbuk sari yang Anda kumpulkan sebelumnya ke tongkol. Kuas kecil atau bahkan kapas dapat digunakan untuk tugas ini.

– Butuh setidaknya enam bulan bagi Anthurium untuk mulai berbuah. Saat buah sudah matang, tarik buah dari tanaman. Di dalam buah beri akan ada banyak biji.

– Biji akan tertutup zat lengket. Anda harus membersihkan zat ini dari biji dan membiarkannya mengering setidaknya selama 24 jam.

– Siapkan pot tanaman Anda. Ini harus memiliki lubang drainase di bagian bawah. Pastikan Anda menggunakan tanah yang memiliki drainase yang baik.

– Tanam benih tepat di bawah permukaan dan beri jarak di antara mereka. Jangan sampai benih ditanam terlalu dalam. Tutupi benih dengan tanah sepenuhnya.

– Tutupi pot tanaman selama perkecambahan biji. Itu membantu mempercepat proses dengan menjaga kelembapan yang terkandung. Anda tetap perlu memeriksa tanah sesekali untuk memastikan tanah tidak menjadi jenuh.

– Setelah benih berkecambah, Anda bisa melepas sungkupnya. Tugas berikutnya adalah merawatnya seperti yang Anda lakukan pada tanaman Anthurium hookeri induk. Jaga tanah tetap lembab dan pastikan mendapat cukup sinar matahari tidak langsung.

Varietas Anthurium

Anthurium adalah tanaman menyenangkan dengan banyak jenis. Mereka menghasilkan buah dan bunga yang unik. Dan Anda tidak bisa mengesampingkan dedaunan penuhnya. Ada begitu banyak spesies Anthurium untuk dipilih. Berikut adalah beberapa favorit orang selain tanaman Anthurium hookeri.

Anthurium aramon

Anthurium ini adalah tanaman yang indah. Ini menghasilkan bunga merah tua. Bunga-bunga ini tumbuh di samping daun hijau subur yang dibuat oleh setiap Anthurium.

Anthurium elido

Tanaman Anthurium elido juga disebut sebagai “White Flamingo Anthurium.” Ini karena menghasilkan bunga putih bersih yang cocok dengan dekorasi rumah apa pun.

Anthurium livium

Tanaman ini adalah salah satu tanaman Anthurium favorit orang. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini luar biasa. Warnanya sangat merah muda dengan garis putih cantik yang mengalir ke tengah.

Anthurium turenza

Anthurium turenza memiliki beberapa bunga merah paling terang yang bisa Anda temukan pada tanaman tropis dalam ruangan. Tidak hanya cerah, tetapi juga memiliki kualitas berkilau untuk menarik perhatian Anda.

Masalah Umum dengan Anthurium Hookeri

Hama tanaman adalah masalah yang paling umum terjadi pada tanaman Anthurium hookeri. Mereka rentan terhadap banyak perayap menyeramkan yang berbeda. Jika Anda akan menemukan hama tanaman pada tanaman ini, kemungkinan besar itu adalah kutu putih.

Kutu putih

Kutu putih adalah hama yang menyebalkan. Mereka terlihat dalam bahan seperti kapas yang menonjol saat Anda memeriksa tanaman Anda. Petunjuk utama lainnya saat tanaman Anda mengalami infestasi adalah ketika tanaman Anda memiliki zat lilin yang lengket. Zat lilin ini adalah limbah. Saat makan kutu putih, ia meninggalkan limbah ini untuk mengosongkan perutnya.

Hama tanaman ini memakan getah di dalam tanaman Anda. Ini berarti mereka mencuri semua nutrisi dan hidrasi penting yang dibutuhkan tanaman Anda. Mereka membuat tanaman Anda sakit dan jika infestasi dibiarkan terlalu lama mereka bahkan bisa membunuhnya.

Thrips

Serangga lain yang menyukai tanaman Anthurium adalah thrips. Thrip adalah makhluk yang sangat kecil dan mereka sulit untuk disingkirkan begitu infestasi dimulai. Mereka sulit untuk dihilangkan karena thrips berkembang biak dengan cepat. Tanaman Anda akan mulai diserang beberapa serangga. Tapi dalam seminggu, hama itu akan berlipat ganda.

Pada infestasi thrip, Anda akan melihat sesuatu yang tampak seperti potongan kecil benang pada tanaman Anda. Ini adalah serangga yang sebenarnya. Saat Anda mengguncang tanaman, mereka mungkin mencoba terbang menjauh. Tapi sayap mereka sangat ringan, mereka tidak bisa terbang terlalu jauh.

Mereka menggunakan mulut berbentuk jarum tajam untuk menembus tanaman Anda. Kemudian mereka menyedot getahnya. Seperti kutu putih, thrips mencuri energi dan kehidupan dari tanaman Anthurium hookeri Anda. Karena thrips berkembang biak dengan sangat cepat, ada ratusan mulut yang memakan tanaman Anda dalam waktu singkat. Ini akan memiliki konsekuensi yang mengerikan jika tidak ditangani.

Pertahanan lebih baik daripada serangan dalam situasi ini. Salah satu cara untuk mencegah hama tanaman adalah dengan memeriksa setiap tanaman baru yang Anda bawa ke rumah. Anda juga harus mencuci daun Anthurium hookeri sesuai kebutuhan. Debu yang menumpuk bisa menarik hama tanaman.

Jika Anda sudah mengalami infestasi, coba minyak neem terlebih dahulu. Minyak neem bersifat alami dan Anda dapat menggunakannya pada sebagian besar tanaman. Anda perlu menguji area kecil terlebih dahulu agar aman. Selalu encerkan minyak neem dengan air. Isi botol semprotan bersih dengan kedua cairan dan kocok. Setelah Anda mengencerkan minyak, lanjutkan dan semprotkan tanaman Anthurium Anda. Dalam beberapa menit, hama tanaman akan mati.

Minyak neem adalah zat yang kental, sehingga dapat mematikan sebagian besar hama. Dan setelah mereka mati, Anda dapat menyeka serangga dari tanaman Anda. Karena beberapa serangan sulit dihentikan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan penggunaan pestisida untuk tanaman dalam ruangan. Tetapi ini harus menjadi pilihan terakhir Anda karena mengandung begitu banyak bahan kimia.

Tips untuk Anthurium Hookeri yang Kurang Sehat

Anthurium hookeri rentan terhadap beberapa masalah, seperti kebanyakan tanaman Anthurium. Tetapi sebagian besar masalah ini mudah diatasi. Jadi, jika tanaman Anda tampak tidak bahagia, Anda bisa menghiburnya dengan sedikit usaha. Berikut adalah masalah paling umum pada tanaman Anthurium hookeri dan cara mengatasinya.

Daun Tanaman Anthurium Hookeri Menjadi Cokelat di Pinggirannya

Saat tepi daun Anthurium hookeri berubah warna menjadi coklat, ia tidak mendapatkan kelembapan yang dibutuhkan untuk berkembang biak. Jangan pernah lupa bahwa ini adalah tanaman tropis. Tanaman ini berasal dari Ekuador. Jadi, mereka tumbuh subur pada jumlah kelembaban yang tinggi di udara.

Ada beberapa cara untuk menciptakan kelembapan bagi tanaman. Cara termudah adalah dengan memasang humidifier di dekatnya. Setelah Anda mendapatkan kelembapan tinggi untuk tanaman Anda, semuanya akan jauh lebih baik. Anda mungkin harus memangkas daun yang busuk untuk tujuan estetika.

Tanaman Anthurium Hookeri Tidak Tumbuh

Pertumbuhan terhambat pada tanaman Anthurium hookeri adalah tanda penyiraman berlebihan. Saat Anda menjenuhkan tanah, oksigen tidak bisa masuk. Tanpa oksigen, akar Anda tidak dapat menyerap nutrisi yang menyebabkan pertumbuhan atau bahkan meningkatkan pertumbuhan. Jika Anda membiarkan masalah penyiraman terlalu lama, akarnya akan membusuk.

Anda dapat memeriksa tanah Anthurium dengan cara menempelkan jari Anda ke dalam tanah. Anda harus bisa merasakan apakah tanahnya kering, lembab, atau jenuh. Karena Anda tahu dari pertumbuhan terhambat bahwa akar tanaman Anda tidak mendapatkan cukup oksigen, periksa akarnya. Cari busuk dan lihat seberapa jauh kemajuannya.

Anda dapat memangkas akar yang buruk jika hanya sedikit yang busuk. Jika semua akarnya busuk, tanaman Anthurium hookeri tidak akan bertahan. Anda harus mulai memeriksa tanah sebelum menyiram tanaman. Tempelkan jari Anda di tanah, Anda akan merasakannya kering. Tanaman Anda haus dan inilah waktunya untuk menyiraminya. Dan jika lembab, tanah akan menempel di jari Anda saat Anda mencabutnya dari tanah. Anda harus menunda penyiraman dan memeriksanya lagi dalam beberapa hari.

Komentar