Cara Merawat dan Memperbanyak Sirih Gading Njoy / Pothos Njoy

Sirih gading njoy alias pothos njoy adalah salah satu tanaman hias rumahan yang sangat populer. Orang sangat tertarik dengan tanaman gantung ini karena fungsionalitas dan keserbagunaannya. Anda bebas menanamnya secara horizontal di turus atau meletakkannya di pot gantung untuk menciptakan kesan yang lebih dramatis. Saya memilih yang terakhir, karena penempatan ini juga membuat rumah saya terlihat lebih besar.

Harga pothos njoy

Dari segi fungsionalitas, tanaman ini menambah keindahan dan juga memurnikan udara dalam ruangan. Jika Anda ingin memelihara tanaman ini, berikut adalah panduan mendetail tentang merawat Pothos Njoy.

Pothos atau Epipremnum aureum memiliki banyak varian berbeda seperti Marble Queen Pothos dan Snow Queen Pothos menurut University of Florida.

Panduan Perawatan Pothos Njoy

Tanah

Satu hal yang disukai dari pothos njoy adalah tidak pilih-pilih dalam campuran media tanamnya. Anda bisa menanamnya di tanah mana saja selama memiliki drainase yang baik. Namun jika tidak ingin tanaman Anda menghadapi risiko diserang hama atau patogen, pilih media yang steril. Ini adalah substrat yang benar-benar bebas dari semua organisme hidup.

Anda bisa menggunakan campuran media tanam yang terbuat dari sekam bakar. Media ini mampu mempertahankan kelembapan dan nutrisi cukup lama untuk diserap oleh akar.

Cahaya

Pothos Njoy dapat berkembang dalam berbagai kondisi pencahayaan, termasuk cahaya redup. Namun pencahayaan dalam ruangan sedang adalah yang paling direkomendasikan. Sekalipun dapat mentolerir cahaya redup, tanaman ini kemungkinan akan kehilangan variegasinya. Bagaimana Anda bisa tahu apakah pothos njoy Anda menerima cahaya yang cukup? Nah, tanda yang paling umum adalah daunnya akan menjadi lebih hijau.

Dengan menjadi lebih hijau, mereka dapat memanfaatkan sebanyak mungkin cahaya yang kecil. Dengan cara ini, mereka masih bisa membuat makanan dan energi untuk tanaman. Untuk membalikkan kondisi ini, cukup pindahkan tanaman Anda ke area dengan pencahayaan lebih.

Di sisi lain, tanaman Anda mungkin menerima terlalu banyak cahaya. Jika ini terjadi, daunnya akan menjadi kuning pucat atau putih. Untuk membalikkan kondisi ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memindahkan tanaman ke area yang lebih teduh.

Sekarang, baik Anda menumbuhkan Njoy di dalam atau di luar ruangan, yang terpenting adalah Anda melindunginya dari sinar matahari langsung. Jika terkena sinar matahari langsung, sinar UV akan menghanguskan daunnya.

Air

Pothos njoy tumbuh paling baik di tanah yang lembab. Oleh karena itu, Anda harus menyiraminya dari waktu ke waktu. Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati untuk tidak menyiramnya secara berlebihan. Meski menjadi salah satu tanaman hias yang paling tangguh, Njoy masih rentan terhadap “kaki basah.”

Kondisi tersebut disebabkan oleh dua hal utama, yaitu drainase yang buruk dan overwatering. Untuk mencegahnya, sebaiknya biarkan bagian atas 2 hingga 3 cm tanah mengering sebelum disiram. Seperti halnya cahaya, indikator paling umum bahwa Anda terlalu banyak menyiram tanaman adalah kondisi daunnya.

Menariknya, sirih gading njoy berperilaku sama dalam kedua kasus tersebut. Artinya, mereka menjadi coklat dan layu baik saat Anda kurang atau kelebihan menyiram tanaman. Lalu, bagaimana Anda bisa membedakan antara overwatering dan underwatering? Sederhana. Letakkan jari telunjuk Anda setidaknya 2 cm di bawah permukaan tanah. Jika lembab, berarti Anda perlu menunda penyiraman. Tapi jika kering, itu artinya Anda perlu menyiramnya.

Suhu

Untuk Pothos Njoy yang ditanam di dalam ruangan, suhu yang tepat minimal adalah 10 °C. Tanaman ini umumnya akan berkembang dalam suhu mulai dari 18 °C hingga 29 °C. Pastikan untuk menjaga suhu kamar di area tempat Anda menyimpan tanaman ini. Ini berarti menempatkannya jauh dari peralatan seperti unit pemanas dan unit AC Anda.

Kelembaban

Tanaman ini tidak keberatan dengan tingkat kelembapan yang rendah. Namun pothos njoy berasal dari iklim tropis, yang berarti hidup lebih baik di lingkungan yang lembab. Untuk pertumbuhan optimal, pertahankan kelembapan dalam kisaran 50 hingga 70%.

Pupuk

Pothos njoy adalah penyerap nutrisi ringan, artinya mereka dapat hidup tanpa pupuk. Namun karena sebagian besar tanah media tanam kekurangan nutrisi penting, Anda dapat menerapkan pupuk yang seimbang. Beri nutrisi tanaman Anda baik bulanan atau dua bulanan untuk meningkatkan pertumbuhannya. Selain itu, pastikan pupuk yang Anda gunakan ditujukan untuk tanaman hias.

Perbanyakan

Anda perlu memperbanyak pothos njoy karena tanaman ini tumbuh cepat dan lebih panjang dari yang diinginkan. Untungnya, memperbanyak tanaman ini sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memotong tanaman dan menanamnya di tempat lain.

Hal terpenting yang harus diingat saat memperbanyak adalah dengan menggunakan batang yang tampak sehat. Idealnya, daunnya tidak kurang dari empat. Ini juga harus memiliki mata tunas di pangkalan. Mata tunas adalah titik di mana akar tumbuh; karenanya cuttingan harus memiliki setidaknya satu mata tunas.

Setelah Anda menanam stek Anda, baik di dalam tanah maupun di air, akar akan mulai terbentuk dalam dua minggu. Pada saat itu, Anda dapat memindahkan cuttingan Anda ke wadah baru untuk ditumbuhkan atau membiarkannya di tempatnya. Jika Anda meletakkan setek di dalam air dan ingin memindahkannya ke tanah, lakukan pemindahan ini secepat mungkin.

Jika Anda menunggu terlalu lama, akarnya akan menjadi terlalu besar. Akibatnya tanaman akan kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan di tanah. Cara lainnya, biarkan stek Anda terus berkembang di dalam air.

Pertumbuhan

Pothos Njoy adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh sangat tinggi, hingga setinggi 3 meter. Namun merawat tanaman merambat semacam itu bisa jadi rumit. Terkadang tanaman ini tumbuh sangat tinggi tanpa menghasilkan banyak daun. Inilah yang oleh para ahli disebut sebagai tanaman yang menjadi “berkaki panjang.” Ini bisa menyebabkan batangnya melemah. Akhirnya, batang menjadi terlalu lemah untuk mempertahankan posisi tegaknya.

Jika Anda memiliki Njoy yang terlalu panjang, berikut beberapa hal yang dapat Anda coba:

Pemangkasan

Mulailah dengan memeriksa batang tanaman Anda dan cari scar. Scar adalah titik di mana daun menempel pada batang utama. Selanjutnya, potong batang sedikit di atas scar. Gunakan pisau tajam atau gunting taman untuk membuat potongan yang rapi. Setelah dipangkas, tanaman akan menghasilkan batang baru di scar di bawah titik potong. Ini akan menghasilkan tanaman yang lebih pendek dan lebih rimbun.

Pindah ke lokasi yang lebih cerah

Jika Anda pernah mengamati pothos njoy yang ditanam di area yang cukup terang, Anda pasti sudah memperhatikan betapa rimbunnya tanaman tersebut. Sebaliknya, tanaman yang tumbuh di tempat yang kurang penerangan akan tumbuh tinggi dan kurus. Untuk tanaman ini, mereka cenderung tumbuh ke arah sumber cahaya. Hasilnya, jarak antara setiap mata tunas bertambah, menciptakan tampilan yang tipis.

Pot

Saat akar pothos njoy Anda memenuhi pot (rootbound), solusi terbaik adalah merepoting di wadah yang berbeda. Rootbound berarti tanaman telah tumbuh begitu banyak sehingga akarnya tidak lagi memiliki ruang untuk berkembang.

Bagaimana Anda bisa tahu bahwa sudah waktunya merepoting pothos njoy Anda? Biasanya, daun akan mulai layu dan terus layu bahkan saat Anda menyiramnya. Jika Anda curiga tanaman Anda rootbound, keluarkan dengan hati-hati dari pot dan periksa.

Jika memang sudah sampai di titik ini, cari pot lain yang ukurannya lebih besar. Isi dengan pot tanah segar dan pindahkan tanaman Anda.

Masalah Umum pada Pothos Njoy

Meskipun perawatannya mudah, pothos njoy dapat mengalami beberapa masalah, termasuk:

Pertumbuhan terhambat

Ada beberapa alasan mengapa njoy Anda bisa mengalami pertumbuhan yang terhambat. Bisa jadi karena kekurangan nutrisi, infestasi serangga / hama, atau terlalu sedikit cahaya. Selidiki semua kemungkinan penyebab ini dan perbaiki seperlunya.

Bercak coklat

Masalah umum lainnya adalah bercak coklat pada daun. Hal ini dapat disebabkan oleh tanaman yang terlalu banyak disiram, sehingga Anda harus mengurangi frekuensi penyiraman. Memaparkannya pada terlalu banyak cahaya /  cahaya yang sangat kuat kemungkinan merupakan penyebab lain dari masalah ini. Paparan seperti itu menyebabkan daun terbakar, itulah sebabnya mereka menjadi coklat. Jika ini penyebabnya, pindahkan njoy Anda ke area yang teduh sebagian.

Penyakit layu bakteri

Kondisi ini terutama muncul pada tahap perakaran dari mata tunas. Bakteri Ralstonia solanacearum adalah penyebabnya, menyebabkan kegagalan propagasi 100%. Jika penyakit ini menyerang, daun akan mulai terkulai, dan urat pada batang dan daun akan menjadi hitam.

Untuk mengatasi masalah ini, pindahkan tanaman dan tanah dari pot, lalu kantongi. Selanjutnya, desinfeksi semua dan peralatan sebelum merepotting.

Tips untuk Menjaga Pothos Njoy Bebas Masalah

Seperti yang telah kita lihat, pothos njoy rentan terhadap beberapa masalah. Cara termudah untuk menghindari masalah ini adalah memastikan Anda memberikan ketentuan yang tepat, seperti:

Media tanam bernutrisi

Gunakan tanah standar dengan drainase yang memadai. Selain itu tanaman ini menikmati pH tanah berkisar antara 6,1 dan 6,5. Meski begitu, tanaman tidak akan mengalami reaksi merugikan jika pH sedikit di luar kisaran.

Cahaya tidak langsung yang terang

Tempatkan tanaman Anda di dekat jendela yang memiliki akses ke cahaya terang dan tidak langsung dari matahari. Jaga suhu antara 18 hingga 29 °C. Ini akan memungkinkan njoy Anda berkembang serta mempertahankan pola daunnya yang khas. Sirami hanya saat tanah mengering

Pothos njoy membutuhkan keseimbangan air yang cermat. Jika dibiarkan terendam di tanah yang tergenang air, akarnya akan cepat membusuk. Rencanakan jadwal penyiraman di mana Anda harus memeriksa kondisi tanahnya secara teratur. Siram hanya jika lapisan atas tanah mengering.

Tanya Jawab tentang Pothos Njoy

Apa wadah terbaik untuk menumbuhkan Pothos Njoy?

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi sehingga dapat tumbuh di semua jenis pot. Satu-satunya syarat adalah pot memiliki setidaknya satu lubang drainase untuk mengalirkan kelebihan air.

Tanaman Pothos ini tumbuh subur di tanah yang lembab secara seragam. Mempertimbangkan hal ini, pot tanah liat bukanlah pilihan terbaik karena akan menyerap kelembapan dari tanah. Jika Anda akan menanam milik Anda di dalam wadah seperti itu, Anda harus waspada ketika akan menyiram.

Apakah Pothos Njoy beracun?

Seperti kebanyakan spesies Pothos, Njoy juga beracun, baik bagi manusia maupun hewan peliharaan. Tapi seperti yang dicatat Denagarden, itu hanya menyebabkan efek samping yang parah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Meski begitu, pertimbangkan untuk mengembangkan Njoy jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Kapan waktu terbaik untuk merepoting Pothos Njoy?

Waktu yang tepat untuk merepoting Pothos Njoy adalah saat musim semi atau musim panas di daerah empat musim. Jika Anda tinggal di daerah dengan iklim dingin, pertimbangkan untuk melakukannya di awal musim gugur. Di negara tropis, Anda bebas melakukannya kapan saja.

Haruskah Pothos Njoy disemprot?

Tanaman ini tidak membutuhkan lingkungan yang terlalu lembab. Jadi kecuali Anda tinggal di daerah dengan kelembapan yang sangat rendah, Anda tidak perlu menyemprotnya.

Kesimpulan

Apakah Anda mencari tanaman pemanjat yang mudah dirawat yang dapat ditambahkan ke ruang Anda? Jika demikian, pothos njoy adalah kandidat kuat. Mereka memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari racun dan membutuhkan sedikit perawatan.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikannya tumbuh dengan sehat. Letakkan di tempat yang terang tidak langsung, gunakan campuran media yang kaya dan memiliki drainase yang baik, dan sirami ketika lapisan atas tanah mengering.

Selain itu, pertahankan suhu 18 °C hingga 29 °C dan lingkungan yang sedikit lembab. Anda juga bisa menambahkan pupuk jika campuran media tanam Anda kurang nutrisi penting.

Komentar