Tips Perawatan dan Perbanyakan Anthurium Veitchii

Anthurium Veitchii sering disebut sebagai Raja Anthurium. Veitchii berasal dari hutan hujan Amerika Selatan di Columbia. Ini adalah tanaman epifit yang tumbuh di pohon lain di alam. Tanaman ini memiliki daun yang sangat besar hingga sepanjang 2 meter. Daunnya sangat bergelombang dan terlihat seperti perut yang bagus.

Harga Anthurium Veitchii

Panduan Perawatan Tanaman

Tanah

Anthurium Veitchii adalah epifit. Artinya ini adalah tanaman yang tumbuh di pohon lain tanpa tanah. Epifit mendapatkan nutrisi dari angin, hujan, dan puing-puing seperti serasah daun di cabang pohon. Kondisi bagaimana Anthurium Veitchii hidup di alam sangat mempengaruhi cara merawat tanaman ini sebagai tanaman hias.

Veitchii adalah aroid. Tumbuhan Aroid mengembangkan spathe dan spadix. Ini adalah kelompok tumbuhan yang terdiri atas genus Monstera, Philodendron, Anthurium, dan banyak lainnya. Tanaman ini membutuhkan tanah yang sangat gembur dan memiliki drainase yang baik. Hal ini memungkinkan terbentuknya kantong udara karena akar membutuhkan sirkulasi udara agar akar tidak membusuk.

Bahan tanah umum yang menghasilkan campuran yang bagus untuk aroid antara lain:

– Sekam bakar

– Kulit pinus

– Cocopeat atau sabut kelapa

– Sphagnum moss

– Arang aktif

– Pasir Malang

Kulit pinus, pasir Malang, dan arang aktif akan memastikan bahwa campuran tersebut porous dan bisa membuang kelebihan air. Moss serta sabut kelapa memastikan campuran tanah mempertahankan kelembapan dan nutrisi. Arang adalah cara yang bagus untuk lebih meningkatkan kelembapan tanah dan menghilangkan bau tak sedap serta racun.

Pendekatan yang berbeda adalah menumbuhkan Anthurium Veitchii di 100% Spaghnum moss.  Manfaatnya adalah media ini sederhana dan berfungsi dengan baik. Namun karena Sphagnum Moss sendiri tidak mengandung nutrisi apa pun, penting untuk melakukan pemupukan secara teratur.

Cahaya

Cahaya yang terfilter terang adalah yang terbaik. Anthurium Veitchii tumbuh di dekat puncak pohon di mana mereka mendapat banyak sinar matahari alami yang terfilter melalui pucuk pohon dan daun. Hindari sinar matahari langsung karena dapat merusak daun tanaman hias Anda. Arah jendela yang baik adalah jendela yang menghadap ke timur karena akan mendapatkan banyak cahaya tidak langsung sepanjang hari.

Air

Sirami Anthurium Veitchii Anda seminggu sekali. Namun tergantung pada media tanah yang Anda gunakan serta kondisi tempat tumbuh tanaman Anda, Anda mungkin harus menyiram tanaman Anda lebih banyak, kurang lebih seminggu sekali.

Jika Anda menanam Veitchii dalam kondisi yang sangat lembab dengan kelembapan udara yang tinggi, Anda mungkin harus lebih jarang menyiram tanaman. Menumbuhkan King Anthurium dalam kondisi yang sangat kering dan dengan campuran tanah yang sangat padat akan membutuhkan penyiraman yang lebih sering.

Seiring waktu Anda akan mengembangkan ritme seberapa sering Anda perlu menyiram tanaman dalam ruangan Anda agar tetap bahagia. Aturan praktis yang baik adalah selalu periksa media tanam Anda. Jika masih cukup basah, menyiram lagi bukanlah ide yang baik.

Suhu

Anthurium Veitchii tumbuh paling baik di suhu yang lebih dingin. Kisaran suhu antara 15 °C sampai  26 °C adalah pilihan yang baik. Suhu di bawah 15 °C untuk waktu yang lama tidak ditoleransi oleh Anthurium Veitchii. Ini terlalu dingin. Bulan-bulan yang lebih sejuk adalah bulan-bulan di mana Veitchii Anda akan tumbuh dengan baik.

Kelembaban

Kelembaban tinggi adalah suatu keharusan saat merawat Anthurium Veitchii. Jaga kelembaban diatas> 60%. Penting untuk memberikan aliran udara yang cukup pada saat yang sama karena terlalu banyak air pada daun dapat merusaknya dan menyebabkan infeksi bakteri.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kelembapan tanaman Anda:

Tempatkan tanaman Anda berdekatan: Menempatkan tanaman berdekatan satu sama lain akan memastikan bahwa kelembapan di tempat tanaman ditingkatkan.

Gunakan nampan kerikil: Nampan kerikil tua yang berisi air di bawah pot tanaman Anda adalah cara lain yang baik untuk memastikan bahwa kelembapan meningkat untuk Anthurium Veitchii.

Humidifier: Pilihan terbaik adalah menggunakan humidifier karena praktis.

Ini dapat diatur hingga kelembaban 80% dan memiliki pengaturan otomatis. Setiap kali kelembapan turun di bawah 80%, alat ini akan menyala dan berhenti setelah 80% tercapai.

Wadah plastik tertutup: Menjaga kelembapan tertentu tidak harus mahal atau rumit. Satu wadah plastik dengan penutup cukup untuk menjaga kelembaban tinggi yang konstan untuk waktu yang lama. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa itu mungkin tidak terlalu estetis di satu sisi dan tergantung pada ukuran tanaman Anda, ini mungkin bukan pilihan.

Terarium: Terarium atau vivarium bioaktif adalah cara yang fantastis untuk menjaga tanaman tropis Anda tetap bahagia.

Bergantung pada ukuran terarium yang dapat Anda tampung di rumah Anda (terutama ketinggian yang relevan), ini bisa menjadi solusi yang fantastis. Jauh lebih mudah untuk menciptakan iklim dan kondisi yang tepat tanpa Anda harus tinggal di hutan tropis.

Jika Anda serius ingin menjaga Anthurium Veitchii Anda dalam kondisi terbaik menggunakan kelembaban tinggi, pilihan terbaik adalah terarium, wadah tertutup, atau humidifier.

Karena Anthurium Veitchii dapat tumbuh besar dalam hal ukuran daun, pelembab ruangan yang digunakan di kamar Anda atau dalam ruangan seringkali merupakan pilihan terbaik.

Pupuk

Seringkali dijelaskan bahwa tanaman Anthurium membutuhkan sedikit pupuk karena bersifat epifit dan harus bertahan hidup dengan sedikit nutrisi yang didapat dari angin, air, dan puing-puing di cabang pohon.

Pemupukan adalah kunci untuk menjaga tanaman dalam ruangan Anda tetap bahagia dan agar mereka tumbuh menuju potensi penuhnya dalam hal ukuran. Ini juga berlaku untuk Anthurium Veitchii. Kami menyarankan pupuk yang larut dalam air dengan nilai NPK 9-3-6 atau 12-12-12 yang bisa Anda gunakan setiap penyiraman.

Perbanyakan

Tidak banyak informasi seputar cara terbaik untuk memperbanyak Anthurium Veitchii. Opsi yang paling layak adalah stek batang. Ini berarti memotong bagian batang tanaman Anda dengan mata tunas dan akar.

Pilihan lainnya adalah perbanyakan benih dan pemotongan jaringan. Yang pertama mengharuskan Anda memiliki tanaman penyerbuk yang menghasilkan biji dan yang kedua membutuhkan peralatan laboratorium. Jadi metode terbaik dan termudah adalah mengambil potongan batang dari Anthurium Veitchii Anda.

Pertumbuhan

Anthurium Veitchii tumbuh sangat lambat, bisa menghasilkan hanya satu daun dalam tiga bulan. Namun kita harus mempertimbangkan potensi penuhnya. Anthurium Veitchii dikatakan menumbuhkan daun lebih besar dari tanaman lain. Daunnya bisa tumbuh hingga ukuran 2 meter. Ini mungkin lebih tinggi dari Anda.

Pot

Jika Anda ingin memberikan perawatan terbaik untuk Anthurium Veitchii Anda, sediakan tanaman Anda dengan media Anggrek. Media anggrek adalah yang paling dekat dengan pertumbuhan di cabang pohon. Tanaman memiliki kemungkinan untuk menempelkan akarnya ke kayu. Selain itu, jarak antara kayu sangat cocok untuk memungkinkan aliran udara yang cukup.

Perbanyakan Anthurium Veitchii

Tanaman ini dapat diperbanyak mirip dengan kebanyakan aroid. Cara paling mudah adalah dengan mengambil stek batang. Pastikan Anda memiliki node dan mudah-mudahan sudah memiliki beberapa akar angin karena ini akan membuat proses perambatan tidak hanya lebih cepat tetapi juga meningkatkan kemungkinan berhasil.

Cara lain untuk memperbanyak tanaman ini adalah dengan pembelahan batang. Ini akan sangat tergantung pada seberapa lebat tanaman Anda dan seberapa besar kelompok batang telah berkembang.

Berikut adalah tutorial langkah demi langkah untuk memperbanyak Anthurium Veitchii dengan perbanyakan batang:

– Cari bagian tanaman Anda yang dapat diperbanyak. Anda membutuhkan setidaknya satu mata tunas

– Jika Anda dapat mengidentifikasi bagian dengan akar atau akar angin dan daun, maka itu lebih baik lagi

– Siapkan gunting pangkas atau pisau Anda

– Disinfeksi bilah menggunakan alkohol dan tahan di bawah api selama beberapa detik. Ini akan menghindari Anda menularkan patogen atau penyakit apa pun

– Lakukan sayatan bersih dan gunakan kayu manis pada luka untuk membedakan dan melindungi luka

– Taruh stek Anda di sphagnum moss atau air dan tunggu akar tumbuh

– Dalam 3-4 minggu Anda akan melihat akar mulai tumbuh

– Tunggu hingga akarnya setidaknya memiliki panjang beberapa cm dan masukkan ke dalam media pot pilihan Anda

– Anda baru saja mengkloning tanaman Anda. Klon sempurna dari tanaman induk Anda telah dibuat. Di bagian selanjutnya, kita akan membahas masalah paling umum dengan Anthurium Veitchii yang ditanam sebagai tanaman dalam ruangan.

Masalah Umum dengan Anthurium Veitchii

Daun rusak

Daun yang rusak merupakan masalah dengan Anthurium Veitchii. Daun mudah rusak dan bila menyentuh benda atau tanaman lain sering kali rusak dan akan menunjukkan sedikit retakan atau deformasi.

Alasan berbeda untuk daun yang rusak adalah karena kelembapan. Kurangnya kelembaban yang cukup minimal 60% ke atas seringkali menyebabkan kerusakan daun. Alasannya adalah karena daun tidak muncul dengan benar dari cataphyll, hampir seperti kelahiran kering.

Kelembapan bertindak seperti pelumas yang akan membantu daun baru muncul dan tumbuh. Jadi yang dapat Anda pelajari dari hal ini adalah membiarkan daun baru, memiliki kelembapan yang cukup, dan memastikan daun tidak menyentuh apa pun hingga mengeras.

Alasan lain untuk perforasi dan robekan pada daun bisa jadi karena terlalu banyak pergerakan udara. Daun harus dibiarkan tumbuh jauh dari pergerakan udara yang berlebihan. Jadi jauhkan kipas angin Anda dan pastikan Veitchii tidak berada di atas radiator atau pemanas.

Hama

Seperti semua tanaman indoor maupun outdoor, Hama merupakan salah satu hal yang harus dihadapi dari waktu ke waktu. Secara umum tanaman Anthurium kurang rentan terhadap serangan hama dibandingkan dengan tanaman Monstera dan Philodendron.

Hama yang paling umum menyerang tanaman ini adalah lalat putih, kutu sisik, kutu putih, thrips, dan tentu saja tungau laba-laba. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendeteksi infestasi sejak dini. Dengan memeriksa tanaman Anda dan melihat bagian bawah daun pada Anthurium Veitchii Anda, kemungkinan besar Anda akan menemukan masalah hama sejak dini.

Saat dihadapkan dengan hama, ini adalah senjata yang akan membantu Anda saya memenangkan pertempuran paling banyak melawan serangga tanaman:

– Pestisida

– Minyak Neem

– Semprotan air pada daun dengan tekanan tinggi

Tips agar King Anthurium bebas masalah

Bagian ini adalah ringkasan dari poin-poin terpenting yang berhubungan dengan perawatan Anthurium Veitchii. Jaga kelembaban di atas> 60% untuk memastikan bahwa daun baru tidak rusak setelah keluar dari cataphyll.

Anthurium Veitchii adalah tumbuhan iklim dingin dan tumbuh paling baik pada suhu antara 15 °C hingga 26 °C. Campuran media terbaik untuk digunakan adalah campuran kompos, kulit pinus, cacahan akar pakis, dan pasir malang. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan 100% Sphagnum Moss.

Pemupukan dilakukan setiap dua minggu sekali menggunakan pupuk cair dengan nilai konsentrasi NPK 9-3-6 atau 12-12-12. Pot yang memungkinkan sirkulasi udara adalah yang terbaik.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Anthurium Veitchii

Mengapa Anthurium Veitchii saya tumbuh sangat lambat?

Anthurium Veitchii adalah tumbuhan yang sangat lambat. Diperlukan waktu sekitar 3 bulan untuk daun baru berkembang.

Mengapa daun Anthurium Veitchii saya robek?

Daun robek dapat disebabkan oleh kelembaban yang tidak mencukupi, terlalu banyak aliran udara atau benda-benda dan tanaman lain yang menyentuh Anthurium Veitchii.

Mengapa daun Anthurium Veitchii saya semakin kecil?

Ketika daun di Anthurium Veitchii Anda semakin mengecil, Anda perlu memeriksa seberapa sering Anda memupuk tanaman Anda. Pemupukan setiap minggu adalah aturan praktis yang baik.

Berapa kelembaban yang dibutuhkan Anthurium Veitchii?

Jaga kelembaban di atas 60% setiap saat. Semakin tinggi kelembapan semakin baik untuk Anthurium Veitchii Anda.

Apa campuran media tanam terbaik untuk Anthurium Veitchii?

Campuran media tanam aroid umum yang menggunakan bahan tebal seperti kulit pinus, cacahan akar pakis, dan juga lumut gambut adalah yang terbaik. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan 100% Sphagnum moss.

Kesimpulan

Anthurium Veitchii disebut Raja Anthurium dan mereka tidak mendapatkan nama ini secara kebetulan. Ini adalah Anthurium yang cantik dengan daun yang bisa tumbuh hingga 2 meter. Perawatan Anthurium Veitchii paling baik jika Anda menjaga kelembapan tetap tinggi di atas 60% dan memastikan bahwa suhu berada dalam kisaran antara 15 °C dan 26 °C. Anda bisa mencoba memelihara tanaman sultan ini sendiri di rumah jika Anda bisa menyediakan kondisi ideal di atas!

Komentar