Tips Perawatan Tanaman Hias Anthurium Superbum

Anthurium superbum, tanaman yang mudah dirawat, adalah salah satu pilihan terbaik untuk dekorasi taman dalam ruangan. Berasal dari Ekuador, tanaman ini tumbuh dalam format roset, fitur yang membuatnya mendapat julukan Anthurium Bird Nest.

Harga Anthurium Superbum

Menurut University of West Indies, Anthurium umumnya berevolusi dari hutan hujan tropis di Amerika Tengah dan Selatan serta Karibia. Salah satu ciri paling menarik yang membuat orang lebih menyukainya untuk dekorasi dalam ruangan adalah keunikannya. Daunnya runcing lebar, yang mana jika Anda adalah pecinta alam, tanaman ini akan membuat rumah Anda terlihat seperti hutan mini yang indah.

Kami akan memberi Anda gambaran singkat namun komprehensif tentang perawatan Anthurium superbum, termasuk kondisi optimal untuk pencahayaan, penyiraman, suhu, kelembaban, dan lainnya.

Tips Perawatan Anthurium Superbum

Menurut pengalaman, perawatan Anthurium superbum adalah tugas yang mudah, hanya membutuhkan seperangkat pedoman untuk ditaati dan tanaman akan tumbuh tanpa banyak masalah. Jika Anda mencari garis besar tips perawatan Anthurium superbum, baca terus artikel ini karena Anda akan menemukan tips berikut berguna.

Sebelum Anda mendalami perawatan Anthurium superbum, ada satu ciri khusus tentang tanaman yang harus Anda ketahui, yaitu tanaman hibrida. Tanaman hibrida adalah hasil dari penyerbukan silang, yang secara sederhana mengawinkan silang varietas yang berbeda dari tanaman yang sama.

Setelah mengetahui itu, baca terus uraian kami seputar teknik perawatan Anthurium superbum yang efektif dan bermanfaat.

Tanah

Sebelum memilih campuran media tanam untuk tanaman ini, Anda harus ingat bahwa Anthurium superbum tidak tumbuh langsung dari tanah di lingkungan alami; sebaliknya, mereka tumbuh dari lumut dan serasah dari cabang-cabang pohon. Dengan demikian, perawatan Anthurium superbum yang efektif mengharuskan Anda tetap berpegang pada struktur tanah yang serupa.

Di habitat aslinya, Anthurium superbum menyukai lingkungan yang porous. Cara yang baik untuk membersihkan tanah untuk Anthurium adalah dengan menggunakan campuran media tanam tanaman hias biasa dan media tanam anggrek. Anda bisa menggunakan setengah tanah kompos dan setengah cacahan pakis atau kulit pinus.

Untuk Anthurium, Anda perlu menggunakan tanah yang ringan dan gembur serta memiliki drainase yang baik. Alih-alih mencampurkan media tanam biasa, Anda juga bisa menggunakan campuran peat moss & pasir Malang serta tambahkan juga tanah biasa dengan formula 1/3 + 1/3 +1/3.

Cahaya

Anthurium superbum tidak dapat mentolerir sinar matahari langsung, karena ini akan mengakibatkan daun gosong, yang tidak baik. Anda harus memastikan bahwa tanaman terlindung dari sinar matahari langsung setiap saat, jadi sebaiknya gunakan penutup jendela.

Air

Sebelum kami tunjukkan teknik penyiraman yang paling cocok untuk perawatan Anthurium superbum, perlu Anda ketahui bahwa tanaman ini memiliki dua fase pertumbuhan, yaitu fase aktif dan fase pasif serta keteraturan penyiraman berbeda-beda pada kedua fase tersebut.

Periksa kandungan air tanah dengan cara mencelupkan jari Anda ke dalam tanah, bila kurang lembab, segera sirami tanaman. Pastikan Anda tidak berlebihan dalam menyiram tanaman atau tanaman Anda akan menderita busuk akar.

Suhu

Anthurium memiliki preferensi suhu yang ketat yang harus diikuti; jika tidak, mereka akan mati. Meskipun kami tahu mungkin sulit untuk mengatur suhu interior Anda; kami sangat menyarankan untuk mempertahankannya suhu antara 18 hingga 21 derajat Celsius.

Pastikan suhu tidak turun di bawah 12 derajat Celsius karena ini bertentangan dengan pedoman perawatan Anthurium superbum dan dapat membunuh tanaman. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda harus memastikan tanaman Anda terletak di area, baik di dalam maupun di luar rumah, yang kondusif untuk pertumbuhan yang tepat.

Jangan tempatkan tanaman di dekat kipas angin, AC, atau pemanas, karena ini bisa merusaknya. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang disebutkan, adalah peran Anda untuk memastikan bahwa tanaman Anda tumbuh subur di mana pun Anda menempatkannya.

Kelembaban

Mungkin Anda akan merasa rekomendasi di bawah ini cukup aneh, dan ini mungkin bukan yang Anda suka, tetapi ingat, Anda adalah pencinta tanaman dan Anda ingin anthurium berkembang. Dari asalnya di Ekuador, Anthurium superbum menyukai lingkungan dengan kelembaban tinggi, dan rumah Anda bukan pengecualian. Di udara kering, tanaman seperti itu cenderung mati, dengan daunnya menjadi coklat.

Kami menyarankan Anda untuk menempatkan tanaman Anda di kamar mandi, tetapi kami tahu Anda menginginkannya di suatu tempat di mana Anda dapat mengagumi dedaunannya yang indah dan unik, oleh karena itu, letakkan di mana saja selama cukup lembab. Menyemprot tanaman secara teratur sangat membantu, Anda bahkan dapat meletakkan nampan kerikil di bawah wadah tanaman.

Jika semua opsi ini gagal berfungsi, maka kami merekomendasikan pelembab udara, yang akan menyediakan kondisi lembab yang diperlukan untuk tanaman. Juga, cara lain yang baik untuk meningkatkan kelembapan Anthurium Anda adalah dengan meletakkannya di atas nampan dengan kerikil lembab atau mengelompokkannya dengan Anthurium lain yang mungkin Anda miliki di rumah.

Pupuk

Pupuk mungkin bermanfaat, tapi pada saat yang sama memupuk anthurium juga bisa berbahaya. Kenapa begitu? Garis pemisah pupuk sebagai sumber unsur hara dan racun sangat tipis, dan itu semua tergantung kuantitas.

Meskipun tampaknya menggunakan lebih banyak pupuk daripada jumlah yang disarankan bermanfaat bagi tanaman Anda, ini bisa menjadi racun fatal bagi Anthurium superbum dan membakar akarnya.

Oleh karena itu, Anda harus tetap berpegang pada pedoman khusus saat memupuk tanaman Anda. Anda dapat memutuskan untuk menggunakan pupuk serba guna atau formula yang digunakan untuk anggrek. Namun perlu diingat bahwa metode yang digunakan untuk masing-masing berbeda, terutama dalam hal dosis.

Untuk pupuk serba guna, satu dosis untuk enam hingga delapan minggu sudah cukup, sedangkan untuk pupuk anggrek, setiap tiga hingga enam minggu sudah cukup. Fosfor adalah nutrisi anthurium; Oleh karena itu kami lebih memilih pupuk yang memiliki rasio yang lebih tinggi.

Perbanyakan

Memperbanyak tanaman ini tidak serumit kedengarannya, Anda hanya perlu mengikuti pedoman perawatan Anthurium superbum tertentu, dan semuanya akan mengalir dengan lancar. Pertama, kami akan mengarahkan Anda untuk memperbanyak tanaman Anda selama direpoting karena akarnya terbuka, sehingga prosesnya mudah.

Dari semua metode berbeda yang digunakan untuk perbanyakan, pembagian tanaman lebih direkomendasikan karena lebih cocok untuk perawatan Anthurium superbum yang tepat. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sinar matahari langsung bisa merusak anthurium, oleh karena itu setelah merepotting tanaman Anda, carilah tempat yang jauh dari sinar matahari langsung.

Juga, hindari pemupukan tanaman Anda segera setelah repotting karena ini dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Lebih baik tunggu setidaknya enam bulan sebelum memupuk tanaman Anda.

Pertumbuhan

Kami tidak perlu mendikte di mana Anda harus menempatkan tanaman Anda, tetapi secara konvensional, teras dan pot dalam ruangan paling cocok untuk perawatan Anthurium superbum yang efektif. Di mana pun tanaman ini ditempatkan, harus ada cukup ruang untuk pertumbuhan yang tepat.

Kami menyarankan Anda untuk meninggalkan ruang pertumbuhan dengan diameter antara 25 hingga 50 cm. potnya juga harus cukup longgar agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Idealnya, pot sedalam 25 cm sudah cukup.

Pastikan akarnya longgar agar tanaman cukup tinggi karena ketika rootbound mereka cenderung menyebabkan pertumbuhan kerdil. Oleh karena itu, Anda mungkin terpaksa mengganti pot di beberapa titik agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Repotting

Saat menanam tanaman Anda, Anda bebas memilih opsi yang memenuhi preferensi dekoratif Anda. Namun jangan berlebihan dengan semuanya dan akhirnya melanggar pedoman perawatan Anthurium superbum. Saat memilih pot, perhatikan ukurannya, dapatkan yang berukuran sedang. Sebuah pot besar akan membiarkan akar Anda tumbuh sembarangan sehingga memperlambat pertumbuhan tanaman Anda.

Drainase adalah faktor penting lainnya yang melekat dalam perawatan Anthurium superbum. Kami sangat menyarankan agar memiliki satu atau lebih lubang untuk mengalirkan kelebihan air dan mencegah tanaman tenggelam.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, pot hanya bergantung pada preferensi. Ada banyak teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat pot tanaman Anda, dan yang lainnya bahkan tidak membutuhkan tanah, cukup air dalam wadah.

Teknik Perbanyakan Anthurium Superbum

Seperti yang kami katakan sebelumnya, memperbanyak anthurium bukanlah tugas yang rumit; ini hanya melibatkan seperangkat pedoman komprehensif yang harus diikuti. Meskipun ada berbagai cara untuk memperbanyak Anthurium Anda, cara termudah untuk memperbanyak Anthurium Anda adalah melalui pembagian tanaman.

Dimungkinkan juga untuk menghasilkan bayi tanaman anthurium baru melalui biji, namun tidak disarankan (lihat di bawah untuk info lebih lanjut).

Pembagian tanaman

Anda beruntung. Perbanyakan anthurium sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa dengan mudah mendapatkan bayi tanaman baru dengan membagi Anthurium superbum Anda menjadi dua atau bahkan lebih tanaman (tergantung ukurannya).

Yang perlu Anda lakukan untuk memperbanyak tanaman Anda adalah dengan mengeluarkannya dari pot dan kemudian mengurai / memisahkan akarnya. Bergantung pada ukuran Anthurium Anda, Anda mungkin hanya memiliki 2 tanaman atau mungkin lebih banyak.

Setelah akar terbagi, yang tersisa untuk Anda lakukan hanyalah menanam kembali tanaman yang terbagi ini ke dalam pot baru. Pastikan untuk menggunakan pot baru dengan tanah segar saat merepoting.

Perbanyakan melalui biji

Meskipun bukan tidak mungkin untuk memperbanyak Anthurium superbum (dan Anthurium lainnya) dari biji, kami tidak menganjurkan Anda melakukannya, karena proses ini cukup rumit dan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu, Anda jauh lebih baik memperbanyak Anthurium superbum melalui pembagian tanaman seperti yang dicontohkan di atas.

Anthurium superbum: Masalah Umum

Hama Tanaman

Seperti tumbuhan lainnya, Anthurium superbum rentan terhadap serangan hama. Tanaman tersebut terutama dipengaruhi oleh parasit penghisap seperti thrips, kutu putih, kutu sisik, dan tungau laba-laba.

Namun tanaman ini tidak terpengaruh oleh hama gigitan dan kunyahan karena daunnya yang tebal. Ini seharusnya tidak memberi Anda harapan palsu karena hewan seperti itu masih menyedot getah anthurium dan merusak kesehatannya.

Daun Terkulai dan Kuning

Ini terjadi terutama karena air dan sinar matahari yang tidak memadai. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti tips perawatan Anthurium superbum di atas untuk menghindari masalah tersebut

Daun terbelah

Ini sebagian besar terjadi karena kelembaban rendah. Oleh karena itu, jika tanaman Anda menunjukkan tanda-tanda daun terbelah, kami merekomendasikan untuk memaparkannya ke lingkungan yang lebih lembab.

Tips menjaga tanaman Anthurium superbum bebas masalah

Jika Anda ingin menjaga tanaman Anda bebas masalah, kami sangat menyarankan agar Anda mematuhi tips perawatan Anthurium superbum yang dijelaskan di atas. Sebagian besar masalah muncul ketika tanaman tidak terekspos pada kondisi optimumnya, seperti daun membelah karena kelembaban yang rendah.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Anthurium superbum

Apakah Anthurium superbum berbahaya bagi kesehatan Anda?

Anthurium superbum memiliki kristal kalsium oksalat tidak larut yang dapat mengiritasi kulit dan mata. Meskipun kami yakin Anda tidak akan menggigit daun tanaman ini, sebaiknya letakkan di posisi strategis jauh dari jangkauan bayi.

Apakah Anthurium superbum berbahaya bagi hewan peliharaan?

Ya, ini sangat berbahaya bagi hewan peliharaan, jadi jangan biarkan hewan peliharaan berkeliaran di sekitar tanaman. Zat yang disebutkan di atas, kristal kalsium oksalat, ketika tertelan, akan mengiritasi mulut dan hampir seluruh sistem. Jika hewan peliharaan Anda menelan tanaman itu, kami sarankan segera menghubungi dokter hewan.

Apakah Anthurium superbum memurnikan udara di rumah?

Ya, tanaman ini bisa menghilangkan kontaminan di udara seperti amonia; Oleh karena itu, kami merekomendasikan mendapatkan tanaman ini jika Anda menginginkan udara bersih di tempat tinggal Anda.

Kesimpulan

Anthurium superbum adalah salah satu tanaman terbaik yang akan Anda dapatkan untuk rumah Anda karena sifatnya yang memurnikan udara. Siapa yang tidak menginginkan tanaman yang bisa membersihkan udara dengan benar? Perawatan anthurium superbum adalah pekerjaan yang sesungguhnya, dapatkan sendiri tanamannya, dan buktikan sendiri.

Komentar