Cara Merawat Begonia Maculata (Begonia Polkadot) dan Perbanyakannya

Begonia Maculata yang biasa disebut Begonia Polkadot, tidak diragukan lagi adalah salah satu spesies tanaman dalam ruangan yang sangat cantik. Tumbuhan eksotis ini mendapatkan namanya dari daun berbintik perak yang unik dan bagian bawah merahnya.

Ciri-ciri dan Harga Begonia Maculata Polkadot

Begonia Maculata cocok ditanam dalam campuran media tanam porous dengan drainase yang baik, yang terdiri atas campuran tanah dengan pasir Malang dan sekam bakar atau cocopeat. Pertahankan suhu antara 19 hingga 22 °C dengan kelembapan tinggi dan pertahankan tanah agak lembab, tetapi jangan terlalu basah saat menyiram.

Faktanya, Christian Louboutin konon menciptakan sepatu hak merah khasnya untuk meniru bagian bawah Begonia Maculata. Jadi tidak heran jika tanaman ini membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sisi baiknya, Anda akan dihadiahi dengan bunga putih hingga merah muda pucat yang indah ketika mekar dan tanaman ini akan tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang perawatan Begonia Polkadot.

Perawatan Begonia Maculata

Tanah

Begonia Maculata tumbuh sangat baik dalam campuran pasir, sekam bakar, dan cocopeat di dalam pot dengan drainase yang baik. Tanaman ini sangat rentan terhadap busuk akar. Karena itu, yang terbaik adalah selalu menambahkan lapisan kerikil atau pecahan genteng di bagian bawah untuk menciptakan drainase yang lebih baik. Anda harus merepotting tanaman dalam pot yang lebih besar sekitar dua kali ukuran sebelumnya setelah pot saat ini sudah dipenuhi akar yang melingkar.

Pencahayaan

Begonia Polkadot lebih suka sedikit lebih teduh daripada kebanyakan tanaman dalam ruangan. Menempatkannya di ruangan yang terang dan cukup terang jauh dari sinar matahari langsung disarankan untuk menjaga daun zaitun putih keperakannya tetap hidup. Jika daun mulai tampak gosong, Anda harus memindahkannya ke bagian ruangan yang kurang cerah. Jika Anda ingin membawa tanaman Anda ke luar selama musim kemarau, pastikan untuk meletakkannya di tempat teduh jauh dari sinar matahari langsung.

Penyiraman

Mencapai keseimbangan yang tepat dalam hal menyiram Begonia Maculata merupakan tantangan yang cukup berat. Sebagai permulaan, tanah harus agak lembap, tetapi tidak terlalu basah. Ini karena tanaman ini sangat rentan terhadap busuk akar. Sebelum menyiram, Anda harus menguji kelembapan tanah terlebih dahulu dengan mencelupkan jari ke dalam tanah – bagian atas harus kering hingga kedalaman sekitar 3 cm.

Jika Anda tidak yakin harus menyiramnya atau tidak, lebih baik berhati-hati sampai daunnya mulai menunjukkan tanda-tanda layu, yang menandakan bahwa hanya ada sedikit air yang tersisa di dalam pot. Saat menyiramnya, tuangkan air langsung ke tanah, pastikan daunnya tetap kering.

Suhu

Begonia Maculata adalah tumbuhan tropis, dan karenanya tidak dapat tumbuh subur dalam kondisi dingin seperti salju. Suhu idealnya adalah 18 hingga 22 derajat Celcius. Ini mungkin merupakan masalah yang sulit bagi siapa pun yang tinggal di daerah beriklim sedang, seperti Eropa, tetapi yakinlah bahwa kerusakan terkait suhu tidak akan terjadi kecuali suhu turun hingga kurang dari 15 derajat Celcius.

Kelembaban

Begonia Polkadot membutuhkan kelembapan tingkat tinggi, yang biasanya merupakan tantangan besar bagi tanaman dalam ruangan. Anda mungkin harus meletakkannya di dapur atau kamar mandi karena tempat-tempat ini biasanya memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Sebagai alternatif, Anda dapat menaruhnya di ruangan favorit Anda, tetapi pastikan untuk meletakkan tatakan berisi air di dekatnya untuk memastikan kelembapan yang diperlukan saat air menguap.

Perhatian: Jangan letakkan pot di dalam lepek berisi air karena bisa membuat akarnya terlalu basah. Anda juga harus memastikan daunnya tetap kering karena tanaman rentan terhadap embun tepung.

Pupuk

Jika memelihara Begonia maculate, Anda disarankan untuk melakukan pemupukan setiap dua minggu sekali untuk mendorong pertumbuhan daun yang sehat dan mekarnya lebih menonjol. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan setengah dosis pupuk larut air yang diperlukan sesuai dengan instruksi kemasan. Dalam kasus ini, jika kemasan mengatakan Anda harus menggunakan satu cangkir air untuk mengencerkan larutan, gunakan dua cangkir air sebagai gantinya.

Perbanyakan

Begonia maculata relatif mudah diperbanyak melalui stek.  Yang harus Anda lakukan adalah memotong batang tanpa bunga tepat di bawah kuncupnya. Buang daun bagian bawah dan celupkan ke dalam stoples berisi air. Biarkan tetap di dalam toples sampai akarnya mulai terbentuk. Setelah itu tanam pada campuran tanah. Sirami agar tanah agak lembab tetapi tidak terlalu basah.

Bunga

Begonia Maculata memiliki bunga berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning dan batang tunggal.

Pertumbuhan

Begonia Maculata tumbuh setinggi sekitar 1,5 meter. Daunnya biasanya asimetris, memanjang hingga kira-kira 20 cm. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau tua dengan bintik-bintik putih keperakan, sedangkan bagian sebaliknya berwarna merah. Daun muda berwarna merah jambu sampai merah marun.

Bunga biasanya terbentuk dalam kelompok tunggal dan berwarna putih sampai merah muda pucat. Anda harus membuang bunga yang layu secara teratur untuk merangsang pertumbuhan bunga baru. Demikian pula, Anda harus memangkasnya secara teratur untuk menciptakan bentuk lebat yang indah. Pangkas cabang yang tumbuh di atas kuncup sekitar setengah panjangnya. Cabang baru akan terbentuk dari kuncup untuk menciptakan tampilan tebal yang menyenangkan.

Pengepotan

Pengepotan yang benar merupakan bagian integral dari siklus pertumbuhan Begonia Maculata. Ukuran dan jenis pot yang tepat sebagian besar menentukan apakah tanaman akan tumbuh subur atau tidak.

Begonia Maculata suka bila akarnya penuh melingkari pot, dan karenanya membutuhkan pot yang lebih kecil daripada kebanyakan tanaman hias lainnya. Repoting secara teratur juga penting selama tahun-tahun pertama kehidupannya. Saat merepotingnya, pilih pot yang ukurannya satu lebih besar dari yang sekarang. Pot yang ideal adalah wadah dengan drainase yang baik dan dapat menahan kelembapan tinggi.

Perbanyakan Begonia Maculata

Anda dapat menanam tanaman Begonia Maculata baru dari biji, tetapi cara termudah untuk menumbuhkannya adalah dengan memperbanyaknya dari stek.

Begonia Maculata: Perbanyakan dari stek daun

Untuk membuat tanaman Begonia Polkadot baru dari stek, yang harus Anda lakukan hanyalah memotong beberapa daun segar dari tanaman Anda. Letakkan daun secara terbalik dan gunakan pisau yang bersih dan tajam untuk mengirisnya menjadi irisan yang rapi. (Berhati-hatilah jika Anda menggunakan silet).

Pastikan Anda memiliki urat di setiap potongan irisan. Anda bisa membuat banyak tanaman baby Begonia dengan cara ini. Namun jika Anda hanya membutuhkan sedikit tanaman baru, Anda tidak perlu mengiris daunnya.

Cukup gunting beberapa daun dari tanaman utama dan sisakan setidaknya 2,5 cm tangkai daun yang masih menempel di setiap daun (tangkai daun adalah tangkai yang memanjang dari daun dan menempelkannya ke batang tanaman).

Untuk membuat tempat persemaian untuk stek daun Anda, isi pot kecil dengan tanah yang cukup kering. Anda bahkan bisa menggunakan campuran vermikulit, gambut, dan lumut perlit. Tempelkan irisan daun atau tangkai daun ke dalam tanah atau lumut, dan simpan pot dalam kantong plastik di tempat yang terang dan hangat jauh dari sinar matahari langsung.

Pastikan tanah dalam pot memiliki sedikit air agar stek tetap lembap, tetapi jangan terlalu banyak menyiraminya karena dapat menyebabkan busuk. Anda akan mulai melihat akar dalam waktu sekitar tiga hingga empat minggu sejak Anda menanamnya. Setelah enam minggu, tanaman bayi Anda sudah siap untuk dipindahkan ke pot favorit Anda.

Cara lainnya, Anda dapat membuat tanaman Begonia Maculata baru dengan menaruh stek Anda di dalam gelas dengan air bersih yang segar. Stoples makanan adalah ukuran ideal untuk jenis perbanyakan ini. Satu stoples dapat menampung beberapa stek. Setelah akar tumbuh dengan panjang sekitar 2 cm, stek Anda siap dipindahkan ke pot baru.

Begonia Maculata: Perbanyakan dari stek batang

Begonia maculata juga akan tumbuh dari stek batang yang biasa disebut rimpang. Rimpang adalah batang tebal panjang yang dapat tumbuh di bawah tanah. Mulailah dengan memotong rimpang sepanjang 2,5 cm dan tekan perlahan ke dalam pot dengan campuran tanah atau lumut yang cukup kering.

Sama seperti rekan daunnya, pastikan mereka tetap lembab, tetapi tidak basah. Simpan di tempat yang hangat dan cukup terang jauh dari sinar matahari langsung sampai akarnya mulai terbentuk dalam waktu sekitar 5 hingga 7 minggu.

Begonia Maculata: Perbanyakan dari biji

Menumbuhkan Begonia Polkadot dari bijinya lebih sulit dan biasanya membutuhkan waktu. Perlu diketahui bahwa jika bibit berasal dari tanaman hibrida, Anda tidak akan mendapatkan bayi begonia tiruan dari induknya. Ini karena hibrida adalah campuran dari berbagai varietas. Bahkan, Anda mungkin tidak mendapatkan tanaman bayi jika Anda menggunakan hibrida steril.

Secara keseluruhan, memperbanyak Begonia Maculata itu mengasyikkan dan menyenangkan. Bersenang-senanglah dengan tanaman bayi baru Anda yang lucu.

Tips Perawatan Begonia Maculata

Anda selalu dapat membawa tanaman Anda ke luar ruangan, terutama selama musim panas, untuk membesarkannya di bawah sinar matahari. Atau, Anda dapat memilih untuk menyimpannya di dalam ruangan sepanjang tahun. Jika Anda memutuskan untuk membawanya keluar untuk mendapatkan sedikit sinar matahari, pastikan untuk membawanya ke dalam ruangan sebelum terlalu dingin.

Begonia Maculata tidak tahan terhadap embun beku dan akan layu dan mati segera setelah terkena embun beku. Dianjurkan untuk membawanya kembali ke dalam ruangan segera setelah suhu turun di bawah 15 derajat Celsius. Mereka tidak suka suhu dingin, dan kejutan tiba-tiba setelah perubahan suhu seperti itu pasti terlalu berat bagi mereka. Pastikan untuk membawanya ke dalam ruangan tepat waktu, dan mereka akan berkembang dan bertahan dengan indah.

Cara Menyiram Begonia Maculata dalam Pot

Merawat Begonia Maculata bisa menjadi sulit dirawat karena mereka sangat sensitif terhadap air. Bahkan, kita yakin bisa mengatakan bahwa overwatering adalah pembunuh utama tanaman hias Begonia Maculata. Biasanya, cukup sirami hanya ketika mereka mulai menunjukkan tanda-tanda layu. Biarkan tanah benar-benar mengering di sela-sela penyiraman.

Untuk memeriksa kadar air, celupkan satu jari ke dalam tanah sedalam sekitar 3 cm sebelum menambahkan air. Sirami hanya jika tanah terasa kering. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menyiram tanaman, kami sarankan membeli pengukur kelembaban tanah untuk mengetahui akurasi yang lebih baik.

Pada catatan yang sama, berhati-hatilah tentang cara Anda menyiram tanaman. Daun dan batangnya tidak boleh basah. Meskipun Begonia Maculata tidak sesensitif tanaman dalam ruangan lainnya seperti Violet Afrika, mereka sangat rentan terhadap kerusakan jika basah.

Untuk menghindari masalah seperti itu, selalu sirami tanaman Anda dari bawah, bukan dari atas. Isi nampan dengan air dan biarkan tanaman menyerapnya melalui alasnya yang berpori. Jangan biarkan tanaman Anda terendam air terlalu lama. Rendam tanaman dalam air hingga tanahnya agak lembab. Anda kemudian dapat membuang air yang tersisa.

Seperti Apa Penampilan Begonia Maculata?

Begonia Maculata adalah tanaman tahunan cantik yang mekar dengan bunga putih hingga merah muda pucat hingga tiga kali setahun. Sisi atas daun berwarna hijau membentuk kontras drastis dengan kebalikan red-Bordeaux.

Anda juga akan melihat bahwa daun evergreennya berevolusi dari hijau zaitun menjadi hijau zamrud, dan berbintik-bintik indah dengan bintik-bintik cerah di sepanjang urat daun. Setiap musim adalah musim pertunjukan untuk Begonia Polkadot, meskipun Anda juga dapat melihat tanaman ini berbunga pada waktu tertentu. Bunga-bunga putihnya yang indah bertunas dari satu batang.

Asal Usul Begonia Maculata

Begonia Maculata yang indah termasuk dalam barisan panjang spesies Begonia. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Brasil pada tahun 1982 oleh seorang peneliti Italia. Namun ini aslinya berasal dari Meksiko, Asia, Afrika Selatan, dan Amerika Tengah. Begonia Maculata tumbuh paling baik di iklim subtropis dan tropis yang lembab, tetapi spesies dalam ruangan tumbuh dengan baik di lingkungan yang lebih dingin.

Tanaman ini tidak diragukan lagi akan bersinar sebagai harta karun dalam ruangan yang sangat indah.  Nama ilmiahnya Maculata berasal dari bercak keputihannya, sedangkan nama lainnya Begonia berasal dari bentuk batangnya.

Kesimpulan

Sejujurnya, Begonia Maculata bukanlah tanaman hias yang paling mudah dirawat. Ini semua tentang cara mencapai keseimbangan perawatan yang tepat dan mampu membaca dan menafsirkan kondisi tanaman Anda dengan cara yang benar. Namun jerih payah Anda akan terbayar lunas ketika melihat tanaman cantik ini tampil menghiasi rumah Anda.

Komentar