Cara Merawat dan Memperbanyak Tanaman Begonia Pavonina

Begonia Pavonina adalah salah satu tanaman hias terindah yang pernah Anda temukan. Ada alasan mengapa mereka dijuluki “Peacock Begonia” alias Begonia Merak. Saat cahaya mengenai tanaman pada sudut tertentu, daunnya menjadi cerah dengan warna biru cerah. Di bawah daun biru yang indah ini ada warna merah tua yang kuat. Diyakini bahwa perubahan dari daun hijau tua menjadi biru cerah membantu tanaman menyerap lebih banyak sinar matahari.

Begonia Pavonina

Tanaman Begonia pavonina berasal dari hutan hujan di puncak pegunungan di Malaysia. Karena area di Malaysia ini memiliki cahaya redup, Begonia Pavonina membutuhkan cahaya ekstra. Itulah mengapa diyakini daun berubah warna agar bisa menyerap lebih banyak sinar matahari.

Tanaman ini dapat ditanam sebagai tanaman dalam ruangan rata-rata atau bahkan di dalam terarium. Begonia pavonina membutuhkan perawatan khusus, seperti tanaman lain di luar sana. Anda harus mengetahui cara merawat salah satu dari Begonia yang luar biasa ini.

Jika Anda siap merawat Begonia pavonina, kami memiliki panduan perawatan tanaman terbaik untuk Anda. Simak cara merawat spesies Begonia ini.

Perawatan Tanaman Begonia Pavonina

Tanah

Tanah untuk Begonia pavonina harus memiliki drainase yang baik. Tanaman ini menyukai tanah yang lembab. Namun bukan berarti membuat tanah jenuh. Tanah yang dikeringkan dengan baik memungkinkan air meresap dengan cepat. Dengan begitu, air tidak mengendap di tanah.

Jika kelebihan air tidak terkuras dan tergenang di tanah, ini dapat menyebabkan beberapa kondisi. Ini dapat menyebabkan penyakit jamur atau bahkan busuk akar. Busuk akar adalah kondisi yang menakutkan. Terlalu banyak air di dalam tanah menghalangi oksigen masuk ke akar. Ini menyebabkan akarnya mulai membusuk.

Busuk bisa menyebar ke seluruh akar tanaman Anda. Jika Anda tidak merawat tanaman Anda sebelum menyebar ke semua akar, tanaman Anda akan mati. Campuran tanah yang baik untuk Begonia pavonina meliputi dua bagian lumut dan tiga bagian pasir malang.

Pasir malang membantu kelebihan air mengalir ke dasar. Lumut menahan cukup air untuk menghidrasi tanaman Anda. Tanah alkali ringan sangat cocok untuk tanaman ini. PH harus antara 5 pH dan 7 pH.

Cahaya

Begonia pavonina membutuhkan sinar matahari yang sebenarnya untuk berkembang. Efek biru pada daun tidak akan terlihat tanpa cahaya alami. Lampu buatan tidak cukup untuk tanaman ini. Tetapi tanaman ini tidak dapat menerima cahaya langsung selama lebih dari empat jam. Daunnya bisa hangus.

Selain itu, terlalu banyak sinar matahari langsung akan menyedot kelembapan langsung dari tanah tanaman Anda. Mereka menyukai cahaya tidak langsung, seperti lingkungan asli di hutan hujan. Di Malaysia, Begonia pavonina mendapat sinar matahari, tapi ternaungi oleh daun-daun pepohonan yang besar.

Untuk mendapatkan sinar matahari tidak langsung, letakkan tanaman Anda di jendela yang menghadap ke timur atau utara. Dengan cara ini tanaman bisa mendapatkan banyak sinar matahari tetapi tidak rusak akibat sinar matahari langsung.

Air

Tanaman Begonia pavonina membutuhkan jumlah air yang sama seperti kebanyakan tanaman lainnya. Anda tidak boleh menyiram tanaman Anda terlalu banyak dan juga tidak boleh menyiramnya terlalu sedikit. Saat Anda menyirami Begonia secara berlebihan, Anda menghalangi oksigen dari tanah. Yang menghalangi oksigen dari akar.

Kurang menyiram tanaman ini membuatnya kelaparan. Tanaman menjadi tidak bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Nutrisi ini bersembunyi di dalam tanah.

Semakin hangat di luar, semakin sering Anda perlu menyiram tanaman. Cara yang baik untuk menguji seberapa lembab tanah Anda adalah dengan memasukkan jari Anda ke dalam tanah. Anda harus menusuk tanah sedalam kira-kira 5 sampai 10 cm.

Jika tanahnya terasa kering, saatnya menyirami tanaman Anda. Jika tanahnya lembap, tunggu beberapa hari lagi untuk menyirami Begonia pavonina.

Selama musim kemarau, Anda mungkin perlu menyiram tanaman sekitar tiga kali seminggu. Selama musim hujan, Anda tidak perlu sering-sering menyiram tanaman (kecuali yang berada dalam ruangan).

Suhu

Kisaran suhu terbaik untuk Begonia Pavonina adalah antara 13 hingga 24 derajat Celsius. Tanaman ini tidak menyukai suhu panas sepanjang waktu, terutama pada malam yang hangat. Malam yang sejuk adalah yang terbaik. Suhu di malam hari harus antara 12 sampai 15 derajat Celsius. Tetapi tanaman ini tidak dapat bertahan pada suhu beku.

Kelembaban

Kelembaban untuk tanaman Begonia pavonina Anda harus antara 60% dan 80%. Tanaman ini menyukai kelembaban di udara. Kelembapan membantu tanaman Begonia Anda tumbuh subur. Ini juga membantu tanaman Anda tumbuh lebih cepat. Cara terbaik untuk menciptakan kelembapan pada Begonia Pavonina melibatkan nampan dan beberapa kerikil.

Metode nampan kerikil itu sederhana. Anda hanya perlu mengisi nampan dengan kerikil. Kemudian isi nampan itu dengan air, hampir sampai ke atas. Kerikil jangan sampai terendam air. Tempatkan pot tanaman Anda di atas kerikil. Saat air menguap, ini menciptakan kelembapan di udara. Gantilah air setelah air hampir habis atau semua sudah menguap.

Pupuk

Tanaman Begonia pavonina tumbuh subur dengan pemberian pupuk yang seimbang. Pupuk harus seimbang dengan semua unsur hara utama.

Ini membutuhkan 10% dari:

– Nitrogen

– Fosfor

– Kalium

Unsur hara mikro dalam pupuk harus mencakup:

– Kalsium

– Tembaga

– Magnesium

– Molibdenum

Perbanyakan

Cara utama perbanyakan tanaman Begonia pavonina adalah melalui stek batang. Anda bisa melakukan ini di tanah atau air. Ini adalah proses yang sederhana untuk dilakukan. Anda akan mempelajari cara melakukan proses ini secara mendetail di bawah.

Pertumbuhan

Tanaman Begonia pavonina tumbuh setinggi sekitar 40 cm. Dan lebarnya menjadi sekitar 20 cm. Daunnya tumbuh antara 10 dan 15 cm

Pengepotan

Anda harus merepoting Begonia pavonina Anda setelah satu tahun. Saat itu, dia akan tumbuh terlalu besar untuk potnya. Anda harus merepoting tanaman Anda ketika tanaman dirasa sudah tumbuh melampaui ukuran potnya. Selalu beli pot tanaman yang ukurannya hanya sedikit lebih besar dari pot aslinya. Jika pot terlalu besar, akar tanaman Begonia pavonina Anda akan menjadi stres.

Tanaman yang stres membuatnya lebih rentan terhadap penyakit dan hama. Anda tentu tidak boleh terlalu sering memindah pot Begonia Pavonina Anda karena ini adalah tanaman yang rapuh.

Langkah Perbanyakan Begonia Pavonina

Tanaman Begonia pavonina merupakan salah satu tanaman yang paling mudah diperbanyak. Apalagi dengan stek batang. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari cara melakukan stek batang Begonia pavonina di tanah dan air.

Memperbanyak Begonia Pavonina di Tanah

Langkah pertama adalah memotong batang Begonia pavonina Anda. Pemotongan batang ini harus memiliki panjang 5 hingga 10 cm. Anda harus memotong tepat di bawah ruas dan akan membantu jika setek memiliki setidaknya dua daun di atasnya.

Anda membutuhkan gunting kebun yang sudah disterilkan untuk melakukan ini. Anda dapat mensterilkan gunting Anda dengan alkohol isopropil. Setelah Anda mengetahui apa yang Anda cari dan gunting Anda sudah siap, potong.

Sekarang setelah Anda memotong batang, Anda perlu menyembuhkannya. Untuk menyembuhkan stek batang, biarkan selama beberapa hari di ruangan yang hangat atau berikan Betadine. Kapalan di ujung cuttingan ini membuatnya lebih mudah untuk berakar.

Setelah cuttingan batang Anda sembuh, Anda bisa menyiapkan semuanya. Anda harus menyiapkan pot tanaman (atau terarium). Jika Anda menggunakan pot tanaman, pastikan pot tersebut memiliki lubang drainase agar air berlebih bisa keluar. Silakan isi pot tanaman dengan tanah yang benar.

Setelah perawatan seminggu selesai, Anda bisa menanam stek batang. Gunakan jari Anda untuk membuat lubang sedalam 4 atau 7 cm. Tempatkan stek ke dalam tanah dan timbunkan di sekitar stek batang yang tersisa.

Ada kalanya stek batang Anda tidak mampu berdiri tegak dengan sendirinya dan terus jatuh. Anda dapat mengatasi situasi ini dengan mengikatkan tongkat kecil ke potongan batang. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah merawatnya seperti Anda merawat tanaman induk. Pastikan itu mendapatkan cahaya dan air yang dibutuhkannya. Diperlukan waktu sekitar 30 hari agar setek berakar.

Memperbanyak Begonia Pavonina dalam Air

Anda perlu menyiapkan cuttingan batang Begonia pavonina. Sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda mengetahui kualitas cuttingan yang sempurna. Cuttingan yang sempurna memiliki panjang 5 hingga 10 cm.

Anda harus memotong di bawah satu mata tunas dan masih ada dua daun yang menempel. Ini membutuhkan mata tunas, jika tidak maka dia akan membusuk di air. Untuk melakukan pemotongan batang ini, Anda membutuhkan gunting pemangkasan yang sudah disterilkan.

Sekali lagi, alkohol isopropil sangat cocok untuk mensterilkan gunting pemangkasan. Setelah semuanya siap, lanjutkan.  Sekarang Anda membutuhkan gelas atau mangkuk kaca. Isi dengan air secukupnya.. Inilah yang akan Anda gunakan untuk mempropagasi stek batang Anda.

Saatnya menempatkan potongan batang ke dalam mangkuk bening. Tempatkan potongan dengan ujung bawah di dalam air. Tempatkan mangkuk air di jendela yang menghadap ke timur atau utara. Dengan cara ini stek akan mendapat banyak sinar matahari tidak langsung.

Sekali seminggu Anda perlu mengganti air. Jika Anda membiarkan keran mengalir ke dalam mangkuk untuk mengisinya, itu akan mengaerasi air. Ini adalah bonus besar karena memberikan oksigen pada batang stek. Airnya tidak boleh dengan semburan penuh karena bisa melukai batang Anda.

Ketika akar dari potongan batang Anda sudah memiliki panjang beberapa cm, sekarang saatnya untuk memindahkannya ke pot tanaman. Isi pot dengan tanah yang sesuai. Paling mudah untuk tidak mengisi seluruh pot dengan tanah. Anda perlu tanah cukup rendah agar akar bisa masuk dengan mudah.

Berhati-hatilah jangan sampai melukai tanaman baru Anda. Tempatkan sisa tanah di dalam pot tanaman. Kemas tanah di sekitar stek batang dengan perlahan. Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah merawat tanaman bayi baru Anda seperti yang Anda lakukan pada tanaman induk. Pastikan mendapatkan air, cahaya, dan pupuk yang dibutuhkan.

Masalah Umum dengan Begonia Pavonina

Hama menyukai tanaman Begonia pavonina. Hama menyukai semua tanaman Begonia. Ini adalah beban yang harus Anda hadapi saat merawat salah satu tanaman ini. Pencegahan adalah pertahanan terbaik Anda terhadap hama. Periksa semua tanaman yang Anda beli sebelum Anda membawanya ke rumah. Ini adalah jalur pencegahan terbaik Anda. Namun sekeras apa pun Anda bekerja untuk mencegah hama, Anda mungkin tetap mendapatkan tamu tak diundang.

Lalat putih

Lalat putih adalah salah satu dari banyak hama yang harus Anda khawatirkan bila merawat Begonia Pavonina. Lalat putih terkait dengan kutu daun dan kutu putih. Hama ini aktif pada siang hari. Ini kebalikan dari kebanyakan hama tanaman lainnya.

Mereka memiliki tubuh yang lembut. Panjang sayap mereka hanya sekitar tiga milimeter. Mereka sama sekali tidak besar. Lalat putih mencuri getah dari Begonia Pavonina Anda. Saat mereka mencuri getah, mereka mencuri nutrisi penting dan air yang dibawa getah ke dalam selnya.

Ini dapat mencegah fotosintesis dan menyebabkan banyak masalah lain pada tanaman Anda. Lalat putih juga memiliki air liur beracun yang masuk ke tanaman Anda begitu mereka mulai memakannya. Air liur beracun menyebabkan tekanan turgor rendah. Tekanan turgor yang rendah menyebabkan tanaman menjadi layu.

Thrips

Hama mengganggu lainnya yang menyerang tanaman Begonia pavonina adalah thrips.  Anda mengira lalat putih itu kecil? Nah, panjang thrips hanya sekitar satu milimeter. Thrips juga menyedot getah dari tanaman Anda untuk memberi makan dan mereka juga memiliki air liur beracun.

Racun dalam air liurnya merusak sel tanaman Anda. Saat sel pecah, tanaman Begonia pavonina Anda menjadi sakit. Tapi ini bukan serangan thrip yang terburuk. Thrips dikenal membawa banyak virus. Mereka memakan tanaman yang membawa virus. Kemudian mereka pindah ke tanaman lain untuk mencari makan. Saat air liur mereka masuk ke dalam tanaman, mereka menularkan virus.

Kutu putih

Hama yang paling umum pada tanaman Begonia pavonina adalah kutu putih. Kutu putih adalah hama yang membuat tanaman terlihat seperti tertutup kapas. Kutu putih adalah serangga bertubuh lunak yang tidak bercangkang. Satu-satunya perlindungan mereka adalah bahan seperti kapas yang mengelilingi mereka.

Penutup ini mencegah kelembapan keluar dari kutu putih. Ini juga mencegah hama menjadi terlalu panas. Seperti kebanyakan hama tanaman, kutu putih mencuri getah dari tanaman Begonia pavonina Anda. Anda akan menemukannya di bawah dedaunan.

Ada beberapa cara yang aman dan alami untuk membasmi hama tersebut. Banyak metode yang tidak akan merusak tanaman Anda. Metode favorit banyak profesional adalah dengan menggunakan minyak neem. Semuanya alami dan sebagian besar tanaman dapat mentolerirnya. Minyak ini akan mencekik hama. Semprot tanaman Anda dengan minyak neem. Setelah beberapa menit, Anda akan dapat membuang semua hama yang mati.

Tips Merawat Begonia Pavonina yang Tidak Bahagia

Begonia pavonina rentan terhadap berbagai penyakit dan kondisi tanaman. Anda perlu selalu memperhatikan tanaman Anda. Dengan dedikasi, Anda dapat menjaga tanaman Anda tetap hidup dan bahagia. Kami akan membahas beberapa tips untuk Begonia Pavonina yang tidak bahagia.

Begonia Pavonina Anda memiliki Embun Tepung

Terjadi embun tepung di Begonia Pavonina Anda. Saat tanaman Anda berada dalam kondisi hangat dan kering terlalu lama, jamur berkembang. Ini berbeda dengan penyakit jamur lainnya. Penyakit ini menutupi daun tanaman Anda dengan bercak berjamur berdebu. Daunnya akan menguning dan mengering.

Spora tertiup angin, menyebarkan penyakit ke tanaman Anda dan tanaman lain. Ada beberapa spesies penyakit ini. Tapi mereka semua terlihat dan bertindak sama. Kondisi ini dapat memperlambat pertumbuhan Begonia pavonina Anda.

Anda bisa mencoba minyak neem untuk mengobati embun tepung. Minyak neem adalah fungisida dan pestisida alami. Anda juga perlu membuang semua daun yang terkena untuk mencegah spora menyebar.

Begonia Pavonina Anda Memiliki Busuk Coklat Lembut

Busuk coklat lembut pada Begonia Pavonina Anda menunjukkan bahwa dia memiliki Botrytis Blight. Botrytis Blight adalah jamur abu-abu. Ini disebabkan oleh jamur Botrytis cinerea. Tanaman Anda mendapatkannya karena berada di lingkungan yang dingin dan basah terlalu lama.

Busuk coklat lembut ini bisa ada di daun atau batang Anda. Juga akan ada jamur abu-abu kabur yang tersebar di daun. Terkadang bahkan ada lesi berair. Hawar sering menyerang tanaman yang terluka atau sudah sakit. Tidak butuh waktu lama sampai penyakit jamur ini merobohkan tanaman Anda. Jamur berkembang biak dengan cepat.

Untuk merawat tanaman Begonia pavonina Anda dari penyakit hawar, buang semua daun yang terinfeksi terlebih dahulu. Dalam kasus ekstrim, Anda perlu menggunakan fungisida kimiawi.

Begonia Pavonina Anda Mengalami Lepuh di Bawah Dedaunan

Lepuh di bawah daun di Begonia Pavonina Anda adalah tanda Bintik Daun Bakteri. Ini adalah penyakit tumbuhan yang berbahaya. Ketika tanaman Anda tetap basah terlalu lama, bakteri jahat akan terbentuk. Bakteri ini berkembang biak dengan cepat. Karena bakteri berkembang biak dengan sangat cepat, Bakteri Daun Bintik menyebar dengan cepat.

Bintik-bintik yang disebabkan oleh Bintik Daun Bakteri bervariasi dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Beberapa lesi seperti lepuh. Tanaman lain memiliki bintik-bintik coklat dengan lingkaran kuning.

Untuk mengobati penyakit tanaman yang mengerikan ini, Anda harus segera membuang daun yang terkena. Ini akan menghentikan penyebaran penyakit. Jika bercak Daun Bakteri telah menyebar terlalu jauh, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki situasinya. Anda mungkin harus membuang tanaman Anda.

Varietas Begonia

Ada beberapa spesies tanaman Begonia yang mengesankan. Beberapa terlihat seperti tanaman rumahan biasa, sementara yang lain lebih menonjol dengan bunganya. Ini hanya beberapa dari spesies Begonia favorit yang ada di sekitar kita:

Begonia burkillii

Begonia burkillii memiliki daun hijau bulat panjang. Urat daun putih membuat pola yang menarik. Ini salah satu tanaman hias Begonia standar Anda. Ini cocok dengan sebagian besar jenis tanaman lainnya.

Begonia x tuberhybrida

Tanaman hibrida ini menyukai cuaca yang panas. Ini tidak seperti kebanyakan Begonia lainnya. Ini menghasilkan bunga yang cantik. Warna bunga bervariasi dari satu tanaman ke tanaman lainnya, tergantung pada bagaimana mereka dibudidayakan.

Begonia semperflorens

Begonia semperflorens juga dikenal sebagai “Charm Begonia.” Tanaman ini luar biasa dan bervariegasi dengan desain kuning cerah yang bercampur dengan warna hijau di daun. Mereka juga menumbuhkan bunga berwarna merah muda seperti lilin yang indah.

Begonia Richmondensis

Tanaman Begonia ini berubah warna dari berbagai sudut, mirip seperti Begonia Pavonina. Ini selalu berbunga. Bunganya merah muda atau merah.

Begonia aconitifolia x Begonia coccinea

Hibrida Begonia lainnya, tanaman ini memiliki batang yang panjang. Bentuk daunnya zig-zag, membuatnya asyik dipandang. Tanaman ini juga menciptakan bunga untuk membawa cinta ke rumah Anda.

Pertanyaan Umum tentang Begonia Pavonina

Mengapa ada pola kuning aneh yang bermunculan di daun Begonia Pavonina saya?

Jika Begonia pavonina Anda memiliki pola mosaik kuning, berarti ada beberapa jenis virus tumbuhan. Ada begitu banyak jenis, sulit untuk mengatakan mana yang memengaruhi tanaman Anda. Tapi Anda harus memperlakukan semua virus dengan cara yang sama.

Dapatkah saya memindah pot Begonia pavonina dewasa saya?

Anda sebaiknya hanya memindah pot tanaman Begonia pavonina dewasa jika pot yang dibutuhkan lebih besar. Namun Anda tidak perlu melakukannya sering-sering. Akarnya sensitif dan tidak selalu tumbuh dengan baik saat dipindahkan.

Mengapa Begonia Pavonina saya memiliki bintik-bintik cekung di daun?

Bintik-bintik cekung pada tanaman Begonia pavonina bukanlah pertanda baik. Ini berarti tanaman Anda memiliki virus bintik nekrotik impatiens. Virus ini biasanya ditularkan oleh hama thrips.

Mengapa saya tidak boleh menyemprot daun Begonia pavonina untuk menciptakan kelembapan?

Menyemprot daun Begonia pavonina dapat menyebabkan embun tepung. Jamur berasal dari jamur patogen. Mereka sensitif terhadap penyakit jamur.

Kesimpulan

Tanaman Begonia pavonina adalah tanaman hias favorit karena suatu alasan. Genus Begonia menciptakan beberapa tanaman cantik yang menerangi rumah mana pun. Masalahnya Anda harus berhati-hati dalam merawat salah satu tanaman tersebut. Mereka pemilih, jadi mengetahui perawatan yang tepat adalah suatu keharusan.

Komentar