Buah Kecubung, Pemilik Anastesi dan Manfaat Yang Sering Disalahgunakan.

buah kecubung

Buah kecubung atau dalam bahasa Latinnya dikenal dengan sebutan Datura matel adalah tanaman buah yang bentuk kulit buahnya mirip seperti durian. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki bunga indah berbentuk terompet. Hal ini juga menjadikan tanaman kecubung berfungsi sebagai tanaman hias. Kecubung pertama kali dikenalkan pada pubik untuk pertama kali pada tahun 1753.  Namun penjelasan lebih lanjut tentang tanaman ini masih simpang-siur.

Buah kecubung sendiri sebenarnya memiliki tampilan unik, berbetuk bulat kecil-kecil dengan bulu jarang agak kasar yang memenuhi permukaan kulit buahnya, sehingga sering disangka buah ini memiliki duri yang mirip dengan buah durian.

kecubung menyukai tempat tumbuh dengan cuaca yang panas dengan kelembapan ringan. Tanaman kecubung sengaja ditanam dan diudidayakan untuk mengambil manfaatnya sebagai tanaman obat di belahan dunia, khususnya pada benua afrika.

Pada beberapa bagian tanaman kecubung yang menjadi pusat perhatian. Diantaranya, daun, buah, dan bunga kecubung.

Pada bagian tersebut terdapat kandungan senyawa nitrogen Alkaloid. Terutama pada buah kecubung. Kandungan alkaloid yang mampu menimbulkan efek halusinasi yang dapat mengubah perasaan seseorang yang mengkonsumsinya. Mulai dari rasa senang dan gembira, melayang hingga efek memabukkan yang mebuat orang tidak sadar diri.  Meskipun efek yang dirasa hanya bersifat sementara, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat memicu kondisi kelumpuhan syaraf hingga berujung kematian.

Hmm, cukup berbahaya ternyata.

Dibalik Fakta Mengerikannya Tapi Tetap ada Rahasia Kebaikan dan Manfaat dari Buah Kecubung :

Manfaat Buah Kecubung Bagi Kesehatan dan Kecantikan

  • Buah kecubung sebagai obat oles untuk mengobati penyakit kulit

Kecubung  yang sudah tua ternyata dapat dijadikan obat oles untuk meredakan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit seperti, eksim, bisul, bekas gigitan serangga, hingga kutu air.

Caranya , cukup bakar buah kecubung yang sudah tua hingga hangus, kemudian haluskan. Bubuk buah tadi lalu dicampur dengan minyak kelapa sampai membentuk pasta. Oleskan tipis-tipis pada permukaan kulit yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika kulit anda terluka atau terdapat bisul. Jangan oleskan pada pertengahan luka atau mata bisul tersebut, melainkan cukup lumuri secara tipis daerah pinggiran kulit yang bermasalah.

Anda akan menemukan keadaan kulit anda lebih baik dalam waktu singkat.

  • Buah kecubung untuk menghilangkan ketombe

Ketombe adalah suatu keadaan kulit terluar kepala yang mengering secara berlebihan dan hal ini benar-benar menggangu karena rasa gatal pada kepala yang ditimbulkannya, belum lagi apabila tangan anda tidak dapat menahan untuk menggaruknya. Akan banyak sekali serpihan-serpihan ketombe tersebut yang berhamburan memenuhi rambut hingga merusak penampilan.

Selain jeruk nipis, kecubung juga dapat digunakan untuk mengurangi kekeringan pada kuit kepala yang menyebabkan terjadinya ketombe.

Anda dapat menghaluskan biji dan daun kecubung segenggaman tangan, kemudian oleskan kekulit kepala anda. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat.

Lakukan cara tersebut secara rutin 3 hari sekali. Masalah ketombe anda akan berkurang drastis.

  • Buah kecubung untuk mengobati flu, meringankan sesak nafas dan ashma

Sensasi rasa buah kecubung yang pahit, pedas dan hangat sering digunakan warga keturunan tiongkok untuk meredakan flu higga sesak nafas pada penderita ashma.

Diketahui dalam dunia pengobatan, bahwa obat ashma yang bersifat antikholinergik, zat hipociamin dan skopolamin yang juga terdapat pada senyawa kandungan buah ini.

  • Buah kecubung sebagai anti depresan

Buah kecubung mengandung senyawa alkaloid yang kerap disalah gunakan oleh sebagian orang. tapi dibalik efek sampingnya, jika buah ini digunakan dalam dosis yang tepat dapat dijadikan pengganti obat kimia sebagai obat penenang atau  anti depresan.

  • Buah kecubung untuk mengatasi disfungsi seksual

Lalu ada lagi manfaat buah ini untuk mengatasi masalah seksualitas seperti lemah syahwat. Beberapa warga sumatera barat menggunakan butir biji yang dihaluskan, kemudian mengoleskannya pada alat vital pria untuk mengatasi gairah seksual yang sulit utuk bangkit.

Gunakanlah tanaman kecubung yang dititipkan oleh Tuhan Yang Maha Esa ini kepada kita dengan bijak dan tidak seenaknya.

Jika anda berminat untuk menggunakan tanaman kecubung ini sebagai obat alternatif, ada baiknya jika anda terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter keluarga anda. Agar dosis dan manfaat yang digunakan serta dirasakan dapat berjalan optimal tanpa masalah berarti.