Tips Perawatan Tanaman Hias Scindapsus Treubii

Jika Anda sudah memiliki banyak koleksi tanaman hias dan ingin naik status menjadi kolektor tanaman langka, Anda mungkin ingin mendapatkan Scindapsus treubii. Scindapsus treubii termasuk dalam kategori aroid seperti Philodendron dan Syngonium, dan untungnya bagi Anda meskipun jarang, mereka mudah dirawat dan merupakan tanaman kuat yang tidak membutuhkan banyak perhatian untuk berkembang.

Harga Scindapsus Treubii

Tanaman ini mempesona dengan daunnya yang lebat, tebal, dan kokoh yang berwarna hijau keperakan (atau hitam jika Anda memilih bentuk gelap Scindapsus treubii). Tanaman ini asli Asia di mana mereka menyusuri tanah sampai menemukan pohon untuk dipanjat, kemudian mencapai potensi pertumbuhan penuhnya dan daunnya menjadi lebih panjang, lebih tipis, dan lebih gelap. Mereka terkadang berbunga di alam tetapi sangat jarang melakukannya dalam kondisi rumahan.

Karena ini adalah tanaman langka, tanaman ini tidak dapat langsung ditemukan di sebagian besar nursery dan pusat taman hias dan Anda harus mencarinya sedikit lebih keras. Tempat yang baik untuk memulai adalah grup terkait tanaman hias Facebook dan seller tanaman langka online. Anda mungkin juga bisa mendapatkannya dari kolektor tanaman hias langka.

Harganya tentu lebih mahal daripada tanaman rumahan biasa, tetapi jangan buru-buru membobol tabungan Anda karena tanaman ini belum begitu populer. Karena itu, dapat dimengerti jika Anda ingin melakukan semua yang Anda bisa untuk menjaganya tetap hidup dan berkembang.

Panduan Perawatan Tanaman Hias Scindapsus treubii

Tanah

Scindapsus treubii tidak pilih-pilih soal tanah, campuran media tanaman rumahan biasa dapat digunakan, tetapi jika Anda ingin yang lebih baik, Anda dapat menambahkan beberapa perlite ke tanah untuk meningkatkan aerasi.

Campuran media tanam yang cepat kering selalu merupakan pilihan terbaik untuk menghindari genangan air dan busuk akar. Jika Anda mencampur tanah Anda sendiri, Anda dapat mencampur satu bagian tanah, satu bagian kulit pinus, dan satu bagian perlit. Tanaman ini juga tumbuh baik di peat moss karena sering tumbuh di hutan rawa gambut.

Cahaya

Scindapsus treubii menyukai cahaya tidak langsung yang terang yang menjadikannya kandidat sempurna untuk jendela yang menghadap ke timur atau lebih jauh dari jendela yang menghadap ke selatan. Mereka akan mentolerir periode singkat terpaan cahaya langsung tetapi akan mulai

Air

Anda harus membiarkan tanah Scindapsus treubii benar-benar kering sebelum disiram. Sama seperti sukulen, tanaman ini tidak perlu basah kuyup sepanjang waktu dan tidak akan keberatan jika tidak disiram. Ketika haus tanaman akan menunjukkannya kepada Anda dengan daunnya yang melengkung. Daun akan kembali ke bentuk semula setelah diguyur dengan air.

Karena merupakan tanaman tropis, tanaman ini akan tumbuh subur jika disiram dengan air suling atau air akuarium. Air keran terlalu sadah dan dapat menyebabkan timbunan mineral pada daun Anda. Selalu sesuaikan jadwal penyiraman Anda dengan jumlah cahaya yang didapat tanaman Anda.

Yang kami maksud dengan itu adalah jika Anda memiliki Scindapsus treubii di sebelah jendela yang menghadap ke selatan, itu mungkin perlu disiram lebih sering daripada tanaman yang sama yang duduk di jendela menghadap timur laut. Hal yang sama berlaku untuk suhu karena air lebih cepat menguap saat panas dan Anda akan melihat tanah lebih cepat mengering.

Suhu

Fitur menarik dari Scindapsis treubii adalah dapat mentolerir suhu yang lebih dingin dengan cukup baik. Kisaran suhu terbaik untuk tanaman ini adalah antara 18-24 derajat Celsius. Ini akan cocok diletakkan di samping jendela bahkan selama musim dingin, tetapi jangan biarkan terkena suhu di bawah nol karena tanaman dapat mengalami kerusakan akibat embun beku.

Tanaman ini akan tumbuh subur di lingkungan yang lebih hangat juga tetapi jangan sampai memakannya juga, mereka suka keteduhannya dan bisa layu jika terlalu panas. Secara keseluruhan, mereka akan tumbuh dengan baik dalam rentang suhu yang lebar, tetapi jangan percaya begitu saja dan amati bagaimana respon tanaman di mana pun Anda meletakkannya.

Kelembaban

Scindapsus treubii menyukai kelembapan yang lebih tinggi tetapi akan baik-baik saja jika Anda tidak dapat menyediakan kelembaban yang cukup. Seperti yang kami katakan sebelumnya, ini adalah tanaman yang kuat dan kelembaban sekitar 40% sudah lebih dari cukup.

Jaga kelembaban untuk tanaman ini di atas 60% untuk hasil terbaik. Basahi sesekali, juga dengan air suling atau air akuarium untuk menghindari endapan mineral pada daun. Selama tidak ada tepi yang renyah atau menguning, tanaman Anda akan tetap bahagia.

Pupuk

Pupuk Scindapsus treubii Anda setiap dua minggu sekali karena pada saat itulah dia akan mengeluarkan banyak pertumbuhan baru. Anda dapat menggunakan pupuk sintetis rasio 20:10:10 yang lebih kaya akan nitrogen yang diencerkan menjadi setengahnya.

Banyak orang suka menggunakan pupuk organik untuk menghindari penumpukan garam atau pembakaran akar. Sesuatu seperti vermikulit atau emulsi ikan akan sempurna, tetapi Anda akan terkejut dengan bau emulsi ikan dan mungkin ingin menggunakan vermikulit untuk itu.

Perbanyakan

Scindapsus treubii paling baik diperbanyak dengan stek di tanah. Ini karena akar yang tumbuh di air sulit beradaptasi dengan tanah. Anda dapat mengharapkan stek Anda berakar dalam waktu sekitar 4 hingga 6 minggu. Kami akan menjelaskan proses perbanyakan Scindapsus Anda dalam sembilan langkah mudah di bawah ini.

  • Perhatikan tanaman Anda dan pilih satu atau beberapa cabang yang bisa Anda potong.
  • Potong ujung cabang dan pastikan Anda memotong di bawah setidaknya satu node dan buang daun bagian bawah. Sisakan setidaknya satu daun agar stek tumbuh dengan sukses.
  • Pilih pot berukuran kecil, 8 cm saja sudah cukup, dan isi dengan campuran moss dan media lain yang disebutkan pada bagian tanah di atas. Kami sarankan untuk menyiram tanah sebelum Anda memasukkan cuttingan Anda.
  • Taruh potongan ke dalam pot dengan hati-hati dan pastikan mata tunasnya tertutup tanah.
  • Basahi kembali bagian atas tanah dan tutup pot dengan tanaman dalam kantong plastik untuk menjaga kelembapan
  • Tempatkan di area yang terang dan hangat di rumah Anda dan lupakan sejenak.
  • Setelah satu atau dua minggu, Anda dapat memeriksa apakah setek telah berakar. Anda melakukan ini dengan menarik batangnya dengan sangat lembut dan melihat apakah terasa aman. Jika belum memiliki kesabaran dan biarkan saja, jaga kelembaban dan kehangatannya dan periksa lagi dalam seminggu.
  • Jika Anda yakin stek telah berakar cukup baik, Anda dapat melepas kantong plastik dan mulai menyiram tanaman baru Anda secukupnya (Anda dapat membiarkan bagian atas tanah mengering, tetapi usahakan agar sisa tanah tetap lembab)
  • Setelah 3 hingga 4 bulan, Scindapsus treubii Anda siap untuk ditanam di pot permanennya yang pertama.

Pengepotan

Untuk Scindapsis treubii dan semua aroid pemanjat, Anda bisa menggunakan pot terakota berkualitas tinggi dengan lubang drainase yang cukup besar. Tanah liat menarik kelembapan dan akan menjadi cara yang bagus untuk memastikan tanaman Anda tidak tergenang terlalu banyak air dan akan menjaga kelembapan di dalam tanah secara merata.

Anda juga bisa menggunakan pot plastik biasa, tetapi dalam hal ini kami melakukan upaya ekstra untuk memastikan tanah memiliki drainase yang baik dan air dapat mengalir melalui lubang drainase dengan cepat.

Tanaman ini suka ditimbun tanah dengan rapat sehingga Anda tidak perlu terburu-buru merepotting. Jangan membuat kesalahan dengan menanam tanaman apa pun di dalam pot yang tidak memiliki lubang drainase karena busuk akar pasti terjadi.

Jika Anda menemukan pot cantik tanpa lubang drainase, tanam Scindapsus treubii Anda di dalam pot pembibitan dan masukkan ke dalam pot dekoratif setelahnya.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Scindapsus treubii

Apa Scindapsus treubii hampir hitam?

Scindapsus treubii yang hampir hitam merupakan varian dari Scindapsus treubii yang sangat gelap. Itu sangat dekat dengan sepenuhnya hitam.

Di mana saya bisa membeli Scindapsus treubii?

Facebook, serta Instagram, dan marketplace / e-commerce adalah tempat yang bagus untuk membeli Scindapsus Treubii. Anda juga dapat memeriksa toko tanaman online langka / khusus. Nursery tanaman biasa kemungkinan besar tidak akan memiliki tanaman ini.

Bagaimana cara mengatasi stres transportasi?

Setelah Anda mendapatkan Scindapsus treubii yang Anda pesan secara online, segera buka kemasannya. Ini mungkin agak mengkhawatirkan karena tanaman terbiasa mendapat banyak sinar matahari dan sirkulasi udara. Perlu beberapa waktu agar tanaman Anda segar kembali. Buang daun kering atau rusak berat dan periksa. Ini mungkin memberi Anda gambaran tentang langkah-langkah terbaik berikutnya.

Jika tanahnya lembap dan daunnya memiliki bintik hitam atau menguning, mungkin timbul masalah jamur karena jamur ini muncul ketika tanaman yang disimpan di lingkungan yang lembab tiba-tiba ditempatkan dalam kegelapan.

Jamur menyukai lingkungan yang lembab dan gelap, jadi jika Anda mencurigai hal ini mungkin menjadi masalah, siram bagian atas tanaman secara menyeluruh dengan campuran air dan vitamin B1 yang berkhasiat mengatasi stres tanaman.

Letakkan tanaman di tempat teduh dengan cahaya tidak langsung dan sirkulasi udara yang baik tetapi tidak ada aliran udara kencang. Jika tanahnya kering berikan penyiraman yang baik dan pertimbangkan untuk menyungkupnya.

Jangan langsung merepoting Scindapsus treubii Anda, biarkan tanamannya beradaptasi terlebih dahulu dan Anda dapat menaruhnya di pot baru dalam waktu sekitar satu bulan atau jika Anda melihat kondinya baik-baik saja. Jangan langsung memupuk, biarkan tanaman menyesuaikan diri selama beberapa minggu.

Dan terakhir, jangan khawatir jika beberapa daun jatuh atau menguning dalam satu atau dua bulan pertama jika Anda mengikuti petunjuk di atas, ini adalah proses yang sepenuhnya normal saat tanaman sedang beradaptasi.

Jika Anda mencari tanaman langka untuk menghiasi rumah Anda yang akan membuat semua orang terkesan tetapi membutuhkan sedikit atau tanpa perawatan, Scindapsus treubii sangat cocok untuk Anda.

Budidayanya relatif mudah, tidak membutuhkan tanah khusus, tidak membutuhkan banyak kelembabanm dan akan tumbuh dengan baik dalam rentang suhu dan cahaya yang luas. Taruh di dalam pot terakota dengan turus lumut untuk dipanjat dan tanaman akan berkembang baik.

Kesimpulan

Scindapsus treubii merupakan tanaman yang tepat bagi para kolektor aroid yang ingin memiliki koleksi tanaman unik. Anda layak mencoba merawatnya di rumah.

Komentar