Buah Persik. Makanan Kegemaran Kaisar Yang Kaya Manfaat.

buah persik

Buah persik atau dalam bahasa Latin disebut dengan Prunus persica adalah buah dari tanaman keluarga bersuku mawar-mawaran. Buah berbau harum ini disebut buah tao’ yang artinya buah persik dalam bahasa Mandarin, dan disebut peach dalam bahasa Inggris. Tidak seperti buah-buahan lain yang memiliki biji banyak, tanaman buah persik hanya memiliki satu biji yang berada di tengah daging buah.

Buah persik atau peachi ini  diyakini sejarahnya berasal dari daerah China yang pada zaman dahulu hanya boleh dikonsumsi oleh para kaisar beserta keluarganya sebagai makanan kerajaan atas simbol panjang umur dan kekuasaan yang abadi.

Buah dengan bulu-bulu halus di permukaan luar kulitnya ini memiliki rasa manis asam yang unik. Rasa asamnya berasal kandungan citrun atau vitamin C yang tinggi. Daging buahnya tebal dan garing berwarna kuning kemerahan. Dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus, selai, bahan campuran kue, hingga diekstrak minyaknya untuk menghasilakan aroma therapi yang manis.

Selain terkenal sebagai makanan para kaisar, juga terkenal akan khasiatnya untuk mencegah penuaan dini. Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan apabila rajin mengkonsumsi buah harum ini.

 

Manfaat dan Keuntungan dari Mengkonsumsi Buah Persik :

16 Manfaat buah persik bagi kesehatan | merdeka.com

1. Menjaga kesehatan saluran penecernaan

Buah persik telah menempati posisi buah untuk melancarkan saluran pencernaan setelah pepaya. Kandungan serat dan vitamin C nya sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kelancaran saluran pencernaan agar terhindar dari sembelit dan susah buang air besar.

 

2. Membantu kulit untuk berregenerasi lebih cepat

Buah persik memiliki zat antioksidan tinggi yang dibutuhkan kulit untuk mengganti sel-sel kulit mati. Molekul inilah yang kemudian merangsang jaringan kulit baru agar lebih cepat tubuh. Semakin tinggi kandungan antioksidan yang terdapat pada buah, akan semakin baiklah buat tersebut untuk kesehatan kulit.

 

3. Buah persik untuk mencegah penuaan dini

Kerutan, uban dan kesehatan yang menurun merupakan gejala dari penuaan dini. Tapi tak perlu khawatir, para kaisar yang memimpin negeri Tiongkok pada zaman dahulu mengatasi masalah tersebut dengan rajin memakan buah ini.

 

Vitamin C, B kompleks, dan antioksidan yang bekerja dari dalam memberikan dampak kesehatan yang terlihat pada kulit wajah, rambut hitam mengkilat dan kebugaran tubuh terjaga.

Hal inilah yang mejadikan buah persik sebagai buah kesukaan para Raja China zaman dahulu.

 

4. Meningkatkan kekebalan sistem imun

Radikal bebas menjadi momok tersendiri bagi orang-orang dengan sistem imun yang rendah. Namun hal itu bukanlah masalah bagi oarng yang rajin mengkonsumsinya . Sistem imun yang bekerja baik, mampu melawan radikal bebas dan bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Anda akan dengan mudah merasakan sistem imun tubuh yang meningkat berkat kandungan atioksidan yang terdapat pada buah manis ini.

 

5. Meningkatkan daya ingat

Bagi anda yang pelupa, terdapat khasiat yang sangat bermanfaat. Yaitu dapat membantu memenuhi nutrisi pada jaringan otak sehingga dapat bekerja lebih maksimal.

Kandungan vitamin B12, protein dan asam folat yang ada pada buah ini diklaim mampu menunjang kinerja otak yang menurun, baik karena faktor usia atau pun karena gejala penyakit tertentu yanng menyerang fungsi otak.

 

6. Menjaga kesehatan tulang

Buah persik juga memliki kandungan nutrisi berupa zat besi dan kalium. Kalium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang anda, terutama untuk orang tua yang berusia lanjut.

 

7. Buah persik untuk kesehatan mata

Jika anda perhatikan, anda tidak akan menemukan potret kaisar menggunakan kaca mata pada zaman dahulu. Hal tersebut bukan tanpa sebab. Seperti yang kita ketahui, buah ini merupakan kegemaran para kaisar China. Buah yang kaya akan kandungan multivitamin menjadi saksi atas kesehatan sang raja yang agung

Vitamin A dan E yang sangat dibutuhkan oleh jaringan mata untuk menjaganya agar tetap bekerja secara optimal. Mata yang baik juga tak luput dari asupan nutrisi yang baik pula.

 

8. Sebagai rekomendasi makanan pasca operasi

Vitamin, antioksidan, protein dan serat merupakan komponen penting yang dibutuhkan tubuh ketika anda berada pada masa pemulihan setelah sakit. Dan buah persik memiliki segalanya.

Konsumsilah buah persik dalam jumlah yang cukup untuk membantu mempercepat memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat pembedahan yang dilakukan.