Cara Merawat Tanaman Hias Hoya Serpens dan Perbanyakannya

Hoya Serpens yang eksotis, juga dikenal luas sebagai Wax-flower Plant, adalah tanaman cantik yang harus dilirik, bahkan saat tidak mekar sepenuhnya. Spesies tropis ini memunculkan daun yang hampir bulat sempurna dengan bunga hijau yang indah. Tidak diragukan lagi, tanaman ini dapat membuat sudut ruang yang kusam terlihat penuh warna dan hidup.

Harga Hoya Serpens

Tanaman Hoya Serpens tumbuh subur di bawah sinar matahari yang terfilter terang dan memiliki kebutuhan penyiraman rata-rata. Mereka suka disiram setiap hari dan menyukai setiap kelembapan yang didapatnya. Tanaman Serpens yang compact ini tumbuh dengan baik dalam campuran tanah yang memiliki drainase yang baik dan dapat mentolerir berbagai suhu.

Spesies tahunan ini muncul dari keluarga Apocynaceae. Untungnya, perawatan tanaman Hoya Serpens tidak sesulit pengucapan nama keluarganya. Ini adalah tanaman yang menarik dengan kebutuhan yang khas. Hoya Serpens secara alami berasal dari daerah Himalaya. Mereka ditemukan di beberapa negara Asia, termasuk Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Ini pertama kali terlihat oleh Joseph Dalton Hooker pada tahun 1880-an dan saat ini memiliki lebih dari 200 spesies yang diketahui.

Tanaman Serpens yang mencolok adalah pilihan tanaman hias favorit di antara penggemar tanaman hias, sebagian besar karena bunganya yang indah. Tanaman Hoya Serpens menghasilkan bunga hijau pucat unik yang memiliki aroma manis dan samar. Namun baunya lebih kuat saat beberapa bunga terbuka pada saat bersamaan.

Flora asli Himalaya ini mungkin awalnya agak sulit tumbuh. Namun begitu Anda memahami perawatan dan kebutuhannya sepenuhnya, mereka umumnya adalah tanaman hias yang tidak rewel. Biasanya, pertumbuhannya cukup cepat dan mereka mekar secara konsisten dari tahun ke tahun.

Pastinya, Hoya memiliki ciri khas yang membedakannya dari famili tumbuhan lainnya. Namun mereka bukan tanaman yang mudah untuk dikumpulkan karena berbagai alasan. Salah satu alasan utamanya adalah Hoya sering tumbuh secara epifit di puncak pohon. Tapi mereka juga berkembang di pohon yang ditebang, di mana tanaman Hoya relatif lebih mudah ditemukan.

Perawatan Dasar Tanaman Hoya Serpens

Tanah

Hoya Serpens menyukai pot dalam media yang kasar dan memiliki drainase yang baik. Pastikan tanah tidak terlalu basah atau kering karena akarnya bisa membusuk atau mengering dalam waktu singkat. PH ideal untuk tanaman ini adalah 6,0 hingga 7,0 (sedikit asam hingga netral).

Tanaman tahunan cantik ini tumbuh subur dalam coco chip murni atau campuran tanah gambut. Kami merekomendasikan Anda untuk menyiapkan campuran media tanam yang mengandung gambut, perlit, dan metan anggrek (kulit kayu pinus, arang, dan perlit) dalam porsi yang sama. Ini akan menciptakan campuran media tanam yang sangat porous yang akan membantu tanaman Serpens tumbuh dengan baik.

Cara lainnya, Anda dapat mencampur cacahan pakis dengan dua bagian media non-tanah. Jika Anda menanam Serpens dalam wadah atau pot, pastikan pot memiliki lubang drainase di bagian bawah. Bersihkan penyumbatan untuk memudahkan drainase dan aliran udara yang baik.

Penyiraman

Hoya Serpens berasal dari tanah Himalaya; oleh karena itu, mengeringkannya secara nyata dapat menyebabkan konsekuensi yang serius. Tanaman Serpens memiliki kebutuhan penyiraman yang normal. Jika campuran tanah Anda tidak menahan air secara berlebihan, penyiraman setiap inci tanaman tidak diperlukan.

Namun jika campuran media tanam Anda cenderung menahan banyak air, akar tanaman Serpens Anda bisa mati, seperti halnya campuran gambut yang berlebihan. Siram tanah jika terlihat terlalu kering dan jangan menyiram jika masih terlihat basah atau lembab.

Kami sarankan Anda memeriksa kadar air tanah setiap dua hari sekali. Jika sepertiga atau setengah bagian atas tampak kering, sekarang saatnya menambahkan air. Kebutuhan air dari Hoya Serpens terutama bergantung pada lokasi dan lingkungannya.

Semakin cerah, semakin tinggi frekuensi penyiramannya. Jika Hoya Serpens Anda diletakkan di tempat yang cerah, siramlah 2 sampai 3 kali seminggu, tergantung pada tanahnya. Di sisi lain, jika berada di lingkungan yang lembab, kurangi frekuensi penyiraman tanaman Serpens Anda.

Pastikan bahwa Hoya Serpens tidak ditanam di genangan air. Secara keseluruhan, sirami tanaman Serpens Anda secara berlimpah selama musim panas dan siram jarang-jarang selama bulan-bulan musim dingin yang lebih keras, sebaiknya dengan air hangat.

Pencahayaan

Spesies Hoya Serpens secara alami tumbuh di antara pepohonan puncak Himalaya. Tanaman ini terbiasa menerima sinar matahari yang tersebar dan tidak langsung. Oleh karena itu, sangat penting bahwa kebutuhan pencahayaan spesies Serpens ditiru dengan persyaratan pencahayaan alami untuk menunjang pertumbuhan terbaik.

Tempatkan tanaman Hoya Serpens Anda di bawah sinar matahari yang terang, tersaring, dan tidak langsung untuk mendukung pertumbuhan yang sehat. Jika di dalam rumah, Anda dapat menempatkan tanaman Serpens di sebelah jendela yang menghadap barat daya atau tepat di dalam pintu balkon. Pastikan sinar ultraviolet langsung tidak mengenai tanaman karena dapat menyebabkan daun hangus.

Jika Anda menaruh Hoya Serpens luar ruangan, letakkan di tempat yang teduh sebagian. Ubah lokasinya jika menurut Anda sinar matahari terlalu intens. Biarkan tanaman berjemur di bawah sinar matahari tidak langsung penuh selama kurang lebih 4 hingga 6 jam setiap hari. Sebagai alternatif, Anda dapat menanam tanaman Hoya Serpens di bawah lampu tanam buatan.

Suhu

Tanaman Hoya Serpens bisa hidup secara alami dari tanah dingin, tetapi kebutuhan suhunya tidak terlalu dingin atau ekstrim. Spesies Serpens membutuhkan suhu dingin hingga sedang, yang tidak terlalu sulit untuk dijaga.

Tanaman hias eksotis ini tumbuh subur dalam suhu mulai dari 15 hingga 30 derajat Celcius. Idealnya, pada siang hari tanaman Hoya Serpens menyukai suhu dari 68 20 hingga 29 derajat Celcius. Dan pada malam hari, suhu berkisar antara 12 hingga 18 derajat Celcius.

Jika Anda tinggal di bagian paling dingin di Belahan Bumi Utara, Hoya Serpens Anda mungkin lebih menderita daripada yang lain, karena suhu di bawah 10 °C dapat menyebabkan kerusakan dingin. Untuk meminimalisir kerusakan, letakkan tanaman Serpens di sekitar pemanas.

Hoya Serpens tidak bereaksi dengan baik terhadap fluktuasi suhu. Oleh karena itu, jika ditempatkan di samping jendela, pastikan tidak menerima angin dingin langsung. Demikian pula, aliran udara langsung dari pemanas dan AC juga akan berdampak buruk.

Kelembaban

Betapapun cantiknya tanaman Hoya Serpens, mereka bisa menjadi sangat rewel dalam hal kebutuhan kelembapannya. Tidak mengherankan jika tanaman asli Himalaya ini menyukai kelembapan. Hoya Serpens lebih menyukai kelembapan sedang hingga tinggi, mulai dari minimal 60% hingga maksimum 100%.

Serpens tidak dapat mentolerir tingkat kelembapan yang kurang dari optimal untuk waktu yang lama, jadi mempertahankan tingkat kelembapan yang diinginkan sangatlah penting. Ada beberapa cara untuk menetapkan tingkat kelembapan yang diperlukan.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan humidifier, yang akan membantu menjaga kelembapan yang diinginkan. Jika Anda memiliki anggaran yang sedikit, Anda juga dapat menyimpan tanaman Serpens Anda di dalam kantong plastik. Namun perawatan ekstra mungkin diperlukan.

Cara lainnya, Anda dapat menyimpan tanaman Hoya Serpens di balik kaca dengan pelembab udara, agar udaranya tetap lembab. Selain itu, Anda dapat memisting udara di sekitar tanaman Serpens, membantunya menyerap lebih banyak kelembapan. Pastikan tingkat kelembapan tidak melebihi persyaratan, karena tanaman yang terlalu lembab sangat rentan terhadap penyakit dan infeksi.

Pupuk

Tanaman Hoya Serpens terkadang rewel, tetapi untungnya kebutuhan nutrisinya tidak terlalu berat. Namun mereka menghargai perhatian ekstra dalam bentuk pemberian nutrisi mikro dan makro.

Kami sarankan Anda memberi nutrisi tanaman Serpens Anda dengan pupuk berkualitas baik dua kali seminggu atau sebulan. Cara terbaik adalah menggunakan pupuk organik atau sintetis yang seimbang, sedikit lebih tinggi fosfornya. Kandungan fosfor yang meningkat kemungkinan besar akan membantu tanaman Serpens berkembang.

Pilihan lain adalah pupuk cair, yang sebaiknya memiliki perbandingan 2:1:2 atau 3:1:2. Gunakan ini sekitar sekali seminggu dan tambahkan tidak jauh dari batang tanaman Serpens. Anda juga bisa menggunakan pupuk slow release. Aplikasikan pupuk ke tanah yang lembab untuk penyerapan yang lebih baik. Berhati-hatilah untuk tidak memberi pupuk tanaman Hoya Serpens Anda secara berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan.

Repotting

Secara alami, sebagian besar tanaman Hoya Serpens tumbuh di tanaman hutan lainnya. Karena sifat epifitnya, mereka tidak keberatan sedikit terikat pada akar. Oleh karena itu, merepotting tanaman Serpens sering tidak diperlukan. Perkiraan kasar waktu untuk repotting adalah dua tahun. Namun jadwal repotting dapat bervariasi tergantung pada perawatan dan lingkungan masing-masing tanaman Serpens.

Alih-alih merepottingnya setiap tahun, metode yang mudah dan efektif untuk pertumbuhan adalah menyegarkan substratnya sekali atau dua kali setahun. Jangan biarkan garam menumpuk karena dapat menyebabkan kerusakan serius.

Anehnya, tanaman Hoya lebih suka kondisi kering daripada kebanyakan tanaman. Karena itu, kami sarankan Anda menggunakan pot terakota. Pot ini berpori dan memungkinkan kelebihan air mengalir keluar dari campuran media tanam.

Anda juga bisa menempatkan spesies cantik ini, dengan bunganya yang unik dan menarik, dalam pot dekoratif yang mewah atau cukup menggantungnya di keranjang yang menempel di pintu atau jendela.

Pemangkasan

Tanaman Hoya Serpens memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup tinggi. Akibatnya, mereka bisa membentuk tanaman merambat yang berat dan besar. Jadi, memangkas tanaman Serpens dari waktu ke waktu bisa jadi merupakan ide yang bagus.

Anda dapat menggunakan pisau atau gunting kebun. Potong batang atau daun yang kecokelatan atau tampak mati untuk membentuk tampilan yang lebih menyenangkan. Anda juga dapat memangkas sulur atau daunnya hanya untuk mengontrol ukurannya.

Batang tanaman Hoya Serpens juga bisa tumbuh besar dan tidak rata. Anda dapat melilitkannya di sekitar teralis atau cukup memangkasnya kembali ke simpul dalam situasi seperti itu. Namun jangan memotong tangkai bunga karena dari sinilah bunga akan bermekaran.

Jika tanaman Anda terserang penyakit atau jamur, daun atau bunganya bisa menjadi kuning atau coklat. Ini juga bisa menjadi salah satu alasan bagi Anda untuk memangkas tanaman Serpens Anda. Dalam merawat tanaman Hoya Serpens Anda, jangan ragu untuk memotong daun / bunga yang sakit daripada membiarkan infeksinya menyebar.

Pastikan Anda mensterilkan peralatan berkebun Anda sebelum digunakan, seperti gunting kebun, untuk meminimalisir penyebaran infeksi.

Perbanyakan

Perbanyakan tanaman Hoya Serpens tidak terlalu susah. Perbanyakan membutuhkan beberapa alat berkebun, campuran media tanam yang telah disiapkan sebelumnya, hormon perakaran, dan sedikit air. Untuk menjaga agar segala sesuatunya tetap steril, pastikan peralatan berkebun Anda bersih dan bebas kuman. Kenakan pakaian pelindung jika perlu.

Metode Pemotongan Batang

Untuk panduan langkah demi langkah cara membudidayakan Hoya Serpens dengan menggunakan stek batang, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Siapkan pot atau wadah dengan campuran media tanam organik yang dikeringkan dengan baik. Anda bisa menggunakan media yang mengandung perlite, vermiculite, atau pasir.

– Tambahkan sedikit air ke campuran media tanam ini sampai lembab tetapi tidak sepenuhnya jenuh. Sekarang atur dengan jari Anda.

– Potong batang yang sehat dari tanaman Serpens yang memiliki setidaknya dua hingga tiga daun. Pemotongan Anda harus memiliki panjang 10 sampai 13 cm.

– Selanjutnya, buang daun dari batang bawah.

– Celupkan batang yang dipotong ke dalam cairan atau bubuk hormon rooting untuk mendorong pertumbuhan akar.

– Sekarang tanam potongan batang ini ke dalam campuran media tanam dan perbaiki tanah di sekitarnya dengan tangan Anda. Tambahkan air jika perlu.

– Pastikan tidak ada daun yang menyentuh tanah di pot.

– Tempatkan wadah atau pot ini di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah dan sirami secara teratur. Jangan menyiram secara berlebihan karena tanah bisa menjadi basah dan membusukkan batang.

Akar akan terbentuk dalam waktu sekitar tiga hingga enam minggu.

Bunga

Hoya Serpens terkenal karena bunganya yang indah dan khas. Bunga yang dihasilkannya sebagian besar berbulu dan memiliki mahkota hijau pucat atau hijau limau dan korona putih. Mereka juga memiliki warna merah muda di tengah, yang menambah keindahannya.

Bunga tanaman Serpens memiliki aroma manis yang samar. Namun jika banyak bunga yang mekar, baunya lebih kuat. Mereka juga menghasilkan nektar. Bunganya biasanya bertahan kurang lebih satu minggu.

Pertumbuhan

Tanaman Hoya Serpens memiliki laju pertumbuhan yang relatif cepat. Di daerah empat musim, Serpens akan tumbuh aktif di bulan-bulan musim panas dan musim semi dan sebagian besar berhenti tumbuh selama musim dingin. Tanaman ini bisa mencapai tinggi sekitar 2,4 hingga 3 meter.

Tanaman Serpens tumbuh cukup baik bila diberi perawatan dan lingkungan yang tepat.

Masalah Umum pada Hoya Serpens

Hoya Serpens tumbuh secara alami dalam kondisi yang keras di Pegunungan Himalaya yang dingin. Tanaman ini tidak sering menjadi mangsa penyakit, tetapi beberapa dapat mempengaruhinya dan menyebabkan masalah serius.

Hama dan Serangga

Hoya Serpens adalah tanaman yang cukup tahan hama. Namun kutu putih sering menyerang daunnya. Jika terinfeksi, mulailah perawatan dengan semprotan air yang tajam untuk mengusir serangga dari tanaman. Selanjutnya, gunakan semprotan insektisida dan aplikasikan secara menyeluruh pada daun tanaman Serpens.

Hama lain yang sering adalah kutu daun. Mereka bisa hadir di bunga Hoya Serpen, terutama yang menghasilkan nektar yang melimpah. Untuk membunuh kutu daun dan kutu putih, gunakan semprotan insektisida atau sabun cuci piring. Anda juga dapat menggunakan minyak hortikultura atau minyak / semprotan neem untuk menghilangkan kutu putih dan kutu daun.

Pertumbuhan terhambat

Masalah umum yang dihadapi beberapa pemilik adalah pertumbuhan tanaman Hoya Serpens yang lambat atau terhambat. Ada berbagai macam alasan untuk masalah ini; namun sering kali ini karena overwatering atau underwatering.

Tingkat pertumbuhan tanaman Hoya Serpens dapat melambat karena pasokan air yang tidak mencukupi atau berlebihan. Jika akar tanaman Anda mulai membusuk, yang disebut busuk akar, Anda perlu mengurangi penyiraman.

Demikian pula, jika daun tanaman Serpens menguning atau tanaman layu, Anda tidak memberinya cukup air. Ubah jadwal penyiraman dan sirami lebih sering. Namun terlalu banyak hal buruk. Oleh karena itu, jangan menyirami tanaman secara berlebihan karena dapat menyebabkan masalah lain.

Embun Jelaga

Penyakit umum lainnya pada tanaman Hoya adalah embun jelaga. Ini sering disebabkan karena fitur penghasil nektar dari tanaman Hoya Serpens. Penyakit ini bisa muncul sebagai jamur hitam pada daun tanaman. Jamur cenderung menempel pada getah atau nektar tanaman, memperburuk keadaan. Kutu daun juga dapat menimbulkan jamur jelaga karena produksi embun madu.

Untungnya, solusi penyakitnya cukup mudah. Untuk menghilangkan jamur, cukup bersihkan dengan kain lembab. Anda bisa membasahi kain ini dengan semprotan / cairan antibakteri.

Tips untuk Menumbuhkan Hoya Serpens

– Tempatkan tanaman di bawah sinar matahari yang terfilter cerah.

– Tunggu sampai tanah sedikit mengering sebelum menyiramnya.

– Jangan menanam tanaman di tanah yang tergenang.

– Pastikan tanah potnya diangin-anginkan dengan baik dan mengalir air dengan baik.

– Biarkan akar tanaman sedikit melingkar dalam pot / akar memadat (rootbound) untuk mendorong pertumbuhan yang lebih cepat.

Tanya Jawab tentang Hoya Serpens

Mengapa tanaman Hoya Serpens saya tidak berbunga?

Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk seringnya merepotting yang tidak perlu dan penyediaan sinar matahari yang tidak mencukupi. Biarkan akar tanaman sedikit melingkar dalam pot dan taruh di tempat yang sebagian cerah dengan sinar matahari yang terfilter.

Apa pupuk terbaik untuk Hoya Serpens?

Pupuk yang berkualitas baik dengan perbandingan 2:1:2 atau 3:1:2, mengandung fosfor, nitrogen, dan kalium. Anda dapat menggunakan pupuk dengan kandungan fosfor tinggi untuk mempromosikan bunga.

Bagaimana cara membuat tanaman Hoya Serpens saya tumbuh lebih cepat?

Untuk pertumbuhan yang relatif lebih cepat dan lebih sehat, biarkan rootbound terjadi. Juga, beri pupuk tanaman setiap dua minggu selama bulan-bulan pertumbuhan. Selanjutnya, pertahankan tanaman dalam lingkungan idealnya dan sirami tanaman secara teratur.

Kapan tanaman Hoya berbunga?

Sebagian besar spesies Hoya, termasuk Serpens, mekar saat dewasa sepenuhnya. Ini bisa memakan waktu hingga 5 hingga 7 tahun.

Kesimpulan

Hoya Serpens adalah spesies tanaman eksotis dan indah dengan bunga yang menarik dan unik. Hal tersebut tentunya dapat membuat tempat manapun terlihat lebih hidup dan semarak. Meskipun menumbuhkannya pada awalnya mungkin sulit, Serpens terbukti menjadi tanaman hias yang sangat baik setelah Anda memahami kebutuhannya.

Namun tanaman ini menghasilkan lateks yang bisa beracun. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengaguminya dari jauh dan menjauhkannya dari individu yang alergi lateks, anak-anak, dan hewan peliharaan.

Komentar