Panduan Perawatan dan Perbanyakan Hoya Obscura

Hoya Obscura berasal dari genus Hoya. Ini adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan tercepat di Filipina dan memiliki beberapa bunga mekar indah yang akan langsung menarik perhatian Anda. Dibandingkan dengan Hoya lainnya, Hoya Obscura berukuran kecil atau sedang, memiliki pertumbuhan yang cepat, dan memiliki batang kaku yang tidak saling melilit.

Harga Hoya Obscura

Hoya Obscura sama sekali tidak sulit perawatannya dan hanya membutuhkan perawatan tanaman yang paling sederhana. Mereka suka tanah yang porous dan tumbuh subur dalam kondisi hangat hingga lembab mirip dengan kebanyakan bunga tropis lainnya. Tanah basah harus dihindari karena mereka tidak menyukainya dan mereka suka sinar matahari setidaknya selama setengah hari.

Daun berukuran sedang dari tanaman ini sangat menarik untuk diamati karena warnanya hijau ketika diletakkan di bawah naungan tetapi mulai berubah menjadi merah saat terkena sinar matahari selama musim dingin. Daunnya juga memiliki urat menyirip saat ditanam di bawah naungan daripada sinar matahari langsung.

Hoya Obscura berada di daerah dataran rendah tetapi juga dapat ditemukan di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh subur di dataran rendah atau dataran tinggi, sering terlihat menempel pada pohon inang atau dengan tanaman pendamping lainnya untuk mendapatkan dukungan.

Hoya Obscura dianggap sebagai vegetasi epifit dan dapat dengan mudah “ditenggelamkan” oleh epifit yang tumbuh lebih besar. Meskipun spesies Hoya ini adalah tanaman yang menjuntai, mereka mampu menjadi pemanjat akar ketika batangnya bersentuhan dengan tanaman lain atau penyangga apa pun.

Perawatan Dasar Tanaman Hoya Obscura

Tanah

Anda dapat menggunakan campuran media tanam indoor apa pun untuk tanaman Anda karena Hoya Obscura tidak memiliki persyaratan tinggi dalam hal jenis tanah yang disukai. Cobalah untuk mencari campuran tanah dengan bahan yang lebih tebal dan berpori karena dapat membantu pertumbuhan tanaman Anda karena campuran tersebut akan mencegah air menggenang di sekitar akar tanaman Anda.

Anda juga bisa menggunakan campuran tanah yang mengandung:

– Campuran media tanam berkualitas baik

– Cacahan pakis

– Perlite

– Arang hortikultura

Saat merawat tanaman Anda, pastikan bahwa tidak hanya campuran tanahnya yang tepat, tetapi juga pH tanahnya. Anda dapat menjaga pH sekitar 6,1 hingga 6,5, yang agak asam, atau 6,6 hingga 7,5, yang netral.

Penyiraman

Hoya Obscura membutuhkan air dalam jumlah rata-rata. Mereka juga dapat disiram secara teratur, tetapi tidak boleh disiram berlebihan. Tanaman gantung ini harus dibiarkan mengering di antara setiap sesi penyiraman untuk pertumbuhan optimal.

Hoya Obscura merupakan tanaman sukulen, sehingga daunnya tidak menjadi lunak saat membutuhkan air, tidak seperti tanaman Hoya lainnya. Beberapa orang lebih suka menyiram tanaman ini setelah tanah menjadi kering dan terkadang membiarkannya tetap kering selama beberapa hari.

Selama musim hujan, jaga agar tanaman tetap kering dan biarkan menerima banyak sinar matahari. Jika Anda tidak membiarkan tanaman tetap kering selama musim ini, kemungkinan infeksi jamur bisa meningkat. Pola penyiraman bisa ditingkatkan selama musim kemarau. Selama musim kemarau, tanaman membutuhkan lebih banyak air, jadi jika Anda menjaga tanah tetap lembab sepanjang hari, itu tidak akan membahayakan tanaman seperti pembusukan akar.

Pencahayaan

Hoya Obscura suka mandi di bawah sinar matahari; ini berarti mereka senang terpapar sinar matahari. Tanaman ini kebanyakan menerima naungannya dari tanaman terdekat, tetapi naungan tidak selalu diperlukan karena sinar matahari tidak membahayakan mereka.

Hal teraman yang harus dilakukan untuk pertumbuhannya adalah dengan menempatkan mereka di bawah naungan parsial daripada memaparkannya ke sinar matahari sepanjang hari.

Suhu

Hoya Obscura tumbuh paling baik pada suhu mulai dari 12 hingga 15 derajat Celsius di iklim dingin, sedangkan di iklim panas mereka lebih menyukai kisaran suhu 30 hingga 37 derajat Celsius. Tanaman ini dapat bertahan pada musim hujan saat musim panas tetapi juga mampu bertahan pada musim kemarau.

Kelembaban

Ada banyak spesies Hoya, dan masing-masing memiliki preferensi tingkat kelembaban masing-masing. Tapi Hoya Obscura mampu tumbuh dengan baik di tingkat kelembaban rumah biasa. Namun mereka cenderung tumbuh lebih baik dalam persentase kelembapan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 60 persen.

Pupuk

Hoya Obscura dianggap sebagai tumbuhan epifit. Tanaman ini mampu mengambil nutrisi melalui dedaunannya; ini berarti mereka dapat mengambil nutrisi yang mereka butuhkan saat memanjat pohon.

Namun seperti tanaman lain, Hoya Obscura juga senang dipupuk. Yang terbaik adalah menggunakan pupuk organik seimbang setiap bulan atau dua mingguan. Menjaga jadwal pemupukan ini akan memungkinkan tanaman Anda tidak mengalami pemupukan berlebihan dan memastikan pertumbuhan yang sehat.

Anda dapat menggunakan pupuk sintetis dengan setengah atau seperempat kekuatannya. Anda bisa memupuk Hoya Obscura satu atau dua kali sebulan. Namun beberapa orang suka memupuk Hoya Obscura mereka setiap minggu atau setelah jeda beberapa hari.

Tidak ada satu cara pasti untuk melakukan sesuatu, jadi Anda dapat mencari tahu apa yang terbaik untuk tanaman Anda dengan secara perlahan menambah atau mengurangi jumlah pupuk yang Anda gunakan.

Repotting

Hoya Obscura tidak suka dipindah pot secara teratur, jadi ini adalah sesuatu yang tidak perlu membuat Anda stres. Banyak orang menyarankan agar Anda hanya merepotting Hoya Obscura Anda jika diperlukan.

Hoya Obscura Anda memiliki kemungkinan besar untuk mati karena stres yang ditimbulkan oleh tanaman selama direpotting. Tanaman ini tumbuh paling baik saat Anda membiarkannya tumbuh dan berbunga sambil membiarkannya akarnya memenuhi pot.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tanaman Anda adalah dengan membiarkannya tumbuh di pot pembibitannya dan jika Anda tidak menyukai penampilan pot Anda, maka pilihlah dengan bijak di awal penanaman agar semua usaha Anda tidak sia-sia. .

Anda perlu merepotting Hoya Obscura ketika:

– Campuran media tanam menjadi terlalu berair, yang akan meningkatkan kemungkinan akarnya membusuk.

– Tanaman diserang oleh beberapa jenis hama seperti kutu putih.

– Tanaman mulai mengering meski disiram secara teratur. Ini menunjukkan bahwa akar tanaman Anda sudah sangat menyebar dan membutuhkan pot yang lebih besar.

– Kesehatan dan pertumbuhan Hoya Obscura tampaknya tidak efisien. Jadi untuk memeriksa kesehatannya, Anda harus mengamati akarnya.

– Ukuran tanaman lebih kecil jika dibandingkan dengan pot.

Pemangkasan

Saat Anda memangkas tanaman Anda, Anda harus sangat berhati-hati. Jangan memotong bagian mana pun dari vena yang memiliki taji. Setiap kali Hoya Obscura Anda berbunga, itu akan tumbuh dari taji lama atau yang baru. Setiap tahun jumlah taji akan bertambah dan menghasilkan bunga yang lebih besar.

Jika Anda benar-benar harus memotong vena yang memiliki taji di atasnya, maka itu bisa dilakukan. Memotong taji tidak akan menyebabkan tanaman Anda mati; Bahkan, hal itu akan mendorong pertumbuhan baru dan membuat Hoya Obscura Anda tampil lebih rimbun.

Pertumbuhan ini akan menghasilkan cabang baru di tanaman Anda, dan cabang ini mungkin memiliki lebih banyak taji. Jika Anda ingin memangkas tanaman Anda, maka Anda hanya perlu membeli gunting setek tajam. Potong saja di bawah pembengkakan kecil (node) urat tanaman dari sudut yang baik untuk memangkas tanaman Anda dengan sempurna.

Jangan memotong lebih dari 1/3 bagian tanaman, dan potong daun yang tampak tidak sehat di sekitar batang.

Perbanyakan

– Jika Anda ingin memperbanyak Hoya Obscura, yang perlu Anda lakukan hanyalah memotong beberapa akarnya selama periode tidak aktif.

– Kemudian letakkan tanaman Anda di pot yang memiliki drainase yang baik, jaga agar pot tetap lembab, dan jangan terlalu banyak menyiraminya. Setelah tanaman Anda mulai tumbuh, Anda bisa memindahkannya ke dalam pot baru.

– Anda juga bisa memperbanyak dengan memotong batang, mirip dengan pemangkasan. Pertama, Anda harus memotong tepat di bawah node dengan gunting. Panjang potongan harus maksimal 10 cm.

– Kedua, buang daun di ujung bawah batang agar akar memiliki banyak ruang untuk mengambil nutrisi setelah tumbuh.

– Ketiga, letakkan batang di media tanam seperti tanah yang gembur. Jaga agar tanah tetap lembab, tidak basah. Sekarang Anda sudah selesai, ini mungkin tidak sederhana, tetapi ini cukup mudah.

Untuk membiakkan dari biji, yang harus Anda lakukan adalah membiarkan polongnya mengering dan membukanya untuk mengumpulkan bijinya. Biji tidak mudah disimpan, jadi tanamlah secepatnya.

Bunga

Hoya Obscura tampak sangat berbunga-bunga karena memiliki persediaan bunga yang tidak pernah habis. Bunga kecil di tanaman ini mirip dengan spesies Hoya lain yang dikenal sebagai Hoya Lacunosa. Hoya Obscura memiliki bunga berbentuk bintang berwarna pink / salmon dengan bagian tengah berwarna kuning.

Bunga ini cenderung tumbuh paling banyak selama musim hangat dan memiliki aroma harum yang kuat. Setiap orang yang pernah mencium bunga ini telah memberikan gambaran tersendiri tentang aroma bunga, seperti “lemon segar,” “parfum lavender,” dan “aroma madu yang segar.”

Bunganya menghadap tanah dan ini dikenal sebagai umbel geotropik. Karena karakteristik ini, sulit bagi fotografer untuk mengabadikan keindahan tanaman karena cahaya latar terganggu. Cara terbaik untuk mendeskripsikan bunga adalah bahwa ia terdiri atas bola-bola kabur dengan bintang kuning menempel di atasnya.

Bunga-bunga tersebut biasanya bertahan selama dua hari, tetapi banyak bunga lain yang sudah mekar sebelum kematian yang tua. Pastikan untuk menyediakan tanaman dengan kondisi kehidupan yang tepat, dan itu akan menunjukkan pertumbuhan yang tepat.

Jika Anda ingin menciptakan estetika yang indah di rumah Anda, letakkan tanaman ini di pot gantung untuk memamerkan bunga-bunga unik yang bermekaran di atasnya. Meski kurang perhatian, Hoya Obscura tetap mampu memberi Anda bunga-bunga indah.

Pertumbuhan

Jika Anda memberi tanaman Anda suhu optimal, bersama dengan kondisi sempurna untuk pertumbuhannya, maka panjangnya dapat berkisar antara 15 hingga 20 cm. Tanaman ini tidak memiliki musim pertumbuhan khusus karena mekar sepanjang tahun.

Dalam hal kekuatan, Hoya Obscura tidak terlalu kuat. Tanaman ini dapat bertahan dengan baik dalam berbagai jenis kondisi cuaca tetapi tetap tidak memiliki tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan tumbuhan lain.

Masalah Umum dengan Hoya Obscura

Kutu daun

Kutu daun suka menargetkan tanaman dalam ruangan, tetapi bahkan tanaman luar ruangan pun tidak aman darinya. Mereka meninggalkan cairan lengket setelah selesai makan, yang mengundang penyakit jamur dan semut.

Misalkan Anda ingin membasmi kutu daun, maka yang harus Anda lakukan hanyalah memotong bagian tanaman yang terserang kutu daun. Untuk menghindari serangan hama ini di masa depan, lakukan tindakan pencegahan lebih lanjut seperti tidak memberi pupuk berlebihan pada tanaman Anda.

Kutu putih

Kutu putih sulit dikenali karena mereka lebih suka bersembunyi di celah-celah tanaman. Mereka juga berwarna putih saat berada di atas daun, yang semakin mengurangi kemampuan Anda untuk melihatnya. Mereka menggunakan mulutnya untuk menyedot getah daun yang menyebabkannya menguning dan menggulung.

Mereka mudah dikendalikan jika ditemukan pada tahap awal infestasi. Untuk mengendalikannya, cukup ambil Q-tip dan celupkan ke dalam alkohol gosok, lalu seka tanaman dengannya. Jika infestasi meningkat, maka gunakan semprotan pestisida. Menggunakan opsi yang lebih organik seperti minyak neem mungkin lebih baik untuk tanaman Anda

Kutu sisik

Hama ini sangat menyebalkan untuk dirawat karena pelindung sisik mereka menyulitkan semprotan pestisida untuk membunuh mereka. Cara terbaik untuk menghilangkan kutu sisik adalah dengan membuangnya dengan tangan dan kemudian menyemprotkan semprotan pestisida.

Anda perlu terus mengamati tanaman selama beberapa minggu untuk menghilangkan kutu sisik lagi, dan Anda harus menggunakan semprotan pestisida jika Anda juga menggunakannya sebelumnya.

Tungau laba-laba

Hoya Obscura dimaksudkan untuk disimpan dalam kondisi lingkungan yang lembab karena suatu alasan, dan salah satu alasan ini termasuk tungau laba-laba. Tungau laba-laba menyerang tanaman karena lingkungannya kering dan tidak terdeteksi hingga serangan besar-besaran terjadi.

Anda dapat mencuci tanaman secara menyeluruh dengan menyiramkan air di bagian depan dan belakang daun. Selain itu, semprotkan air ke batang untuk menjatuhkan beberapa tungau laba-laba. Anda mungkin perlu menyemprotkan pestisida pada tanaman beberapa kali dalam seminggu.

Kiat untuk Membesarkan Hoya Obscura

– Tanam di dalam pot yang cukup luas untuk beberapa tahun karena tidak perlu sering dipindahkan.

– Jaga tingkat kelembapan normal atau, jika mungkin, sekitar 60%.

– Jangan menyirami atau memberi pupuk berlebihan pada Hoya Obscura Anda.

Tanya Jawab tentang Hoya Obscura

Haruskah saya memisting Hoya Obscura saya?

Beberapa orang suka memisting atau menyemprot tanaman mereka untuk meningkatkan tingkat kelembapan, tetapi ini mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang baik karena menyiram tanaman secara berlebihan dapat menyebabkan daun rontok dan ujung tanaman menjadi coklat.

Seberapa sering saya harus membiarkan Hoya Obscura saya berada di bawah sinar matahari?

Biarkan di bawah sinar matahari selama setengah hari.

Pupuk apa yang baik untuk Hoya Obscura?

Pupuk lepas lambat adalah pilihan terbaik. Setelah pertumbuhan tanaman dimulai, gunakan pupuk cair untuk memberi nutrisi tanaman secara teratur karena mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Kapan Obscura akan mekar?

Mereka mekar sepanjang tahun.

Apakah Hoya Obscura saya tidak aman untuk kucing?

Tanaman ini tidak beracun tetapi tetap dapat membuat hewan sakit.

Bisakah saya menggunakan pupuk apapun untuk Hoya Obscura?

Pupuk apa pun yang memiliki kandungan nitrogen tinggi dapat digunakan. Anda dapat melihat hal-hal apa yang terkandung dalam pupuk dengan membaca rasio unsur hara yang tertera pada kemasan.

Berapa lama Hoya Obscura berakar?

Proses ini bisa memakan waktu hingga tiga hingga empat minggu.

Kesimpulan

Hoya Obscura memiliki beberapa bunga mekar terindah di dunia, dan bunga ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki tanaman lain. Mereka sama sekali tidak sulit untuk dirawat dan memberi Anda banyak bunga sepanjang tahun.

Tanaman ini akan membawa aroma yang sempurna ke rumah Anda. Tapi ingat, betapapun rendahnya perawatan tanaman ini, jangan mengabaikannya karena perawatan selalu diperlukan agar tanaman Anda tumbuh subur.

Komentar