Panduan Perawatan dan Perbanyakan Philodendron Laciniatum

Tanaman Philodendron Laciniatum memiliki daun hijau besar dan tangkai daun berwarna merah. Berasal dari Venezuela dan Brasil, philo ini sering disalahartikan dengan Philodendron lain ketika mereka masih remaja. Ada banyak tanaman dalam keluarga Philodendron, tetapi ini unik karena lobusnya yang dalam, berwarna hijau hutan, dan daunnya yang mengkilap.

Harga philodendron Laciniatum

Nama Philodendron berasal dari kata Yunani phileo, yang berarti mencintai dan dendron yang berarti pohon. Nama tersebut mengacu pada kecintaan Philodendron untuk memanjat. Dan Philodendron Laciniatum tidak terkecuali.

Philodendron Laciniatum tidak hanya murah dan merupakan tanaman yang mudah dirawat di dalam ruangan, mereka juga merupakan salah satu tanaman hias terbaik untuk menghilangkan racun dari udara. Tanaman ini adalah tanaman merambat yang tumbuh sehat dan memiliki sistem akar yang mapan dan panjang untuk menopang tinggi mereka saat tumbuh.

Perawatan Tanaman Philodendron Laciniatum

Tanah

Philodendron Laciniatum tumbuh dengan baik dalam campuran media tanam berkualitas tinggi dan cepat mengering. Anda bisa mencampur media tanam sendiri dengan moss, sekam, cocopeat, pasir Malang, dan sebagainya.

Anda juga bisa mencampurkannya dengan vermikulit-gambut atau perlit-gambut dan mendapatkan hasil yang luar biasa. Beberapa nursery menggunakan campuran sphagnum moss tanpa tanah dan mendapatkan hasil yang sangat baik.

Pencahayaan

Tanaman ini tumbuh subur dengan cahaya terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung karena dapat membakar daun. Jika jendela Anda terkena sinar matahari langsung, letakkan tanaman agak jauh dari jendela sehingga sumber cahayanya terang tetapi tidak langsung.

Philodendron akan mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah, tetapi tidak akan berkembang dengan baik. Menurut pengalaman, perawatan Philodendron Laciniatum terbaik adalah cahaya sedang hingga terang tetapi memastikan matahari tidak langsung mengenai daun.

Penyiraman

Perawatan philodendron Laciniatum terbaik adalah menyiram dari atas. Biarkan 5 cm teratas tanah mengering di antara penyiraman. Anda bisa memeriksanya dengan memasukkan jari Anda ke dalam tanah dan jika sudah kering pada buku jari kedua Anda maka ini sudah waktunya untuk menyiraminya. Tuang air dari atas hingga mengalir keluar dari lubang drainase di dasar pot.

Suhu

Philodendron Laciniatum cocok pada suhu 18-26 derajat Celsius pada siang hari dan sekitar 12-15 derajat Celsius pada malam hari.

Kelembaban

Karena Philodendron Laciniatum berasal dari hutan tropis Amerika Selatan, mereka tumbuh subur dalam kondisi lembab. Bagian dari perawatan Philodendron Laciniatum adalah menyemprot daunnya selama bulan-bulan kering dan bisa juga menggunakan pelembab ruangan selama bulan-bulan yang kering.

Pupuk

Salah satu hal terpenting dalam perawatan Philodendron Laciniatum adalah pemupukan. Philodendron Laciniatum tumbuh dengan cepat dan perlu dipupuk beberapa kali setiap tahun. Pemilik biasanya memupuk antara tiga dan empat kali setahun. Aplikasikan pupuk sekitar 15 cm dari pangkal tanaman dengan pupuk lepas lambat.

Terkadang Philodendron Laciniatum tumbuh dengan lambat tanpa pemupukan dan Anda harus selalu berhati-hati dalam menggunakan pupuk yang berkualitas baik. Beberapa yang lebih murah memiliki garam yang berat dan dapat merusak akar tanaman apa pun.

Perbanyakan

Cara termudah untuk memperbanyak Philodendron Laciniatum adalah dengan menggunakan stek batang. Jika Anda tinggal di negara empat musim, waktu terbaik untuk melakukannya adalah di musim panas atau bahkan awal musim semi.

Pilih cabang yang sehat dengan satu atau dua node (buku) dan potong dengan gunting tajam atau silet. Masukkan potongan atau stek ke dalam segelas air atau gelas dengan tanah yang sangat lembab di dalamnya. Akar akan mulai tumbuh dengan cukup mudah dan tidak lama kemudian, stek bisa ditanam di dalam pot.

Pertumbuhan

Jika Anda merawat Philodendron Laciniatum, mereka bisa tumbuh menjadi tanaman yang sangat besar. Mereka dianggap tanaman dengan laju pertumbuhan yang cepat dan ukuran rata-rata mereka bisa lebih besar dari 1 meter baik tinggi maupun lebarnya.

Pengepotan

Selalu berikan Philodendron Laciniatum Anda pot yang cepat mengalirkan air dan berkualitas baik. Pot plastik, pot keramik, atau keranjang gantung bisa Anda gunakan. Apapun pot pilihan Anda, pastikan untuk menambahkan turus atau tiang agar tanaman bisa tumbuh memanjat.

Jika tanaman berakar, tanaman harus direpotting tetapi tidak sampai akar terikat kuat. Pekerjaan repotting rata-rata dilakukan setiap dua atau dua setengah tahun. Cara terbaik adalah memilih pot yang hanya sedikit lebih besar dari bonggol. Gunakan satu pot yang 5 cm lebih besar dari akar.

Philodendron Laciniatum: Hama Umum

Dengan perawatan Philodendron Laciniatum yang tepat, hama akan mudah dikendalikan dan dimusnahkan. Yang paling umum adalah kutu daun, kutu putih, tungau laba-laba, dan serangga sisik.

Anda perlu menggunakan minyak neem untuk sebagian besar tanaman dalam ruangan. Anda juga bisa menggunakan insektisida dan kain lembut untuk menghilangkan hama dengan lembut. Kutu putih dapat diseka dengan bola kapas dan alkohol, tetapi insektisida bisa membasmi semua potensi hama dalam satu penerapan.

Cara Propagasi

Mari selami prosesnya lebih dalam

– Periksa tanaman Anda. Waktu yang tepat untuk memperbanyak tanaman Anda adalah ketika Anda sudah memangkasnya kembali. Untuk memotong satu batang untuk perbanyakan, Anda dapat memilih satu daun dengan satu ruas atau dua daun dengan dua ruas.

– Dengan gunting tajam, buat potongan rapi pada batang yang akan Anda gunakan untuk perbanyakan. Ingat, Anda dapat membuat rasio daun dan node 1: 1 atau 2: 2. Mereka membutuhkan daun untuk melakukan fotosintesis dan batang hanyalah cara untuk mengangkut nutrisi ke tanaman, jadi batang yang lebih pendek (kira-kira 5 cm) adalah yang terbaik. Node adalah tempat daun atau akar udara tumbuh dari batang. Pastikan stek Anda memiliki batang dan daun yang sehat dan berwarna cerah.

– Tempatkan ujung potongan di dalam toples kecil atau air atau campuran tanah dan air yang encer. Pilihan lainnya adalah memperbanyak dengan lumut basah. Rendam lumut dan masukkan ke dalam toples, buatlah campuran lumut yang encer. Tempatkan stek dengan hati-hati di lumut, berhati-hatilah agar tidak merusaknya ketika Anda melakukannya.

– Setelah stek memiliki akar yang kuat, pindahkan ke dalam pot kecil dengan tanah. Sekitar dua bulan setelah Anda meletakkan stek di air, biasanya tanaman akan mengakar. Anda juga bisa mengganti air untuk stek setiap tiga hingga empat hari sekali bila Anda hanya memperbanyak melalui air saja.

Dimungkinkan untuk memperbanyak tanaman Philodendron dari biji pada saat mekar, tetapi bijinya kecil dan sulit dipanen. Biji dapat ditanam langsung ke tanah media tanam yang subur dan dijaga tetap lembab dengan botol semprot berisi air. Sangat penting untuk tidak terlalu sering menyiramnya atau membiarkannya terlalu kering.

Tips & Trik Perawatan Philodendron Laciniatum

Ketika Anda memberikan perawatan Philodendron Laciniatum Anda, itu akan membantu Anda untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh daunnya. Perhatikan perubahan pada daun seperti kecoklatan atau terkulai, perubahan ini akan membantu Anda menyesuaikan perawatan Anda.

Jika daunnya berwarna kuning, itu berarti terlalu banyak atau tidak cukup cahaya. Seperti yang kami sebutkan di atas, tanaman ini membutuhkan lokasi yang cerah namun sinar matahari langsung berdampak buruk pada daun.

Lokasi yang cerah dengan tirai tipis untuk mencegah daun terbakar akan berfungsi dengan baik atau cukup letakkan tanaman jauh dari cahaya langsung. Secara umum, terpaan 75% cahaya tidak langsung bekerja paling baik.

Beberapa tanaman menunjukkan ujung daunnya menjadi coklat. Ini biasanya karena tidak cukup air atau dari kerusakan daun akibat sinar matahari.

Dalam perawatan Philodendron Laciniatum, Anda harus selalu memeriksa kelembaban tanah secara teratur. Mereka tidak perlu disiram terlalu sering tetapi lebih baik memeriksanya daripada membiarkannya terlalu kering.

Alasan lain yang mungkin untuk ujung coklat adalah terlalu banyak pupuk. Dengan masalah ini, biasanya daun melengkung ke bawah sebelum berubah menjadi coklat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menyirami tanaman secara menyeluruh untuk membersihkan kelebihan pupuk. Hal ini terkadang juga bisa disebabkan oleh pupuk yang lebih murah dengan kandungan garam yang terlalu banyak.

Daun yang layu kadang-kadang terjadi dan biasanya itu merupakan tanda bahwa perawatan Philodendron Laciniatum Anda perlu diperbaiki. Biasanya Anda hanya cukup memeriksa tanah dan menyiram lebih sedikit atau lebih banyak.

Tanahnya tidak boleh basah dan meskipun Anda membiarkannya hampir kering di antara penyiraman, Anda tidak boleh membiarkannya terlalu kering. Salah satu dari hal tersebut dapat menyebabkan daun terkulai atau mengakibatkan tanaman tidak tumbuh subur.

Pertanyaan Umum tentang Perawatan Philodendron Laciniatum

Di mana saya dapat membeli tanaman Philodendron Laciniatum?

Anda tidak perlu melakukan hunting khusus untuk mendapatkan tanaman ini. Philodendron Laciniatum umumnya tersedia di toko tanaman hias online dan offline serta nursery rumahan. Ada banyak orang yang menjual atau memberikan stek dengan harga yang lebih murah.

Apakah perawatan Philodendron Laciniatum perlu menyertakan pemangkasan teratur?

Jawaban singkatnya adalah ya. Membuang daun yang tidak sehat dari tanaman apa pun adalah ide yang bagus. Untuk Philodendron, tanaman merambat ini bisa terlihat tidak rapi dan berantakan. Anda perlu memberikan Philodendron Laciniatum Anda turus untuk dipanjat.

Apakah Philodendron Laciniatum beracun bagi hewan?

Tanaman ini benar-benar beracun bagi hewan. Hewan (atau anak kecil) tidak boleh mengunyah dedaunannya. Mereka mengandung kristal kalsium oksalat yang dilepaskan ke mulut anak atau hewan yang menyebabkan penetrasi jaringan. Tanda-tanda yang harus diwaspadai adalah air liur, nyeri mulut, nafsu makan menurun, dan muntah. Lebih jarang, hewan peliharaan atau anak dapat mengalami pembengkakan pada saluran udara bagian atas setelah menelan kristal.

Apakah saya memerlukan humidifier untuk perawatan Philodendron Laciniatum?

Jika Anda tinggal di lingkungan yang secara alami lembab, Anda tidak membutuhkannya. Jika Anda tinggal di daerah beriklim kering, kami sarankan Anda meletakkan humidifier di ruangan tempat tanaman Anda berada. Ingat, sebagian besar tanaman akan tumbuh subur di lingkungan yang menyerupai lingkungan aslinya dan yang ini berasal dari hutan hangat dan lembab di Amerika Selatan.

Dapatkah saya menanam Philodendron Laciniatum di taman outdoor saya?

Ya, tetapi jika Anda tinggal di lingkungan yang memiliki musim dingin, Anda harus membawanya ke dalam ruangan. Tanaman ini tidak boleh diekspos di bawah sinar matahari langsung tetapi membutuhkan cahaya tidak langsung. Ini harus dibawa ke dalam ruangan sebelum suhu menjadi lebih rendah dari 12 derajat Celsius.

Kesimpulan

Tanaman Philodendron Laciniatum adalah tanaman yang indah dan mudah dirawat sebagai tambahan untuk koleksi tanaman rumahan. Tanaman ini tidak terlalu mahal dan mudah didapat serta dapat diperbanyak dengan mudah hanya dengan stek sederhana.

Philodendron Laciniatum membuat titik fokus yang sangat baik dengan tangkai daunnya yang merah dan ukurannya yang besar. Mereka tumbuh dengan sangat baik sebagai tanaman merambat tetapi juga dapat tumbuh subur dan cantik seperti tanaman yang tertinggal dalam keranjang gantung.

Daunnya besar dan berkilau dan tidak salah lagi tanaman ini adalah tanaman hutan. Mereka jarang terkena hama dan sehat serta kuat. Bonus tambahannya adalah mereka menyerap racun dari udara dengan sangat baik.

Komentar