Cara Perawatan dan Perbanyakan Monstera Thai Constellation

Tanaman Monstera variegata menjadi favorit di kalangan pecinta tanaman hias. Sebenarnya Monstera Thai Constellation adalah tanaman hipster terbaik menurut Australian New Daily Blog. Monstera Thai Constellation adalah Monstera Deliciosa variegata yang direkayasa dengan indah yang tumbuh dari kultur jaringan di Thailand.

Monstera Thai Constellation

Monstera Thai Constellation, juga dikenal sebagai Monstera variegata, anggota kerajaan tumbuhan tropis.  Monstera Thai Constellation berasal dari Meksiko selatan dan Panama. Saat tanaman berkembang, daunnya membentuk struktur yang berbeda.

Tanaman hias ini mendapatkan popularitas, dan dalam kondisi indoor yang sempurna, tanaman ini bisa tumbuh setinggi 6 meter, yang menjadikannya tanaman statement khas untuk tempat dalam ruangan mana pun. Variegasi pada Monstera Thai Constellation stabil, yang membedakannya dari variegasi pada Monstera Deliciosa Borsigiana Variegata.

Perawatan Monstera Thai Constellation

Ini adalah tanaman semak memanjat yang saat ini sangat diminati di kalangan tukang kebun dan pecinta tanaman indoor di seluruh dunia. Daunnya yang khas memiliki warna krem dan hijau dengan lubang besar, yang dapat tumbuh hingga lebar 7,5 cm. Dalam beberapa kasus, daunnya bisa tumbuh hingga berukuran 30 cm.

Pola marble yang unik pada daun tanaman disebabkan karena kurangnya klorofil; Tak heran, mutasi langka ini meningkatkan harga tanaman. Polanya menyerupai konstelasi bintang sehingga dinamai Monstera Thai Constellation.

Jika Anda ingin menambahkan satu tanaman ini ke koleksi tanaman indoor Anda, lanjutkan membaca artikel ini. Kami telah mengumpulkan semua informasi untuk merawat tanaman tropis yang indah ini untuk Anda.

Panduan Perawatan Constellation Monstera Thai

Dibandingkan dengan varietas Monstera lainnya, Monstera Thai Constellation kurang toleran terhadap kekeringan dan memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih lambat. Namun tanaman bercorak unik ini umumnya mudah dirawat. Beberapa tanaman Thai Constellation menghasilkan daun baru setiap bulan. Tetapi frekuensi pertumbuhan tergantung pada perawatan yang Anda berikan pada tanaman Anda.

Sekarang mari kita lihat berbagai aspek perawatan Monstera Thai Constellation.

Tanah

Monstera Thai Constellation menyukai tanah yang lembab dengan bahan organik dan nutrisi yang tinggi. Pilih campuran tanah berbasis gambut yang ringan dan porous untuk mengurangi kemungkinan tanaman disiram secara berlebihan. Campuran media tanam harus terdiri atas sejumlah kulit kayu dan pasir Malang yang tepat untuk membantu pengeringan.

Tanaman tropis ini membutuhkan tanah dengan pH 5 hingga 7,5. Jika kompos terlalu kering, daun mulai berubah warna menjadi coklat. Keseimbangan antara kelembaban dan kekeringan harus dijaga sesuai dengan suhu di sekitar.

Cahaya

Pilih area terang atau ruangan dengan banyak cahaya untuk Monstera Thai Constellation. Tetapi tanaman ini tidak boleh ditempatkan di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak daun. Jika tanaman menerima cahaya kurang dari yang dibutuhkan, pertumbuhan tanaman akan melambat.

Bagian kuning atau krem ​​pada daun tidak dapat menyerap sinar matahari; oleh karena itu, kondisi cahaya redup tidak disukai. Jika tidak, tanaman harus berjuang dua kali lebih keras untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang diberikan ke tanaman perlu disaring; ini bisa dilakukan dengan menyebarkan cahaya menggunakan tirai tipis, paranet, atau jendela kaca bertekstur.

Jika tidak banyak pilihan pencahayaan yang baik di rumah atau apartemen Anda, gunakan lampu fluorescent indoor atau lampu buatan. Satu jam atau lebih sinar matahari pagi baik untuk kesehatan tanaman.

Air

Kami juga merekomendasikan untuk mengangin-anginkan tanah tanaman sebelum penyiraman awal. Ini akan membantu dalam pelepasan kelembaban dan memungkinkan tanah bernafas. Akar angin tanaman ini sensitif terhadap air yang berlebihan; hindari menyimpan tanaman di tanah yang basah dalam waktu lama untuk mencegah kerusakan akar.

Busuk akar sebenarnya cukup umum pada tanaman ini. Entah bagaimana Monstera Thai Constellation tampaknya lebih rentan terhadap busuk akar daripada Monstera Deliciosa variegata, jadi cobalah untuk berhati-hati saat menyiramnya.

Jika 5 cm lapisan teratas tanah sudah kering, tanaman Anda membutuhkan air. Selalu periksa tingkat kelembapan sebelum menyiram tanaman Monstera Anda. Anda dapat menggunakan pengukur kelembaban untuk melacak tingkat kelembaban dengan lebih akurat. Sirami Monstera Thai Constellation secara teratur seminggu sekali, tetapi kurangi penyiraman di bulan-bulan yang lebih dingin.

Air yang disaring atau air hujan direkomendasikan oleh sebagian besar gardener profesional karena lebih bermanfaat bagi kesehatan tanaman. Dalam kasus kekurangan air, tanaman akan tumbuh lebih lambat dan mulai layu. Sedangkan jika Anda melihat tetesan air atau keringat pada daun, Anda mungkin terlalu banyak menyiram. Anda harus memberikan lebih banyak waktu di antara penyiraman untuk memastikan tanah memiliki cukup waktu untuk mengering dengan benar.

Kelembaban

Jangan letakkan Monstera Thai Constellation di dekat ventilasi atau angin karena tanaman ini tidak menyukai kondisi cuaca kering. Dalam kondisi yang sangat kering, tanaman mungkin mulai merontokkan daun. Sebagai tumbuhan tropis, Monstera Thai Constellation lebih menyukai cuaca yang lembab.

Faktanya, kelembaban tinggi menghasilkan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat. Jika kelembapan dalam ruangan terlalu rendah, ujung daun akan menjadi coklat dan renyah. Tingkatkan kelembapan dengan menyemprot daun. Jaga kelembapan pada titik 60% atau lebih untuk mendapatkan hasil terbaik.

Suhu

Suhu yang sempurna untuk Monstera Thai Constellation adalah antara 18 hingga 21 derajat Celsius. Mereka tidak kuat dengan es. Suhu yang lebih rendah dari 18 derajat Celcius akan memperlambat pertumbuhan tanaman, sedangkan suhu yang lebih rendah dari 10 derajat Celcius pada akhirnya akan menghentikan pertumbuhannya.

Pemangkasan

Monstera Thai Constellation tidak memerlukan banyak pemangkasan secara umum, yang menjadikannya tanaman indoor dengan perawatan rendah. Pemangkasan dianjurkan untuk mengontrol ukuran tanaman dan menghilangkan dedaunan yang mati atau rusak.

Jika tanaman Monstera Anda tumbuh terlalu besar, Anda dapat memangkasnya untuk mengatur pertumbuhan. Jika Anda akan merepoting tanaman Monstera Thai Constellation di pot yang sama setelah menyegarkan tanah, Anda mungkin juga harus memangkas akar bawah tanah. Ini bisa menjadi praktik yang baik jika Anda tidak dapat memindahnya ke pot yang lebih besar.

Demi keamanan Anda, Anda harus selalu memakai sarung tangan saat memangkas tanaman Anda. Melakukan hal ini juga akan mengurangi risiko penularan hama atau penyakit yang tidak diinginkan ke tanaman Monstera atau tanaman lain. Selalu sterilkan alat pembersih Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menyekanya dengan alkohol isopropil.

Pupuk

Pupuk yang seimbang diperlukan untuk memberi tanaman semua nutrisi agar daun tumbuh dan menjaga tanaman tetap stabil. Monstera Thai Constellation adalah tanaman yang tumbuh lambat, tetapi Anda dapat menggunakan pupuk tanaman rumah organik.

Untuk mendorong pertumbuhan baru, berikan pupuk sekali setiap bulan. Kami merekomendasikan pupuk slow release untuk Monstera Thai Constellation, beri pupuk dalam jumlah sedikit jauh dari pangkal tanaman. Anda bisa mengaplikasikan pupuk sebagai pelet lepas lambat atau sebagai cairan. Kami menyarankan pupuk cair karena akan memberi Anda kontrol lebih besar terhadap pemberian nutrisi dan jumlah.

Perbanyakan

Tidak semua bagian dari Constellation Thailand bisa dipropagasi. Misalnya, daun tanpa batang, akar angin tanpa batang, atau batang tanpa node / mata tunas dan daun tidak dapat menumbuhkan tanaman Monstera baru.

Gunakan hormon perakaran berkualitas tinggi untuk membantu tanaman menghasilkan lebih banyak akar dalam waktu yang lebih singkat dan melindunginya dari infeksi jamur atau bakteri.

Tidak ada dua daun yang sama pada Monstera Thai Constellation variegata. Demikian pula, setiap tanaman yang diperbanyak itu unik. Karena varietas variegata harganya cukup mahal dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, perbanyakan adalah cara mudah untuk memperluas koleksi tanaman Anda.

Cara termudah untuk memperbanyak Monstera Thai Constellation adalah melalui stek. Anda hanya membutuhkan gunting tajam, satu pot tanah, dan air. Tiga metode perbanyakan yang umum adalah:

Perbanyakan dengan Stek Batang

– Gunakan pisau bersih atau gunting setek dan potong sebagian batang tanaman Anda dengan setidaknya satu ruas dan daun, menyertakan akar angin adalah pilihan.

– Menyertakan daun akan meningkatkan potensi pertumbuhan tanaman baru dan mata tunas dengan menumbuhkan akar angin baru.

– Di negara tropis seperti Indonesia, Anda bisa memperbanyak tanaman ini kapan saja tak mengenal musim.

– Sekarang pilihlah media tanam untuk memotong, letakkan sedalam 3 atau 5 cm di tanah atau air. Jika Anda menggunakan air, Anda dapat dengan mudah memeriksa perkembangan tanaman.

– Untuk memperbanyak di air, kami merekomendasikan menggunakan air hujan atau air suling. Selain itu, tambahkan rumput laut ke dalam air untuk memberikan nutrisi untuk pertumbuhan.

– Tempatkan stek batang di tempat yang hangat dan cerah agar cepat bertunas.

– Jika Anda mempropagasi di air, gantilah air secara teratur. Sedangkan di dalam tanah siram secara teratur (seminggu sekali) untuk menjaga kelembapan tanah.

– Saat Anda melihat beberapa akar dan daun baru tumbuh, pindahkan tanaman ke wadah yang sesuai.

– Beri pupuk Thai Constellation hanya jika Anda melihat beberapa pertumbuhan baru, yang biasanya membutuhkan waktu 3 – 6 minggu.

Perbanyakan dengan Pembagian

Jika Anda memiliki tanaman Monstera yang besar, Anda dapat memperbanyaknya dengan membagi tanaman tersebut menjadi dua atau lebih tanaman. Dengan cara ini Anda dapat mengatur Monstera Thai Constellation yang besar ke ukuran yang dapat diatur:

– Sebelum membagi, sirami tanaman dan biarkan tanah mengering.

– Sekarang dengan hati-hati keluarkan tanaman dari pot, Anda mungkin memerlukan bantuan tambahan jika tanaman terlalu besar atau jika memiliki penyangga panjat.

– Menggunakan pisau atau gunting potong dan bagi akar untuk dua atau lebih tanaman. Lakukan ini dengan hati-hati tanpa merusak batang atau daun.

– Pilih pot yang kira-kira 5 cm lebih besar dari bonggol akar dan tanam setiap tanaman di pot bersih berisi tanah fresh.

– Tempatkan tanaman yang diperbanyak di lokasi yang terang dan sirami tanaman secara teratur.

– Anda bisa mulai memupuk tanaman setelah satu bulan menanamnya.

Perbanyakan dengan Cangkok

Dalam metode ini, Anda mendorong akar udara untuk berkembang di tanaman sebelum mengambil stek batang.

– Pilih batang yang akan Anda gunakan untuk memotong. Buat sayatan kecil pada mata tunas di bawah batang ini dengan pisau atau gunting yang bersih.

– Bungkus sayatan dan mata tunas dengan sphagnum moss / lumut lembab menggunakan bungkus plastik atau kantong propagasi dan ikat dengan tali.

– Setelah setiap dua atau tiga hari, lepaskan pembungkusnya dan semprotkan sphagnum moss dengan air yang telah disaring.

– Setelah dua bulan atau lebih, Anda akan melihat akar baru yang sehat dan kuat tumbuh dari mata tunas. Potong batang yang dicangkok itu dan tanam dalam pot baru.

Pertumbuhan

Monstera Thai Constellation adalah tanaman memanjat dalam ruangan yang tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan varietas Monstera yang berwarna solid. Tanaman dewasa bisa memakan waktu antara satu hingga dua tahun untuk perkembangan penuh.

Pertumbuhan Monstera Thai Constellation biasanya bergantung pada cahaya, air, dan nutrisi yang cukup. Kondisi ideal untuk pertumbuhan adalah cahaya tidak langsung yang terang dan penyiraman yang konsisten. Tanaman ini bisa tumbuh 30-60 cm lebih tinggi setiap tahun. Baca panduan di atas untuk mengetahui tingkat cahaya yang tepat untuk Monstera Thai Constellation.

Pot

Monstera Variegata perlu dipindah pot setiap dua tahun. Gunakan pot yang satu ukuran lebih besar dari yang sebelumnya. Jika menggunakan pot yang sangat besar, akar tanaman akan tenggelam. Gunakan campuran media tanam organik dengan pupuk yang direkomendasikan. Tanaman ini cukup kuat untuk menangani risiko syok transplantasi.

Menggunakan pot yang sama akan membatasi ukuran tanaman, ini harus dilakukan jika Anda tidak ingin tanaman membesar dan tumbuh di luar kendali. Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk merepoting tanaman Anda:

– Ambil tanaman Thai Constellation dari pot dan periksa sistem akarnya secara menyeluruh.

– Isi setengah wadah dengan campuran media tanam yang kaya dan sirami tanah untuk membantunya mengendap. Selalu gunakan wadah dengan lubang drainase.

– Tempatkan struktur penyangga seperti turus untuk mendorong pertumbuhan vertikal.

– Sekarang tempatkan tanaman Thai Constellation di tengah pot dan isi kembali pot dengan media tanam.

– Sirami tanah lagi dan tempatkan tanaman di lokasi yang hangat dengan cahaya terang yang disaring.

Masalah umum dengan Monstera Thai Constellation

Seperti tanaman hias lainnya, Monstera Thai Constellation rentan terhadap hama dan penyakit. Langkah-langkah pencegahan untuk tanaman hias Anda adalah dengan memeriksa tanaman baru Anda dari serangga setelah datang dan mengkarantina selama beberapa hari sebelum Anda meletakkannya di tempat tinggal tanaman Anda yang lain.

Di bawah ini adalah beberapa hama dan penyakit umum yang mempengaruhi Monstera Thai Constellation termasuk perawatan pencegahan:

Busuk akar

Saat daunnya menguning atau layu dan batangnya sekarat, tanaman Thai Constellation Anda mungkin menderita busuk akar. Overwatering adalah penyebab paling umum dari busuk akar, dalam kondisi overwatering, akar tidak bisa bernapas, dan kekurangan oksigen. Akar yang terkena busuk akar berwarna hitam dan lembek.

Busuk akar juga dapat menyebar dan mudah merusak akar yang sehat, oleh karena itu periksalah akar tanaman secara teratur dan segera pangkas akar yang rusak. Terkadang jamur yang tidak aktif di dalam tanah juga dapat menyebabkan busuk akar. Repot tanaman di tanah segar untuk mendorong pertumbuhan baru.

Mengobati busuk akar sesegera mungkin sangat penting untuk kelangsungan hidup tanaman. Angkat tanaman Monstera Thai Constellation dari tanah dan cuci akarnya di bawah air mengalir. Sekarang gunakan gunting yang bersih dan tajam untuk memangkas akar yang rusak. Buang tanah dan bersihkan pot dengan larutan desinfektan. Anda selanjutnya dapat mengurangi risiko penyiraman berlebih dengan memperbaiki drainase

Kutu putih

Mereka adalah serangga berwarna putih dan kebanyakan ditemukan pada pertumbuhan baru. Mereka menghisap getah dari daun dan batang tanaman Thai Constellation. Hama ini biasanya terdapat pada ruas daun atau urat daun. Jika Monstera Thai Constellation dipenuhi kutu putih, pertumbuhannya terhambat, daun berubah bentuk, menguning, dan mungkin mulai rontok.

Kutu putih juga bisa berasal dari tanah yang terkontaminasi, jadi selalu periksa tanaman Monstera Thai Constellation yang baru Anda beli untuk menemukan serangga.

Pisahkan tanaman yang terinfeksi dari tanaman sehat lainnya untuk menghentikan penyebaran serangga ke tanaman lain. Sekarang bersihkan daun dan batang tanaman dengan alkohol untuk menyingkirkan kutu tepung. Periksa bagian bawah daun dan persendian untuk menemukan serangga putih kecil ini. Jika tanaman Anda kecil, cucilah dengan sabun dan air. Untuk tanaman yang lebih besar, semprotkan dengan sabun insektisida.

Untuk melindungi tanaman dari kutu putih, semprotkan dengan sabun insektisida secara teratur. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan minyak neem yang merupakan produk pengendalian hama yang efektif untuk tanaman hias.

Tungau laba-laba

Tungau laba-laba adalah hama tanaman rumahan yang serius dan sulit dideteksi dengan mata telanjang. Periksa tanaman Anda dari jaring-jaring kecil dan berdebu di bawah cahaya terang. Bercak atau pola pada daun merupakan indikasi lain dari tungau laba-laba. Mereka berkembang dalam kondisi hangat seperti yang disediakan untuk Monstera Thai Constellation.

Hama ini menyedot sel dari tanaman dan mengurangi fotosintesis yang menghasilkan daun kuning. Buang bagian tanaman yang terserang dan buang jika memungkinkan. Tingkatkan kelembapan di dekat Monstera Thai Constellation untuk menghentikan pertumbuhan tungau laba-laba. Desinfeksi peralatan berkebun atau tanaman hias indoor Anda setelah digunakan.

Thrips

Mereka adalah serangga putih kecil yang memakan kelembapan di tanaman hias. Thrips menyebabkan daun berubah warna, dehidrasi, dan kecoklatan. Jika satu atau dua daun Monstera Thai Constellation terinfeksi thrips, Anda dapat memangkas daun ini untuk menghilangkan thrips.

Untuk infeksi yang lebih parah, Anda bisa menggunakan semprotan minyak neem, yang merupakan insektisida alami. Cukup semprotkan daun yang terinfeksi dengan minyak neem untuk menghilangkan thrips dan telur dewasa. Pilihan lain adalah dengan menggunakan tanah diatom pada daun, yang bisa membunuh serangga.

Jika tanaman Anda dapat dengan mudah dipindahkan, bawa ke kamar mandi atau di luar ruangan untuk disemprotkan secara perlahan dengan air. Ini akan menghilangkan telur atau serangga yang masih menempel di tanaman.

Kutu sisik lembut

Mereka adalah serangga penghisap getah yang berkerabat dekat dengan kutu putih atau serangga sisik keras. Kutu sisik lembut menghisap cairan dari sel floem tanaman. Jika tanaman sangat terinfestasi, Anda mungkin melihat daun menguning dan jatuh prematur. Zat lengket dan bening akan terlihat di daun.

Buang cabang yang terserang parah. Gosokkan kapas yang dibasahi alkohol atau kilap daun berbahan neem pada area yang terkena. Anda juga bisa menggunakan sabun insektisida, campurkan beberapa tetes cairan pencuci dengan minyak sayur dan encerkan dalam air. Sabun atau minyak organik dianggap lebih efektif melawan kutu sisik dibandingkan dengan obat kimia apa pun.

Penumpukan garam

Penumpukan garam adalah salah satu masalah umum yang menyebabkan daun menguning dan ujung terbakar; itu juga akan mencegah tanaman menyerap air dengan benar. Pemupukan berlebih dapat menyebabkan penumpukan garam; Anda harus mengguyur tanah dengan air setiap beberapa bulan untuk menghilangkan penumpukan.

Jika potnya cukup kecil, Anda bisa meletakkannya di wastafel atau bak mandi dan membiarkan air mengalir secara perlahan. Kemudian biarkan air mengalir dengan baik dari pot dan letakkan pot kembali ke posisi semula.

Jika tanaman terlalu besar untuk disiram di dalam ruangan, keluarkan dari rumah dan sirami dengan selang selama sekitar 5 menit. Setelah membuang kelebihan air, bawa tanaman kembali ke dalam ruangan.

Tips Terbaik untuk perawatan Monstera Thai Constellation

– Monstera Thai Constellation bisa tumbuh cukup tinggi jika sudah berkembang sepenuhnya. Sediakan penyangga yang kokoh seperti turus lumut untuk menopang akar angin dan mendorong pertumbuhan.

– Jika ujungnya menjadi coklat, Anda tidak perlu memotong seluruh daun. Pangkas saja bagian yang coklat mengikuti bentuk asli daun.

– Putar tanaman Anda sesekali untuk memastikan penyiraman yang benar dari semua sisi.

– Anda harus sering membersihkan daun tanaman Anda; selain itu, debu yang terkumpul akan mempengaruhi proses fotosintesis.

– Bersihkan daun Thai Constellation secara teratur dengan minyak neem untuk mencegah serangga atau hama lainnya.

– Monstera Deliciosa Thai Constellation memiliki sistem akar yang dalam; oleh karena itu, tukang kebun merekomendasikan pot yang dalam alih-alih pot yang dangkal untuk pertumbuhan akar yang tepat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Thai Constellation

Mengapa daun tanaman Monstera Thai Constellation berubah warna menjadi coklat?

Dua alasan teratas untuk ini adalah bahwa tanaman menerima terlalu sedikit cahaya atau ada penumpukan garam. Pindahkan tanaman Thai Constellation Anda ke lokasi dengan kondisi pencahayaan yang lebih baik. Ini akan membantu tanaman dalam produksi klorofil. Varietas ini sensitif terhadap penumpukan garam, jangan gunakan air keran atau biarkan air selama beberapa jam sebelum disiram. Dengan cara ini, banyak mineral dan bahan kimia akan menguap dari air dan mengurangi penumpukan garam.

Mengapa tanaman Monstera indoor saya menguning?

Alasan umum menguningnya tanaman adalah karena terlalu banyak air. Amati kebutuhan penyiraman tanaman Anda untuk menghindari penyiraman yang berlebihan. Alasan lain bisa jadi adalah ukuran pot. Tanaman Anda mungkin sudah rootbound dan membutuhkan pot yang lebih besar untuk pertumbuhannya. Jika akarnya terlihat di lapisan atas tanah dan berputar di dalam pot, tanaman perlu dipindah pot.

Apakah tanaman Monstera beracun?

Ya, Monstera itu beracun. Selalu pastikan Anda menjauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan peliharaan. Terkadang getah tanaman bisa menyebabkan iritasi. Konsumsi dapat menyebabkan pembengkakan, rasa terbakar, atau muntah pada hewan peliharaan.

Kesimpulan

Monstera Thai Constellation yang variegata sangat populer di kalangan tukang kebun dalam ruangan dan penggemar tanaman serta wajib bagi pecinta aroid. Tanaman Monstera ini menikmati iklim yang hangat dan lembab, jumlah air yang cukup, dan sinar matahari yang lembut. Dengan daun unik berbentuk hati dan variegasi yang sangat unik, Monstera Thai Constellation akan membuat iri banyak orang.

Komentar