Cara Merawat Sansevieria Stuckyi (Sansevieria Tombak) dan Perbanyakannya

Lebih dikenal sebagai tanaman Elephant Tusk atau Sansevieria tombak, Sansevieria Stuckyi adalah sukulen kuat lainnya. Dikenal luas sebagai genus Sansevieria, tanaman ini sekarang dikategorikan di bawah genus Dracaena. Varietas snake plany ini mendapatkan namanya dari Mr. Stucky.

Harga Sansevieria Tombak

Tanaman Sansevieria tombak adalah tanaman hias tahunan. Berasal dari khatulistiwa dan Afrika Selatan, Sansevieria Stuckyi populer karena fitur-fiturnya yang abadi dan tahan banting. Selama masa hidupnya, Sansevieria Stuckyi menampilkan dua tampilan dedaunan yang berbeda. Saat dewasa, mereka tumbuh tinggi, tegak, dan daun berbentuk kerucut. Daunnya mudah dikenali dari garis melintang horizontal dengan warna hijau berlapis.

Perawatan Sansevieria Stuckyi

Tanah

Karena sifatnya yang tahan kekeringan, tanaman Sansevieria tombak lebih menyukai tanah yang gembur dan cepat kering. Campuran media tanam non tanah juga dapat digunakan karena tanaman ini tidak terlalu baik dengan penyiraman yang berlebihan. Pilihan lain adalah tanah subur yang diperkaya secara organik.

Cahaya

Sansevieria Stuckyi adalah tanaman yang sangat toleran. Mereka dapat menahan situasi pencahayaan apa pun dari area yang sepenuhnya teduh, cahaya redup hingga sinar matahari penuh. Tanaman ini harus dilindungi dari sinar matahari langsung selama hari-hari musim panas. Dalam iklim yang sejuk hingga tropis, sansevieria tombak tidak rewel tetapi lebih menyukai area semi hingga penuh teduh.

Pewarnaan daun Sansevieria Stuckyi dapat bervariasi, tergantung di mana letaknya. Jika ditanam dalam cahaya redup, tanaman Anda lebih cenderung memiliki warna hijau yang lebih gelap. Jika terkena cahaya yang baik, Sansevieria tombak Anda mungkin memamerkan tanda yang lebih cerah dan berwarna.

Air

Sansevieria Stuckyi hanya membutuhkan sedikit air. Penyiraman harus dilakukan setiap minggu atau lebih jarang lagi. Seperti tanaman lain dalam genusnya, Sansevieria Stuckyi bukanlah peminum berat. Tanaman ini dapat bertahan berbulan-bulan tanpa penyiraman dan lebih suka hidup tanpanya daripada disiram berlebihan. Menyiram tanaman secara berlebihan dapat menyebabkan busuk akar dan akhirnya kematian.

Cara terbaik adalah menguji tanah sebelum menyiram Sansevieria tombak Anda. Dengan hanya merasakan tanah, Anda dapat menentukan apakah tanaman Anda perlu disiram atau tidak. Air hanya dibutuhkan saat tanah menjadi sangat kering.

Suhu

Sebagai sukulen, Sansevieria Stuckyi memiliki toleransi yang sangat baik terhadap panas dan kondisi kering. Untuk tingkat pertumbuhan yang baik, suhu di sekitar tanaman ini harus antara 18 sampai 27 °C. Meskipun mereka tanaman yang tangguh, Sansevieria Stuckyi akan kesulitan melawan dingin. Tanaman ini harus disimpan pada suhu di atas 5 °C. Embun beku musim dingin dapat merusak daunnya.

Kelembaban

Kelembaban merupakan faktor yang tidak penting untuk Sansevieria Stuckyi. Tanaman ini dapat dan akan tahan terhadap semua tingkat kelembapan.

Pupuk

Tanaman Sansevieria tombak bukan hanya tak butuh banyak air, tetapi juga tak butuh banyak pupuk. Pemupukan Sansevieria Stuckyi Anda dapat dilakukan 3-4 bulan sekali. Pupuk kaktus yang seimbang atau pupuk serbaguna sangat ideal. Sansevieria Stuckyi diketahui memiliki masalah pembungaan. Agar peluang mekarnya sedikit meningkat, pemupukan harus dilakukan sebelum musim mekar.

Perbanyakan

Ada empat cara untuk memperbanyak Sansevieria tombak Anda. Metode tercepat untuk menambah koleksi Anda adalah dengan pembagian. Pembagian bisa diambil kapan saja dengan memisahkan bongol akar menjadi beberapa bagian.

Metode lain untuk memperbanyak Sansevieria stuckyi Anda adalah dengan stek atau anakan rimpang. Metode yang paling sulit adalah penyemaian. Tanaman ini sangat jarang berbunga sehingga sulit mendapatkan bibit.

Pertumbuhan

Perlu waktu bertahun-tahun sampai Sansevieria Stuckyi Anda mencapai ukuran penuhnya. Ini karena sifatnya yang tumbuh lambat. Tanaman ini dapat mencapai tinggi antara 1 meter hingga 2,75 meter. Ketebalan di pangkalnya dapat berkisar antara 0,38 meter hingga 0,63 meter.

Memiliki sifat adaptif, tanaman ini dapat bertahan hidup di tempat lain selain di taman luar ruangan. Tanaman ini juga bisa ditanam di dalam ruangan dan di berbagai jenis barang. Sansevieria Stuckyi Anda dapat ditanam di aneka jenis pot dan wadah di rumah Anda.

Pot

Sansevieria Stuckyi sangat bagus untuk digunakan sebagai tanaman penghalang rendah. Untuk menumbuhkan tanaman besar, Anda harus memberinya banyak ruang. Namun Sansevieria tombak tumbuh dengan baik bahkan dengan ruang akar yang minimal.

Untuk mendapatkan hasil pertumbuhan terbaik dalam pot, Anda harus tetap membiarkan akar Sansevieria Stuckyi memenuhi pot. Tanaman ini Anda harus dipindah ke dalam pot yang lebih besar jika Anda menginginkannya untuk menghasilkan bunga.

Sebagai tanaman indoor, Anda harus memastikan agar Sansevieria Stuckyi Anda tetap bersih dan bebas debu. Membiarkan debu menumpuk dapat mendorong tungau laba-laba dan kutu putih. Untuk membersihkan ini, satu-satunya persyaratan adalah kain lembab. Menggunakan bahan kimia, deterjen, atau pemoles daun dapat berdampak negatif pada tanaman Anda.

Sansevieria Stuckyi akan tumbuh di berbagai jenis tanah tanpa masalah. Campuran tanah yang porous dan bebas pengeringan sangat ideal. Campuran media tanam kaktus dan sukulen juga merupakan pilihan yang baik. Drainase bebas membantu menghindari penyakit busuk akar pada Sansevieria tombak. Karena kebiasaan tumbuh tegak mereka, Sansevieria Stuckyi terlihat paling baik dalam pot yang lebih kecil dan lebih sempit.

Perbanyakan Sansevieria Stuckyi

Memperbanyak Sansevieria Stuckyi Anda menggunakan stek daun adalah proses yang sederhana. Dengan menggunakan daun dewasa, potong 5 cm hingga 7,5 cm (2 inci hingga 3 inci). Dalam campuran kompos yang lembab, tanam stek dengan mendorongnya sekitar 2,5 cm (1 inci) ke dalam tanah.

Stek Tanaman Gading Gajah perlu ditanam sesuai dengan arah pertumbuhan aslinya. Saat membuat stek, disarankan untuk mencatat jalan mana yang paling benar. Jika Anda ingin mempertahankan tampilan besar pada Sansevieria Stuckyi Anda, perbanyakan menggunakan offset rimpang akan menjadi metode terbaik. Anakan tanaman Anda mudah terlihat di pangkal tanaman saat dikeluarkan dari potnya.

Dengan hati-hati, offset dapat ditarik satu sama lain bersama dengan beberapa akarnya. Setelah dipisahkan, Anda dapat mulai menanam lebih banyak Sansevieria tombak dengan menanam anakan satu per satu.

Dalam kasus anakan tanpa akar, biarkan mengering selama 24 hingga 48 jam. Kemudian, manfaatkan campuran media tanam dengan drainase yang baik, tanam anakan Anda. Perlu beberapa minggu hingga beberapa bulan bagi anakan untuk menumbuhkan akar baru di sekitar pangkalnya.

Sejauh ini, metode termudah untuk memperbanyak Sansevieria Stuckyi adalah dengan pembagian. Membagi tanaman Anda semudah memisahkan rumpun. Tanaman baru ini kemudian harus di potkan di wadahnya masing-masing. Jika membagi Sansevieria tombak Anda terbukti sulit, Anda disarankan untuk membasahi tanah. Tanah basah tidak hanya memudahkan proses pembelahan, tetapi juga membantu menjaga akar sepanjang mungkin.

Meskipun memungkinkan, memperbanyak Sansevieria Stuckyi melalui metode pembibitan sulit dilakukan. Tanaman ini jarang berbunga, sehingga pengumpulan benih menjadi masalah. Jika Anda termasuk dari sedikit orang beruntung yang berhasil memanen benih Sansevieria Stuckyi Anda, benih tersebut harus disimpan dalam kondisi gelap dan kering sampai disemai. Yang terbaik adalah menjaga tanah dengan sedikit lembab.

Sangat penting bagi Anda untuk tidak menyirami tanaman atau membiarkan tanah mengering. Lokasi yang cerah dengan kelembapan cahaya sangat ideal. Perkecambahan membutuhkan waktu antara 2 dan 8 minggu.

Masalah umum dengan Sansevieria Stuckyi

Sansevieria Stuckyi menghadapi dua kelemahan, penyiraman berlebihan, dan suhu dingin yang berlebihan. Tanaman yang tahan lama dan pemaaf ini tidak mentolerir suhu di bawah 5 °C  Meskipun mampu bertahan dengan perawatan buruk, Sansevieria tombak tidak akan senang jika dibiarkan duduk di genangan air dalam pot. Penyiraman yang berlebihan dijamin menyebabkan busuk akar dan kemungkinan bentuk penyakit lainnya.

Perlakuan buruk yang berkepanjangan akan menyebabkan Sansevieria Stuckyi Anda tidak tumbuh secara maksimal. Karena memang sulit untuk membuat tanaman ini berbunga. Satu masalah lain dengan Sansevieria Stuckyi adalah daunnya yang beracun. Kucing, anjing, dan manusia mungkin mengalami gejala keracunan ringan jika daunnya tertelan. Gejala tersebut antara lain diare, muntah, mengeluarkan air liur, mual serta iritasi mulut.

Kiat agar sansevieria stuckyi bebas masalah

Tanaman Sansevieria tombak adalah salah satu yang cukup mudah untuk dipelihara. Mereka dikenal sangat kuat dan susah mati. Untuk menghindari pembusukan akar dan penyakit, penting untuk memastikan Anda tidak menyiram Sansevieria Stuckyi secara berlebihan.

Ketika berbicara tentang pembungaan, cara terbaik untuk mendorongnya adalah dengan menjaga tanaman dalam kondisi ideal. Cahaya tidak langsung yang cerah lebih disukai pada suhu ruangan dalam ruangan rata-rata 18 °C hingga 27 °C.

Penyiraman harus dilakukan sangat jarang dan hanya dilakukan ketika tanah benar-benar sudah mengering. Pemupukan Sansevieria tombak harus dilakukan sebelum musim bunga

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Sansevieria Stuckyi

Mengapa daun sansevieria tombak saya menguning?

Penyakit busuk mungkin merupakan penyebab daun menguning. Pangkal tanaman yang lembek dan daun lemah yang bisa dicabut seluruhnya dengan sedikit usaha adalah tanda pasti terjadinya busuk akar. Biasanya ini terjadi pada bulan-bulan musim dingin, tetapi bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun.

Penyebab busuk akar adalah kelebihan penyiraman. Sayangnya, tidak ada pengobatan untuk busuk akar. Jika hanya sebagian dari Sansevieria tombak yang terkena, tanaman tersebut dapat diselamatkan. Cukup potong bagian busuknya. Jika pembusukan mempengaruhi semua daun bagian bawah, Sansevieria Stuckyi tidak dapat diselamatkan.

Apa yang menyebabkan sansevieria stuckyi saya daunnya keriput?

Tanaman Sansevieria tombak dikenal sangat tahan kekeringan tetapi ini tidak berarti dapat bertahan dalam kekeringan jangka panjang. Daun keriput biasanya merupakan tanda pertama bahwa Sansevieria Stuckyi Anda haus dan perlu minum.

Mengapa tanaman sansevieria tombak saya memiliki bercak coklat di daunnya?

Sansevieria Stuckyi Anda kemungkinan besar terkena sengatan matahari. Terik matahari terjadi ketika tanaman mengalami perubahan mendadak di lingkungannya. Contohnya adalah tanaman dipindahkan dari tempat yang sangat gelap ke tempat dengan sinar matahari langsung yang terang. Sansevieria Stuckyi Anda, meskipun mampu melakukan berbagai situasi pencahayaan, perlu diberi waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Seperti apa bentuk tanaman yang masih remaja?

Sansevieria tombak muda menunjukkan ciri-ciri yang sangat berbeda dengan tanaman yang lebih tua dan lebih dewasa. Daun tanaman muda ini berbentuk pipih dan tumbuh menyerupai air mancur. Mereka membuat garis horizontal hijau dan hijau tua.

Fase remaja berlangsung antara 4 dan 6 tahun. Sansevieria Stuckyi dewasa kemudian dapat dikenali dari daun silindrisnya yang panjang. Daun yang dewasa seperti lilin dan terasa seperti daging. Berbeda dengan usianya yang lebih muda, Sansevieria tombak dewasa berwarna hijau pucat.

Mengapa Sansevieria Stuckyi berubah menjadi Dracaena Stuckyi?

Tanaman Sansevieria tombak sekarang dikategorikan dalam genus Dracaena. Ini karena studi DNA zaman modern. Ahli botani telah menemukan sejumlah besar gen umum di antara tumbuhan itu. Tanaman Sansevieria tombak diakui dalam sains sekarang sebagai dari genus Dracaena.

Kesimpulan

Kelebihan pasti tanaman ini adalah toleransinya terhadap pengabaian yang tidak disengaja. Kemampuannya untuk bertahan berbulan-bulan tanpa penyiraman adalah nilai plus bagi semua orang yang memiliki hasrat terhadap tanaman tetapi tidak sanggup merawatnya. Elephant Tusks alias Sansevieria tombak adalah tanaman indoor atau outdoor yang santai. Sifatnya yang tahunan harus dimiliki untuk situasi rumahan atau lansekap apa pun.

Komentar