Perawatan Tanaman Syngonium Neon Robusta – Syngonium Daun Pink

Jika Anda menginginkan tanaman yang indah, mudah dirawat, dan tidak mudah mati, Syngonium Neon Robusta alias syngonium daun pink akan menjadi pilihan yang sangat baik. Dengan daun merah muda dan vibe estetik, tanaman ini menarik untuk dilihat, itulah sebabnya mereka populer sebagai tanaman hias rumahan. Orang suka menggantungnya di keranjang atau membiarkan mereka memanjat turus penyangga yang kokoh. Daunnya memberi warna yang indah ke interior apa pun dan membersihkan udara di sekitar Anda.

Gambar Syngonium Neon Robusta Pink

Jika Anda mempertimbangkan spesies ini untuk ruang keluarga Anda, Anda perlu mempelajari beberapa hal lagi.

Klasifikasi

– Keluarga: Araceae

– Subfamili: Aroideae

– Genus: Syngonium

Tentang Genus Syngonium

Nama Syngonium berasal dari bahasa Yunani dan mewakili ovarium yang menyatu dari bunga betina. Semua tumbuhan Syngonium adalah tumbuhan berbunga yang tumbuh panjang, indah, merambat berkayu. Daunnya berubah saat mereka tumbuh, dan tanaman remaja terlihat sangat berbeda dari yang dewasa. Karena dedaunannya yang menarik dan kecenderungan untuk tumbuh subur di lingkungan dalam ruangan, mereka adalah tanaman rumah yang trendi, terutama saat masih remaja.

Semua tanaman Syngonium menumbuhkan bunga, tetapi sering kali tidak signifikan di samping ciri utamanya adalah dedaunan. Bunga-bunga ini sebagian besar hadir untuk reproduksi dan berbuah juga. Buah-buahan ini sangat aromatik dan memiliki sekitar 50 hingga 100 biji, terkadang bahkan lebih.

Spesies yang paling banyak ditemukan dalam genus ini adalah Syngonium Podophyllum, yang akan kita bahas hari ini secara rinci.

Nama Umum dan Sinonim

– Pink Syngonium

– Pink Arrowhead

– Syngonium Podophyllum Pink

– Syngonium Podophyllum Neon Robusta

– Goosefoot

Asal dan Persebaran

Tanaman Syngonium umumnya suka hidup di daerah tropis dan subtropis dunia, khususnya hutan hujan Amerika mulai dari Mexico hingga Brazil. Mereka paling terkonsentrasi di wilayah Panama dan Kosta Rika. Bagian lain yang memiliki lingkungan yang menguntungkan bagi tanaman ini untuk tumbuh meliputi lahan basah, perkotaan, semak belukar, dan daerah ruderal.

Mengetahui dari mana spesies tanaman tertentu berasal membantu Anda melihat kondisi apa yang akan membantu mereka berkembang sempurna. Ketika Anda berencana menanam tanaman Syngonium di dalam ruangan, pastikan Anda memberikan lingkungan yang serupa dengan asal tropis dan subtropisnya. Beberapa tumbuhan yang paling populer dari genus ini adalah Syngonium Erythrophyllum, Syngonium Rayii, dan Syngonium podophyllum.

Fitur Syngonium Neon Robusta

Dedaunan dan Batang

Tanaman ini tumbuh merambat dan terlihat sangat cantik dipajang di rak-rak. Namun ciri khas mereka yang paling terkenal adalah dedaunannya – daun merah muda cerah, indah, kemerahan yang tumbuh sepanjang 14 cm saat mereka masih remaja dan 35 cm dalam bentuk dewasa penuh. Terlepas dari ukurannya, daun tanaman yang belum dewasa dan dewasa juga memiliki bentuk yang berbeda. Anakan bungsu memiliki lebih banyak daun berbentuk bulat telur berbentuk hati, sedangkan anakan yang lebih tua menjadi lebih berbentuk panah.

Evergreen

Poin plus yang perlu Anda ketahui tentang neon robusta adalah mereka memiliki dedaunan yang selalu hijau di sepanjang tahun. Alasan ini membuat tanaman ini sangat populer dijadikan tanaman hias indoor di negara empat musim.

Tinggi

Dalam kondisi yang tepat, Syngonium Neon Robusta dapat tumbuh tinggi 15 hingga 60 cm dan menyebar selebar 30 hingga 60 cm. Namun ketinggian ini juga tergantung di mana tanaman itu tumbuh karena mereka akan tumbuh lebih lama di lingkungan luar ruangan yang keras.

Pertumbuhan

Jika diberikan perawatan yang tepat, Syngonium Neon Robusta adalah tanaman yang cepat tumbuh. Hanya dalam beberapa bulan, tanaman merambat bisa tumbuh hingga beberapa puluh cm.

Toleransi Suhu

Meskipun tanaman ini suka tinggal di bawah suhu hangat, mereka senang dipelihara di bawah suhu sedang. Fluktuasi yang cepat pada suhu sekitar tidak berpengaruh baik pada Syngonium Neon Robusta. Selain itu, jaga agar tetap aman dari lingkungan yang dingin dan beku karena toleransi terhadap suhu yang lebih rendah tidak begitu baik.

Toleransi Kelembaban

Berasal dari hutan hujan dan tempat lembab lainnya, tanaman Neon Robusta memiliki toleransi yang tinggi terhadap kelembapan di udara. Mereka tumbuh jauh lebih baik ketika tingkat kelembapan di sekitarnya tinggi.

Bunga

Meskipun termasuk dalam genus tumbuhan berbunga, syngonium jarang mekar di dalam ruangan. Ketika mereka menumbuhkan bunga, mereka menumbuhkan spathe hijau yang tidak signifikan dan spadix hijau / putih. Bunga ini nantinya bisa berbuah berupa buah beri berwarna hitam kecokelatan.

Ketahanan terhadap kekeringan

Kebutuhan akan penyiraman yang teratur dan tingkat kelembaban yang tinggi berarti bahwa spesies tumbuhan Aroid ini tidak akan dapat bertahan dengan baik dalam kondisi kekeringan. Namun jika dipelihara dalam keadaan seperti itu untuk beberapa saat dan kemudian diberi perawatan yang tepat, tanaman tersebut dapat bangkit kembali seperti semula.

Ketahanan terhadap Penyakit dan Hama

Sayangnya, tanaman ini rawan terkena hama seperti kutu putih, kutu sisik, tungau laba-laba, dan kutu daun. Mereka juga dapat tertular penyakit seperti busuk lunak dan bercak daun bakteri jika disimpan dalam kondisi yang tidak memadai atau tidak sesuai.

Toksisitas

Sayangnya, meski cantik dan menarik, tanaman Syngonium beracun karena mengandung kristal kalsium oksalat. Bahkan dalam jumlah kecil, kristal ini dapat menyebabkan gejala ringan hingga sedang, termasuk iritasi, peradangan, dan kesulitan bernapas.

Daya tahan

Karena ini adalah tanaman tahunan, daya tahannya bergantung pada cara Anda memeliharanya. Lebih berhati-hati saat merawat akan membuat Neon Robusta berumur panjang, sedangkan kondisi yang tidak memadai akan menghasilkan siklus hidup yang lebih pendek.

Pemeliharaan

Meskipun tanaman yang paling unik dan indah seperti yang satu ini membutuhkan banyak usaha, namun ternyata Syngonium Neon Robusta sangat mudah dirawat.

Dormansi

Selama musim dingin di daerah bersalju, tanaman merah muda ini cenderung lambat dalam hal pertumbuhan. Selama periode ini, kurangi jumlah pupuk dan air yang Anda berikan dan hindari perbanyakan tanaman. Begitu musim semi tiba, Anda bisa merawatnya seperti biasa. Di Indonesia, Anda tak perlu memikirkan hal itu.

Perawatan Syngonium Neon Robusta

Tumbuhan ini suka hidup di bawah sinar matahari yang cerah tetapi tidak langsung bersama dengan lingkungan yang beriklim sedang dan lembab. Anda bisa menyiraminya secara teratur untuk memastikan tanah tetap lembab. Beri mereka sedikit pupuk pertumbuhan secara teratur sambil mempertahankan pH tanah 5,5 hingga 6,5.

Kebutuhan Air

Dalam hal menyiram tanaman, aturan praktisnya adalah memastikan tanah tetap lembap tapi tidak basah. Anda tidak boleh membiarkan tanah basah kuyup dan tergenang air. Anda cukup menggunakan jari dan memeriksa tekstur tanah atau menggunakan pengukur kelembapan untuk memastikannya siap untuk disiram kembali. Bergantung pada seberapa cepat tanah mulai mengering di atas, Anda dapat menyiram Syngonium Neon Robusta secara teratur. Rutinitas ini bisa dua atau tiga kali seminggu, lebih banyak di terik panas dan kurang selama musim dingin.

Kebutuhan Tanah

Campuran media tanam sederhana berbasis tanah sangat cocok untuk menumbuhkan tanaman ini. Pastikan saja tanahnya porous dan tidak menahan air berlebih. Jika ya, tanah akan menjadi tergenang air dan mematikan Syngonium Pink Anda dalam waktu singkat. Juga, pastikan bahwa media tanam kaya dan subur untuk memberikan kesempatan tumbuh maksimal bagi tanaman. Lumut gambut adalah campurann tanah yang subur dan sangat baik untuk spesies ini dan membantunya berkembang. Usahakan untuk menjaga pH tanah dari 5,5 menjadi 6,5.

Kebutuhan Sinar Matahari

Hal yang hebat tentang tanaman Syngonium ini adalah tidak rewel. Anda bisa meletakkannya di ruangan terang atau teduh terang, dan itu akan tetap berkembang. Namun Anda harus ingat untuk menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung. Berada langsung di bawah sinar matahari dapat menyebabkan sengatan matahari pada daun dan membuat Syngonium Neon Robusta Anda terlihat kusam. Jika Anda tidak memiliki cara untuk menyimpannya di bawah naungan, gunakan kain peneduh 20 sampai 40% untuk melembutkan sinar matahari yang menerpa daun merah muda yang indah.

Kebutuhan Suhu

Syngonium Neon Robusta berasal dari lingkungan hutan hujan yang hangat dan lembab. Dengan demikian, mereka tumbuh subur di iklim beriklim sedang. Kisaran suhu optimal khusus untuk tanaman ini adalah 10 hingga 37 derajat Celsius. Namun suhu minimum 16 derajat Celsius dan suhu maksimum 29 derajat Celsius akan membantu Syngonium tumbuh secara maksimal. Jangan biarkan tanaman duduk di lingkungan yang dingin selama musim dingin. Jika diletakkan di luar ruangan atau di depan jendela yang terbuka, ubah posisinya sesegera mungkin.

Kebutuhan Kelembaban

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kelembapan adalah sekutu bagi tanaman Syngonium Neon Robusta. Anda dapat memistingnya setiap hari atau menyimpannya di nampan kerikil yang berisi air. Jika Anda tinggal di daerah yang jauh lebih kering di dunia, pertimbangkan untuk memasang humidifier dalam ruangan. Menjaga kelembapan udara di sekitar tanaman ini membuat daun terlihat segar dan mencegah dehidrasi.

Kebutuhan Pupuk

Untuk kecepatan pertumbuhan maksimum, sangat ideal jika Anda memberi pupuk tanaman setiap dua bulan sekali. Berikan setengah dari jumlah yang disarankan karena terlalu banyak pupuk ironisnya dapat memperlambat pertumbuhannya dan bahkan membunuhnya. Berhati-hatilah dengan pupuk berkualitas rendah karena dapat merusak akar tanaman dan bagian lainnya. Jika tanaman Anda menjadi pucat atau warnanya memudar, perhatikan persyaratan pemupukannya.

Repotting

Anda dapat merepot tanaman tergantung pada berapa lama Anda ingin menanamnya. Jika Anda melihat akar mencoba keluar dari pot melalui lubang drainase, sekarang saatnya untuk memindahkannya ke pot yang lebih besar.

Perawatan dan Pemangkasan

Karena ini tanaman merambat, Anda dapat memangkas dan memeliharanya dengan panjang dan bentuk tertentu. Namun, perawatan dan pemangkasan tanaman juga harus menjadi kesempatan untuk memeriksa Syngonium Neon Robusta dengan benar. Pastikan tanaman bebas dari tanda-tanda serangan hama dan penyakit. Basahi tanaman dan bersihkan untuk memastikan tidak ada kuman atau kotoran yang menumpuk di permukaan tanaman.

Budidaya dan Perbanyakan

Sangat mudah untuk memperbanyak Syngonium Neon Robusta. Dengan tanaman ini, Anda dapat mengakarkannya di air terlebih dahulu atau menumbuhkannya langsung di campuran tanah. Ini semua yang harus Anda lakukan jika ingin mempropagasi mereka di air terlebih dahulu:

– Ambil potongan batang dari Syngonium merah muda dewasa. Panjangnya harus sekitar 5 hingga 7 cm.

– Isi botol atau wadah dengan air.

– Tempatkan potongan batang di dalam toples. Pastikan ujung potongan terendam sementara sisi yang memiliki daun tetap berada di luar air.

– Anda bisa mengganti air dalam wadah setiap beberapa hari atau tiga kali seminggu.

– Pastikan Anda meletakkannya di bawah suhu hangat dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

– Sementara itu, isi pot dengan campuran tanah yang sesuai.

– Saat Anda melihat akar tumbuh dengan jelas, keluarkan tanaman bayi dari air dan letakkan di wadah yang telah disiapkan.

Namun jika Anda tidak ingin memperbanyak tanaman di dalam air, Anda dapat mencabutnya dan menanamnya langsung di dalam pot tanah. Jaga tingkat kelembapan di sekitarnya dan berikan banyak air dan pupuk pada fase awal pertumbuhan. Tips yang baik adalah mengambil beberapa stek, bukan hanya satu dan menanamnya pada jarak yang wajar satu sama lain. Selain itu, letakkan stek di dekat tepi pot, bukan di tengah.

Laju Pertumbuhan

Hari 1 hingga 20: Tanam stek pada media yang Anda inginkan dan rawat dalam kondisi optimal.

Minggu 3 hingga 8: Setelah Anda melihat akar mulai muncul, Anda dapat memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar.

Bulan 3 hingga 9: Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan melihat tunas keluar dan bertunas dengan baik dalam beberapa bulan pertama. Pada akhir tahun, Syngonium Neon Robusta Anda menjadi tanaman dewasa sepanjang beberapa puluh cm.

Penutup

Tanaman Syngonium Podophyllum Neon Robusta memang indah tetapi luar biasa mudah dirawat. Mereka tumbuh dengan cepat dan tidak membutuhkan kondisi dan upaya yang rumit untuk berkembang. Anda dapat menggantungnya di keranjang dan membiarkannya di pot biasa. Tanaman ini terlihat cantik dengan dedaunan merah jambu yang berdebu. Namun pastikan Anda menjaga panjang tanaman merambat ini dan menjauhkan hewan peliharaan dan anak-anak darinya karena beracun.

Komentar