Cara Merawat Anthurium Salgarense yang Langka dan Cantik

Ada kemungkinan besar Anda mungkin belum pernah mendengar tentang tanaman Anthurium yang kita bahas hari ini. Tapi percayalah, Anda tidak akan kecewa dengan keindahan Anthurium langka ini. Anthurium Salgarense termasuk dalam famili tumbuhan Araceae dan berasal dari Kolombia. Siram secara teratur agar tanah tetap lembab, tidak terus-menerus basah, dan tambahkan pupuk pemicu pertumbuhan. Tanaman ini tidak cocok untuk sinar matahari langsung yang intens.

Harga Anthurium Salgarense

Anthurium adalah genus tanaman yang beragam dengan lebih dari 1000 spesies, dan semua tanaman ini melambangkan keramahan. Mereka bisa mekar beberapa kali dalam setahun, dan mekar selama berbulan-bulan, menjadikannya tanaman yang bagus untuk pemula.

Anthurium adalah kata Yunani yang berarti Bunga Ekor (Tail Flower), tetapi nama lain seperti Flamingo Flower, Hawaiin Heart juga digunakan untuk tanaman ini. Mereka dicintai oleh penggemar tanaman karena dedaunan hias dan seludang bunga mereka. Tanaman ini memiliki nama baru Anthurium Decipiens dan merupakan aroid yang sangat langka.

Anthurium sangat bervariasi ukurannya tetapi dikenal karena bunganya yang berwarna-warni dan cerah. Bunganya sebenarnya adalah versi modifikasi dari daun lilin. Sebagian besar bunga akan bertahan sekitar delapan minggu. Cahaya terang mendorong lebih banyak bunga pada tanaman ini.

Berdasarkan pengalaman, Anthurium ini mudah tumbuh. Teruskan membaca untuk mempelajari petunjuk perawatan apa yang dibutuhkannya.

Perawatan Dasar Tanaman Anthurium Salgarense

Tanah

Anthurium Slagarense dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dari lempung berpasir hingga tanah liat, tetapi campuran tanah mana pun yang Anda gunakan, pastikan tanahnya memiliki drainase yang baik. Jika Anda ingin menanamnya di 100% sphagnum moss, simpanlah dalam pot dengan longgar. Tekstur yang longgar memungkinkan sirkulasi udara yang baik.

Semua campuran pot yang berpori tetapi memiliki sifat retensi air yang baik sangat cocok untuk Anthurium. Media berpori memungkinkan air mengalir dengan bebas. Anda dapat menggunakan bahan-bahan berikut dengan porsi yang sama untuk membuat campuran khusus:

– Pakis cacah

– Perlite kelas kasar

– Gambut

Salah satu langkah opsional adalah menambahkan sekitar 10% arang dalam campuran di atas; ini akan membantu menghilangkan racun yang menumpuk di dalam pot tanah. Mulsa juga diperlukan untuk Anthurium.

Penyiraman

Siram tanaman ini secara teratur, tapi jaga agar campuran media tanam sedikit lembab, asalkan jangan terlalu lama basah. Tanah yang terlalu basah dengan mudah menyebabkan busuk akar dan masalah lainnya.

Jumlah air juga penting, jangan menenggelamkan tanaman ke dalam air dan membuang kelebihan air. Tingkatkan frekuensi penyiraman jika Anda merasa tanah pot telah mengering. Periksa beberapa cm bagian atas media sebelum Anda menyiram; Jika tanah masih lembab, lewati penyiraman tetapi jika tanah terasa gembur.

Sirami dengan baik setiap 1 atau 2 minggu, tetapi biarkan mengering sebelum disiram lagi. Anda dapat mengubah atau meningkatkan frekuensi penyiraman berdasarkan cahaya dan suhu.

Jika campuran media terlalu padat, ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering. Ini karena bagian bawah tanah tidak mendapatkan aliran udara yang cukup. Di sisi lain, jika campuran pot terlalu gembur, ini akan mengering lebih cepat dari yang Anda harapkan, sehingga menyebabkan kurang air.

Tujuannya adalah untuk menjaga jadwal penyiraman yang membuat akar sehat dan terhidrasi. Anda mungkin harus bereksperimen untuk menemukan keseimbangan yang sempurna untuk Anthurium Salgarense Anda.

Pencahayaan

Anthurium Salgarense adalah pecinta matahari yang membutuhkan paparan sinar matahari yang terang namun tidak langsung. Tanaman Anda membutuhkan setidaknya 10 jam cahaya sedang tetapi terus menerus. Anda dapat menggunakan kombinasi sinar matahari alami dan lampu tumbuh.

Anthurium adalah tumbuhan epifit yang tumbuh di pohon. Spesies ini dapat bertahan hidup dalam cahaya rendah, tetapi mencari sinar matahari yang cerah karena itu mendorong pertumbuhan daun yang lebih baik. Mereka membutuhkan banyak energi untuk menumbuhkan dedaunan yang indah, jadi cahaya terang paling cocok.

Anda bisa menempatkan Anthurium ini beberapa meter dari jendela untuk memastikan sinar matahari langsung tidak pernah mengenai dedaunannya. Anehnya Anthurium ini dapat mentolerir sinar matahari penuh, tetapi kami tidak menyarankannya karena dedaunan mungkin menderita sengatan matahari.

Tanaman ini menyukai lingkungan yang hangat. Simpan Anthurium Salgarense dalam suhu ruangan mulai dari 18 hingga 24 derajat Celcius. Bahkan jika tanaman Anda ditanam di rumah kaca, itu harus berventilasi baik. Hindari pintu, jendela, dan fluktuasi suhu yang ekstrim.

Kelembaban

Satu-satunya hal yang dibenci Anthurium adalah udara kering, jadi pertahankan tanaman Anda di lingkungan dengan tingkat kelembapan 65% atau lebih tinggi. Salah satu kelemahan utama dari menanam Anthurium dalam kelembapan rendah adalah daun baru cacat dan daun tua mulai berguguran.

Anda dapat menciptakan lingkungan lembab yang diinginkan untuk tanaman Anda dengan menyemprot dengan air bersuhu ruangan setiap beberapa hari. Pasang humidifier sangat bagus jika Anda memiliki beberapa tanaman hias yang menyukai kelembapan tinggi. Baki kerikil basah juga efektif untuk meningkatkan kelembapan dalam ruangan.

Pupuk

Segera setelah Anda menerima tanaman Anda, beri nutrisi dengan larutan vitamin yang diencerkan untuk membantunya pulih dari syok transportasi. Hampir setiap tanaman hias membutuhkan kandungan nitrogen, kalium, dan fosfor untuk pertumbuhan yang optimal. Anda dapat menggunakan pupuk NPK standar apa pun untuk Anthurium Salgarense.

Anda bisa menggunakan campuran NPK 9-3-6 dan 12-12-12 yang larut dalam air untuk tanaman Anthurium Anda. Siapkan larutan pupuk dengan mencampurkan 1/2 sendok teh pupuk dengan 1 5 liter air. Anda dapat menerapkan campuran ini saat menyiram tanaman Anda.

Repotting

Remajakan tanah untuk tanaman Anda setiap tahun. Ini mencegah beberapa masalah akar dan memberi Anda kesempatan untuk memeriksa sistem perakaran. Anda perlu merepoting Anthurium Salgarense hanya ketika tanaman tumbuh besar di potnya atau campuran media tanam memburuk. Ingatlah poin-poin berikut untuk merepotting.

– Campuran media membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

– Terjadi penurunan pertumbuhan tanaman dan kesehatan umum.

Pemangkasan

Anthurium Salgarense mungkin kecil seperti tanaman muda, tetapi tumbuh sangat cepat, menghabiskan banyak ruang. Agar tetap bahagia dan berkembang, pangkas dedaunan yang mati atau kuning menggunakan gunting tajam atau gunting setek.

Perbanyakan

Semua spesies Anthurium dianggap paling mudah diperbanyak. Anda dapat menumbuhkan koleksi tanaman Anthurium Anda dengan stek sederhana yang dapat diambil saat memangkas tanaman Anda atau secara khusus untuk perbanyakan. Ikuti langkah-langkah sederhana yang dibahas di bawah ini untuk keberhasilan perbanyakan Anthurium Salgarense Anda.

Carilah batang yang sehat pada tanaman Anthurium Salgarense dewasa. Disinfeksi peralatan berkebun (gunting atau pisau kebun) dengan mencelupkannya ke dalam alkohol gosok. Ini penting untuk keberhasilan perbanyakan serta untuk pencegahan penyakit. Menggunakan peralatan bebas kuman akan melindungi cuttingan dan tanaman aslinya.

Stek Batang di Tanah

– Buat potongan miring tepat di bawah node daun pada batang yang dipilih. Cuttingan harus setidaknya sepanjang 15 cm. Selain itu, cuttingan juga harus memiliki 2 atau 3 daun di atasnya. Buang daun di bagian bawah stek.

– Celupkan stek ke dalam hormon perakaran jika Anda ingin mendorong pertumbuhan dan perkembangan akar yang cepat. Langkah ini sepenuhnya opsional karena memenuhi persyaratan cahaya, suhu, dan air sudah cukup untuk perbanyakan yang berhasil.

– Ambil pot 15 cm dan isi sepertiga dari pot dengan media tanam yang porous. Lubang drainase adalah suatu keharusan bagi Anthurium.

– Buat lubang sedalam 5 cm di tengah tanah. Letakkan potongan seluruhnya di dalam lubang dan tuangkan tanah lagi. Daunnya tidak boleh menyentuh tanah; mereka harus berada di atas permukaan pot.

– Sekarang sirami pemotongan sampai tanah benar-benar jenuh. Setelah itu, hanya sirami jika diperlukan tetapi jangan biarkan lapisan atas benar-benar kering. Anthurium berasal dari hutan hujan, jadi mereka menginginkan kondisi tanah yang lembab.

– Tempatkan pot / wadah di tempat terang dengan sinar matahari tersaring dan kelembaban tinggi. Sebagai alternatif, Anda bisa menyungkupnya dengan kantong plastik untuk membuat rumah kaca kecil untuk cuttingan Anda. Namun jangan lupa tambahkan beberapa lubang untuk sirkulasi udara.

– Buka sungkup selama 1 atau 2 jam setiap hari untuk sirkulasi udara dan suplai cahaya.

– Pengembangan akar akan memakan waktu empat hingga enam minggu. Daun-daun kecil dan baru pada stek mengkonfirmasi perkembangan akar pada stek.

– Setelah itu, Anda bisa terus menumbuhkannya di wadah yang sama atau memindahkannya ke wadah yang lebih besar. Terus rawat cuttingan Anda berdasarkan instruksi yang dibahas sebelumnya.

– Jika Anda berencana memindahkan setek, biarkan akar tumbuh beberapa cm sebelum dipindahkan.

Metode perbanyakan lainnya adalah pembagian akar. Jika Anthurium Anda telah melebihi ukuran potnya, Anda dapat membaginya untuk memiliki lebih banyak tanaman. Ini harus dilakukan ketika akar mulai muncul dari lubang drainase atau melingkari permukaan atas tanah.

Membaginya menjadi ukuran yang wajar akan membuat tanaman Anda lebih sehat dengan lebih banyak mekar di atasnya. Cukup keluarkan tanaman dari potnya dan, dengan menggunakan alat bersih, pisahkan akarnya. Jumlah bagian akan bervariasi tergantung pada ukuran tanaman Anda.

Bunga

Tanaman ini memiliki perbungaan panjang yang menggantung melengkapi dedaunan hijau metalik yang gelap. Bunga sebenarnya adalah seludang yang memiliki bau busuk.

Pertumbuhan

Tanaman ini adalah favorit bagi pecinta tanaman eksotis karena bentuknya yang raksasa. Anthurium ini memiliki daun yang indah dan mengkilap dengan lobus. Daunnya berwarna hijau muda dan hijau tua.

Dibandingkan dengan Anthurium lainnya, Salgarense memiliki pertumbuhan yang luas dan mengembangkan daun yang sangat besar saat dewasa. Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh setinggi 20 cm jika ditanam dalam pot besar.

Masalah Umum untuk Anthurium Salgarense

Kekurangan Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan kekuatan tanaman. Tanaman anthurium membutuhkan pasokan kalsium yang baik selama pertumbuhan aktif.

Jika Anda menggunakan campuran media tanam berkualitas tinggi, kandungan kalsiumnya sudah cukup. Tetapi dalam beberapa kasus, kekurangan kalsium dapat menyebabkan busuk akar, daun, atau batang. Anda bisa menambahkan kapur dolomit.

Penyakit Jamur

Penyakit jamur atau infeksi bakteri seperti hawar bakteri, bintik daun bakteri sebagian besar disebabkan oleh penyiraman yang berlebihan.

Gejala penyakit hawar bakteri pertama yang terlihat adalah daun klorotik. Dedaunan basah mendukung pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, biarkan daun mengering setelah penyemprotan atau penyiraman. Untuk kerusakan serius, Anda harus menggunakan fungisida. Pangkas bagian tanaman yang terinfeksi dan semprotkan dengan minyak neem.

Kurangi penyiraman untuk Anthurium Salgarense Anda dan sirami hanya jika lapisan humus terasa kering.

Erwinia Soft Rot

Gejala utama dari masalah bakteri ini adalah adanya lesi basah dan lembek di pangkal batang. Jaringan akan membusuk dan berbau tidak sedap. Kondisi hangat dan lembab mendukung penyebaran pembusukan ini. Jadi pasang kipas angin kecil di dekat tanaman Anda untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

Buang semua daun yang terinfeksi dan buanglah karena penyakit ini dapat menyebar dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Membersihkan dan mendisinfeksi peralatan Anda juga diperlukan.

Hama

Anthurium rentan terhadap hama tanaman rumahan umum seperti kutu daun, tungau laba-laba, dan kutu putih. Hama penghisap getah ini memakan nutrisi tanaman dan lendir lengket yang berbeda, yang menarik serangga lain.

Semua ini dapat diobati dengan menyemprot tanaman Anda dengan insektisida biasa seminggu sekali. Anda juga bisa mengolesi serangga ini dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol isopropil. Buang serangga mati dari tanaman menggunakan kain lembab.

Anda dapat mencoba membasmi hama dengan aliran air yang deras. Hama membandel membutuhkan sabun hortikultura atau semprotan minyak. Insektisida berbahan dasar pytherine paling efektif melawan hampir semua hama tanaman rumahan.

Serangan hama menyebabkan daun menguning, pertumbuhan terhambat, dan dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan dapat membunuh tanaman Anda. Untuk waktu mendatang, selalu karantina tanaman baru Anda setidaknya selama tiga minggu untuk mengidentifikasi infestasi hama.

Tips untuk Tumbuh

– Periksa akar dan batang tanaman Anda dari kerusakan transportasi. Pangkas jika perlu.

– Sebagai tumbuhan hutan hujan, spesies ini menyukai misting /semprot dedaunan. Pastikan daunnya mengering dalam 3 hingga 4 jam untuk mencegah infeksi jamur atau bakteri. Misting sekali setiap minggu juga bagus untuk membantu menjaga tingkat kelembapan yang diperlukan untuk tanaman.

– Tanaman hias harus disiram dengan air apa pun (keran atau hujan) asalkan tidak mengandung natrium tinggi.

– Cuci tanaman Anda setiap penyiraman ketiga atau keempat untuk menghilangkan penumpukan mineral yang tidak perlu.

– Sinar matahari pagi sangat bagus untuk Anthurium Salgarense karena intensitas cahayanya lebih rendah.

– Tutupi pangkal tanaman dengan lapisan gambut atau lumut saat matang. Ini melindungi batang dan menjaga tingkat kelembaban yang diinginkan.

Tanya Jawab tentang Anthurium Salgarense

Bagaimana cara menghidupkan kembali Anthurium Salgarense yang sekarat?

Langkah pertama adalah menghilangkan dedaunan yang mati, coklat, atau kuning. Cari alasan utama yang membunuh tanaman Anda; selesaikan masalah ini terlebih dahulu. Anda mungkin harus mengatur suhu dalam ruangan serta mengubah jadwal penyiraman untuk tanaman Anda.

Berapa kali saya harus menyirami Anthurium saya di musim panas?

Di iklim kering dan panas, Anda harus menyiraminya setidaknya sekali seminggu. Anda mungkin juga harus menyemprotnya setiap hari. Tetapi jika tingkat kelembapan dalam ruangan tinggi, Anda bisa menyiram tanaman setiap dua minggu.

Campuran pot membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering; mengapa demikian?

Seiring bertambahnya usia media tanam, bakteri mulai membusukkan komponen yang berbeda. Ini juga memadatkan tanah sehingga aliran udara berkurang. Semua ini mengurangi kapasitas pengeringan media tanam. Pilihan terbaik adalah menyegarkan tanah pot.

Apakah tanaman ini beracun?

Anthurium memiliki sifat tumbuhan beracun yang dapat mengiritasi mulut, saluran usus, dan tenggorokan jika tertelan. Bahkan getahnya bisa menimbulkan reaksi alergi.

Bisakah tanaman Anthurium ini dipropagasi di air?

Memperbanyak Anthurium dalam air dimungkinkan, tetapi metode ini jarang digunakan. Terutama karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk perkembangan akar, dan ada risiko tinggi pembusukan akar karena Anthurium sensitif terhadap penyiraman yang berlebihan.

Bagaimana cara meningkatkan drainase untuk Anthurium Salgarense saya?

Untuk campuran media tanam berbasis gambut, Anda dapat menambahkan perlit atau cacahan pakis dalam jumlah besar untuk meningkatkan drainase.

Apa saja instruksi repotting Anthurium Salgarense?

Repotting setelah 1 atau 2 tahun. Selalu gunakan pot / wadah dengan lubang drainase dan tambah ukuran pot hanya 3-5 cm. Isi setengah pot dengan kerikil dan tambahkan campuran 3 bagian cacahan pakis, 1 bagian sphagnum moss, dan 1 bagian leaf mold. Anda juga bisa menambahkan arang yang dihancurkan.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, tanaman ini adalah tanaman cantik yang pantas ada di setiap taman dalam ruangan. Selain itu, ini adalah survivor tangguh yang bisa berkembang tanpa kondisi ideal. Anthurium Salgarense harus dimiliki oleh penggemar tanaman eksotis.

Komentar