Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Imbe

Tanaman yang kami bahas saat ini adalah Philodendron Imbe, semak panjat kuat yang dapat tumbuh hingga setinggi 5 meter. Batang panjang dengan akar angin menghujam menuju tanah pada tanaman ini. Philodendron Imbe perlu disiram hanya jika tanahnya kering. Mereka menyukai tanah subur yang bisa mengalirkan air dengan baik dikombinasikan dengan kelembaban tinggi untuk pertumbuhan maksimum sebagai tanaman dalam ruangan.

Harga Philodendron Imbe

Philodendron adalah tanaman bagus untuk lokasi dalam ruangan atau teras. Spesies yang kita diskusikan hari ini juga masuk dalam daftar Philodendron langka. Philodendron Imbe variegata, alias Mottled Imbe, juga merupakan tanaman panjat yang mampu mencapai 3 meter dalam satu musim tanam.

Ciri utama Philodendron adalah akar angin yang panjang dan daun hijau yang sangat besar dengan urat. Hampir semua spesies Philodendron terkenal sebagai pemurni udara. Mereka bertindak sebagai biofilter dan menghilangkan polutan berbahaya seperti formaldehida.

Akar angin dan daun besar mengumpulkan polutan berbahaya, dan karena alasan ini, semua Philodendron beracun untuk dikonsumsi. Berdasarkan habitat aslinya, Philodendron Imbe menyukai kondisi lingkungan dalam ruangan yang menyerupai hutan hujan. Artikel ini menyajikan panduan lengkap untuk membantu Anda membuat kondisi yang diperlukan untuk tanaman hias Anda.

Perawatan Tanaman Dasar untuk Philodendron Imbe

Tanah

Tanaman ini mudah tumbuh dengan sedikit perhatian baik di dalam maupun di luar ruangan, tetapi Anda tidak dapat mengkompromikan jenis tanah yang dibutuhkan untuk itu. Philodendron ini lebih menyukai tanah yang lembab, memiliki drainase yang baik, dan kaya akan humus.

Hindari penggunaan media tanam yang murah karena cenderung lebih cepat mengering. Anda dapat menggunakan campuran media tanam komersial apa pun, tetapi jangan lupa untuk memperkayanya dengan kompos atau daun busuk. Serabut kelapa adalah pilihan lain.

Media tanam yang ideal untuk Philodendron harus memenuhi kriteria berikut:

– Humus kaya dengan banyak nutrisi.

– Konsistensi ringan dengan pasir atau serabut kelapa.

– Permeabilitas yang baik.

Anda bisa merawatnya di luar ruangan dalam iklim ringan dan menjaga pH tanah antara 5 hingga 7, yang berarti Philodendron Imbe menyukai tanah asam hingga netral.

Penyiraman

Philodendron Imbe membutuhkan sedikit air dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Dari pengalaman, air hangat harus digunakan untuk Philodendron. Air dingin dapat menyebabkan syok suhu. Anda harus menyirami Philodendron Imbe agar tanah tetap lembab tanpa ada air berlebih.

Anda harus membiarkan tanah mengering sebelum menyiram tanaman lagi. Tetapi ingatlah bahwa tanaman tidak suka mengering sepenuhnya, dan sangat menyukai penyemprotan ringan pada daun. Dalam cuaca hangat atau kering, semprot tanaman setiap dua hari, sedangkan di musim dingin, menyemprot setelah tiga atau empat hari itu bagus.

Pencahayaan

Tanaman ini dapat mentolerir sinar matahari maksimal 85%. Tempat dengan naungan parsial sangat cocok untuk Philodendron Imbe. Sinar matahari yang terfilter adalah yang terbaik. Oleh karena itu, tambahkan tirai tipis atau pasang tirai jendela untuk memastikan tanaman Anda tersaring cahaya.

Di luar ruangan tanaman ini harus ditanam hanya di bawah kain peneduh; Setidaknya kain peneduh 20% wajib dipakai. Anda harus memposisikan pot di mana sinar matahari langsung tidak dapat menyentuh dedaunan tanaman Imbe karena paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan daun menguning.

Cahaya langsung, terutama sinar matahari sore, juga akan menyebabkan daun kehilangan warnanya. Menemukan keseimbangan yang tepat adalah penting karena cahaya yang tidak memadai juga berbahaya; itu menyebabkan batang menjadi panjang.

Suhu

Jika Anda menanamnya di dalam ruangan, suhu rumah harus antara 12 hingga 31 derajat Celsius. Tanaman tropis ini tidak tahan musim dingin atau beku. Suhu minimum tidak boleh turun di bawah 12 derajat Celsius. Bawalah tanaman masuk ke dalam rumah setiap kali suhu mulai turun di bawah minimum, terutama pada malam hari.

Kelembaban

Setelah cahaya dan suhu, kelembapan adalah pertimbangan terpenting bagi Philodendron. Meskipun tanaman ini dapat bertahan hidup pada tingkat kelembapan rendah, kelembapan tinggi mendukung kondisi pertumbuhannya.

Pastikan tingkat kelembaban udara di dalam apartemen atau rumah Anda minimal 60%. Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:

– Kelompokkan tanaman hias Anda.

– Pasang nampan kerikil untuk tanaman Anda dan isi dengan air. Saat menguap, ini menciptakan kelembapan di sekitar Philodendron Imbe.

– Basahi daun untuk meningkatkan kelembapan. Frekuensi penyemprotan akan berbeda-beda tergantung musim dan suhu.

– Metode yang paling mahal adalah dengan menggunakan humidifier. Tetapi itu sangat berharga jika Anda memiliki lebih dari satu tanaman yang menyukai kelembaban tinggi.

Pupuk

Spesies ini adalah penyerap nutrisi rendah, tetapi akan menyukai pemberian nutrisi sesekali dengan pupuk nabati yang kaya magnesium. Anda harus memupuk Philodendron setiap minggu atau setiap dua minggu sekali.

Tanaman tanpa pemupukan cenderung tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan yang dipupuk. Tapi waspadai pemupukan yang berlebihan. Itu tidak hanya dapat merusak dedaunan tetapi akhirnya akan membunuh Philodendron.

Selama bulan-bulan pertumbuhan aktif, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh dan tumbuh subur. Anda harus menggunakan pupuk berdasarkan petunjuk pada label, atau yang terbaik adalah mengencerkan setengah kekuatan dari takaran yang disarankan. Anda bisa menggunakan pupuk slow release 15-5-10 untuk Philodendron Imbe dan berfungsi dengan baik.

Repotting

Satu-satunya hal yang perlu Anda ingat tentang merepoting tanaman hias Anda adalah merepotingnya hanya ketika akarnya tumbuh keluar dari pot. Hal yang sama berlaku untuk Philodendron Imbe. Jangan beri pupuk selama kurang lebih dua minggu setelah direpoting.

Pemangkasan

Jika tanaman Anda tumbuh terlalu besar, Anda dapat memangkas beberapa batang dan daun untuk mengembalikannya ke ukuran yang bisa diatur. Cobalah untuk menghilangkan dedaunan yang rusak atau menguning terlebih dahulu.

Anda dapat memangkas tanaman kapan saja. Selalu kenakan sarung tangan pelindung saat memangkas atau memotong untuk menghindari alergi. Pertimbangan lain adalah menggunakan alat yang disterilkan dan bersih. Anda dapat melakukannya dengan menyeka alat Anda dengan alkohol gosok.

Perbanyakan

Philodendron dapat diperbanyak dengan beberapa cara; dua metode terkenal dibahas di bawah ini dengan penjelasan rinci tentang langkah-langkahnya.

Cangkok

– Cangkok adalah metode yang paling cocok untuk Philodendron yang memanjat, dan langkah-langkahnya mudah. Pilih batang yang sehat di tanaman Philodendron Anda dengan setidaknya satu daun di atasnya.

– Ambil sphagnum moss dan lilitkan di sekitar node daun yang terletak tepat di bawah daun.

– Anda bisa mengamankannya menggunakan bungkus plastik, dan jangan lupa menyisakan area terbuka kecil di bagian atas.

– Ini penting untuk sirkulasi udara dan pencegahan penyakit. Anda perlu melembabkan lumut dengan menyemprotkan air melalui lubang ini.

– Sebelum mengikat bungkus plastik, lembapkan sphagnum moss secara menyeluruh.

– Semprot lumut setiap beberapa hari untuk menjaga kadar air dan kelembapan. Setelah beberapa minggu, Anda akan melihat bahwa akar kecil telah tumbuh di ruas daun.

– Sekarang tanaman Anda siap untuk dipotong batang. Lepaskan pembungkus plastik dan, dengan menggunakan gunting setek yang telah disterilkan, buat potongan di bawah titik di mana akar tumbuh.

– Sekarang Anda dapat menanam potongan batang ini dalam campuran media tanam yang sesuai untuk Philodendron. Anda dapat menyiapkan campuran khusus dengan mengikuti petunjuk yang disebutkan di bagian tanah pada artikel ini.

– Jika cuttingan Anda tidak berakar, ini tidak ada ruginya karena Anda tidak menyia-nyiakan bagian tanaman Anda yang sehat. Karena alasan ini, cangkok adalah metode paling aman dan favorit dari banyak tukang kebun untuk perbanyakan.

Stek Batang

– Ambil beberapa stek dengan membuat potongan tepat di bawah ruas daun.

– Jika Anda memiliki lebih dari satu cuttingan, Anda dapat menempatkannya di pot terpisah atau cangkir plastik bening. Siapkan campuran media tanam pasir dan kompos untuk tanaman stek.

– Cuttingan harus disiram dengan baik dan ditutup dengan kantong plastik.

– Cuttingan membutuhkan suhu ruangan normal dan cahaya terang tidak langsung untuk pertumbuhan akar.

– Penting untuk memastikan cuttingan tidak diletakkan di lokasi yang terlalu cerah, ini akan menyebabkan sengatan matahari dan bahkan cuttingan bisa mati.

– Anda dapat membiarkan sirkulasi udara setiap dua atau tiga minggu untuk mencegah pembentukan jamur. Pasang tongkat kayu kecil dan ikat stek Anda dengannya. Ini akan membantu Philodendron tumbuh memanjat ke atas.

– Biasanya dalam kondisi yang tepat, cuttingan akan mulai berakar dalam tiga hingga empat minggu. Tapi itu bisa memakan waktu lebih lama, jadi bersabarlah.

– Jika stek berwarna hijau dan tumbuh lambat, kemungkinan telah berakar. Tapi jika sudah kecokelatan dan kering, sayangnya stek Anda belum berakar.

– Setelah akar bertunas, biarkan tumbuh selama beberapa minggu sebelum transplantasi terakhir.

– Lebih baik menunggu beberapa minggu karena sering kali cuttingan membutuhkan waktu lebih lama berdasarkan lingkungan, musim, atau suhu. Tetapi jangan memberi pupuk atau menyirami cuttingan Anda secara berlebihan selama periode ini.

– Setelah akar tumbuh beberapa cm, cuttingan Anda siap untuk dipindahkan ke dalam campuran media tanam yang baru. Anda dapat melanjutkan perawatan tanaman yang telah dibahas sebelumnya untuk membantu stek muda tumbuh sehat.

– Sebagian besar daun aslinya mati; Ini karena nutrisi dikonsumsi oleh cuttingan untuk pertumbuhan daun baru dan perkembangan akar. Buang daun yang sekarat dari stek.

Untuk perbanyakan dengan stek daun, Anda bisa mengikuti langkah yang sama; kecuali kali ini, Anda perlu menggunakan satu daun dari Philodendron Imbe alih-alih memotong seluruh batang.

Bunga

Tanaman ini memiliki bunga bertudung dengan spadix. Yang menarik, tanaman ini memiliki kemampuan memanaskan spadix berbunga saat serbuk sari siap untuk dibuahi. Panas ini meningkatkan intensitas aroma yang dihasilkan tanaman, sehingga menarik lebih banyak serangga penyerbuk dan meningkatkan tingkat pembuahan.

Pertumbuhan

Ini adalah tanaman yang tumbuh cepat, dan Philodendron Imbe yang paling dewasa mencapai ketinggian 15 cm. Versi variegata adalah Philodendron pemanjat warna-warni dengan bintik-bintik putih dan bercak besar pada daun panjang yang sempit.

Daun pada tanaman dewasa memiliki panjang sekitar 60 cm dan lebar 5-15 cm. Tanaman merambat berdiameter 3 cm atau lebih. Setiap daun berbeda secara unik. Fitur khusus dari versi variegata adalah daun tidak pernah kembali ke warna hijau. Saat tanaman dewasa, sebagian besar bercak menghilang, tetapi bintik putih tetap ada.

Turus Penyangga

Karena tanaman Philodendron pemanjat ini bisa menjadi cukup besar, mereka membutuhkan penyangga vertikal atau turus. Anda dapat membeli penyangga yang dibuat khusus dari toko atau menggunakan cabang berkulit kasar, batang lumut. Bambu juga cocok sebagai penyangga panjat; cukup ikat tanaman Anda dengannya menggunakan benang atau tali.

Masalah Umum Philodendron Imbe

Hama

Hampir semua Philodendron rentan terhadap serangan hama tanaman hias. Tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama tanaman tidak terserang secara parah. Hama tanaman rumahan yang umum termasuk tungau laba-laba, thrips, kutu putih, dan serangga sisik. Semua ini mudah dikendalikan dan dirawat.

Tungau laba-laba terletak di ketiak dan batas daun. Mereka sebagian besar akan muncul setiap kali Anda menyiram tanaman. Anda dapat menggunakan air sabun untuk mengobatinya, mencelupkan kain lembut ke dalam larutan, dan menyeka daunnya.

Kutu putih adalah hama paling umum pada Philodendron Imbe. Jika Anda melihat ada bola kapas putih kecil, Anda dapat menyeka dedaunan dengan alkohol atau air sabun. Thrips adalah mimpi buruk bagi Philodendron karena dapat menyebabkan tanaman mati. Jika tanaman memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dan kerontokan daun, Anda harus memeriksa adanya thrips.

Daun Terbakar

Anda mungkin mengalami daun terbakar jika Philodendron Imbe ditanam di area yang sangat terang dengan paparan sinar matahari langsung. Daun akan mulai kehilangan warnanya, tetapi jangan khawatir, mengubah posisi tanaman akan menyelesaikan masalah ini.

Pindahkan tanaman Anda ke tempat yang sedikit lebih teduh beberapa meter dari jendela. Kusen jendela kamar mandi dengan kaca berwarna juga merupakan tempat yang bagus karena intensitas cahayanya kurang.

Ujung Keriting

Ujung keriting atau kecoklatan adalah masalah umum untuk semua spesies Philodendron, termasuk Philodendron Imbe. Ini disebabkan oleh pemupukan berlebihan pada tanaman Anda. Cukup kurangi tingkat pemupukan dan semprotkan tanah dengan air secara menyeluruh untuk menghilangkan kelebihan pupuk. Kami juga menyarankan untuk menghentikan penyiraman dari atas tanaman.

Oksigen Tidak Cukup

Jika Anda membiarkan tanah pot tetap tergenang air terlalu lama, sirkulasi udaranya berkurang. Akar tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Akibatnya, mereka gagal memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Philodendron Anda akan layu dengan tingkat pertumbuhan yang lambat. Terlalu banyak air membuat tanaman Philodendron rentan terhadap masalah akar lainnya juga. Itulah mengapa penting untuk menggunakan campuran media tanam dengan aerasi yang tepat, seperti yang dibahas pada bagian tanah.

Pastikan pot memiliki setidaknya satu lubang drainase dan periksa lubang penyumbatan secara teratur. Pot terakota paling baik karena sifat penyerapannya.

Tips untuk Menumbuhkan Philodendron Imbe

– Membiarkan tanaman Philodendron Imbe mengering sepenuhnya dapat membunuhnya.

– Di musim panas, Anda harus menyiram tanaman dengan air untuk menghilangkan tumpukan garam. Di musim dingin atau salju (di negara empat musim), atur jadwal penyiraman dengan hati-hati karena tanaman Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering dibandingkan dengan musim panas.

– Tambahkan tirai tipis atau kerai untuk menyebarkan sinar matahari ke Philodendron Anda. Ini akan melindungi tanaman Anda dari kerusakan akibat sinar matahari langsung.

Tanya Jawab tentang Philodendron Imbe

Apakah tanaman ini berhibernasi di musim dingin?

Seperti Philodendron lainnya, tanaman ini juga beristirahat di musim dingin. Ini akan tumbuh lebih sedikit selama fase istirahat sehingga Anda dapat mengurangi pemberian pupuk dan air.

Apa pertimbangan terpenting dalam perawatan Philodendron Imbe?

Untuk pertumbuhan maksimal pada tanaman Anda, Anda membutuhkan dua hal. Pertama adalah tanah lembab dengan bahan organik yang tinggi, dan yang kedua adalah memberikan turus penyangga dengan tiang berlumut atau tiang yang dibungkus goni.

Haruskah saya merepoting tanaman Imbe segera setelah menerimanya?

Anda tidak perlu segera merepottingnya. Untuk beberapa hari pertama, Anda bisa memasukkannya ke dalam ember / wadah dengan air sekitar 2 cm. Tempatkan di lokasi yang teduh, bukan di tempat yang terang. Ini membantu tanaman pulih dari stres transportasi dan memungkinkannya menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Apakah Philodendron Imbe beracun untuk hewan peliharaan?

Setiap bagian dari Philodendron Imbe beracun bagi hewan peliharaan dan juga manusia karena kristal kalsium oksalat. Oleh karena itu, jauhkan tidak hanya dari hewan peliharaan tetapi juga anak-anak.

Kesimpulan

Philodendron ini adalah bonus dekoratif di rumah Anda, asalkan Anda memiliki kondisi yang tepat untuk membantunya tumbuh besar. Tanaman yang tumbuh cepat ini membutuhkan tempat teduh tanpa sinar matahari langsung.

Ada banyak alasan untuk memiliki tanaman ini, tetapi sistem perakaran yang kuat dan mapan adalah alasan utama. Karena ini secara drastis mengurangi perawatan dan perhatian yang dibutuhkan tanaman.

Komentar