5 Cara Mensterilkan Tanah untuk Tanaman Hias Rumahan

Setiap pemilik tanaman rumah akan merepoting tanaman di beberapa titik dalam hidup mereka. Tanah bisa mengandung hama, jamur, bibit gulma, dan lainnya. Mensterilkan tanah untuk tanaman hias dapat membantu memastikan tidak ada tamu yang tak diinginkan yang merayap dari sekitar rumah Anda.

Media tanam

Akan tetapi, penting untuk diperhatikan bahwa sterilisasi tanah dapat menghambat pertumbuhan tanaman karena kerusakan unsur hara di dalam tanah.

Bagaimana cara mensterilkan tanah untuk tanaman hias? Ada banyak cara untuk mensterilkan tanah untuk tanaman hias Anda saat harus merepotingnya.

  1. Anda bisa mensterilkan tanah dengan uap. Lakukan ini dengan menggunakan panci presto atau kompor.
  2. Anda mungkin ingin menggunakan oven untuk mensterilkan tanah.
  3. Microwave juga merupakan pilihan baik untuk mensterilkan tanah untuk tanaman hias. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda tinggal di kos-kosan atau tidak memiliki dapur.
  4. Anda bisa menggunakan panggangan untuk mensterilkan tanah.
  5. Untuk pendekatan yang lebih alami, Anda bisa menggunakan matahari untuk mensterilkan tanah. Metode ini sangat membantu untuk mensterilkan tanah dalam jumlah besar sekaligus.

Faktor utamanya adalah kalor (panas) dan waktu. Konsensus umumnya adalah Anda harus memanaskan tanah pada suhu 80 derajat Celsius selama 30 menit untuk mensterilkannya.

Mengapa mensterilkan tanah?

Sebelum mempelajari cara-cara mensterilkan tanah, penting untuk mengetahui kapan (dan kapan tidak boleh) melakukannya.

Mensterilkan tanah adalah sesuatu yang dilakukan pemilik tanaman hias untuk mengusir serangga, jamur, gulma, dan hewan merayap lain yang tidak diinginkan agar keluar dari rumah mereka. Artinya, jika Anda menyimpan tanaman di luar ruangan, tidak banyak yang perlu dilakukan untuk mensterilkan tanah.

Akan tetapi, mensterilkan tanah dapat mematikan nutrisi tambahan dan menyebabkan pertumbuhan tanaman Anda terhambat. Ini adalah pertukaran antara membasmi serangga dan berpotensi memiliki tanaman yang kurang sehat.

Anda harus mengevaluasi sendiri apakah Anda ingin mensterilkan tanah tanaman hias Anda atau tidak.

Mensterilkan tanah dengan uap

Salah satu cara mensterilkan tanah untuk tanaman hias adalah dengan menggunakan uap. Anda bisa melakukan metode sterilisasi ini baik dengan menggunakan panci presto atau kompor. Jangan mensterilkan tanah dengan uap jika tanah Anda mengandung pupuk kandang. Mengukus tanah dengan pupuk kandang bisa membuat tanah meledak.

Untuk mensterilkan tanah dengan pressure cooker, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Tuangkan beberapa cangkir air ke dalam panci presto Anda.
  2. Isi panci dangkal dengan tidak lebih dari 10 cm tanah.
  3. Tutup panci dengan aluminium foil dan letakkan di rak.
  4. Tutup panci presto Anda dan biarkan katup uap sedikit terbuka.
  5. Kukus selama 10-15 menit dengan tekanan sepuluh pon.

Jika Anda tidak memiliki panci presto, Anda bisa menggunakan kompor untuk mensterilkan tanah dengan uap. Gunakan langkah-langkah berikut untuk mensterilkan tanah di atas kompor.

  1. Tuang setidaknya sedikit air ke dalam panci masak berukuran sedang.
  2. Isi panci dangkal dengan tidak lebih dari 10 cm tanah.
  3. Tutup panci dengan aluminium foil dan letakkan di rak di atas air.
  4. Tempatkan tutup pot di atas wadah tanah.
  5. Rebus air selama 30 menit.

Mensterilkan tanah dalam oven

Cara lain untuk mensterilkan tanah adalah dengan oven. Sisi negatif dari mensterilkan tanah dalam oven adalah baunya. Kelebihannya cara ini cepat dan cukup sederhana. Untuk mensterilkan tanah di dalam oven, lakukan hal berikut.

  1. Panaskan oven sampai 80 derajat Celsius.
  2. Tempatkan sekitar 10 cm tanah dalam wadah tahan oven.
  3. Tempatkan termometer daging di tengah tanah Anda.
  4. Panggang tanah selama 30 menit atau sampai termometer menunjukkan angka 80 derajat Celsius.

Mensterilkan tanah dalam microwave

Anda juga bisa mensterilkan tanah dengan microwave. Seperti dalam oven, sisi negatif dari mensterilkan tanah dalam microwave adalah baunya. Namun menggunakan microwave adalah pilihan yang sangat baik jika Anda tidak memiliki akses ke dapur.

  1. Isi wadah tahan microwave dengan tanah lembab.
  2. Panaskan tanah dengan kekuatan penuh selama 90 detik per pon tanah.

Anda mungkin ingin menutup wadah secara longgar dengan handuk kertas. Melakukan ini dapat membantu menjaga microwave Anda tetap bersih.

Mensterilkan tanah di atas panggangan

Cara lain untuk mensterilkan tanah tanaman rumahan adalah dengan menggunakan panggangan. Keuntungan dari mensterilkan tanah di atas panggangan adalah panggangannya berada di luar. Memanggang di luar berarti tanah yang sudah matang tidak akan mengeluarkan bau tak sedap ke dalam rumah Anda.

  1. Lapisi panci dangkal dengan aluminium foil.
  2. Isi panci dengan tanah lembab.
  3. Tutupi tanah dengan lapisan foil lainnya.
  4. Masukkan termometer daging melalui foil dan tanah.
  5. Panaskan tanah pada suhu 80 derajat Celsius selama 30 menit, atau sampai termometer menunjukkan suhu 80 derajat Celsius.

Mensterilkan tanah dengan sinar matahari

Pendekatan yang lebih alami untuk mensterilkan tanah adalah dengan menggunakan matahari. Metode ini adalah praktik terbaik jika Anda mensterilkan tanah dalam jumlah besar sekaligus. Penting untuk dicatat bahwa Anda harus melakukan ini di waktu terpanas dalam setahun.

  1. Letakkan selembar plastik transparan di atas tanah. Tebal plastik harus sekitar 2 milimeter.
  2. Sebarkan tanah secara merata di atas lapisan plastik. Jaga jarak 15 cm dari tepi untuk memungkinkan pengamanan perbatasan.
  3. Sirami tanah untuk melembabkannya.
  4. Tutupi tanah dengan lapisan plastik lain dan kencangkan dengan batu.
  5. Biarkan tanah tertutup selama 4-6 minggu.

Kesimpulan

Mensterilkan tanah pot tidak untuk semua orang. Ada sedikit kebutuhan untuk mensterilkan tanah pot jika Anda menanam tanaman di luar. Jika Anda tidak ingin serangga, jamur, atau benda lain berada di dalam tanah tanaman rumahan Anda, Anda harus mensterilkannya.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa mensterilkan tanah menghabiskan unsur hara. Penipisan ini dapat mengakibatkan pertumbuhan tanaman terhambat. Anda harus mengevaluasi sendiri apakah mensterilkan tanah tanaman hias adalah langkah yang tepat untuk Anda dan tanaman Anda.

Komentar