Cara Merawat Tanaman Calathea Triostar (Multicolor)

Stromanthe sanguinea ‘Triostar’ adalah tanaman hias tropis yang spektakuler dengan dedaunan berwarna-warni yang mencolok. Tanaman indoor yang eksotis ini juga dinamai Calathea Triostar, Calathea Multicolor, Stromanthe Tricolor, atau Tricolor Ginger. Tanaman ini memiliki daun beraneka warna cantik yang berwarna putih krem ​​dan hijau dengan tepi merah muda dan bagian bawah ungu. Daunnya yang panjang, lebar, dan mengkilap membuatnya menjadi daya tarik di ruangan mana pun di rumah Anda.

Calathea Triostar

Cara merawat Stromanthe sanguinea: Tanaman Calathea Triostar tumbuh subur dalam cahaya yang terfilter sedang, media tanam yang berdrainase baik, dan kelembaban tinggi. Siram ketika lapisan atas tanah kering untuk menjaga media tanam tetap lembab, tetapi tidak basah. Tumbuhkan calathea tricolor Anda pada suhu antara 18 °C sampai 27 °C. Pupuk dua kali sebulan dengan pupuk tanaman hias umum.

Stromanthe sanguinea merupakan tanaman berbunga yang tergabung dalam famili Marantaceae, sehingga berkaitan dengan tanaman Maranta. Habitat aslinya adalah hutan hujan tropis Amerika Selatan. Di sana, tanaman berdaun tiga warna ini tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembab di bawah naungan lantai hutan.

Nama botani dan nama umum Stromanthe sanguinea ‘Triostar’ mengacu pada dedaunan berwarna-warni dari spesies Stromanthe ini. Nama ‘Tricolor’ dan ‘Triostar’ mengacu pada tiga warna pada daun lonjongnya yang memanjang. Nama latin ‘sanguinea’ mengacu pada bagian bawah merah daun dan bunga merah yang dihasilkannya. Nama lain untuk Stromanthe Triostar adalah Tricolor Ginger, Magenta Triostar, dan Stromanthe thalia.

Varietas populer lainnya dari spesies Stromanthe adalah:

– Stromanthe amabilis (Calathea ‘Burle Marxii’) – Tanaman ini lebih terlihat seperti jenis tanaman maranta khas dengan daun berwarna hijau dan corak hijau tua.

– Stromanthe ‘Magic Star’ – Daun hijau tuanya berbentuk tombak dengan bintik-bintik keperakan dan bagian bawah berwarna merah tua.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merawat Calathea Triostar di rumah. Di akhir artikel, pelajari tentang cara merawat tanaman Triostar yang menunjukkan gejala penyakit, daun berwarna coklat, atau daun menguning.

Panduan Perawatan Calathea Triostar

Dengan perawatan dan perhatian yang tepat, adalah mungkin untuk menumbuhkan Calathea Triostar di rumah dengan sukses. Tanaman tricolor ini membutuhkan kelembapan yang cukup, jenis media tanam yang tepat, dan cahaya yang cukup. Persyaratan perawatan ini memastikan bahwa dedaunan berwarna tetap cerah sepanjang tahun.

Kebutuhan Cahaya

Tanaman Calathea Triostar tumbuh subur dalam cahaya sedang, jauh dari sinar matahari langsung. Lokasi terbaik untuk spesies Stromanthe ini adalah di dekat jendela yang menghadap ke timur atau di ambang jendela yang menghadap ke utara. Meskipun tanaman beraneka warna cenderung membutuhkan cahaya terang, namun Triostar dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi pencahayaan sedang.

Faktanya, kebanyakan tanaman beraneka warna bukanlah jenis tanaman yang bisa hidup dalam kondisi kurang cahaya. Namun daun menakjubkan dari spesies Stromanthe ini bereaksi terhadap cahaya secara berbeda. Daun tanaman akan menghadap atau menjauh dari sinar matahari untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin. Jika cahayanya terlalu terang, mereka berubah untuk menunjukkan warna merah di bawahnya. Tindakan ini membantu melindungi daun dari sinar matahari yang terlalu banyak.

Cara tanaman Calathea Tricolor bereaksi terhadap cahaya dapat membuat merawatnya di dalam ruangan menjadi gaka sulit. Selama Anda menjauhkannya dari sinar matahari langsung, mereka akan tumbuh subur. Jika Anda melihat daunnya mengembangkan bintik-bintik coklat kering, pindahlah ke lokasi yang lebih teduh. Jika variegasinya mulai memudar, tanaman Anda mungkin membutuhkan lebih banyak cahaya.

Penyiraman

Penyiraman yang tepat adalah kebutuhan perawatan paling penting Calathea Triostar. Sebagai aturan umum, hanya sirami tanaman ini saat lapisan tanah teratas kering sepenuhnya. Tanaman tiga ini suka tumbuh di tanah yang agak lembab tetapi tidak pernah tergenang air atau gersang.

Membiarkan lapisan atas tanah mengering sebagian membantu memastikan bahwa campuran media tanam selalu lembab tanpa menjadi basah. Untuk memeriksa seberapa sering Anda menyiram Triostar, tekan tanah untuk memastikannya kering. Namun ingatlah bahwa tanaman dalam ruangan yang rewel ini tidak menyukai periode kekeringan.

Kualitas air merupakan persyaratan perawatan penting lainnya dengan tanaman eksotis ini. Coba gunakan air hujan, air suling, atau air yang disaring untuk menyiram Triostar Anda – dan pastikan pada suhu kamar. Bahan kimia dalam air keran dapat menumpuk di dalam tanah dan memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Cara terbaik untuk menyirami Calathea Triostar Anda adalah dengan membasahi tanah. Metode penyiraman tanaman hias ini memastikan hidrasi yang tepat. Untuk menyirami tanaman, tuangkan air yang telah disaring melalui tanah hingga mengalir melalui lubang di dasar pot. Biarkan kelebihan air mengalir ke luar pot.

Tips penyiraman penting untuk Calathea Triostar:

– Pastikan pot Anda memiliki lubang drainase di bagian bawah.

– Gunakan hanya media tanam yang ringan dan memiliki drainase yang baik.

– Lakukan penyiraman tanaman secara menyeluruh saat lapisan atas tanah kering.

– Jangan biarkan tanaman Triostar Anda benar-benar kering.

– Ingatlah bahwa kelembapan sama pentingnya dengan penyiraman yang benar.

– Siram lebih jarang di musim penghujan, selalu gunakan tingkat kelembaban tanah sebagai patokan.

Media Tanam Terbaik

Media tanam terbaik untuk tanaman Calathea Triostar adalah campuran media tanam yang porous. Kombinasi ideal untuk tanaman stromanthe Anda adalah tanah, sekam bakar, dan cocopeat. Bahan organik memberikan nutrisi dan menahan kelembapan, dan sekam membuat cahaya medium dan meningkatkan drainase.

Tanah terbaik harus memungkinkan air mengalir dengan cepat dan bebas. Tanaman Calathea Triostar sensitif terhadap kelembaban tanah berlebih, jadi Anda perlu mencegah tanah tetap lembap. Jika Anda memperhatikan bahwa air mulai mengalir perlahan, Anda perlu memperbaiki tanah dengan perlite atau kulit kayu anggrek.

Mengenai ukuran pot, jangan memilih pot atau wadah yang terlalu besar untuk tanaman Anda. Pot yang terlalu besar cenderung menahan terlalu banyak kelembapan dan menyebabkan masalah kelembapan. Ini dapat menyebabkan busuk akar dan akhirnya membunuh tanaman tropis sensitif Anda.

Suhu

Suhu ruangan rata-rata sudah ideal untuk merawat tanaman Calathea Triostar di dalam ruangan. Jaga suhu yang merata antara 18 °C sampai 27 °C. Anda dapat membawa tanaman Triostar Anda ke luar saat musim kemarau. Tempatkan potnya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan terlindung dari angin kencang. Bawa kembali ke dalam ruangan saat suhu turun di bawah 15 °C.

Kelembaban

Berasal dari hutan hujan tropis, Calathea Triostar memiliki kebutuhan kelembapan yang tinggi. Targetkan setidaknya 50 persen kelembapan di dalam ruangan untuk membantu tanaman Anda tumbuh subur dan mempertahankan dedaunannya yang indah. Basahi daun setiap dua hari sekali atau letakkan di atas nampan pelembab kerikil untuk membantu melembabkan daun.

Kelembaban rendah dapat menyebabkan daun terkulai dan menarik tungau laba-laba. Anda bisa menyimpan tanaman Anda di ruangan yang lembab seperti kamar mandi atau dapur. Tingkat kelembaban udara yang tinggi sangat cocok untuk banyak tanaman tropis yang membutuhkan cahaya, kehangatan, dan kelembapan yang disaring.

Jika Anda perlu meningkatkan kelembapan dalam ruangan untuk membantu Calathea Triostar Anda berkembang, pastikan suhu ruangan setidaknya 18 °C. Kelembaban tinggi dan dingin mendorong penyakit jamur berkembang di tanah yang dapat menyebabkan busuk akar.

Pemupukan

Tanaman Calathea Tricolor adalah pemakan sedang dan mendapat manfaat dari pemberian pupuk dua bulanan. Gunakan pupuk tanaman cair yang seimbang dan encerkan hingga seperempat dosis. Beri pupuk setiap dua minggu sekali saat Anda menyiram tanaman. Anda juga bisa menggunakan pupuk organik.

Untuk memastikan pertumbuhan yang sehat dan mencegah daun menguning, jangan memberi pupuk berlebihan. Terlalu banyak pupuk dapat berdampak negatif pada pertumbuhan tanaman dan menyebabkan tanaman mati. Berikan sekali atau dua kali di musim penghujan, siram tanah dengan air yang terfilter untuk membersihkan kelebihan garam.

Ukuran dan Tingkat Pertumbuhan

Calathea Triostar memiliki pertumbuhan tegak yang dapat mencapai tinggi sekitar 30 cm. Kebiasaan pertumbuhan daun lonjongnya yang lebat memiliki penyebaran hingga 45 cm. Dalam kondisi ideal, tanaman Calathea Tricolor memiliki pertumbuhan yang cukup cepat.

Ada beberapa alasan mengapa laju pertumbuhan tanaman mulai melambat. Pertumbuhan yang lesu bisa disebabkan oleh pencahayaan yang buruk, tidak cukup makanan, atau akar memenuhi pot. Selain itu, tanaman temperamental ini sepertinya bisa berhenti tumbuh untuk sementara waktu setelah direpoting.

Cara Memangkas

Memangkas Calathea Triostar hanya diperlukan untuk menghilangkan daun yang mati atau rusak. Karena tanaman ini memiliki batang yang tumbuh langsung dari tanah, Anda harus memangkas batang yang terkena di pangkalnya. Selalu gunakan pisau atau gunting tajam yang disterilkan untuk menghilangkan dedaunan yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah pengaruh pertumbuhan tanaman, jangan pernah menghilangkan lebih dari 30 persen dedaunan Calathea Tricolor. Pemangkasan dengan cara ini memastikan bahwa cahaya masuk ke semua bagian tanaman dan tanaman Anda tidak akan terlalu stres.

Repotting

Anda sebaiknya hanya merepotting tanaman Calathea Triostar jika benar-benar diperlukan. Repotting membuat tanaman ini stres, dan beberapa tanaman mungkin membutuhkan waktu lama untuk pulih. Anda hanya perlu merepotting tanaman hias eksotis Anda paling banyak setiap beberapa tahun sekali. Tetapi karena mereka lebih suka akarnya penuh, ini tidak menjadi masalah.

Saat merepotting Calathea Triostar Anda, gunakan ukuran pot yang sama jika Anda tidak ingin potnya membesar atau pilih wadah yang lebih besar ​​satu ukuran.

Untuk merepotting Calathea Triostar, inilah yang harus Anda lakukan:

– Lepaskan bonggol akar dengan lembut dari potnya yang sudah ada.

– Bersihkan kotoran dari akarnya.

– Periksa akarnya apakah ada yang mati, coklat lembek, dan potong seperlunya.

– Isi setengah pot baru dengan campuran media tanam yang ringan dan mengalir dengan baik.

– Tanam di pot dan isi sisa ruang dengan tanah yang tersisa.

– Tekan dengan lembut, tetapi jangan terlalu banyak untuk menghindari pemadatan tanah.

– Sirami tanaman secara menyeluruh dan taruh di tempat terang tidak langsung.

– Setelah sekitar empat minggu, Triostar seharusnya sudah pulih dari stres dan Anda bisa mulai merawatnya seperti biasa.

Propagasi

Cara terbaik untuk memperbanyak Calathea Triostar Anda adalah dengan pembagian akar-rimpang. Yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan rumpun, memastikan masing-masing memiliki setidaknya satu batang dengan daun yang sehat.

Anda dapat memperbanyak Calathea Triostar Anda secara bersamaan saat Anda merepottingnya. Merencanakan untuk memperbanyak tanaman setiap beberapa tahun dapat menyelamatkan tanaman yang terlalu stres. Letakkan potongan baru dalam ukuran pot yang sesuai dan gunakan campuran media tanam yang ringan dan subur yang memiliki drainase yang sangat baik. Beberapa pemilik tanaman merekomendasikan penggunaan stek untuk perbanyakan. Namun stek batang sulit – jika bukan tidak mungkin – untuk dilakukan.

Bunga

Tanaman Calathea Triostar menghasilkan bunga berwarna merah jingga. Bunga bermekaran seperti pohon jeruk yang mengelilingi bunga. Kelompok kecil bunga cherry merah muda muncul dari seludang saat tanaman mekar. Calathea Triostar mekar secara teratur di lingkungan asalnya.

Tanaman hias ini jarang mekar saat tumbuh di dalam ruangan. Namun hal ini tidak menjadi perhatian sebagian besar pemiliknya karena dedaunan berwarna putih krem, hijau, dan merah muda yang mencolok lebih spektakuler daripada bunga yang tidak terlalu mencolok.

Penyakit dan Hama

Tanaman Calathea triostar adalah tanaman yang relatif kuat, meskipun memiliki reputasi sebagai tanaman hias yang rewel. Hanya dua hal yang harus diperhatikan adalah penyakit jamur dan masalah kutu. Kondisi lembab membuat tanaman hias rentan terhadap jamur dan busuk akar. Kutu daun dapat menyerang tanaman dalam ruangan apa pun, dan Triostar bukan pengecualian.

Biasanya, teknik penyiraman yang tepat mencegah masalah pada jamur tanah putih atau penyakit jamur. Jika Anda melihat salah satu dari masalah ini, tunda penyiraman sampai sebagian tanah mengering. Dalam skenario terburuk, Anda mungkin harus merepoting tanaman di tanah pot segar.

Jika Anda melihat tanda-tanda kutu daun, Anda perlu mengambil tindakan cepat terhadap hama penghisap getah ini. Selain membunuh tanaman Anda, mereka dapat menyerang lebih banyak tanaman hias Anda – tentu saja bukan sesuatu yang diinginkan oleh pemilik tanaman. Untuk membasmi kutu daun dengan cepat dan efektif, Anda bisa menggunakan insektisida.

Tanya Jawab Tentang Perawatan Calathea Triostar

Tanaman Calathea Triostar bukanlah tanaman hias yang paling mudah ditanam di dalam ruangan. Bahkan dalam kondisi yang tampaknya ideal, Calathea Triostar Anda mungkin bermasalah dengan daun coklat atau pertumbuhan layu. Baca terus untuk mengetahui cara menjaga tanaman Anda tetap sehat dan berkembang.

Apakah tanaman Calathea Triostar beracun bagi kucing dan anjing?

Tidak, tumbuhan dalam famili Marantaceae, seperti Calathea Triostar, tidak mengandung zat beracun. Jadi tanaman ini aman jika Anda memelihara kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya.

Mengapa daun Calathea Triostar berubah menjadi coklat?

Tepi daun berwarna coklat biasanya merupakan tanda bahwa tanaman Anda kekurangan kelembaban. Udara rumah yang kering cenderung mengubah ujung dan tepi daun menjadi cokelat dan renyah. Jika sebagian besar udaranya kering, Anda mungkin melihat bintik-bintik coklat pada daun. Basahi daun setiap hari untuk membantu tanaman Anda berkembang.

Mengapa daun Calathea Triostar menguning?

Dua alasan utama mengapa daun Stromanthe Triostar menjadi kuning adalah terlalu banyak air atau terlalu sedikit sinar matahari. Untuk mengatasi masalah yang berkembang ini, lakukan salah satu dari berikut ini. Jangan terlalu sering menyirami tanaman Anda – saat lapisan tanah atasnya kering. Atau, pindahkan pot tanaman Anda ke lokasi yang lebih terang, jauh dari sinar matahari langsung.

Daun Calathea Triostar layu, apa yang harus dilakukan?

Kurangnya kelembapan biasanya menjadi penyebab daun Calathea Triostar yang tampak layu dan mungkin dengan bercak coklat yang renyah juga. Untuk membantu memulihkan tanaman Anda, basahi tanah secara menyeluruh dan semprot daunnya. Pastikan untuk menjauhkan Triostar Anda dari pemanas atau AC.

Daun Calathea Triostar melengkung, ada apa?

Daun Calathea Triostar yang melengkung merupakan tanda bahwa tanaman sedang stres. Penyebab daun melengkung bisa jadi karena kelembapan rendah, suhu ekstrim, kualitas air, atau overwatering. Untuk membantu memulihkan dedaunan putih, hijau, dan merah muda yang indah, coba perbaiki lingkungan pertumbuhan dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya.

Mengapa Calathea Triostar sekarat?

Daun yang terkulai dan menggulung memberi kesan bahwa Calathea Triostar Anda sedang sekarat. Cari tahu apa yang menyebabkan tanaman Anda mati. Untuk membantu menghidupkan kembali Stromanthe yang sekarat, coba direpoting dalam campuran pot steril. Periksa juga hama tanaman dan ambil langkah untuk memberantasnya.

Apakah Calathea Triostar merupakan tanaman hias yang mudah dirawat?

Meskipun Calathea Triostar bukan tanaman indoor yang paling mudah dirawat, mereka bukanlah yang paling sulit. Menjaga tanaman dalam cahaya tidak langsung sedang, menyiramnya cukup sering, dan menjaga kelembapan tinggi memungkinkan Anda menikmati dedaunannya yang indah selama bertahun-tahun.

Komentar