Mengapa Tanaman Fittonia Anda Sekarat? 7 Penyebab dan Solusinya

Fittonia (nerve plant) sangat anggun dan cantik, dengan daun hijau tua yang mencolok dan urat daun berpola halus berwarna putih, merah muda, atau merah. Tapi jangan tertipu oleh penampilannya yang indah karena tanaman Fittonia akan membuat ulah dan mulai layu pada saat itu juga! Untungnya artikel ini akan membantu Anda mengetahui mengapa tanaman Fittonia Anda sekarat dan memandu Anda tentang cara mengembalikan si cantik kecil ini ke kondisi kesehatan yang sempurna.

Tanaman Fittonia

Jika sepertinya tanaman Fittonia Anda sekarat, kemungkinan besar disebabkan oleh air, kelembapan rendah, atau pencahayaan yang salah. Penyebab lain tanaman Fittonia layu adalah terlalu banyak air, pemupukan berlebihan, masalah hama, atau media tanam yang salah. Pastikan untuk mengidentifikasi penyebab yang benar untuk membantu Anda memperbaiki tanaman Anda.

Penyebab Tanaman Fittonia Anda Layu dan Terlihat Sakit

Berasal dari hutan hujan tropis Peru, tanaman hias yang menakjubkan ini sangat menyukai kelembaban tinggi yang konstan. Ini adalah tanaman menjalar yang tumbuh rendah dan menyebar sebagai penutup tanah di alam liar di bawah naungan pohon-pohon tinggi. Oleh karena itu, Fittonia peka terhadap sinar matahari langsung. Karakteristik ini membuat tanaman Fittonia sedikit rumit untuk dirawat – tetapi dengan perhatian yang tepat, tanaman ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rumah Anda.

Sungguh sedih saat menyaksikan Fittonia Anda layu dan terkulai tanpa mengetahui alasan tanaman ini stres. Seringkali, Fittonia yang layu adalah tanda tanaman itu haus. Periksa kekeringan pada tanah, dan jika bagian atas tanah terasa kering, berilah air, dan tanaman yang lemas akan segar kembali dalam beberapa menit.

Jika solusi sederhana ini tidak berhasil, masalahnya ada di tempat lain. Bisa jadi lingkungan tanaman ini tidak cukup lembab atau mungkin kondisi pencahayaannya tidak ideal. Karena tanaman Fittonia berasal dari hutan hujan tropis, mereka lebih menyukai kondisi yang menyerupai rumah alami mereka.

Di bawah ini tercantum beberapa penyebab umum tanaman Fittonia Anda sekarat, layu, atau tampak sakit.

Apakah Fittonia Anda Sekarat Karena Kekurangan Air?

Penyebab paling umum tanaman Fittonia layu adalah kurang air. Dalam kasus yang parah, Anda akan melihat daunnya menjadi kering. Akar tanaman ini membutuhkan kelembapan yang konstan, jadi jika Anda benar-benar menyukai Fittonia, Anda harus ingat untuk memberinya cukup air agar dapat mempertahankan dedaunannya yang menakjubkan.

Solusi

Jaga tanah tanaman Fittonia Anda tetap lembab. Periksa tanaman Anda setiap beberapa hari sekali dan sirami setelah permukaan tanah mulai mengering. Sirami tanaman Anda secara menyeluruh sampai air mengalir dengan bebas dari pot. Pastikan untuk membiarkan semua kelebihan air mengalir dari pot setelah penyiraman.

Kebutuhan air Fittonia Anda bervariasi tergantung pada ukuran tanaman, ukuran pot, tingkat pertumbuhan, dan kondisi pertumbuhan yang mendasarinya. Sangat mudah untuk meremehkan seberapa sering Fittonia Anda perlu disiram di musim panas ketika Fittonia akan tumbuh dengan cepat. Anda mungkin perlu memeriksa tanaman Fittonia Anda lebih sering untuk mencegahnya mengering selama waktu-waktu ini.

Tips lainnya adalah dengan mempertimbangkan penggunaan air hangat untuk penyiraman guna mencegah shock pada tanaman. Beberapa orang melaporkan bahwa menyiram dengan air yang sangat dingin dapat menyebabkan tanamannya bermasalah.

Apakah Fittonia Anda layu karena terlalu banyak air?

Tanaman Fittonia membenci tanah kering, tetapi ingatlah bahwa terlalu banyak air juga tidak baik untuk tanaman ini. Meskipun akarnya menyukai kelembapan, mereka tidak suka direndam di air terlalu lama. Terlalu banyak air akan menyebabkan akar tanaman ini membusuk dan daunnya akan mulai menguning dan lemas. Singkat cerita, sedikit lembab, alih-alih tanah yang basah, adalah cara yang harus dilakukan untuk merawat tanaman Fittonia.

Solusi

Cara terbaik untuk melindungi akar Fittonia Anda dari pembusukan adalah dengan menyiraminya hanya ketika Anda melihat lapisan atas tanah mengering. Ya, tanaman ini menyukai kelembapan, tetapi ketika terlalu bersemangat untuk menjaganya tetap sehat, kebanyakan orang akhirnya memberinya terlalu banyak air daripada yang sebenarnya dibutuhkan tanaman.

Pastikan untuk membiarkan kelebihan air mengalir dari pot setelah disiram. Jika tanaman Anda diletakkan di atas tatakan atau di dalam pot dekoratif, pastikan air tidak menggenang di bagian bawah yang menyebabkan akar tergenang air.

Terlalu banyak air juga dapat disebabkan oleh pot Fittonia Anda yang terlalu besar. Jika Anda menanam tanaman ini di dalam wadah yang terlalu besar, jumlah tanah yang banyak akan tetap basah dalam waktu lama setelah disiram, meningkatkan risiko busuk akar.

Apakah tanaman Fittonia Anda layu karena kelembaban rendah?

Jika Anda memperhatikan daun Fittonia Anda cepat layu dan terkulai, bisa jadi karena ini tidak mendapatkan kelembapan yang memadai. Periksa daun melengkung dan ujung coklat serta tepi daun. Tanaman Fittonia memiliki kebutuhan kelembapan yang tinggi, dan kelembapan kurang dari 40% akan sering menyebabkan masalah.

Anda bisa menggunakan higrometer digital untuk memantau tingkat kelembaban tanaman Anda. Jika Anda khawatir dengan masalah kelembaban, Anda bisa menaruhnya di dekat tanaman Anda, dan pengukur kelembaban akan mencatat kelembaban rendah dan tinggi. Anda kemudian dapat menyesuaikan kelembapan sesuai kebutuhan.

Solusi

Karena tanaman Fittonia cepat mengering, mereka harus ditempatkan di lingkungan yang lembab untuk mencegah layu. Ini sangat penting di terutama saat musim kemarau.

Ada sejumlah opsi untuk meningkatkan kelembapan untuk tanaman Fittonia Anda.

– Kelompokkan tanaman Anda. Transpirasi yang meningkat dari tanaman Anda akan meningkatkan kelembapan lokal.

– Letakkan Fittonia Anda di atas tatakan tempat Anda menambahkan kerikil dan air sesuai kebutuhan. Pastikan dasar wadah bertumpu pada kerikil dan tidak benar-benar menyentuh air. Penguapan air akan meningkatkan kelembapan.

– Gunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan dengan cepat dan mudah. Ini memang membutuhkan sedikit perawatan tetapi sangat efektif.

– Pertimbangkan untuk menanam Fittonia Anda di terarium. Anda bahkan bisa menggunakan stoples untuk membuat terarium buatan sendiri di rumah. Terarium adalah cara yang bagus untuk menciptakan kembali lingkungan hutan hujan yang lembab secara alami yang akan memastikan Fittonia Anda tumbuh subur..

Apakah Cahaya Berlebih Merusak Fittonia Anda?

Tanaman Fittonia cenderung sangat pilih-pilih soal jumlah cahaya yang mereka butuhkan. Jika Anda melihat daun kering, layu, dan hangus pada Fittonia Anda, itu bisa jadi pertanda bahwa tanaman mendapatkan terlalu banyak sinar matahari langsung yang menyebabkan daunnya terbakar. Sinar matahari langsung juga akan mengeringkan tanaman dengan cepat sehingga Anda perlu sering menyiramnya.

Ini adalah tanaman tropis yang tumbuh di bawah naungan kanopi pohon yang mendapat banyak cahaya terang dan tidak langsung. Dan inilah yang disukai tanaman Fittonia – matahari yang cerah dan tidak langsung. Fittonia juga tumbuh dengan baik di bawah sinar LED atau lampu tumbuh fluorescent.

Solusi

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memelihara tanaman di area yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung, tetapi banyak cahaya tidak langsung. Misalnya, jendela yang menghadap ke utara atau timur ideal untuk tanaman Fittonia karena biasanya memberikan cahaya tidak langsung yang terang yang dibutuhkan tanaman ini untuk berkembang.

Tetapi jangan membuat kesalahan dengan menaruh Fittonia Anda di lokasi yang penerangannya redup. Jika Anda memiliki varietas berwarna dan Anda menaruhnya di tempat gelap terlalu lama, Anda mungkin melihat tanaman ini kehilangan warnanya. Area yang berwarna akan berubah menjadi putih, dan jika itu adalah Fittonia dengan daun hijau dan urat putih, terlalu banyak naungan bisa membuat daun hampir seluruhnya hijau.

Apakah Tanaman Fittonia Anda Sekarat Karena Tanah yang Salah?

Untuk berkembang dengan sempurna, tanaman Fittonia membutuhkan tanah yang menahan banyak kelembapan tetapi memiliki drainase yang baik. Tanah yang hanya mengandung bahan organik cenderung menahan terlalu banyak air, dan ini mungkin menyebabkan tanah menjadi tergenang air. Kondisi ini bisa mengakibatkan banyak penyakit dan busuk akar. Jadi yang Anda butuhkan adalah campuran tanah yang tepat yang memiliki drainase yang baik agar kelebihan air mudah mengalir.

Solusi

Campuran tanah yang cocok untuk tanaman Fittonia adalah campuran porous yang seimbang antara gambut, pasir malang, sekam bakar, dan kompos. Gambut mempertahankan kelembapan tetapi tetap ringan dan memiliki aerasi baik, pasir malang dan sekam bakar memfasilitasi drainase dan aerasi, dan kompos memberikan nutrisi dan membantu tanah mempertahankan kelembapan.

Selain itu, pastikan pot tanaman Fittonia Anda memiliki lubang drainase yang cukup untuk mencegah kemungkinan tanah tergenang air.

Apakah Tanaman Fittonia Anda Sekarat Karena Masalah Pupuk?

Tanaman Fittonia juga akan kehilangan kilau dan terlihat sakit jika Anda tidak memupuknya dengan benar. Memberi terlalu banyak pupuk pada tanaman ini juga akan menyebabkan dedaunan terbakar dan bahkan bisa berakibat fatal karenanya. Kurangnya pupuk jarang menyebabkan masalah pada tanaman Fittonia, karena sebagian besar campuran media tanam akan memberikan nutrisi, dan tanaman Fittonia tidak membutuhkan pupuk yang tinggi.

Solusi

Anda bisa memupuk Fittonia Anda setiap 3-4 minggu dengan pupuk tanaman hias biasa, misalnya NPK daun. Anda bisa menaruh butiran pupuk secukupnya di atas tanah atau melarutkannya dalam air. Gunakan takaran yang sedikit, jangan berlebihan.

Apakah Hama Menyerang Tanaman Fittonia Anda?

Seperti kebanyakan tanaman indoor, Fittonia rentan terhadap hama tanaman rumahan umum seperti agas jamur, kutu daun, serangga sisik, atau kutu putih. Infestasi yang buruk dapat dengan mudah menyebabkan tanaman Fittonia Anda mati. Tanaman Fittonia dianggap sangat rentan terhadap kutu daun.

Solusi

Periksa tanaman Anda secara teratur apakah ada tanda-tanda hama. Periksa bagian atas dan bawah daun serta tanahnya. Jika menurut Anda tanaman Anda mungkin terkena hama, segera lakukan perawatan dengan menggunakan insektisida.

Jika Anda mengidentifikasi hama pada Fittonia Anda, segera pisahkan dari tanaman hias Anda yang lain, untuk mencegah serangga menyebar ke tanaman lain. Selain itu, jika Anda membeli tanaman hias baru, sangat menyarankan untuk menaruhnya terpisah dari tanaman hias Anda yang lain selama 1-2 minggu untuk memastikan tidak ada hama yang menumpang di rumah Anda.

Penutup

Jika Anda melihat tanaman Fittonia Anda sekarat, luangkan waktu untuk mengidentifikasi masalahnya sebelum mencoba memperbaiki tanaman Anda. Pikirkan tentang masalah penyiraman terlebih dahulu, diikuti oleh masalah kelembaban dan pencahayaan. Pikirkan tentang perawatan dan kondisi yang dialami tanaman Anda selama beberapa minggu terakhir, karena ini akan sangat membantu Anda untuk mengidentifikasi masalahnya. Setelah Anda mengetahui penyebab tanaman Fittonia Anda sekarat, mengembalikan tanaman Anda ke kondisi semula akan jauh lebih mudah.

Komentar