Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Congo Rojo

Jika Anda mencari varietas philodendron yang terlihat gagah, philodendron Congo Rojo, juga dikenal sebagai philodendron merah, menghasilkan daun lebar, hijau tua hingga merah anggur (burgundy) tua yang mengkilap dengan pola pertumbuhan ke atas. Philodendron rojo adalah tanaman indah yang menghadirkan keanggunan dan melengkapi dekorasi ruangan, lorong, atau teras yang luas.

Tanaman Congo Rojo

Meskipun merupakan tanaman asli daerah tropis Amerika Selatan, Congo Rojo dapat dijadikan sebagai tanaman hias jika persyaratan cahaya, suhu, tanah, dan penyiramannya terpenuhi. Di bawah ini, Anda dapat membaca rekomendasi kami tentang cara merawat philodendron rojo di dalam ruangan.

Ukuran & Pertumbuhan

Kebanyakan philodendron menunjukkan pola pertumbuhan yang cepat dan tidak terkecuali philodendron rojo. Dengan ukuran yang bisa mencapai 3 x 3 meter, Anda perlu mengontrol pertumbuhannya dengan memotongnya kembali jika diperlukan.

Karena dapat memanjat hingga ketinggian maksimalnya, Congo Rojo juga membutuhkan cukup banyak ruang di sekitarnya. Ini bukan tanaman apartemen kecil. Congo Rojo membutuhkan sedikit ruang dan terlihat terbaik di rumah atau kantor yang besar.

Pencahayaan

Sinar matahari yang cerah dan tidak langsung paling baik untuk tanaman ini, meskipun sedikit sinar matahari pagi atau matahari sore akan membantu menonjolkan warna merah anggurnya yang dalam pada daun. Memaparkan tanaman ini pada sinar matahari langsung yang kuat harus dihindari baik di dalam maupun di luar ruangan. Sinar matahari yang kuat hanya akan menghanguskan daun indahnya.

Jangan taruh tanaman ini terlalu dekat dengan jendela yang cerah. Gerakkan mundur beberapa meter agar tanaman masih mendapat cahaya tidak langsung, namun daunnya tidak langsung terhempas oleh matahari. Congo Rojo juga akan mentolerir lampu fluorescent yang terang, jadi menaruhnya di lingkungan kantor juga bisa.

Penyiraman

Philodendron rojo menyukai tanah yang agak lembab yang dapat diperoleh dengan menyiram tanaman secara menyeluruh dan membiarkan kelebihan air mengalir. Untuk tujuan ini, setiap pot tempat Anda merawat tanaman ini harus memiliki lubang pembuangan di bagian bawah. Jika tidak, akan memakan waktu terlalu lama untuk mengeringkan tanah dan akan membuat akar terlalu lembab.

Sebelum menyiram ulang, Anda perlu memastikan bahwa bagian atas tanah sedikit mengering. Jika tanah hingga buku jari pertama jari telunjuk Anda terasa kering, Anda dapat menyiram ulang. Jika tidak, tunggu sedikit lebih lama sampai tanah mengering. Menyiram secara berlebihan sebenarnya lebih berbahaya daripada kekurangan air, jadi jika Anda terlalu bersemangat menyiramnya, Anda perlu menahan diri sedikit dan memeriksa tingkat kelembapan tanah.

Jenis tanah

Berbicara tentang tanah, varietas philodendron ini menyukai tanah yang memiliki drainase yang baik. Tanahnya harus gembur dan kaya bahan organik. Kami menyarankan agar tidak menggunakan media tanam tanah biasa.

Sebagai gantinya, campur tanah dengan sekam, cocopeat, dan pasir malang untuk memastikan drainase dan aerasi yang baik untuk akar. Anda bisa menggunakan campuran media tanam yang benar-benar tidak porous.

Jika Anda memilih tanah yang tepat, Anda juga memberikan awal yang baik untuk philodendron rojo dan mencegah potensi masalah yang datang dengan tanah yang rentan terhadap pemadatan dan retensi air.

Suhu & Kelembaban

Philodendron berkembang pesat di dalam ruangan. Mereka juga dapat disimpan di luar ruangan di musim kemarau asalkan Anda tidak menaruhnya di bawah terik matahari langsung. Anda harus ingat untuk memindahkannya kembali ke dalam saat cuaca mulai berubah dingin. Dari segi suhu, philodendron ini harus diletakkan pada ruangan bersuhu 18 – 25 °C. Lebih rendah dari 15 °C tidak disarankan karena ini adalah tanaman tropis yang sensitif terhadap dingin dan beku.

Pemupukan

Philodendron rojo butuh banyak nutrisi. Dan itu tidak mengherankan. Tanaman ini memiliki pola pertumbuhan yang cepat dan menghasilkan daun yang besar. Pertumbuhan semacam ini harus dipertahankan dengan pemberian pupuk secara teratur.

Jika tanaman Anda kurang sehat, yaitu tidak berkembang secepat sebelumnya, melahirkan daun yang lebih kecil dari sebelumnya, Anda harus menggunakan pupuk untuk meningkatkan perkembangannya.

Anda dapat menggunakan pupuk cair seimbang atau memilih pupuk slow release berkualitas baik. Keduanya bekerja dengan baik, ingatlah bahwa pupuk cair harus ditambahkan setiap bulan selama periode pertumbuhan.

Sebagaimana kelebihan air yang dapat merusak tanaman, pemupukan yang berlebihan juga bisa menjadi masalah, jadi ikuti rekomendasi dosis. Mulailah dengan membuat campuran sedikit pupuk dan air dan kocorkan pada tanaman.

Pot & Repotting

Setelah tumbuh, Congo Rojo termasuk tanaman yang berat, jadi pilihlah pot yang dapat menopang bagian atas tanaman. Pot terakota atau keramik bukan hanya elemen dekoratif yang bagus, tetapi juga berguna karena struktur berpori-porinya akan menyerap kelembapan dan cukup berat untuk mencegah tanaman jatuh.

Sebaliknya, plastik menahan kelembapan lebih lama dan jauh lebih ringan. Meskipun tanaman masih kecil, pot plastik berfungsi dengan baik hanya ketika tanaman menjadi berat di atas, lebih baik ditingkatkan ke pot yang lebih kokoh.

Saat tanaman tumbuh, pertumbuhannya melebihi pot saat ini dan Anda perlu memindahkannya ke pot yang lebih besar.  Terlepas dari jenis pot yang Anda beli, pastikan untuk mengebor beberapa lubang drainase di bagian bawah untuk memungkinkan kelebihan air menetes.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Rojo?

Perbanyakan philodendron rojo dapat dilakukan baik dengan pemotekan (memotong sebagian batang dengan akar) atau dengan stek batang di air atau tanah.

Terlepas dari metodenya, simpan tanaman baru atau cuttingan di tempat yang hangat dan terang, jauh dari sinar matahari langsung. Jaga tanah tetap lembab, pastikan tidak terlalu banyak air. Dalam 6-8 minggu, Anda akan melihat akar baru muncul atau pertumbuhan baru akan terbentuk.

Penutup

Philodendron Rojo Congo adalah varietas philo yang tumbuh cepat dan besar. Mereka tergolong tanaman “self-heading,” menjadikannya tanaman lantai yang bagus. Seperti varietas lainnya, Rojo Congo tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan dan perhatian, tetapi penting untuk menjaganya tetap terlindung dari sinar matahari langsung dan suhu rendah.  Dengan mengikuti rekomendasi perawatan tanaman yang kami berikan di artikel ini, kami yakin Anda dapat menanam tanaman ini di rumah Anda terlepas dari tingkat keahlian Anda.

Komentar