Panduan Perawatan dan Perbanyakan Philodendron Verrucosum

Philodendron verrucosum adalah Philodendron warna-warni dengan daun beludru. Ini adalah tanaman hemi-epifit yang memulai hidupnya sebagai benih yang tumbuh di kanopi pohon dan akhirnya mencapai tanah dengan akarnya. Tanaman hemi-epifit adalah tanaman yang sebagian dari siklus hidupnya tumbuh sebagai epifit. Epifit merupakan tumbuhan yang tumbuh menempel pada pohon lain.

Philodendron Verrucosum

Ada banyak varian Philodendron verrucosum, tetapi setidaknya dua bentuk berbeda dapat dibedakan. Philodendron verrucosum dengan warna merah di bagian belakang helai daun dan varian dengan bagian belakang hijau. Namun spesies verrucosum memiliki lebih banyak jenis yang ditawarkan.

Beberapa Philodendron verrucosum memiliki tangkai daun berbulu, tidak seperti spesies berbentuk hati lainnya seperti Philodendron Gloriosum atau Philodendron Pastazanum.

Perawatan Philodendron Verrucosum

Philodendron verrucosum adalah pemanjat yang artinya memiliki kebiasaan tumbuh ke arah langit dan bukan di sepanjang permukaan tanah. Habitat alami tanaman ini adalah Amerika Tengah hingga Selatan di negara-negara seperti Kosta Rika, Nikaragua, Panama, Kolombia, Ekuador, dan Peru.

Philodeondron verrucosum tumbuh pada ketinggian antara 50 – 2000 meter di atas permukaan laut dan oleh karena itu sangat beragam dalam kebutuhannya. Banyak situs web menggambarkan Philodendron verrucosum sebagai tanaman hias yang mudah tumbuh. Kami tidak sepenuhnya setuju karena kebutuhan kelembapannya tampaknya lebih besar daripada kebanyakan tanaman hias lain yang kami temui sejauh ini.

Selain itu, daunnya mudah berubah menjadi renyah dan berwarna coklat jika pengaturan penyiraman Anda tidak tepat. Tapi jangan khawatir, kami menyediakan panduan perawatan Philodendron verrucosum yang mendalam.

Panduan Perawatan Tanaman Philodendron Verrucosum

Tanah

Tanah yang tepat sangat penting dan inilah mengapa kami selalu membahas topik ini terlebih dahulu. Banyak masalah muncul karena tanah pot yang salah dan banyak stres terjadi setelah tanaman Anda menunjukkan tanda-tanda air berlebih.

Campuran media tanam yang tepat bahkan lebih penting saat menangani tanaman dalam keluarga Aracaea yang banyak spesiesnya merupakan epifit. Akar membutuhkan aerasi, artinya membutuhkan aliran udara langsung ke akar. Persyaratan ini hanya dapat dipenuhi jika campuran media Anda lapang dan mengalirkan air dengan baik.

Untuk mewujudkannya, Anda harus memiliki bahan yang tebal dan memungkinkan kantong udara di antara media pot untuk terbentuk. Campuran aroid berikut yang ingin kami bagikan dengan Anda cocok untuk Philodendron verrucosum:

– Tanah Kompos (30%)

– Cacahan Kulit Pakis (30%)

– Perlite / Pasir Malang (30%)

– Arang (10%)

Pertahankan nilai pH tanah antara 5,1 sampai 6,0.

Mari beralih ke bagian selanjutnya di mana kita akan memeriksa kondisi cahaya yang tepat untuk Philodendron verrucosum. Karena cahaya bertanggung jawab bagi tanaman untuk melakukan fotosintesis, ini adalah aspek lain dari perawatan tanaman yang harus Anda perhatikan.

Cahaya

Cahaya tidak langsung yang terang atau cahaya yang difilter paling baik untuk tanaman mendaki ini. Cahaya tidak langsung yang terang bisa berupa cahaya yang datang dari jendela yang sangat dekat yang tidak menyentuh bilah daun secara langsung.

Kondisi ini paling baik dijumpai di jendela yang menghadap ke timur di mana tanaman dalam ruangan mendapatkan cahaya tidak langsung yang terang untuk sebagian besar hari dan sinar matahari langsung di pagi hari.

Air

Sirami tanaman secara menyeluruh saat menyiram untuk meniru kondisi hutan tropis. Ini adalah praktik terbaik untuk menjaga tanah tetap lembab tetapi tidak terlalu basah. Juga, jangan biarkan tanah Philodendron verrucosum Anda benar-benar kering seperti yang sering disarankan dalam panduan perawatan tanaman. Tanah kering akan bertindak sebagai sungkup dan bisa mencegah kelembapan sampai ke akar.

Dengan substrat yang tepat, Anda pasti bisa menjaga kesehatan akar tanaman dan menyiraminya dengan banyak saat Anda menyiram. Busuk akar adalah penyebab umum dari kondisi tanah yang tidak tepat dan jadwal penyiraman yang tidak memadai.

Suhu

Philodendron verrucosum menyukai suhu di atas 20 °C. Suhu di atas 25 °C yang dikombinasikan dengan kelembapan tinggi akan memastikan verrucosum Anda tumbuh sangat cepat jika Anda memiliki jenis verrucosum yang lebih menyukai suhu yang lebih hangat.

Verru juga tumbuh lebih baik pada suhu yang lebih rendah. Anda harus ingat bahwa Philodendron ini ditemukan pada ketinggian mulai dari 165 hingga 6550 kaki (50-2000 meter) di atas laut. Ini adalah kondisi yang akan Anda temui di Amerika Tengah dan Selatan tempat Philodendron tumbuh di alam.

Kelembaban

Kelembaban tinggi di atas 60% disarankan untuk menjaga Philodendron verrucosum Anda dalam kondisi prima dan tumbuh subur. Ini adalah tanaman subtropis hingga tropis yang tumbuh dalam kondisi lembab di alam liar.

Pupuk

Beri pupuk jauh dari pangkal tanaman setidaknya 3 kali setahun. Pupuk terbaik untuk digunakan adalah pupuk lepas lambat atau slow release. Pupuk jenis ini padat dan berbentuk batang kecil atau bola kecil berwarna-warni yang bisa Anda masukkan ke dalam tanah. Jika Anda tidak memupuk Philodendron verrucosum, pertumbuhannya akan sangat lambat.

Perbanyakan

Philodendron verrucosum adalah tanaman yang mudah diperbanyak dalam banyak kasus. Cara paling umum adalah dengan memperbanyak dari stek batang. Baca panduan langkah demi langkah saya di bawah ini tentang cara memperbanyak Philodendron verrucosum.

Pertumbuhan

Tiang lumut atau setidak-tidaknya sebatang tongkat sederhana adalah alat untuk membantu tanaman ini bertambah besar dan mencapai kedewasaan. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 3 90 cm. Daunnya bisa mencapai ukuran besar hingga 90 cm. Daun baru muncul dari katafil daun. Tanamn deciduous artinya katafil akan gugur.

Karena Philodendron verrucosum adalah pemanjat, yang terbaik adalah menyediakan tiang lumut atau turus. Tiang lumut akan membantu tanaman mencapai ketinggian. Efek lain dari penyediaan turus adalah batang verrucosum akan tumbuh lebih tebal dan ukuran daun akan bertambah besar. Tanpa kemungkinan untuk mendaki, Philodendron verrucosum akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai kedewasaan atau bahkan mungkin tidak pernah mencapai tahap ini.

Pot

Tanaman ini suka menumbuhkan sistem akar yang luas jadi saran kami adalah jangan mengabaikan yang satu ini. Pilih ukuran pot di mana tanaman memiliki ruang yang cukup untuk menumbuhkan sistem akar yang besar.

Anda bisa menggunakan pot tanah liat. Keuntungan besar adalah pot ini akan mengalirkan kelebihan air dari tanah. Namun ini juga berarti Anda harus lebih sering menyiram.

Ganti pot setiap 1-2 tahun sebelum Philodendron Anda menjadi berlebihan akarnya (rootbound). Pilihan yang baik jika tanaman ini tidak ditanam di terarium adalah dengan menyediakan nampan kerikil di bawahnya dan mengisinya dengan air. Ini akan meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman verrucosum.

Mari kita tidak melihat bagaimana Anda memperbanyak tanaman cantik ini.

Propagasi Philodendron Verrucosum

Seperti kebanyakan tanaman hias, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperbanyak Philodendron verrucosum. Kami akan membahas lebih detail tentang cara melakukan stek batang karena metode ini tidak hanya mudah tetapi juga cukup efektif.

Stek batang

Stek batang adalah cara umum untuk memperbanyak Philodendron seperti Philodendron Selloum, Philodendron Gloriosum, atau Philodendron Birkin.

Perbanyakan Philodendron verrucosum langkah demi langkah:

– Pilih bagian tanaman Anda yang layak untuk diperbanyak

– Pastikan bagian yang Anda pilih memiliki setidaknya satu node / mata tunas

– Siapkan gunting atau pisau pemangkas dengan memegangnya di bawah api selama beberapa detik dan dengan menggunakan alkohol gosok.

– Gunakan pisau yang sudah didesinfeksi untuk membuat potongan yang jelas

– Oleskan kayu manis pada luka. Ini akan membantu mereka sembuh lebih cepat dan tidak terinfeksi

– Taruh potongan Philodendron verrucosum di Sphagnum Moss. Alternatif yang layak adalah air, perlite, atau tanah secara langsung

– Sebelum Anda menggunakan Spaghnum moss, masukkan ke dalam air dan tekan dengan keras di kepalan tangan Anda setidaknya 3 kali agar kelebihan air mengalir.

– Sekarang kelembaban lumut Anda optimal

– Masukkan cuttingan verrucosum dengan Sphagnum Moss ke dalam toples atau pot

– Pastikan tempat yang Anda pilih memberikan kehangatan dan kelembapan pada cuttingsan Anda karena ini akan mempercepat prosesnya

Setelah 3 sampai 4 minggu Anda akan melihat akar-akar muncul. Namun, itu bisa berlangsung lebih cepat atau lebih lama atau malah tidak berhasil.

Ada banyak variabel yang akan mempengaruhi tingkat kesuksesan Anda. Selain suhu dan kelembaban, faktor besar lainnya adalah pemilihan musim yang tepat untuk melakukan stek dan usaha perbanyakan, khususnya untuk Anda yang tinggal di negara empat musim. Musim semi dan musim panas umumnya merupakan musim terbaik untuk memperbanyak tanaman hias atau tanaman apa pun. Di negara tropis, tanaman bisa diperbanyak kapan saja.

Cangkok

Metode yang berbeda adalah dengan mencangkok tanaman Anda. Ini adalah proses mencoba mendapatkan akar dari calon cuttingan Anda sebelum Anda memotongnya. Anda pada dasarnya perlu meletakkan lumut Sphagnum di sekitar node yang memiliki akar angin dan menutupinya dengan plastik. Setelah beberapa minggu, akar akan mulai tumbuh.

Setelah panjang akar mencukupi, Anda dapat melakukan pemotongan dan Anda akan mendapatkan cuttingan yang sudah berakar. Keberhasilan dengan metode ini lebih tinggi saat Anda mendapatkan cuttingan yang sudah berakar. Namun prosesnya sedikit lebih sulit dilakukan karena menempelkan lumut Sphagnum pada batang tanaman Anda bisa sedikit rumit untuk dilakukan oleh pemula.

Biji

Perbanyakan dari biji adalah metode yang bagus untuk mendapatkan banyak tanaman. Tantangan terbesar adalah mendapatkan benih apa pun. Biji Aroid sulit didapat dan ada pula yang cepat mati. Cara terbaik adalah memiliki dua tanaman sehingga yang satu dapat menyerbuki tanaman lainnya. Agar hal ini terjadi, keduanya harus mekar pada saat yang sama atau Anda harus membekukan benih dari satu tanaman dan menyiapkannya setelah yang lain mekar.

Anda mungkin mengerti sekarang mengapa kami tidak membahas lebih detail di sini. Selain memperbanyak tanaman ini, yang merupakan bagian yang menyenangkan, Anda mungkin juga harus menghadapi masalah tertentu ketika keadaan tidak berjalan dengan baik.

Mari kita lanjutkan dan menyoroti masalah paling umum dengan Philodendron verrucosum.

Masalah Umum dengan Philodendron Verrucosum

Daun Kuning

Daun kuning jika tidak terlihat pada daun yang lebih tua di bagian bawah tanaman Anda di mana hal itu alami hampir selalu merupakan tanda yang jelas dari kelebihan air. Anggap itu sebagai sinyal peringatan dan pastikan untuk mengurangi frekuensi Anda menyiram Philodendron verrucosum Anda. Jika tanah basah dalam waktu lama, Anda mungkin juga harus memeriksa akar untuk mengetahui gejala busuk akar.

Daun terkulai

Ini bisa membingungkan karena daun yang terkulai adalah indikator dari dua penyebab yang kontradiktif. Daun yang terkulai pada tanaman Philodendron bisa menjadi penyebab overwatering atau penyebab kebanyakan disiram.

Jadi, langkah terpenting di sini adalah mencari tahu yang mana. Tempelkan salah satu jari Anda ke tanah. Jika terasa basah dan banyak tanah tertinggal di jari Anda setelah Anda menariknya dari tanah, Anda mungkin terlalu banyak menyiram tanaman.

Kebalikannya berlaku untuk kekurangan air. Meskipun masalah ini dapat diperbaiki dengan cepat dengan kondisi basah yang baik dan jadwal penyiraman yang lebih disesuaikan berdasarkan kondisi Anda, penyiraman yang berlebihan memerlukan beberapa langkah untuk diperbaiki.

Jika penyiraman berlebihan adalah penyebabnya, Anda mungkin perlu membuang dan mengganti tanah sepenuhnya. Kemungkinan busuk akar akan mulai muncul dan mungkin juga menempati tanah. Buang semua tanah dan desinfeksi media tanaman. Kami menyarankan untuk menggunakan campuran media tanam yang lebih porous dengan pasir atau kerikil yang menyediakan aerasi untuk akar.

Busuk akar

Busuk akar adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh penyiraman berlebihan di satu sisi. Ini akan menyebabkan akar busuk yang mati kembali. Ini akan mulai mempengaruhi juga akar kesehatan karena penyakit ini dengan cepat menyebar. Penyebabnya adalah kurangnya oksigen yang dibutuhkan ke akar.

Di sisi lain, ada juga jamur busuk akar yang dapat menginfeksi akar Philodendron Verrucsoum Anda dan dengan cepat menyebar ke seluruh akar tanaman Anda. Busuk akar adalah penyakit serius yang dapat membunuh tanaman Anda sepenuhnya dan perlu diidentifikasi serta diobati secepat mungkin.

Infestasi hama

Hama tanaman adalah yang paling parah. Mereka seringkali terlihat sangat buruk dan sulit untuk disingkirkan. Bagian terburuknya adalah bahwa mereka kebanyakan sangat kecil dan Anda bahkan tidak akan tahu persis apa yang menginfestasi tanaman Anda sebelum terlambat.

Beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman ini antara lain:

– Thrips

– Tungau Laba-laba

– Agas Jamur

– Lalat putih

– Kutu putih

– Kutu daun

Alih-alih membahas terlalu detail, kami membuat daftar cara-cara yang terbukti ampuh untuk menyingkirkan sebagian besar infestasi hama yang mungkin Anda temui cepat atau lambat:

Minyak Neem – Minyak ini bekerja sangat baik melawan segala jenis hama. Itu tidak murah dan Anda bisa mendapatkannya murni dan harus mencampurnya dengan air atau sudah dicampur sebelumnya dan siap untuk disemprotkan ke tanaman Anda. Ini meninggalkan aroma menarik yang mungkin dibenci sebagian orang dan mungkin disukai sebagian orang.

Tapi yang paling penting adalah semua hama pengacau membencinya. Sangat efektif tetapi membutuhkan banyak aplikasi agar efektif.

Sabun Castile – Gunakan sabun asli dan Anda akan terkejut melihatnya berhasil melawan serangan serangga pada Philodendron verrucosum Anda. Campur 1 sendok makan sabun Castile dan gunakan 1 liter air.

Alkohol Gosok – Encerkan alkohol gosok dengan air dan gunakan kain atau kapas untuk membersihkan Philodendron Verrucosum Anda. Gunakan 1/2 cangkir alkohol gosok dengan 1 liter air.

Dengan semua metode yang dijelaskan, harap diingat bahwa Anda perlu melakukan beberapa aplikasi dan Anda harus mengulangi proses tersebut setelah 2-3 minggu karena hama tanaman mungkin bertelur di atas dan juga di bawah tanah yang akan menetas selama periode tersebut.

Jadi, setelah Anda berhasil melawan gelombang pertama, kelompok berikutnya mungkin sudah menetas dan siap untuk gelombang kedua. Selain memerangi hama tanaman, kami merangkum tips paling penting agar Philodendron Anda bebas masalah di bawah ini.

Kiat untuk menjaga agar Philodendron Verrucosum bebas masalah

Di bagian ini, kami akan menyoroti tips dan trik paling penting agar Philodendron Verrucosum Anda bahagia dan tumbuh dengan baik:

– Jaga kelembapan setinggi mungkin. Setiap kali kelembapan rendah kita akan mengalami masalah dengan tanaman ini. Ini tidak mengherankan karena mereka tumbuh di hutan tinggi di alam.

– Sebagai hemi-epifit, tanaman ini membutuhkan campuran media tanam yang sangat porous di mana udara dapat mencapai akar Philodendron Verrucosum Anda.

– Karena sebagian besar tanaman ini adalah tumbuh di daerah dingin, pastikan suhu tidak terlalu tinggi tetapi sedang.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Philodendron Verrucosum

Mengapa daun Philodendron Verrucosum saya terkulai?

Daun yang terkulai bisa menjadi tanda kekurangan air atau sebaliknya kelebihan air.

Bagaimana cara merawat Philodendron Verrucosum?

Tanaman ini menyukai kelembaban tinggi, cahaya tidak langsung yang terang, dan suhu sedang. Tanah porous atau gembur adalah suatu keharusan karena Philodendron verrucosum adalah hemi-epifit, yang tumbuh setidaknya sebagian dari hidupnya di pohon lain. Jaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak pernah basah dan seringlah menyiraminya.

Kesimpulan

Philodendron Verrucosum adalah aroid yang sangat indah dengan daun beludru, bilah daun yang mencolok, dan tangkai daun yang menarik. Jika Anda dapat menyediakan kondisi yang tepat agar Verru yang menakjubkan ini berkembang, dia akan membayar Anda seribu kali lipat dengan daunnya yang berwarna-warni dan punggung merah ke ungu (ini setidaknya berlaku untuk beberapa jenis verrucosum).

Kita dapat menyimpulkan bahwa verrucosum sebagian besar adalah tanaman dingin yang tidak hanya mencintai tetapi juga membutuhkan kelembaban tinggi dan tanah lapang yang gembur untuk tumbuh subur. Apa pengalaman Anda dengan Philodendron Verrucosum?

Komentar