Perawatan Janda Bolong Variegata / Monstera Adansonii Variegata

Monstera adansonii atau janda bolong dijuluki tanaman “Swiss Cheese” karena banyak lubangnya. Dan Monstera adansonii variegata memberikan arti yang sama sekali baru dengan warna putih atau kuning yang cantik.

Tanaman ini membutuhkan lebih banyak cahaya daripada kebanyakan Monstera karena daunnya yang variegata. Tanah harus selalu memiliki drainase yang baik dan tanaman membutuhkan banyak sinar matahari tidak langsung tetapi cerah.

Janda Bolong Variegata

Tanaman Monstera adalah tanaman merambat, yang membuatnya cocok untuk keranjang gantung. Ini akan terlihat sempurna tidak peduli di ruangan mana Anda meletakkannya. Ini karena akarnya menempel pada tanah atau bahkan batu sebagai penyangga. Semua tanaman Monstera adalah epifit, membuatnya menyenangkan untuk dipajang di rumah.

Tanaman Monstera berasal dari daerah beriklim tropis, khususnya di Amerika Selatan dan Tengah. Merawat tanaman ini memang sedikit berbeda dengan merawat tanaman lainnya. Tapi tetaplah mudah untuk menjaganya tetap bahagia dan sehat.

Kami akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang tanaman Monstera adansonii variegata yang eksklusif dan mahal ini. Anda akan menguasai cara merawat tanaman ini dalam waktu singkat.

Perawatan Tanaman Monstera Adansonii Variegata / Janda Bolong Variegata

Tanah

Tanaman Monstera adansonii variegata membutuhkan tanah yang memiliki drainase yang baik. Ini adalah keseimbangan semua jenis tanah. Tanah yang mudah mengering dengan baik memastikan tanaman tidak terendam air secara berlebihan. Ini memungkinkan kelebihan air mengalir ke dasar pot dan keluar melalui lubangnya.

Itulah mengapa pot tanaman dengan lubang drainase penting. Anda tidak ingin kelebihan air mengendap di dasar. Ini akan menyebabkan masalah juga. Lubang drainase di pot tanaman memungkinkan air terus mengalir keluar.

Tanah yang porous juga menahan kelembapan agar tanaman Monstera Anda tumbuh subur. Tanah terbaik untuk tanaman Monstera adansonii variegata memiliki campuran sphagnum moss-peat mos. Media ini bisa menahan kelembapan dan juga memungkinkan aerasi dan drainase air ekstra.

Campuran yang sempurna akan mencakup:

Sphagnum moss

Pasir Malang

Cacahan pakis

PH tanah harus berkisar antara 5,5 pH dan 7,0 pH. Ini berarti itu harus netral, tetapi sedikit asam juga tidak apa-apa.

Cahaya

Monstera adansonii variegata membutuhkan banyak sinar matahari atau cahaya buatan. Karena ini adalah bentuk tumbuhan yang variegata, mereka memiliki lebih sedikit klorofil dibandingkan tumbuhan lain. Ini karena warna putih atau kuning pada daun tidak memungkinkannya menyerap banyak cahaya dibandingkan tanaman hias lainnya.

Tanpa cahaya itu, tanaman Monstera Anda harus bekerja dua kali lebih keras untuk melalui fotosintesis. Terkadang tidak dapat melakukannya. Jadi, banyak cahaya sangat penting. Tetapi Anda perlu menghindari sinar matahari langsung jika memungkinkan. Daunnya akan hangus di bawah sinar matahari yang terlalu banyak. Ini berarti Anda juga tidak ingin menempatkan tanaman Anda tepat di bawah cahaya buatan.

Sebaliknya, tempatkan tanaman Monstera adansonii Anda di jendela yang menghadap ke utara atau timur. Ini memastikannya mendapat cukup cahaya tanpa sinar matahari yang menyinari daun. Jika Anda menggunakan lampu buatan, letakkan tanaman beberapa cm dari cahaya.

Apa pun metode yang Anda gunakan, pastikan untuk memutarnya sepanjang minggu agar seluruh tanaman mendapat cukup cahaya.

Penyiraman

Monstera adansonii variegata Anda membutuhkan tanah yang lembab setiap saat. Ini tidak berarti Anda harus menjenuhkan tanah. Tanaman ini mudah disiram berlebihan karena akarnya yang epifit. Tanah yang jenuh menyebabkan beberapa masalah, yang terburuk adalah busuk akar.

Ketika tanah menahan terlalu banyak air, oksigen tidak dapat masuk. Ini berarti oksigen tidak dapat mencapai akar tanaman. Dan oksigen sama pentingnya bagi akar seperti halnya air. Tanpa oksigen, akarnya akan mulai membusuk. Busuk akar sulit dideteksi tanpa menarik tanaman Monstera keluar dari tanah untuk memeriksa akarnya.

Setelah pembusukan akar dimulai, masalah ini akan sulit untuk dihilangkan. Anda harus memangkas akar yang rusak dan segera mengganti tanah. Saat semua akar membusuk, tanaman Anda tidak akan bertahan lama.

Untuk memastikan Anda menjaga tanah tetap lembap alih-alih menjenuhkannya, periksa beberapa cm bagian atas dengan jari Anda. Tempelkan jari Anda ke tanah sampai menyentuh buku jari bagian atas. Jika tanahnya kering, saatnya menyirami tanaman Anda. Jika masih basah, periksa lagi dalam beberapa hari.

Dalam kebanyakan kasus, Anda harus menyirami tanaman Monstera adansonii variegata sekitar sekali seminggu. Anda akan lebih jarang menyiramnya selama suhu dingin karena akan menahan air lebih lama.

Suhu

Kisaran suhu terbaik untuk Monstera adansonii yang variegata adalah antara 19 derajat Celsius 26 derajat Celsius. Tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu di bawah 19 derajat Celsius 26 akan sedikit memperlambat pertumbuhannya. Menurut University of Florida, daun akan rusak jika suhu turun di bawah 0 derajat Celsius. Tanaan ini tidak tahan suhu beku. Batang akan rusak pada suhu di bawah -3 derajat Celsius.

Kelembaban

Untuk Monstera adansonii yang variegata, kelembapan sedang tidak masalah. Tanaman Anda akan tetap tumbuh dan bahagia. Tetapi jika Anda menginginkan tanaman Monstera yang sangat subur, kelembapan tinggi sangat bagus. Terutama tingkat kelembaban di atas 90%. Anda perlu meniru kelembapan di daerah tropis tempat asal tanaman ini.

Sebagian besar rumah harus menciptakan kelembapan untuk tanaman hias tropis mereka. Tapi ini mudah dilakukan. Beberapa orang suka menyemprotkan daun tanaman mereka sesekali. Saat air di daun menguap, kelembapannya melayang ke udara. Karena tepat di dekat tanaman, kelembapan itu langsung masuk ke dalamnya.

Satu-satunya masalah dengan metode ini adalah Anda harus menebak kapan Anda harus menyemprot daun Monstera Anda. Metode mudah yang bisa Anda coba adalah nampan kerikil. Yang Anda butuhkan hanyalah nampan, kerikil, dan air. Isi nampan dengan kerikil sampai paling atas. Tidak masalah jika kerikil berada sedikit di atas nampan. Selanjutnya, isi nampan dengan air. Air harus berada tepat di bawah kerikil. Jangan biarkan air menutupi kerikil sama sekali.

Terakhir, yang harus Anda lakukan adalah menempatkan pot tanaman Anda di atas kerikil. Air akan menguap dan menciptakan banyak kelembapan di udara. Selain itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan perawatan sampai nampan kehabisan air. Maka yang harus Anda lakukan adalah mengisinya kembali.

Pupuk

Saat Monstera adansonii tumbuh, Anda harus memupuknya setiap dua minggu. Pupuk sama pentingnya untuk tanaman ini seperti sinar matahari karena kurangnya klorofil. Jangan memupuk tanaman selama musim dingin jika Anda tinggal di negara empat musim. Dan jangan pernah memupuknya tepat setelah Anda merepoting. Akar rentan terbakar pupuk.

Perbanyakan

Metode yang paling umum untuk memperbanyak Monstera adalah melalui stek batang di tanah. Tapi ini bukan satu-satunya metode. Anda juga bisa memperbanyak tanaman dengan menggunakan stek batang di air.

Kami akan melalui kedua proses di bawah ini.

Pertumbuhan

Tanaman Monstera adansonii variegata dapat tumbuh setinggi 4 meter jika memiliki ruang untuk tumbuh. Daunnya tumbuh sepanjang 90 hingga 1,2 meter. Anda tidak akan melihat lubang di daun sampai tanaman bertambah tua. Batang tanaman ini tumbuh dengan tebal antara 5 sampai 8 cm.

Pot

Tanaman Monstera adansonii variegata perlu direpoting setiap dua tahun atau lebih. Anda bisa melakukan ini di sepanjang tahun. Anda dapat mengetahui tanaman Anda perlu pot ulang ketika akar mulai keluar dari lubang drainase pot tanaman.

Jika Anda ingin melakukan pot ulang tanaman Monstera Anda, gunakan hanya pot tanaman yang 5 cm lebih besar. Tanaman ini menjadi stres jika ada terlalu banyak ruang bagi akar meregang. Tanaman yang stres lebih rentan terhadap penyakit tanaman dan hama tanaman.

Langkah Perbanyakan Monstera Adansonii Variegata

Memperbanyak tanaman Monstera adansonii variegata tidaklah sulit. Kedua metode tersebut cukup mudah dan umum. Anda bisa memperbanyak tanaman dengan stek batang di tanah. Atau Anda bisa memperbanyak tanaman dengan stek batang di air.

Menggunakan Stek Batang di Tanah

Anda membutuhkan potongan batang Monstera adansonii variegata yang sempurna. Potongan batang Anda harus sepanjang 8 hingga 10 cm. Pastikan Anda memotong sedikit di bawah mata tunas / buku dan setidaknya ada dua daun yang menempel. Anda memerlukan gunting kebun yang disterilkan untuk melakukan ini. Anda dapat menggunakan alkohol isopropil 70% untuk mensterilkan gunting. Setelah gunting setek Anda siap, Anda dapat melanjutkan dan memotong.

Potongan batang perlu dikeringkan sebelum Anda bisa menanamnya. Ini berarti ujung potongan dari potongan batang harus mengeras / kapalan untuk mendorong pertumbuhan akar. Untuk menyembuhkan stek, diamkan di lingkungan yang hangat selama sekitar seminggu.

Sambil menunggu stek batang sembuh, Anda bisa menyiapkan pot tanaman. Pot tanaman harus memiliki lubang drainase di bagian bawahnya. Pastikan Anda menggunakan tanah yang memiliki drainase yang baik. Karena tanaman ini adalah tanaman merambat, Anda membutuhkan tiang lumut setelah tumbuh panjang. Jika Anda ingin memulai lebih awal, langsung pasang tiang lumut saat itu juga.

Setelah seminggu, Anda dapat melanjutkan dan menanam stek batang Monstera. Tempelkan jari Anda ke tanah sedalam sekitar 5 cm. Di sinilah potongan batang Anda akan berada. Pastikan Anda memadatkan tanah di sekitar potongan dengan rapat.

Tanah yang padat akan membantu stek batang tetap tegak. Tapi terkadang Anda mungkin masih kesulitan. Jadi Anda bisa mengikat potongan batang ke sedotan. Jika Anda sudah memasang tiang lumut, Anda bisa mengikat potongan ke turus penyangga.

Sekarang setelah potongan batang Anda ada di tanah, Anda perlu merawatnya seperti Anda merawat Monstera dewasa. Pastikan tanaman mendapatkan banyak sinar matahari dan jangan lupa untuk memutarnya. Tanah harus lembab setiap saat.

Menggunakan Stek Batang di Air

Seperti perbanyakan stek batang, Anda membutuhkan stek Monstera adansonii yang sempurna. Potongan batang ini harus memiliki panjang sekitar 8 hingga 10 cm. Potong tepat di bawah ruas daun dan pastikan setidaknya ada dua daun yang menempel. Anda perlu mensterilkan gunting setek Anda dengan alkohol isopropil sebelum Anda memotong.

Anda harus menyembuhkan luka pemotongan batang. Untuk menyembuhkannya, diamkan selama seminggu di lingkungan yang hangat. Hal ini memungkinkan ujung potong menjadi kapalan. Ujung kapalan akan berakar lebih baik.

Setelah potongan batang kapalan, Anda membutuhkan stoples atau vas besar. Masukkan stek batang ke dalam toples. Isi toples dengan air bersih. Pastikan Anda tidak membuat daun terendam saat Anda melakukan ini. Air harus bersuhu ruangan. Dan jika Anda menggunakan air keran, diamkan selama 24 jam sebelum digunakan. Hal ini memungkinkan klorin dan bahan kimia lainnya menghilang.

Anda harus mengganti air setiap lima hari atau lebih. Ini memastikan stek batang Anda selalu memiliki air bersih sehingga bakteri tidak tumbuh. Saat akarnya tumbuh, siapkan pot tanaman Anda. Isi dengan tanah yang sesuai dan pastikan pot memiliki lubang drainase.

Dalam beberapa minggu, Anda akan mulai melihat akar tumbuh dari stek batang. Dalam satu bulan atau lebih, panjang akarnya harus antara 8 sampai 12 cm. Saat itulah aman untuk menanam janda bolong variegata baru Anda di tanah. Hati-hati saat Anda menanamnya karena akarnya rapuh. Jangan tanam akarnya terlalu dalam karena itu adalah tanaman epifit. Pastikan Anda mengemas tanah dengan rapat di sekitar stek batang.

Sekarang Anda harus merawat tanaman baru Anda seperti yang Anda lakukan semula. Pastikan tanah selalu lembab dan pastikan mendapatkan sinar matahari tidak langsung yang cerah.

Varietas Monstera lainnya

Monstera adansonii variegata bukanlah satu-satunya spesies Monstera yang keren. Ada banyak pilihan saat mendekorasi rumah Anda. Faktanya, ada lebih dari 30 spesies berbeda.

Berikut adalah beberapa spesies Monstera paling cantik di luar sana.

Monstera deliciosa

Monstera deliciosa sering disalahartikan sebagai Monstera adansonii dan sebaliknya. Ini karena keduanya memiliki daun berlubang. Tapi lubang pada spesies ini berujung terbuka, lebih seperti celah.

Monstera pinnatipartita

Spesies ini lebih langka dari spesies Monstera lainnya. Ini menghasilkan daun besar yang indah. Daun ini memiliki tekstur yang hampir mengkilap.

Monstera deliciosa x aurea variegata

Tanaman hibrida ini menghasilkan daun yang sangat besar yang akan menutupi tanaman Anda yang lain. Mereka memiliki celah berujung terbuka. Tetapi bagian yang paling keren adalah campuran warna hijau subur dan kuning pastel pada daun saat dewasa.

Monstera siltepecana

Monstera siltepecana adalah spesies Monstera yang lebih kecil. Seperti kebanyakan tanaman Monstera, mereka tumbuh merambat. Ini membuatnya bagus untuk perlengkapan keranjang gantung. Daun kecilnya memiliki desain yang menarik dan urat yang indah.

Masalah Umum Monstera Adansonii Variegata

Seperti kebanyakan tanaman, Monstera adansonii variegata rentan terhadap hama tanaman. Sebagian besar hama tanaman yang Anda temukan di tanaman ini tidak sulit untuk dibasmi. Selama Anda terkena serangan lebih awal, Monstera akan baik-baik saja.

Kutu putih adalah hama tanaman paling umum pada tanaman dalam ruangan. Kutu ini memiliki tubuh yang lembut, tetapi tertutup bahan seperti kapas. Zat ini berfungsi sebagai pembatas antara tubuh mereka dan bahaya luar. Saat mereka kehilangan substansi seperti kapas, mereka bisa kehilangan semua kelembapan di tubuh mereka. Ini membuat mereka dehidrasi dan membunuh mereka dalam hitungan menit.

Kutu putih memakan getah dari tanaman Anda. Saat mereka makan, mereka mencuri nutrisi yang seharusnya didistribusikan ke seluruh tanaman. Infestasi besar atau panjang bisa berakhir dengan membunuh tanaman.

Tungau laba-laba juga merupakan masalah umum bagi tanaman Monstera adansonii variegata. Tungau ini bukanlah serangga sungguhan, melainkan arakhnida. Mereka memiliki delapan kaki dan menyerupai laba-laba kecil yang mungil.

Seperti kebanyakan hama tanaman, tungau laba-laba memakan tanaman Anda. Mereka mencuri getahnya dengan menusuk bagian luar tanaman. Getah menahan sel-sel yang membawa nutrisi dan hidrasi ke seluruh bagian tanaman Anda.

Infestasi tungau laba-laba bisa tumbuh agak cepat. Penting untuk segera merawat tanaman Anda jika Anda menemukan makhluk ini. Kutu sisik coklat menyukai tanaman Monstera. Mereka adalah serangga bertubuh lunak yang datar. Mereka sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

Sekali lagi, hama tanaman ini mencuri getah dari tanaman Anda. Mereka memiliki mulut seperti jerami. Mulut ini cukup tajam untuk menembus kulit tumbuhan. Mereka menyedot getah dengan mudah.

Menyingkirkan infestasi kecil itu sederhana. Metode terbaik adalah menggunakan minyak neem. Minyak neem bersifat alami dan jarang berpengaruh pada tanaman sebenarnya. Tapi Anda tetap perlu menguji area kecil agar aman.

Anda tidak boleh menggunakan minyak neem langsung pada tanaman Anda. Cara terbaik adalah mengencerkannya dengan air dalam botol semprot. Itu membuatnya lebih mudah untuk dicampur. Setelah Anda mengencerkan minyak neem, semprotkan ke tanaman Anda. Zat tersebut menenggelamkan hama tanaman. Sebagian besar mati dalam satu menit. Anda akan melihat hama bermunculan dari tempat yang bahkan Anda tidak tahu di mana mereka bersembunyi.

Setelah mereka semua mati, Anda perlu menyeka tanaman untuk menghilangkan serangga. Periksa kembali tanaman Anda dalam waktu sekitar tiga hari. Jika masih terdapat hama tanaman, Anda mungkin perlu mengobatinya sekali lagi.

Tips Perawatan Monstera Adansonii Variegata

Monstera adansonii variegata tidak sulit dirawat. Ini tidak membutuhkan pekerjaan lebih dari kebanyakan tanaman dalam ruangan tropis lainnya. Berikut adalah beberapa tips jika Anda menemukan Monstera adansonii yang tidak bahagia dalam perawatan Anda.

Daun tanaman monstera adansonii variegata Anda layu dan jatuh

Saat daun layu pada Monstera adansonii variegata, artinya tanaman tidak mendapatkan cukup air. Penyiraman yang kurang membutuhkan waktu lebih lama untuk membunuh tanaman, tetapi tetap mematikan jika tidak segera diperbaiki. Selalu periksa tanah sebelum Anda menyiram. Beberapa cm pertama harus kering saat Anda akan menyiram. Tetapi Anda tidak ingin tanah menjadi lebih kering dari pada saat penyiraman.

Terkadang menjaga jadwal penyiraman bisa dilakukan. Anda mungkin tidak perlu menyiram tanaman Anda tetapi periksa setidaknya sekali seminggu. Jika tanahnya kering, segera sirami tanaman Anda. Semakin cepat mendapatkan kelembapan, semakin cepat hasilnya semakin baik.

Daun tanaman monstera adansonii variegata Anda berwarna kuning

Jika Monstera adansonii variegata memiliki daun kuning, berarti Anda terlalu banyak memberi air. Ini adalah kesalahan termudah untuk dilakukan saat merawat tanaman dalam ruangan apa pun. Menyiram berlebihan bukan hanya penyebab paling umum dari ketidakbahagiaan, tetapi juga hal paling berbahaya yang dapat Anda lakukan.

Penting untuk selalu memeriksa tanah sebelum Anda memutuskan untuk menyiram. Monstera ini membutuhkan tanah yang terus-menerus lembab tetapi bukan tanah yang jenuh. Tempelkan jari Anda ke tanah hingga ke buku jari atas. Ini akan memberi tahu Anda betapa basahnya tanah.

Jika tanah terlalu jenuh, Anda mungkin harus menggantinya. Bahkan jika Anda menunggu untuk menyiramnya, akar tanaman Anda akan tetap berada di dalam air terlalu lama.

Daun tanaman monstera adansonii variegata Anda berwarna coklat

Ada beberapa penyebab daun berwarna coklat pada tanaman Monstera adansonii variegata. Tetapi penyebab paling umum adalah tanaman Anda tidak mendapatkan cukup cahaya. Seperti yang kami nyatakan sebelumnya, warna pada daun membuat tanaman Anda lebih sulit menyerap sinar matahari. Mereka memiliki lebih sedikit klorofil daripada tanaman non-variegata.

Jika Anda menggunakan lampu buatan, Anda mungkin perlu beralih ke sinar matahari. Tanaman monstera bisa pilih-pilih dan sinar matahari adalah yang disukai tanaman. Saat tanaman Anda duduk di jendela, pastikan Anda memutar tanaman. Coba putar sepanjang hari alih-alih seminggu. Dengan begitu, setiap daun di tanaman menjadi terang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Monstera Adansonii Variegata

Haruskah saya membersihkan Monstera adansonii variegata saya?

Ya, penting untuk menjaga kebersihan Monstera adansonii variegata. Tanaman ini menarik banyak debu, yang menarik hama tanaman. Setiap kali Anda melihat debu menumpuk, seka daun dengan sabun lembut dan air.

Seberapa cepat Monstera adansonii variegata tumbuh?

Tanaman Monstera adansonii variegata tumbuh lebih cepat daripada kebanyakan tanaman tropis dalam ruangan lainnya. Mereka bisa tumbuh dari satu kaki hingga dua kaki dalam setahun. Namun versi variegata akan tumbuh sedikit lebih lambat karena kurangnya klorofil.

Apakah Monstera adansonii variegata beracun?

Daun Monstera adansonii variegata beracun. Ini dapat menyebabkan kesulitan menelan, mengeluarkan air liur yang berlebihan, dan bahkan muntah. Jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan atau anak-anak Anda.

Kesimpulan

Tanaman Monstera adansonii variegata alias janda bolong variegata adalah tanaman yang cantik untuk dirawat dan sangat sulit didapat. Harga tanaman ini selalu sangat tinggi tetapi terus meroket dalam setahun terakhir. Tak heran bila janbol variegata ini disebut sebagai tanaman sultan.

Komentar