Tips dan Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua, juga dikenal sebagai snake plant (tanaman ular) adalah tanaman asli daerah subtropis dan tropis, tetapi juga menyukai lingkungan kering dengan kelembapan rendah. Anda dapat dengan mudah menemukan tanaman sansevieria ini di seluruh dunia baik di dalam maupun di luar ruangan, ditanam dalam pot atau di tanah kebun.

Budidaya lidah mertua

Tanaman lidah mertua bukan hanya sekedar tanaman hias yang mudah tumbuh, namun juga sangat mudah untuk diperbanyak. Jadi jika Anda adalah penggemar berat tanaman runcing ini, jangan buru-buru membeli banyak tanaman. Sebaliknya, pelajari dulu cara memperbanyaknya sendiri dengan benar.

Pada artikel ini, kami akan membahas tiga metode propagasi yang dapat Anda coba. Juga, kami akan melihat lebih dekat pada kebutuhan pertumbuhan dan pemupukan dari lidah mertua.

Propagasi Air

Salah satu cara paling mudah untuk memperbanyak tanaman lidah ular adalah dengan melakukan pengakaran di air. Berikut daftar yang Anda perlukan:

– Gunting atau pisau

– Stoples atau gelas

– Air

– Hormon perangsang akar (tidak harus)

Sekarang mari kita lihat langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

– Gunakan pisau atau gunting tajam untuk memotong daun. Cobalah untuk memotong daun sedekat mungkin dengan tanah. Jika Anda memilih daun yang lebih besar, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian dan menggunakan masing-masing untuk memperbanyak tanaman Anda.

– Pada tahap ini, Anda dapat menggunakan hormon perangsang akar untuk membantu proses pembiakan, tetapi langkah ini bersifat opsional.

– Setelah Anda memotong daun yang ingin diperbanyak, letakkan di dalam gelas atau toples berisi air. Pastikan air menutupi 25% daun.

– Perlu diingat bahwa tanaman lidah mertua sangat polar. Artinya akar akan tumbuh hanya jika tepi daun yang dekat dengan tanah dimasukkan ke dalam air.

– Cari tempat yang hangat untuk stoples dengan sinar matahari tidak langsung dan jangan lupa untuk mengganti air dalam toples seminggu sekali.

– Memperbanyak tanaman lidah mertua Anda dengan water propagation membutuhkan waktu sekitar dua bulan atau lebih. Setelah Anda memperhatikan bahwa akarnya sudah berkembang, Anda bisa menanam stek di tanah.

Stek

Cara lain yang lebih cepat untuk memperbanyak tanaman lidah mertua Anda adalah dengan stek. Inilah yang Anda perlukan:

– Pisau atau gunting

– Pot

– Media tanam, sebaiknya tanah untuk sukulen

– Opsional: hormon perangsang akar

Langkah-langkah yang harus diikuti:

– Sama halnya dengan cara sebelumnya, potong daun yang berada di dekat tanah dengan pisau atau gunting tajam. Anda dapat memotong daun menjadi potongan-potongan kecil dan menggunakannya secara terpisah untuk menyebarkan tanaman Anda.

– Untuk mencegah bakteri dari tanah masuk ke dalam daun yang baru dipotong, biarkan daun selama beberapa hari sampai mulai tidak kapalan.

– Perlu diingat bahwa tanaman lidah mertua bersifat polar, jadi pastikan Anda meletakkan daunnya dengan benar ke dalam tanah.

– Sebelum menanam stek di tanah, Anda bisa menggunakan hormon akar, tetapi langkah ini opsional.

– Tempatkan bagian stek yang paling dekat dengan bagian bawah tanaman asli ke dalam tanah sukulen atau campuran metan yang porous.

– Diperlukan waktu sekitar satu bulan sampai stek mengembangkan akar dan satu bulan lagi sampai tumbuh tunas baru.

Pembagian rumpun

Jika Anda tidak ingin menunggu berbulan-bulan untuk memiliki lebih banyak tanaman lidah mertua di taman atau rumah Anda, Anda juga dapat mencoba memperbanyak tanaman Anda dengan pembagian rumpun.

Yang Anda perlukan hanyalah sebagai berikut:

– Pisau gergaji tangan yang tajam

– Pot

– Media tanam

Sekarang mari kita lihat langkah-langkah memperbanyak tanaman lidah mertua Anda dengan pembagian rumpun:

– Keluarkan tanaman dari pot dengan lembut.

– Setelah keluar, cari rimpang, disinilah Anda perlu memotong tanaman. Jika tanaman Anda kecil, jangan menargetkan terlalu banyak bagian, coba pisahkan menjadi dua. Jika tanaman Anda lebih besar, Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian.

– Potong tanaman Anda dengan pisau tajam atau gergaji tangan. Pastikan setiap bagian memiliki minimal 3 rimpang, sedikit akar dan satu daun yang sehat.

– Isi pot dengan campuran pot yang berkualitas baik dan porous lalu potkan setiap tanaman.

– Sirami tanaman yang baru saja dibelah, lalu tunggu hingga tanahnya mengering sebelum Anda menyiramnya kembali.

– Dengan metode perbanyakan ini, tidak membutuhkan banyak waktu bagi Anda untuk dapat menikmati keindahan tanaman lidah mertua Anda. Anda bisa langsung meletakkannya di rumah atau taman yang mendapat banyak sinar matahari tidak langsung yang hangat.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Tanaman Ular Baru untuk Tumbuh?

Seperti yang Anda lihat, tergantung pada metode yang Anda pilih, perlu banyak waktu bagi tanaman Anda untuk berkembang setelah perbanyakan. Tanaman lidah mertua dianggap tanaman yang tumbuh lambat, bahkan terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menunjukkan pertumbuhannya.

Biasanya dibutuhkan waktu 6-8 minggu agar tanaman lidah mertua dapat tumbuh akarnya. Bergantung pada lingkungan tempat mereka ditempatkan, mungkin diperlukan waktu 2-3 bulan lagi untuk menumbuhkan akar yang lebih kuat dan kokoh. Saran kami adalah bersabar dan jangan putus asa dengan kurangnya hasil selama ini.

Haruskah Stek Tanaman Lidah Mertua Harus Dipupuk?

Tanaman lidah mertua tidak membutuhkan pemupukan, tetapi Anda dapat menggunakan beberapa pupuk untuk membantunya tumbuh lebih cepat. Gunakan pupuk dasar tanaman rumahan dan pastikan untuk memberikan penyiraman yang baik setiap 2 minggu dan biarkan tanah mengering di antaranya.

Bagaimana Cara Membuat Tanaman Lidah Mertua Anda Tumbuh Lebih Cepat?

Tidak diragukan lagi, tanaman lidah mertua tumbuh dengan lambat, tetapi biasanya bukan berarti ada yang salah dengan tanaman Anda. Namun terkadang Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal untuk meningkatkan proses pertumbuhan dan membuat tanaman lidah mertua Anda tumbuh lebih cepat.

Berikut beberapa trik dan tip yang harus Anda pertimbangkan:

– Untuk membantu proses perakaran, Anda bisa mengolesi daun dengan hormon akar sebelum memasukkannya ke dalam air atau tanah.

– Anda dapat mengubah lingkungan tanaman. Jika tanaman Anda tidak tumbuh cukup cepat, bisa jadi karena kurangnya cahaya atau suhu rendah.

– Anda juga dapat mengubah tanah untuk mendorong pertumbuhan.

– Pastikan Anda menyirami tanaman dengan benar. Pengairan dapat memperlambat proses pertumbuhan.

– Seperti disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan pemupukan untuk membantu tanaman Anda tumbuh lebih cepat.

Komentar