Merawat dan Memperbanyak Peperomia Polybotrya – Raindrop Peperomia

Peperomia Polybotrya memiliki banyak nama, termasuk tanaman Coin-leaf dan Raindrop. Semua ini cocok dengan penampilan spesies. Dengan daunnya yang halus, sempurna, dan berbentuk hati, Peperomia Polybotrya adalah mahakarya yang mutlak. Namun seiring dengan desain dan strukturnya, ada banyak alasan lain mengapa tanaman ini begitu populer di kalangan penggemar tanaman hias.

Harga Peperomia Polybotrya

Klasifikasi

– Keluarga: Piperaceae

– Subfamili: Piperoideae

– Genus: Peperomia

Tentang Genus Peperomia

Tumbuhan ini disebut juga tumbuhan radiator yang merupakan bagian dari famili Piperaceae. Genus ini adalah salah satu genera paling melimpah di keluarga dengan 1500 spesies yang tercatat. Yang membuatnya istimewa adalah ukurannya yang kompak dan daunnya yang unik, tebal, dan indah. Daunnya tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga keras dan berdaging untuk mempertahankan kelembapan.

Terlepas dari dedaunan evergreennya, tanaman ini mekar setahun sekali. Bunga peperomia biasanya terlihat seperti paku kuning atau coklat, tetapi fitur ini bukan yang terkenal. Tanaman peperomia sebagian besar ditanam untuk keperluan hiasnya.

Nama Umum dan Sinonim

– Peperomia Polybotrya Raindrop

– Peperomia Raindrop

– Peperomia Coin leaf

Asal dan Persebaran

Nama Peperomia berarti “menyerupai lada” dalam bahasa Yunani, dan Polybotrya diterjemahkan menjadi “banyak.” Tanaman peperomia umumnya berasal dari daerah tropis Amerika. Mereka lebih menyukai lingkungan yang hangat, teduh, dan lembab. Biasanya, Anda dapat menemukannya jenuh di Amerika Tengah serta wilayah utara-selatan negara itu.

Beberapa spesies juga berasal dari daerah tertentu di Afrika. Namun mereka dibudidayakan secara luas di semua daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Beberapa tumbuhan yang paling populer dari genus ini adalah Peperomia Rosso, Peperomia Piccolo Banda, dan Peperomia Rana Verde.

Ciri-ciri Peperomia Polybotrya

Dedaunan dan Batang

Tanaman Peperomia Polybotrya memiliki batang yang tebal, gagah, dan dedaunan berbentuk hati. Daunnya berdaging, mirip sukulen, dan teksturnya halus. Daun ini tumbuh di batang merah dan terkadang bisa menunjukkan variegasi, yaitu Peperomia Polybotrya Variegata.

Evergreen

Peperomia Polybotrya merupakan tanaman tahunan alias evergreen. Tanaman seperti itu menggugurkan dedaunannya selama musim dingin di negara subtropis. Jadi, jika tanaman Anda mengalami masa sulit selama musim dingin, jangan panik. Itu sepenuhnya normal.

Tinggi

Tanaman yang tumbuh rendah ini hanya mencapai ketinggian maksimum 30 hingga 60 cm. Ukurannya yang kecil menjadikannya ornamen yang menggemaskan untuk dipajang di rak, meja, dan meja kopi.

Toleransi Suhu

Seperti semua tanaman tropis dan subtropis, Peperomia Polybotrya juga tidak menyukai suhu yang lebih rendah dan dingin. Para ahli merekomendasikan untuk meletakkannya di area rumah yang hangat segera setelah musim dingin tiba.

Toleransi Kelembaban

Karena daunnya yang tebal dan berdaging, tanaman ini mempertahankan banyak kelembapan. Jadi, mereka tidak membutuhkan banyak kelembapan di lingkungan mereka. Memberikan kelembapan ekstra di permukaannya bisa menjadi undangan terbuka bagi hama dan penyakit.

Bunga

Tidak ada yang terlalu unik dari bunga Peperomia Polybotrya. Mereka tumbuh sebagai paku kerucut kuning keputihan dan tidak memiliki arti apapun karena spesies ini terkenal dengan dedaunannya yang layak dipuji.

Ketahanan Terhadap Kekeringan

Berkat kualitas sukulen spesiesnya, mereka cukup tahan terhadap kekeringan dan dapat mentolerir kondisi kekurangan air. Mereka tidak akan langsung mati dan dapat menahan bentuknya selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Jadi tanaman ini sangat bagus jika Anda sering ke luar kota dan tidak ada orang lain di rumah yang menyiram tanaman Anda.

Ketahanan

Daunnya yang tebal dan berdaging cukup tahan terhadap cedera tekanan. Sedikit tekanan dari luar, seperti diinjak, tidak akan terlalu merusak tanaman.

Resistensi Penyakit dan Hama

Meskipun tanaman ini tahan terhadap tekanan, namun hama dan penyakit dapat merusak Peperomia Polybotrya. Penyakit dan hama yang paling umum menyerang tanaman ini adalah:

Pythium

Pythium merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur dan hanya menyerang tanaman yang hidup di tanah yang tergenang air. Penyakit ini menyerang akar dan batang tanaman untuk membunuh tanaman sebelum Anda menyadarinya dengan cepat. Mengobati penyakit ini sulit karena hanya muncul di tahap akhir. Gejala berupa bintik hitam pada batang, terkulai, dan pucat, daun melengkung

Cara terbaik untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mencegah tanah tergenang air. Anda harus menyirami tanaman hanya ketika tanahnya kering dan ingatlah untuk tidak menyiraminya terlalu banyak hingga terendam. Rendam tanah dengan air sekitar 2 cm dan biarkan. Periksa pot Anda, lihat apakah tanah cepat terserap dan apakah lubang drainase berfungsi dengan baik.

Jika Anda melihat penyakitnya lebih awal, pangkas dan rawat tanaman sesegera mungkin. Plus, ada beberapa fungisida komersial untuk menghilangkan masalah.

Agas Jamur

Anda dapat dengan mudah melihat hama ini, berlarian di sekitar tanah, dengan mata telanjang. Namun mereka hanya berbahaya sebagai larva dan tidak begitu mengancam setelah dewasa. Mereka dapat muncul sendiri atau bersama hama lain seperti tungau laba-laba dan kutu putih. Sebagai strategi pengelolaan serangan hama ini, Anda dapat membuat mulsa Peperomia Polybotrya Anda. Beberapa pengobatan rumahan termasuk menggunakan bubuk kayu manis, alkohol, dan minyak Neem. Jika tidak ada yang berhasil, Anda selalu dapat menggunakan semprotan insektisida.

Pertumbuhan

Menariknya, tanaman kecil yang menggemaskan ini tumbuh relatif lambat. Mereka membutuhkan waktu berbulan-bulan, atau bahkan satu tahun, untuk mencapai ukuran maksimal mereka beberapa puluh cm. Oleh karena itu, jika Anda tidak dapat melihat pertumbuhan yang baik pada tanaman bayi Anda, jangan khawatir. Berikan waktu dan banyak perawatan sehingga Peperomia Polybotrya akan berkembang dengan kecepatannya sendiri.

Toksisitas

Untungnya, Peperomia Raindrop bukanlah tanaman beracun. Mereka tidak berbahaya jika tertelan, jadi anak-anak Anda aman. Namun pastikan Anda menjaga kebersihan tanaman agar tidak terjadi infeksi atau penyakit yang menyebar ke orang lain.

Daya tahan

Tanaman Peperomia Polybotrya memiliki siklus hidup abadi, yang membuatnya sangat tahan lama. Tanaman tahunan dapat hidup lebih dari dua tahun dan tidak perlu diganti kapan pun sebelum itu (kecuali jika tanaman terinfeksi, sakit, atau hidup dalam kondisi yang tidak memadai).

Pemeliharaan

Mengingat tanaman Peperomia Polybotrya tidak memerlukan banyak air, kelembapan, atau makanan, tanaman ini pemeliharaannya sangat rendah. Mereka adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang memiliki gaya hidup sibuk atau tidak tahu banyak tentang tumbuhan.

Perawatan Peperomia Polybotrya

Perawatan Peperomia Polybotrya mencakup persyaratan air dan kelembapan minimum. Selain itu, tanaman ini sangat mudah dirawat. Anda dapat memberinya makan setiap bulan dan tidak perlu terlalu sering memangkasnya. Plus, itu hanya membutuhkan sedikit paparan sinar matahari.

Air

Dedaunan Peperomia Polybotrya yang segar dapat menyimpan cukup banyak air. Jadi tanaman ini memiliki sedikit kebutuhan penyiraman. Anda bisa menyiram mereka dengan air bersih dan membiarkannya selama beberapa minggu. Tetap periksa kembali tekstur tanah dan air hanya setelah di bagian atas sudah kering.

Tanah

Untuk menghindari genangan air dan layu, pastikan tanah memiliki drainase yang baik. Komposisi yang sempurna adalah campuran sekam bakar dan cocopeat. Anda juga bisa menggunakan pasir kasar. Ingatlah bahwa tanah untuk tanaman ini harus subur dan kaya nutrisi.

Sinar Matahari

Tanaman Peperomia Coin Leaf tidak bergantung pada paparan langsung sinar matahari. Sebaliknya, mereka lebih memilih tempat teduh di rumah. Menempatkannya di luar ruangan tanpa filter atau naungan dapat menyebabkan dedaunan terbakar matahari dan tanaman tidak sehat. Cara terbaik untuk memastikannya mendapatkan jumlah sinar matahari yang tepat adalah dengan menempatkannya di ruangan yang cukup terang dengan banyak cahaya tidak langsung melalui jendela.

Perawatan Peperomia Polybotrya Variegata sedikit berbeda dalam hal kebutuhan sinar matahari. Bercak warna terang dan gelap membutuhkan jumlah sinar matahari yang berbeda agar berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pastikan untuk tanaman ini, Anda memilih tempat dengan sinar matahari yang baik sepanjang hari dan rasio naungan yang tepat selama sore yang terik.

Suhu

Meskipun Peperomia Polybotrya dapat tumbuh dengan baik di bawah suhu yang lebih hangat, embun beku bukanlah sekutu. Tanaman ini membutuhkan minimal 10 derajat Celcius untuk dapat bertahan hidup. Oleh karena itu, penempatan mereka selama bulan-bulan musim dingin yang lebih dingin membutuhkan perhatian.

Kisaran suhu optimal untuk tanaman ini adalah 18 hingga 26 derajat Celsius. Pastikan Peperomia Raindrop Anda tidak berada di tempat yang terkena suhu ekstrim. Jauhkan dari jendela dan balkon yang terbuka selama cuaca buruk.

Kelembaban

Rendahnya kebutuhan akan tingkat kelembaban pada perawatan Peperomia Polybotrya merupakan pertanda baik bahwa tanaman ini akan tumbuh dengan sempurna di dalam ruangan. Perawatan Peperomia Polybotrya tidak membutuhkan semprotan atau humidifier di dalam rumah. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tanaman bersih dan terhidrasi dengan baik melalui tanah.

Pupuk

Menggunakan pupuk slow release dapat membantu tanaman Peperomia Polybotrya Anda tumbuh sempurna. Gunakan pupuk NPK dengan kadar nitrogen tinggi atau pupuk daun. Gunakan sedikit saja dalam bentuk cair dua minggu sekali dan jangan berlebihan.

Repotting

Karena ukurannya yang sangat kecil dan pertumbuhan yang lambat, Peperomia Polybotrya tidak membutuhkan repotting. Anda dapat menggeser spesies ke dalam pot yang lebih besar (atau lebih kecil) setiap 2 hingga 3 tahun. Melakukan hal ini mencegah kerusakan pada akar dan memungkinkan campuran pot mempertahankan teksturnya.

Perawatan, Mulsa, dan Pemangkasan

Meskipun Anda tidak perlu memangkas tanaman terlalu sering karena bentuknya yang alami dan rapi, Anda harus memastikan tanaman tersebut bersih dan terawat. Buang semua daun mati dari sekitar Peperomia Polybotrya dan bersihkan dengan air atau minyak. Menggunakan mulsa adalah cara yang baik untuk menghindari serangan hama dan memastikan akar mendapatkan nutrisi yang tepat.

Perbanyakan Peperomia Polybotrya

Memperbanyak Peperomia Polybotrya bukanlah hal yang susah. Ada berbagai cara untuk melakukan ini, dan Anda dapat memilih favorit tergantung pada pemahaman Anda tentang tanaman. Anda bisa memperbanyak tanaman ini di air dan tanah. Jika Anda ingin memilih tanah, Anda dapat menggunakan stek daun atau batang.

Perbanyakan melalui Air

– Potong satu batang dengan beberapa daun menempel.

– Tempatkan potongan di dalam toples berisi air. Pastikan setidaknya ada dua node di dalam air.

– Ingatlah untuk mengganti air setiap 3 hingga 4 hari seminggu. Melakukan ini akan menjaga tanaman tetap segar dan menghindari pembusukan.

– Setelah Anda melihat akar kecil tumbuh melalui stoples kaca, pindahkan potongan ke dalam pot tanah.

– Akan lebih baik jika Anda ingat untuk memilih wadah kecil untuk ini. Jika Anda memasukkan potongan ke dalam wadah yang lebih besar, akan ada masalah pertumbuhan, seperti genangan air dan layu.

Perbanyakan di Tanah

– Siapkan potongan seperti dijelaskan di atas, dan celupkan potongan tersebut ke dalam hormon perakaran. Masukkan ujung ini ke dalam tanah.

– Akan lebih baik jika Anda memilih pot kecil untuk ini juga.

– Karena Anda menggunakan hormon, Anda harus menjaga tingkat kelembapan yang tinggi di sekitar tanaman dengan menyungkupnya di dalam kantong plastik bening.

– Sekarang, jauhkan tanaman dari paparan sinar matahari langsung dan biarkan tumbuh.

– Setelah akarnya mulai tumbuh, keluarkan kantong plastiknya.

– Jika ingin merambat dengan menggunakan stek daun, cara keseluruhannya tetap sama. Ambil saja daun yang sehat dari tanaman dewasa, dan potong menjadi dua secara horizontal. Celupkan tiap ujung potongan ke rooting hormone dan taruh di tanah. Sisa proses akan berjalan sesuai pemotongan batang.

Laju Pertumbuhan

Hari 1-30: Tanam setek di media manapun yang Anda inginkan.

Bulan 1-3: Anda akan bisa melihat akar-akar kecil melalui toples kaca. Biarkan mereka tumbuh menjadi ukuran yang signifikan sebelum Anda memindahkannya. Lalu, pindahkan ke pot. Anda bisa menyuburkan tanaman saat ini dan menjaga kebutuhan penyiraman.

Bulan 3-5: Tunas akan cukup terlihat pada saat ini. Kurangi frekuensi penyiraman dan pupuk tanaman hanya sekali setiap bulan.

Bulan 5-8: Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan melihat setek berkembang menjadi tanaman dewasa. Pertahankan kesabaran Anda karena tanaman ini membutuhkan waktu untuk tumbuh.

Peperomia Polybotrya vs. Pilea Peperomioides

Persamaan antara tanaman ini luar biasa. Makanya, biasanya orang bingung membedakan keduanya. Cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melihat daunnya dari dekat. Tanaman Pilea Peperomioides tidak memiliki ujung runcing di bagian depan daunnya. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah membedakan keduanya.

Penutup

Peperomia Polybotrya “Rain Drop” adalah tanaman yang kecil tapi indah. Anda dapat memajangnya di mana saja di dalam rumah dengan kelembapan, sinar matahari, dan suhu sedang. Penggemar tanaman hias menyukai spesies ini karena perawatannya yang mudah dan tidak rumit. Dedaunan Peperomia Polybotrya yang segar membantu mempertahankan kelembapan dan bertahan hidup lama tanpa air.

Komentar