Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Florida Ghost

Tanaman Philodendron Florida Ghost mendapatkan namanya dari daun putihnya yang berubah menjadi warna hijau muda seiring bertambahnya usia. Ini adalah tanaman pemanjat sehingga Anda perlu memberinya turus penyangga yang kokoh seperti tongkat bambu agar bisa tumbuh secara maksimal. Spesies philodendron ini terkenal karena karakteristiknya yang memurnikan udara dan betapa indah tampilannya di dalam ruangan.

Jual Philodendron Florida Ghost

Klasifikasi

– Keluarga: Araceae

– Subfamili: Aroideae

– Genus: Philodendron

Tentang Genus Philodendron

Nama Philodendron diterjemahkan menjadi pemeluk pohon dalam bahasa Yunani. Disebut demikian karena tanaman ini tumbuh di samping pohon dan cabangnya, memanjat ke tempat yang lebih tinggi.

Sekitar 400 spesies termasuk dalam kategori ini yang semuanya merupakan tanaman hias rumah yang terkenal. Philodendron cukup terkenal dengan dedaunannya yang indah namun masing-masing berbeda dari yang lain. Genus tersebut memiliki ragam tumbuhan dengan ukuran, struktur, dan bentuk yang berbeda.

Namun satu hal tetap konstan. Semua tanaman ini memiliki daun tebal dan kasar yang mencegah hilangnya kelembapan di iklim berangin yang panas. Di seluruh dunia, tanaman Philodendron telah dibudidayakan untuk menciptakan beberapa variasi seperti Philodendron Squamiferum, Philodendron Subhastatum, dan Philodendron Pedatum.

Asal dan Persebaran

Ketika Philodendron pertama ditemukan pada 1644, mereka ditemukan berasal dari Kolombia dan Karibia. Namun tumbuhan ini memiliki populasi yang besar yang tumbuh di hutan hujan tropis di Hindia Barat dan Amerika. Habitat umum lainnya adalah tepi sungai dan rawa-rawa terutama di Australia, Afrika, dan Asia.

Ciri Philodendron Florida Ghost

Dedaunan dan Batang

Tanaman Florida Ghost Philodendron remaja memiliki dedaunan putih yang berubah menjadi kuning dan hijau limau saat matang. Terkadang dedaunan ini memiliki variegasi. Daun ini bisa tumbuh dari 10 hingga 20 cm.

Evergreen

Kabar baik bagi pecinta Philodendron, tanaman ini selalu hijau dan yang mereka butuhkan hanyalah perawatan yang baik di lingkungan yang menguntungkan agar tetap cantik sepanjang tahun.

Tinggi

Jika diberi perawatan yang tepat, Philodendron Florida Ghost dapat tumbuh dari beberapa cm hingga beberapa puluh cm tingginya. Ingatlah bahwa ini adalah tanaman pemanjat, jadi memberi mereka turus rotan atau tongkat bambu bisa menjadi ide yang bagus.

Toleransi Suhu

Tanaman ini suka tumbuh dalam suhu sedang dan sangat sensitif terhadap lingkungan yang lebih dingin, jadi pastikan Anda menjauhkannya dari paparan langsung ke suhu dingin seperti di depan jendela yang terbuka, AC, atau kipas angin.

Toleransi Kelembaban

Berbeda dengan suhu, tanaman ini cukup toleran terhadap kelembaban dan akan menghargai jumlah kelembaban ekstra di udara. Jadi jika Anda tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi, tanaman ini tidak akan mengeluh.

Tahan Kekeringan

Ingatlah bahwa Philodendron ini menyukai kelembapan di udara dan tanahnya, jadi mereka tidak akan tumbuh dengan baik dalam kondisi gurun yang kering. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaganya tetap terhidrasi jika tidak mereka mulai terlihat tidak sehat dengan sangat cepat.

Toleransi Tekanan

Mereka mungkin tidak terlihat seperti itu, tetapi tanaman Philodendron Florida Ghost cukup halus dan tidak akan mentolerir tekanan akut atau konstan. Terinjak atau diletakkan di ruang kecil di mana mereka ditekan oleh benda-benda di sekitarnya akan menghentikan atau sangat memperlambat pertumbuhannya. Lebih baik Anda menaruh tanaman ini di sudut kosong atau di samping dinding, untuk memberikan dukungan yang tepat dan membiarkannya tumbuh.

Resistensi Terhadap Penyakit dan Hama

Sayangnya, tanaman Philodendron tidak sepenuhnya tahan terhadap penyakit atau hama. Masalah paling umum adalah Erwinia Blight. Yang lainnya adalah bercak daun Pseudomonas, kutu daun, dan kutu putih. Pada tanaman Philodendron, begitu akarnya terserang penyakit, akan sangat sulit untuk mengembalikannya. Karenanya, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan memastikan tanaman Anda tetap bersih dan kering setiap saat. Pemeriksaan rutin dan pemeriksaan menyeluruh di sekitar batang dan daun dapat membantu memastikan bahwa tanaman Anda sehat.

Pertumbuhan

Tanaman Philodendron Florida Ghost tumbuh lambat secara umum jadi jika Anda membiakkan atau membudidayakan tanaman ini di rumah dan tidak menunjukkan kemajuan yang cepat, jadi jangan khawatir dan jangan memberi pupuk atau menyiraminya secara berlebihan. Ini tidak akan membuat mereka tumbuh lebih cepat tetapi mungkin membunuh mereka lebih cepat.

Toksisitas

Philodendron Florida Ghost sangat beracun karena mengandung kristal kalsium oksalat. Zat beracun ini dapat menyebabkan gejala fisik ringan hingga berat jika tertelan atau salah penanganan. Gejala-gejala ini termasuk kemungkinan sakit perut, mulut dan lidah bengkak, dan bahkan ketidakmampuan untuk bernapas. Kesalahan penanganan tanaman ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan alergi. Oleh karena itu, jauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak Anda. Jika tidak sengaja tertelan, segera cari pertolongan medis.

Daya tahan

Philodendron ini dapat hidup bertahun-tahun karena siklus hidup abadi mereka, jadi mereka adalah tanaman yang sangat tahan lama.

Pemeliharaan

Selain luar biasa indah, tanaman Philodendron Florida Ghost juga memiliki perawatan yang cukup rendah. Jadi pemula dan pemilik tanaman yang sibuk akan menyukai spesies ini.

Dormansi

Tanaman ini tidak aktif selama musim dingin di negara empat musim. Menjadi tidak aktif berarti tanaman berhenti tumbuh dan hanya tertidur. Rencana perawatan selama fase ini adalah merawat mereka sesuai kebutuhan dan menghindari pemberian air dan pupuk secara berlebihan. Tunggu saja sampai mereka bangun kembali di musim berikutnya. Sebaiknya hindari perawatan atau perbanyakan tanaman saat tidak aktif.

Perawatan Philodendron Florida Ghost

Philodendron Florida Ghost membutuhkan suhu hangat dan lingkungan yang cukup terang dengan banyak sinar matahari yang tersaring. Beri pupuk setiap beberapa bulan dan air setiap beberapa hari. Pastikan tanaman tetap terhidrasi dengan baik dengan menyemprotnya sesekali. Anda tidak perlu merepotting setidaknya sampai dua hingga tiga tahun.

Air

Philodendron Florida Ghost adalah tanaman yang menyukai kelembaban. Anda dapat menyiramnya secara teratur sesuai keinginan Anda. Pastikan saja tanahnya lembap atau kering hingga 3 sentimeter di atas tanah sebelum Anda menyiramnya kembali. Anda bisa menggunakan jari Anda untuk memeriksa tingkat kelembapan tanah. Beberapa orang lebih suka menggunakan pengukur kelembaban untuk akurasi tambahan. Jauhi penyiraman berlebihan karena dapat dengan cepat membunuh tanaman Anda.

Tanah

Tanah organik yang memiliki drainase yang baik baik untuk tanaman Philodendron Florida Ghost. Ini harus terdiri atas kulit kayu, arang, dan gambut. Kompos juga merupakan amandemen tanah yang cocok. Tanah dengan pH sedikit asam sampai sedikit basa (5-8) lebih disukai. Pastikan tanah tidak menahan air karena tanah yang tersumbat air adalah musuh besar tanaman ini.

Sinar matahari

Selalu jauhkan tanaman ini dari sinar matahari langsung. Mereka sangat tidak menyukainya. Paparan sinar matahari langsung bisa membakar daunnya. Cahaya tidak langsung dan tersebar sangat baik untuk menumbuhkan Philodendron. Jika Anda tidak memiliki akses ke sinar matahari alami yang melimpah di rumah Anda, Anda dapat menggunakan lampu tumbuh buatan sebagai gantinya dan mereka akan tumbuh dengan sempurna.

Dan, jika Anda harus meletakkan tanaman di bawah sinar matahari, pastikan Anda meletakkannya di balik tirai atau paranet. Ini membantu melembutkan cahaya yang mengenai daun dan mencegah kerusakan. Tanaman beradaptasi dengan baik di daerah teduh tetapi menumbuhkan daun yang sehat di bawah sinar matahari sedang. Selain itu, pastikan semua bagian tanaman mendapatkan jumlah cahaya yang sama. Ini penting untuk pertumbuhan dalam simetri yang sama. Terus putar tanaman untuk mengekspos semua bagiannya secara merata.

Suhu

Tanaman ini suka hidup dalam kehangatan, lebih disukai dari 16,5 hingga 24,5 derajat Celcius. Mereka hidup dengan baik dalam suhu ruangan biasa. Namun tanaman Philodendron Florida Ghost tidak menyukai lingkungan yang dingin dan akan mulai terlihat terganggu di bawah suhu yang lebih dingin. Pastikan Anda meletakkannya di tempat yang lebih cocok selama musim gugur dan musim dingin jika Anda hidup di negara empat musim.

Kelembaban

Tanaman ini menyukai kelembapan. Jika Anda tinggal di daerah yang sangat kering atau jika cuaca buruk, Anda dapat sesekali menyemprot tanaman ini. Anda juga dapat memilih pelembab dalam ruangan jika Anda tinggal di daerah dengan iklim kering hampir sepanjang tahun. Trik lain adalah mengelompokkan beberapa tanaman yang menyukai air untuk menambah kelembapan di sekitarnya, secara kolektif.

Perawatan rumahan lain yang baik adalah metode nampan kerikil. Taruh tanaman Anda di nampan kerikil dan tuangkan air ke dalam nampan. Letakkan pot di atas kerikil, pastikan tidak menyentuh air secara langsung. Air akan menguap dan meningkatkan kelembapan di sekitar dedaunan. Anda harus menjaga tanaman tetap terairi dengan baik, tetapi pada saat yang sama pastikan air di permukaannya mengering dalam beberapa jam dan tidak menggenang terlalu lama karena dapat menyebabkan pembusukan.

Pupuk

Anda bisa menyuburkan Philodendron Anda dengan pupuk cair seimbang. Anda disarankan untuk melakukan ini sekali setiap bulan. Salah satu alasan mengapa tanaman Anda tumbuh lambat secara tidak normal atau memiliki daun lebih kecil dari biasanya adalah karena dia membutuhkan lebih banyak pupuk. Tanaman yang kekurangan nutrisi seperti kalsium dan magnesium juga tumbuh pucat, daunnya tidak sehat. Mereka juga membutuhkan lebih banyak pupuk.

Repotting

Meskipun tanaman ini tumbuh lambat dan Anda tidak perlu khawatir mereka akan tumbuh lebih cepat dari potnya, mereka masih sangat peka terhadap rootbound dan Anda harus berhati-hati. Awasi lubang drainase pot untuk memastikan akarnya tidak keluar dari lubang. Setiap 2-3 tahun, lakukan repotting tanaman. Ingatlah bahwa jika akar tanaman Anda memenuhi pot, dia akan berhenti tumbuh.

Perawatan dan Pemangkasan

Jika tanaman tumbuh terlalu banyak sesuai keinginan Anda, Anda dapat memangkas atau memotong bagian yang berlebih. Ingatlah untuk menggunakan peralatan yang bersih dan tersanitasi agar Anda tidak menyebarkan kuman atau infeksi apa pun. Juga, berhati-hatilah untuk tidak memotong terlalu banyak. Pemangkasan yang berlebihan dapat menghambat pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.

Jaga kebersihan dan kekeringan tanaman Anda untuk menghindari serangan hama dan penyakit. Ini tidak hanya akan membuat tanaman Anda terlihat lebih rapi dan sehat, tetapi juga akan merangsang pertumbuhan baru yang lebih sehat.

Propagasi Philodendron Florida Ghost

Begitu mereka keluar dari dormansi di musim semi, inilah waktu terbaik untuk memperbanyak tanaman ini. Di Indonesia, Anda bisa memperbanyaknya kapan saja di sepanjang tahun. Ada dua metode untuk melakukannya: stek batang atau stek ujung. Cukup letakkan potongan yang diinginkan di media. Letakkan di bawah kondisi yang diperlukan dan berikan perawatan Philodendron Florida Ghost yang direkomendasikan.

– Sterilkan dan bersihkan semua alat dan perlengkapan Anda dan kenakan sarung tangan dan masker karena Anda tidak ingin menyebarkan kuman dan infeksi.

– Dengan menggunakan pisau atau gunting tajam, dengan hati-hati ambil potongan batang setidaknya sepanjang 5 hingga 8 inci. Jika Anda ingin menggunakan cuttingan ujung, potong satu bagian batang tetapi pastikan ada daun yang menempel di ujungnya.

– Siapkan pot dengan campuran tanah yang sesuai dan taruh saja potongannya.

– Untuk menambah faktor kelembapan, Anda bisa menutup pot dengan kantong plastik bening. Pastikan Anda mengangin-anginkan kantong sesekali untuk mencegah pertumbuhan mikroba dan busuk akar yang tidak diinginkan.

– Sirami tanaman yang sedang tumbuh dan jaga agar tetap lembab dan terhidrasi di bawah suhu hangat dan sinar matahari alami.

– Untuk memastikan akarnya mulai tumbuh, tarik perlahan tanaman dan rasakan resistensi yang diberikannya. Jika Anda merasa yakin bahwa akar yang kuat telah berkembang, Anda dapat mengalihkan tanaman ke pot yang lebih besar.

– Beberapa tips rumahan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman adalah dengan mencelupkan ujung pemotongan ke dalam hormon pertumbuhan sebelum menanamnya dan mencelupkan ujung potongan ke dalam kayu manis. Kayu manis juga merupakan pengganti fungisida yang bagus dan melindungi tanaman Anda dari kerusakan.

Laju Pertumbuhan

Hari 1-7: Tanam setek Anda di tanah dan letakkan di bawah kondisi yang disarankan.

Minggu 2-3: Pada saat ini, akar akan terlihat mulai tumbuh.

Bulan 2-4: Sekarang Anda dapat memindah cuttingan ke pot yang lebih besar. Perlakukan seperti tanaman dewasa dan rawatlah sesuai kebutuhan.

Memajang Tanaman Philodendron Florida Ghost

Tanaman ini sangat mudah untuk dipajang karena dedaunannya yang indah dan unik. Anda dapat menempatkannya di sudut kosong atau di samping tanaman lain dalam koleksi Anda. Di sana dedaunan putih dan terang dapat menciptakan kontras yang indah di antara semua tanaman rumah lainnya. Itu juga bisa beradaptasi dengan lingkungan yang teduh. Pastikan saja suhu dan kelembapannya optimal. Letakkan di tempat yang tinggi di mana hewan peliharaan dan hewan Anda tidak dapat menjangkaunya dan biarkan mereka melakukan tugasnya: membersihkan udara dan terlihat cantik.

Memilih Philodendron Florida Ghost

Jika Anda ingin membeli salah satunya, pastikan tanaman tersebut sangat sehat sebelum Anda membawanya pulang. Periksa tanaman secara menyeluruh dan periksa daun dan batang tanaman. Perhatikan sekeliling dan di bawahnya untuk mencari tanda-tanda kutu, penyakit, atau infeksi. Jika Anda membawa pulang tanaman yang terinfeksi, itu akan menyebar ke tanaman lain dalam koleksi Anda.

Penutup

Tanaman Philodendron Florida Ghost adalah pemanjat unik dan cantik yang tumbuh dengan baik di lingkungan dalam ruangan biasa. Mereka mudah dirawat dan dipelihara, dan memperbanyaknya juga bukan tugas yang rumit. Letakkan saja di tempat terbuka, agar mereka bisa tumbuh dengan bebas, dan di tempat yang tinggi, agar hewan peliharaan dan anak-anak tidak menjangkau mereka.

Komentar