Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Sodiroi

Berasal dari Guyana Prancis, tanaman Philodendron Sodiroi adalah pemanjat yang tumbuh cepat yang terkenal karena daunnya yang indah berbentuk hati dengan pola berwarna perak. Untuk mengetahui cara merawat Philodendron Sodiroi Anda, kami mengundang Anda untuk membaca panduan terperinci ini tentang metode perbanyakan, persyaratan pot, dan tips perawatan berguna lainnya.

Harga Philodendron Sodiroi

Ukuran & Pertumbuhan

Philodendron Sodiroi menikmati baik di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan ukurannya menjadi cukup besar. Jika diberi kondisi yang tepat, Sodiroi dapat tumbuh 30 hingga 90 cm per musim dan juga memberi Anda banyak daun baru dari node kecil. Lebar Philodendron Sodiroi biasanya dua kali tingginya.

Sebagai pemanjat, tanaman ini sangat cocok ditanam di keranjang gantung, pot bundar, atau totem yang dilapisi lumut. Anda juga bisa memanjatkannya pada jendela, teralis, atau merambatkannya ke samping wadah.

Kebutuhan Cahaya

Mirip dengan kebanyakan tanaman Philodendron, Sodiroi menikmati cahaya tidak langsung, tetapi juga dapat dengan mudah beradaptasi dengan kondisi cahaya lainnya. Untuk membantunya tumbuh subur, letakkan tanaman Anda di tempat yang terang, di mana dia bisa mendapatkan banyak sinar matahari.

Meskipun dapat bertahan dalam kondisi cahaya redup, Sodiroi Anda tidak akan semengkilap di lingkungan yang ideal. Selain itu, daunnya akan berhenti menyebar dan pertumbuhan tanaman akan melambat secara signifikan.

Cahaya terang tidak diragukan lagi harus dihindari untuk pertumbuhan yang indah, tetapi hati-hati, jangan letakkan tanaman Anda langsung di bawah sinar matahari. Jika tanaman Anda terkena sinar matahari yang kuat, daunnya mudah terbakar.

Penyiraman

Menyiram tanaman Philodendron tidak membutuhkan banyak usaha. Kuncinya adalah menjaga kelembapan tanah sehingga Sodiroi Anda bisa mendapatkan jumlah air yang tepat. Hindari penyiraman berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan air dan pembusukan akar, yang dapat merusak tanaman secara serius. Untuk mencegahnya, biarkan tanah sedikit mengering sebelum Anda menyiramnya kembali.

Jika tanaman Philodendron Anda tidak disiram dengan baik, Anda akan segera mendapat tanda: daun menjadi coklat, yang berarti tanaman Anda perlu disiram, sedangkan daun kuning adalah tanda jelas kerusakan akibat penyiraman berlebihan.

Jenis tanah

Tanah yang cocok untuk Philodendron Sodiroi Anda adalah campuran tanah porous berkualitas baik yang memiliki drainase yang baik. Anda bisa menggunakan campuran pasir humus dan gambut; ini sangat bagus untuk tanaman pemanjat.

Anda juga dapat menggabungkan perlite, lempung taman yang disterilkan, atau pasir kasar dengan lumut gambut. Apapun kombinasi yang Anda pilih, selalu pastikan bahwa tanahnya lembab dan tidak pernah benar-benar kering.

Suhu & Kelembaban

Mengenai suhu, kisaran ideal untuk Philodendron Sodiroi adalah antara 12-26 °C. Sebagai tanaman yang tahan dingin, philo Sodiroi bisa hidup di daerah yang bersuhu dingin.

Cobalah untuk menjaga kelembapan di sekitar tanaman Anda untuk menjaga tingkat kelembapan tetap tinggi. Tingkat kelembapan ideal untuk tanaman Philodendron Anda setidaknya 60% atau lebih. Ingatlah: semakin banyak kelembapan, semakin baik pertumbuhannya.

Untuk mencapai tingkat kelembapan yang ideal, semprot tanaman Anda atau tempatkan nampan kerikil berisi air di bawahnya sehingga air yang menguap dapat mencapai Sodiroi Anda.

Pemupukan

Gunakan pupuk jenis slow release seperti Dekastar atau pupuk cair (alami atau buatan) yang dibuat untuk tanaman hias untuk membantu pertumbuhan Sodiroi Anda. Waktu terbaik untuk menyuburkan Philodendron Anda adalah selama musim panas. Beri pupuk tanaman Anda setiap dua minggu dan pasti akan segera menunjukkan hasil. Saat musim hujan tiba, Anda dapat mengurangi pemupukan menjadi setiap 3 hingga 4 minggu.

Pot & Repotting

Sebelum pot atau merepoting Philodendron Sodiroi, langkah pertama adalah memilih pot yang tepat. Sama seperti banyak tanaman Philodendron lainnya, Sodiroi Anda juga membutuhkan drainase yang tepat, jadi kami sangat menyarankan untuk memilih pot dengan lubang drainase di bagian bawah.

Anda dapat menanam Sodiroi Anda di dalam pot terakota, tetapi pada dasarnya Anda bebas menggunakan pot lain yang Anda suka, misalnya pot tawon. Salah satu aspek penting adalah memastikan bahwa pot memiliki lubang drainase di mana kelebihan air dapat keluar dari pot.

Selain itu, pastikan pot yang Anda pilih cukup besar agar tanaman Anda dapat meregang dan tumbuh dengan nyaman. Arahkan untuk satu pot yang setidaknya satu ukuran lebih besar dari pot sebelumnya.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Sodiroi?

Dalam memperbanyak Philodendron Sodiroi Anda, stek batang adalah cara yang harus dilakukan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara memperbanyak Philodendron Sodiroi Anda dengan stek batang:

– Periksa tanaman induk dan coba temukan batang sehat yang memiliki setidaknya tiga daun besar di atasnya. Daun sangat penting karena akan membantu potongan segar menyerap sinar matahari.

– Siapkan pisau tajam, gunting taman atau gunting setek, dan potong batang sepanjang 7 sampai 15 cm tepat di bawah node.

– Tempat terbaik untuk memotong adalah di sendi dekat mahkota tengah.

– Setelah Anda mendapatkan cuttingan batang, segera sirami tanaman induk untuk mengurangi stres akibat pemotongan.

– Ambil batang yang baru dipotong dan masukkan ke dalam tanah sedalam 20 cm.

– Basahi tanah dengan benar dan tempatkan pot di bawah sinar matahari yang terang tapi tidak langsung.

– Dalam waktu sekitar dua minggu Anda akan melihat akar baru.

Untuk tips lebih lanjut, oles pisau atau gunting kebun yang akan Anda gunakan dengan alkohol sebelum Anda memotong batangnya. Anda juga dapat membakar alat potong di atas di bawah api selama beberapa detik untuk mensterilkannya. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa tidak ada kontaminan atau patogen yang akan merusak tanaman baru Anda.

Kesimpulan

Tanaman tropis berwarna hijau keperakan ini cukup mudah dirawat, namun keindahannya yang langka sulit dibandingkan dengan yang lain. Tanaman ini tumbuh cepat, mudah untuk dikembangkan, dan berkat pertumbuhannya yang mengesankan Philodendron Sodiroi selalu meningkatkan tampilan lingkungannya.

Penampilan mengkilap tanaman Sodiroi dapat menjadi tambahan yang bagus untuk rumah, taman atau teras Anda, di mana Anda dapat menikmati warna-warni mencolok dari daun-daun indah berbentuk hati.

Komentar