Merawat dan Memperbanyak Philodendron Melanochrysum

Philodendron Melanochrysum, juga dikenal sebagai Black Gold Philodendron, adalah tanaman tropis memanjat yang indah yang mudah tumbuh dan membutuhkan sedikit perawatan. Selain teksturnya yang seperti beludru, mereka dikenal karena daunnya yang besar berwarna hijau tua, hampir seperti kristal hitam yang dilintasi oleh urat kuning.

Gambar Pilo Melano

Pada artikel ini, kami akan membahas tips perawatan terpenting untuk Philodendron Melanochrysum, termasuk panduan propagasi langkah demi langkah.

Ukuran & Pertumbuhan

Jika ditanam di dalam ruangan, Philodendron Melano biasanya mencapai tinggi antara 90 sampai 150 cm. Di luar ruangan mereka bisa tumbuh lebih tinggi lagi, mencapai tinggi 6 meter. Daun Philodendron Melanochrysum bisa tumbuh sepanjang 60 cm.

Kebutuhan Cahaya

Ini mungkin terdengar membingungkan, tapi ya, Philodendron Melanochrysum menikmati keteduhan yang cerah. Naungan cerah berarti sinar matahari yang difilter atau cahaya terang tidak langsung. Sebagai tumbuhan tropis, Philodendron lebih menyukai daerah yang teduh. Tanaman ini tidak suka sinar matahari langsung, tetapi masih membutuhkan sedikit cahaya untuk tumbuh. Sinar matahari langsung dapat dengan mudah mengubah daun menjadi kuning atau bahkan membakarnya.

Untuk memberikan tanaman Anda lingkungan yang sempurna, letakkan di jendela yang menghadap ke timur atau ke utara di mana Melano Anda bisa mendapatkan cukup cahaya untuk tumbuh dan berkembang.

Penyiraman

Dalam hal menyiram Philodendron Melanochrysum, Anda harus selalu memastikan bahwa tanah tidak pernah kering. Anda perlu menyiram tanaman Anda sepanjang waktu, tetapi juga hindari penyiraman yang berlebihan. Anda dapat memeriksa apakah sudah waktunya untuk menyiram Philodendron dengan memasukkan jari Anda ke dalam pot, sampai Anda menyentuh tanah dengan buku jari pertama Anda. Jika sudah kering, maka waktunya menyiram tanaman Anda. Jika tanah masih basah, Anda bisa menunggu beberapa hari lagi lalu periksa kembali.

Penyiraman berlebihan sering menyebabkan busuk akar. Dengan terlalu banyak air di dalam tanah, oksigen tidak dapat menembus akar. Dalam situasi ini, akar tanaman Anda akan cepat membusuk.

Jenis tanah

Tanaman Philodendron ini menyukai tanah berdrainase baik serta tanah lembab yang kaya akan bahan organik. Karena mampu mengalirkan air, sphagnum moss adalah pilihan yang sangat baik untuk tanaman Anda.

Penting juga untuk meracik campuran tanah yang dapat mengalirkan kelebihan air melalui lubang drainase di bagian bawah pot, tetapi dapat menampung cukup air untuk melembabkan tanaman Anda. Hindari campuran pot yang terlalu kering, basah, atau berpasir.

Suhu & Kelembaban

Philodendron Melanochrysum dapat ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman outdoor di iklim ringan. Suhu ideal yang mereka sukai adalah antara 21 sampai 27 °C. Philodendron juga dapat menahan suhu yang turun hingga 15 °C, tetapi perlu diingat bahwa ini bukan lingkungan yang ideal untuk tanaman Anda. Saat cuaca semakin dingin, pastikan untuk membawa ke dalam rumah tanaman Anda selama bulan-bulan yang lebih dingin.

Mengenai persyaratan kelembapan, Philodendron Melanochrysum tidak membutuhkan tingkat kelembapan yang tinggi untuk berkembang. Meskipun kelembapan tidak akan memengaruhi pertumbuhan tanaman Anda, lingkungan dengan kelembapan tinggi masih lebih disukai. Mengapa? Karena tingkat kelembapan 60% atau lebih dapat membantu daun tumbuh lebih sehat dan tanaman Anda menjadi lebih subur.

Untuk mencapai ini, Anda bisa membasahi daun dengan air atau menggunakan nampan kerikil. Ini sangat sederhana, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengisi nampan dengan kerikil dan air, lalu letakkan tanaman Anda di atas nampan. Air yang menguap menciptakan kelembapan yang langsung menuju tanaman Anda.

Pemupukan

Untuk membantu tanaman Anda tumbuh, kami sarankan memberi makan dengan pupuk berkualitas yang memiliki jumlah nitrogen tinggi seperti NPK. Namun ada beberapa langkah penting yang harus diikuti sebelum Anda memupuk Philodendron Melanochrysum Anda.

Aturan pertama adalah memeriksa apakah tanah masih lembab sebelum memberi makan tanaman Anda. Memupuk Philodendron Anda saat tanah kering dapat merusak tanaman dan merusak akarnya. Jika perlu, Anda bisa menyiram tanah beberapa hari sebelum pemupukan.

Pot & Repotting

Soal merepoting tanaman Philodendron Melanochrysum Anda, satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah menemukan pot yang lebih besar dari yang asli. Biasanya dibutuhkan satu atau dua tahun bagi Melanochrysum untuk tumbuh lebih besar dari pot mereka, saat itulah Anda perlu merepotingnya dan mengukur pot berikutnya.

Melihat ukuran tanaman Anda dapat dengan mudah memutuskan kapan perlu direpoting. Selain itu, ketika Philodendron Anda terikat pada akar, pertumbuhannya akan melambat secara signifikan.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Melanochrysum?

Ada dua cara berbeda untuk memperbanyak Philodendron Melanochrysum. Anda dapat memilih dari metode cangkok atau Anda dapat mengikuti proses pemotongan batang tua yang baik.

Mari kita lihat keduanya:

Cangkok

– Gunakan pisau untuk membuat luka tajam sedalam dan sepanjang 5 cm di batang.

– Tempelkan tusuk gigi ke dalam luka dan usahakan posisinya dapat menahan luka tetap terbuka.

– Siapkan sphagnum moss lembab dan gosokkan di sekitar luka.

– Setelah Anda selesai dengan langkah ketiga, ambil tali dan ikat di sekitar lumut.

– Siapkan beberapa bungkus plastik dan bungkus dengan hati-hati di sekitar luka seketat mungkin. Anda bisa menggunakan lakban atau tali rafia, tujuannya untuk menjaga pembungkus plastik pada tanaman, sehingga sphagnum moss bisa tetap berada di sayatan batang.

– Biarkan tanaman terbungkus plastik selama dua hingga tiga minggu, hingga akar akan tumbuh dari lumut. Setelah akar mencapai panjang yang bagus, potong batang dari tanaman induk tepat di atas dan di bawah lumut.

– Lepaskan pembungkus plastik dari batang dan tanam batang cangkokan yang sudah berakar di dalam pot berisi tanah yang dikeringkan dengan baik dan kaya bahan organik.

Stek batang

– Gunakan gunting taman steril untuk memangkas potongan batang dari tanaman induk. Cobalah untuk memotong potongan sepanjang 5 hingga 10 cm, tepat di atas simpul daun. Pastikan potongan segar Anda memiliki setidaknya dua daun.

– Jangan lupa untuk menyembuhkan stek batang Anda dengan fungisida atau Betadine: biarkan selama beberapa saat sampai kering.

– Siapkan pot untuk tanaman baru. Isi dengan tanah yang dikeringkan dengan baik. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, Anda bisa menggunakan sphagnum moss, pasti tanaman Anda akan menyukainya.

– Setelah batang cuttingan Anda kering, Anda bisa menanamnya. Buat lubang kecil di pot dan letakkan potongan Anda di dalamnya.

– Stek yang masih fresh tidak selalu bisa menopang dirinya sendiri, jadi Anda bisa membantunya dengan mengikatkan kayu kecil padanya.

– Langkah terakhir adalah menempatkan tanaman baru Anda di lokasi yang hangat dan cerah, di mana dia bisa mendapatkan cukup sinar matahari yang tersaring untuk mulai tumbuh.

Penutup

Seperti yang Anda lihat, merawat Philodendron Melanochrysum tidak membutuhkan banyak waktu atau tenaga. Namun tanaman tropis ini akan segera membalas Anda dengan pertumbuhannya yang menakjubkan dan tampilan kristal yang memukau.

Komentar