Cara Merawat Pilea Peperomioides Agar Subur dan Tak Lekas Mati

Pilea peperomioides, juga dikenal sebagai Chinese Money Plant, UFO Plant, Missionary Plant, Pancake Plant, atau Pilea saja (versi lebih pendek dari nama ilmiahnya), adalah tanaman tahunan Asia, sukulen, dan tanaman berbunga. Pilea berasal dari keluarga Urticaceae, asli provinsi Yunnan dan Sichuan di Cina selatan.

Jual tanaman pilea

Memiliki kebiasaan tumbuh yang relatif cepat selama musim tanamnya (dari musim semi hingga musim gugur di daerah subtropis) dan tingginya mencapai hingga 30 cm, ini adalah tanaman yang agak tegak, dengan daun bulat berwarna hijau tua berukuran hingga 10 cm dengan diameter pada tangkai daun yang panjang. Karena daunnya yang hampir bulat sempurna dan berbentuk koin, Pilea menjadi tanaman hias yang bagus untuk rumah bertema apa pun. Konon tanaman ini dapat membawa energi keberuntungan ke dalam rumah Anda dan juga baik untuk perenungan tentang kelimpahan finansial.

Sampel Pilea peperomioides dikumpulkan oleh George Forrest pada tahun 1910 dari Cina, di daerah pegunungan Cangshan pada ketinggian 1500 hingga 3000 meter, tidak jauh dari kota kuno Dali. Kemudian pada tahun 1912, ahli botani Jerman Friedrich Diels secara resmi menamai dan mendeskripsikan tanaman tersebut ke dunia botani.

Tanaman Pilea peperomioides telah lama dibudidayakan secara lokal di daerah asalnya sebagai tanaman hias. Namun seperti banyak Pilea lainnya, tanaman berbunga ini memiliki nilai yang tidak signifikan dan tidak banyak menarik perhatian.

Tentang Pilea peperomioides

– Spesies ini ditemukan oleh Agnar Espegren, seorang misionaris Norwegia, di Provinsi Yunnan; dia membawa cuttingannya (stek) kembali ke Norwegia di mana dia mulai memperbanyaknya ke seluruh Skandinavia dan akhirnya ke seluruh dunia karena orang-orang biasa membagikan cuttingan di antara teman.

– Tanaman ini tumbuh subur di titik terang dekat jendela, tetapi terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menyebabkan daun terbakar, jadi disarankan untuk menjauhkan tanaman ini dari sinar matahari langsung. Pada saat yang sama, terlalu sedikit cahaya dapat mempengaruhi kesehatan tanaman secara keseluruhan, jadi Anda mungkin perlu waktu untuk mencari tempat yang tepat di rumah Anda.

– Karena tanaman Pilea peperomioides tumbuh dengan cepat dan berorientasi pada cahaya, sebaiknya sering-seringlah merotasi sukulen ini.

– Tanaman Pilea peperomioides yang dewasa dan sehat akan menumbuhkan anak-anak kecil pada saat yang sama, yang dapat dipotong untuk membuat tanaman baru bila tingginya setidaknya 5-7 cm atau dibiarkan tumbuh di tempat mereka berada. Periode terbaik untuk mengambil stek bayi Pilea Anda adalah musim semi (subtropis) ketika tanaman tumbuh secara aktif dan memiliki energi paling banyak.

– Tanaman Pilea lebih menyukai media tanam yang gembur, jadi alih-alih membeli media tanam biasa atau menggunakan tanah kebun untuk menanam tanaman hias ini, Anda harus mempertimbangkan media tanam organik berkualitas tinggi.

– Tanaman hias biasanya dibeli dalam pot plastik, tetapi kadang-kadang dapat ditemukan dalam pot terakota, yang dapat mengering dengan sangat cepat dan akan membuat tanah lebih “bernapas” lebih baik daripada pot plastik. Jika Anda ingin memperpanjang umur tanaman Pilea Anda, lebih baik menanamnya di pot keramik terakota atau berlapis kaca.

– Jika tanaman ini sehat dan bahagia, dia dapat menghasilkan bunga putih kecil dengan batang berwarna merah jambu pada periode suhu rendah.

Gambaran Umum

– Pilea peperomioides adalah tanaman tahunan yang pernah tumbuh di bebatuan Pegunungan Cangshan, di tempat teduh, di provinsi barat daya Yunnan, Cina. Memiliki nilai hortikultura yang tinggi, tanaman ini kini sudah langka di habitat aslinya, namun dapat ditemukan di mana-mana di rumah.

– Pilea peperomioides, umumnya dinamai Chinese Money Plant, dikenal dapat tumbuh setinggi 30 cm dan juga dapat memperluas lebarnya. Ini adalah tanaman tahunan tegak, segar, dan selalu hijau yang dihiasi dengan daun hijau tua bulat. Warna poros batangnya hijau sampai coklat tua, seringkali berdiri tegak.

– Beberapa orang percaya tanaman ini memiliki kemiripan dangkal dengan pennyworts, tanaman yang memiliki kebiasaan tumbuh rendah dan daun bulat.

– Daun besar, berbentuk koin, berkilau yang tumbuh pada spesies tanaman ini membuatnya menjadi salah satu tanaman hias paling populer.

– Meski Pilea peperomioides dikenal sebagai spesies berbunga, bunganya tetap tidak terlihat dalam banyak kasus.

– Tanaman Pilea dapat ditemukan di daerah tropis dan beriklim sedang di seluruh dunia, mencakup sekitar 600-715 spesies tanaman berbunga di keluarga jelatang Urticaceae, banyak di antaranya tersedia sebagai tanaman hias dalam ruangan.

– Genus Pilea mengandung satu spesies yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok yang dikenal sebagai P. Plataniflora.

Membesarkan Pilea peperomioides

Tumbuhan apa pun membutuhkan cahaya alami yang tepat untuk tumbuh pada potensi maksimalnya dan Pilea tidak berbeda. Karena tanaman ini memiliki ciri seperti sukulen, dari segi cahaya, penempatan terbaik untuk Pilea peperomioides adalah di tempat dengan cahaya terang, tetapi tanpa sinar matahari langsung. Tanaman ini akan sangat menderita jika menerima cahaya yang tidak cukup, membuat daunnya melengkung dan menggulung daripada tetap rata dan berbentuk seperti koin. Anda dapat beralih dari area terang ke cahaya redup dari waktu ke waktu, secara bertahap.

Suhu ideal yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat tidak boleh melebihi 30 °C dan Anda harus menjauhkannya dari tempat dengan suhu rendah yang turun di bawah 13 °C. Untuk memastikan hasil pertumbuhan yang optimal, lebih baik menempatkan Pilea di kamar mandi atau dapur Anda karena kondisinya lebih hangat dan tingkat kelembapannya cukup bagus.

Meskipun tanaman Pilea peperomioides ramah pemula, mudah dirawat, dan cepat tumbuh, mereka masih membutuhkan banyak perhatian dan perawatan, jadi pastikan Anda memberi mereka pupuk standar yang dilarutkan untuk tanaman rumahan atau kaktus. Frekuensinya sebulan sekali untuk membantu mereka tumbuh subur. Juga, Pilea dikenal bisa hidup dalam media tanah standar dengan sirkulasi air yang baik.

Karena daun besarnya biasanya cenderung menumpuk debu, mengguyur dan menyeka daun secara teratur akan menguntungkan tanaman Anda. Untuk memastikan tanaman ini mempertahankan bentuk yang bagus dan seimbang, rotasi setidaknya sekali seminggu agar tidak miring. Dalam proses membersihkan daun, luangkan juga waktu untuk memeriksa bagian bawah dan waspadai hama.

Penyiraman

Spesies Pilea peperomioides ini suka disiram sampai menyeluruh sesekali. Yang terbaik adalah menunggu lapisan atas tanah mengering sebelum menyiramnya kembali. Biasanya, menyiram tanaman ini seminggu sekali sudah cukup. Di musim panas di mana cuaca lebih hangat dan cerah, Pilea membutuhkan air beberapa kali seminggu, sedangkan di penghujan atau suhu rendah, lebih sedikit penyiraman yang diperlukan.

Jika Pilea Anda cenderung terkulai dan memiliki aspek yang tidak biasa, mulai menunjukkan kehilangan kekuatan batangnya, mungkin itu tanda-tanda terlalu banyak air atau sebaliknya kekurangan air. Untuk membuat perbedaan antara kedua kasus ini, Anda harus selalu memeriksa keadaan tanahnya. Jika tanah tampak lembab sebaiknya tunggu sampai kering, jika terlalu kering perlu segera disiram.

Jika Anda ingin membantu tanah bernapas dan membiarkan kelembapannya menguap, Anda harus mempertimbangkan untuk mengangin-anginkan tanah Pilea Anda sebelum penyiraman awal.

Perbanyakan

Salah satu alasan mengapa Pilea peperomioides menyebar ke seluruh dunia adalah karena perbanyakannya yang cukup mudah. Tanaman yang sehat pada akhirnya akan menghasilkan bayi Pilea kecil yang dapat dipisahkan dari tanaman induknya. Untuk memotong anakan dengan aman, Anda perlu menggunakan pisau yang bersih dan tajam, mengikuti batang sekitar 2-3 cm di bawah tanah.

Setelah prosesnya selesai, tanam dalam pot baru dan jaga agar tanah tetap lembab sampai tanaman tertambat dengan baik dan mulai menghasilkan daun baru. Jika tanaman baru tumbuh langsung dari batangnya, Anda juga dapat memotongnya dan memasukkannya ke dalam air selama sekitar satu atau dua minggu sampai akar tumbuh dan siap untuk ditanam di tanah.

Mengingat fakta bahwa habitat aslinya berada di antara bebatuan gunung jika Anda ingin merepoting tanaman Pilea peperomioides Anda, Anda disarankan untuk meletakkan beberapa batu di dasar pot. Selain memberikan drainase yang lebih baik, batu akan menjaga tanaman Anda tetap utuh jika akarnya mulai membusuk.

Kesimpulan

Dengan perawatan yang mudah dan cepat tumbuh, Pilea peperomioides menjadi pilihan ideal sebagai tanaman hias di setiap rumah atau kantor. Daunnya yang berbentuk koin dan berwarna hijau tua akan menambah keindahan rumah Anda.

Menemukan tempat dengan cahaya terang, tetapi tanpa sinar matahari langsung, menyediakan media tanam gembur dengan drainase yang baik, dan menyiraminya setiap minggu berdasarkan kebutuhan akan membuat tanaman pilea Anda hidup subur di lingkungan yang stabil. Meskipun dikenal ramah hewan peliharaan dan tidak berbahaya bagi manusia jika dikonsumsi, sebaiknya jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan kucing, anjing, dan anak kecil.

Komentar