Cara Merawat Tanaman Sansevieria Zeylanica dan Memperbanyaknya

Berasal dari genus Dracaena, Sansevieria Zeylanica adalah sukulen perennial. Tanaman tahunan ini lebih dikenal dengan nama Sansevieria Indica, Snake Plant, Bowstring Hemp, atau lidah mertua. Tangguh dan berpenampilan kasar, Sansevieria Zeylanica umumnya ditemukan di daerah yang kering dan berbatu.

Harga Sansevieria Zeylanica

lidah mertua adalah tanaman asli Asia Tenggara dan daerah tropis di Afrika Barat. Daunnya panjang, tegak dengan ujung runcing. Ini adalah tanaman yang kuat dan tangguh yang sering kali memiliki tepi kasar berwarna coklat

Daun Sansevieria Zeylanica yang berbentuk pedang memamerkan warna hijau zaitun yang indah dengan garis-garis hijau pucat. Garis-garis ini bergelombang dan melintang secara horizontal bersama dengan daun tanaman.

Ada beberapa Sansevieria menarik lainnya seperti Stuckyi dan Fernwood yang bisa Anda pelajari.

Panduan Perawatan Sansevieria Zeylanica

Tanah

Seperti kebanyakan jenisnya, lidah mertua membutuhkan tanah yang memiliki drainase yang baik. Tanaman ini tidak toleran terhadap tanah yang basah. Sansevieria Zeylanica dapat beradaptasi dengan berbagai jenis tanah asalkan memiliki drainase yang baik. Campuran tanah berpasir adalah pilihan terbaik untuk tanaman Sansevieria Zeylanica Anda. Disarankan untuk menggunakan campuran pot sukulen lempung berpasir.

Cahaya

Sukulen ini tidak seperti yang lain karena mampu bertahan dalam cahaya redup. Sansevieria Zeylanica senang beradaptasi dengan berbagai tingkat cahaya. Dari naungan parsial hingga sinar matahari yang intens, tanaman ini dapat menanganinya.

Toleransi terhadap tingkat cahaya ini tidak berarti mereka akan dapat hidup nyaman di sana. lidah mertua Anda membutuhkan cahaya terang dalam jumlah sedang agar bisa tumbuh dengan baik.

Menjaga Sansevieria Zeylanica Anda dalam cahaya yang sangat redup akan menghasilkan warna daun yang lebih kusam. Saat terkena sinar matahari langsung yang intens atau penuh, tepi daun tanaman ini cenderung menguning.

Kondisi ideal untuk lidah mertua Anda berkembang adalah dengan meletakkannya di cahaya sedang hingga terang, tidak langsung, atau terfilter. Anda akan melihat warna daun tanaman yang lebih cerah dan lebih hidup saat berada di lokasi yang disukai.

Air

Sansevieria Zeylanica adalah tanaman yang sangat tahan kekeringan. Ini membutuhkan sedikit air. Penyiraman yang jarang adalah yang terbaik, biasanya seminggu sekali sudah cukup. Anda hanya boleh menyiram tanaman setelah tanahnya benar-benar kering. Satu penyiraman menyeluruh adalah metode yang disarankan untuk menyiram lidah mertua Anda. Sukulen menyimpan air di daunnya dan tidak boleh memiliki tanah yang basah.

Menyirami Sansevieria Zeylanica Anda secara berlebihan adalah cara yang pasti untuk membuatnya menderita busuk akar. Yang terbaik adalah memeriksa apakah tanah tanaman Anda kering sebelum menyiram. Daripada overwatering, lidah mertua lebih suka dibiarkan tanpa air selama satu atau dua hari ekstra.

Suhu

Sansevieria Zeylanica, yang berasal dari daerah yang lebih kering, lebih nyaman dalam suhu yang lebih hangat. Suhu kamar rata-rata bagus. Idealnya, suhu antara 15 °C hingga 24 °C akan membuat lidah mertua Anda bahagia. Tanaman ini tidak tahan terhadap suhu ekstrim. Kerusakan daun akan mulai terjadi jika Sansevieria Zeylanica Anda dibiarkan pada suhu 10 °C atau di bawahnya. Untuk melindungi lidah mertua Anda, yang terbaik adalah menjauhkannya dari jalur aliran udara.

Kelembaban

Iklim dan lingkungan semi-kering hingga lembab adalah yang paling disukai tanaman ini. Jika Sansevieria Zeylanica Anda berada di dalam pot di dalam ruangan, dia tidak memerlukan kelembapan ekstra. Benda-benda seperti nampan kerikil atau pelembab udara untuk meningkatkan kelembapan disediakan untuk tanaman hutan tropis.

Pupuk

Pemupukan Sansevieria Zeylanica sangat minim. Perawatannya rendah dan nutrisi tambahan tidak diperlukan. Memberi tanaman Anda terlalu banyak pupuk akan membuat daunnya rontok. Pemupukan lidah mertua Anda hanya perlu dilakukan paling banyak sebulan sekali. Pupuk tanaman hias atau kaktus untuk keperluan umum bisa digunakan.

Perbanyakan

Memperbanyak Sansevieria Zeylanica Anda sederhana saja. Ada beberapa metode yang layak tersedia untuk dipilih. Menggunakan rimpang dari tanaman Anda adalah salah satu pilihan. Lebih mudahnya lagi, perbanyakan juga mudah dilakukan dengan stek daun atau bahkan pembagian rimpang.

Pertumbuhan

lidah mertua yang indah ini tumbuh hingga ketinggian antara 45 cm hingga 1 meter. Sansevieria Zeylanica adalah tanaman yang bisa mekar meski jarang. Tangkai bunga lidah mertua tumbuh tinggi seperti daunnya dan dapat tumbuh hingga lebih dari 60 cm.

Meskipun merupakan tanaman yang tumbuh lambat, Sansevieria Zeylanica mudah ditanam. Mereka dikenal tumbuh dengan baik meski mengalami perawatan minimal. Pemangkasan yang santai ini bahkan tidak memerlukan pemangkasan rutin. Ini hanya diperlukan jika tanaman Anda mengembangkan daun yang mati atau rusak.

Daun lidah mertua menampilkan garis-garis zebra horizontal yang rumit. Ini adalah tanaman tanpa batang yang biasanya menderita retakan daun yang sangat kecil. Dengan lebar mencapai sekitar 2,5 cm, daun Sansevieria Zeylanica terbentuk dari batang bawah yang merupakan rhizomatous.

Pada kesempatan tertentu, Anda bisa melihat mekarnya lidah mertua Anda, Anda siap menerima hadiah. Bunga halus berbentuk tabung tumbuh berkelompok di atas batang bunga. Bunga-bunga ini harum ringan. Mekar dengan ukuran antara 2,5 cm dan 4 cm, bunganya terlihat dalam warna hijau pucat atau putih kehijauan.

Pot

Tanaman Sansevieria Zeylanica cocok untuk pertumbuhan baik di lingkungan dalam maupun luar ruangan. Agar tanaman Anda tetap nyaman, yang terbaik adalah menggunakan campuran media tanam komersial yang ringan. Drainase yang baik penting untuk tanah dan pot.

Idealnya, gunakan pot tanah liat untuk lidah mertua. Jika tanaman mulai terasa sesak atau terlalu sesak, akarnya dapat memecahkan pot. Tanda lain Sansevieria Zeylanica Anda membutuhkan transplantasi pot adalah daunnya yang menguning atau bahkan mungkin kehilangan daun. Ini akibat pot sudah sesak.

Namun Anda akan jarang perlu merepoting lidah mertua Anda. Tanaman ini lebih mungkin berhasil dengan baik di pot yang lebih terbatas. Mereka lebih suka sedikit rootbound. Kemungkinan tanaman Anda menghasilkan bunga meningkat ketika akarnya sedikit lebih ramai.

Propagasi Sansevieria Zeylanica

Bila Anda ingin memperbanyak lidah mertua Anda, ada beberapa metode yang dapat dipilih. Meskipun memungkinkan, tidak disarankan untuk menumbuhkannya dari biji. Tidak hanya sulit mendapatkan bibit karena jarangnya tanaman ini berbunga, cara ini juga tidak selalu berhasil.

Sejauh ini, cara termudah untuk memperbanyak Sansevieria Zeylanica Anda adalah dari stek daun. Metode ini tidak hanya cepat dan sederhana, tetapi juga memberi Anda kemampuan untuk mendapatkan lebih dari satu tanaman tambahan.

Proses perbanyakan tanaman Anda dari stek daun dimulai dengan daun yang dewasa dan sehat. Daun ini harus dipotong-potong dengan panjang sekitar 5 cm sampai 7,5 cm. Stek lidah mertua ini harus diberikan satu atau dua hari hingga kering. Selanjutnya, Anda harus mencelupkan ujung potongan daun ke dalam air sebelum mendorongnya menjadi hormon perakaran.

Dalam campuran pot satu bagian moss dan dua bagian pasir yang lembab, tanam stek daun. Campuran media tanam kaktus juga bisa digunakan. Simpan stek lidah mertua yang baru Anda tanam di lokasi dengan sinar matahari tidak langsung yang cerah.

Penyiraman sebaiknya hanya dilakukan setelah tanah dengan stek Sansevieria Zeylanica Anda hampir kering. Perbanyakan melalui pembagian hanyalah memisahkan tanaman Anda menjadi rumpun. Ini adalah proses yang harus dilakukan dengan tangan lembut lidah mertua dewasa harus digunakan.

Bonggol akar tanaman Anda harus terbagi menjadi dua atau lebih segmen yang berbeda. Segmen ini kemudian dapat ditanam di pot individu.

Masalah umum dengan Sansevieria Zeylanica

Selain masalah dengan bunga, lidah mertua cukup bebas masalah. Asalkan Anda tidak membanjiri tanaman Anda dan menjauhkannya dari cahaya langsung yang intens, Anda tidak mungkin menemukan kesalahan pada tanaman ini.

Tanaman ini kuat dan pemaaf dan tidak menderita banyak hama. Kadang-kadang Sansevieria Zeylanica Anda mungkin memiliki beberapa tamu tak diundang, tetapi mereka mudah ditangani. Efek penyiraman berlebihan adalah busuk akar. Sansevieria Zeylanica tidak tumbuh dengan baik di tanah yang terlalu basah dan akan stres dan cepat membusuk. Overwatering bukan satu-satunya masalah, drainase tanah yang buruk bisa menjadi masalah.

Tips untuk menjaga Sansevieria Zeylanic bebas masalah

Hindari memamaparkan tanaman lidah mertua Anda pada suhu yang ekstrim. Jika dibiarkan pada suhu lebih rendah dari 10 °C, tanaman Anda akan menghadapi kerusakan, khususnya pada daunnya. Menguningnya daun dapat terjadi jika Anda meninggalkan Sansevieria Zeylanica di bawah sinar matahari langsung yang intens.

Hama minor dapat ditemukan jika Sansevieria Zeylanica Anda dibiarkan berdebu. Menjaga tanaman Anda bebas debu, pada gilirannya, akan menjaganya tetap bebas hama. Cara terbaik adalah menggunakan kain lembut yang sedikit lembab dan menyeka daun tanaman Anda. Jauhkan dari penggunaan produk pembersih daun, produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada lidah mertua Anda.

Tips baik untuk menjaga agar Sansevieria Zeylanica Anda tetap bahagia dan berpenampilan terbaik adalah dengan menyiraminya jarang-jarang. Anda hanya boleh menyiram tanaman setelah tanah benar-benar kering.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang Sansevieria Zeylanica

Hama apa yang dimiliki oleh lidah mertua?

Sansevieria Zeylanica tidak sering diganggu oleh hama. Jika tanaman Anda mendapat tamu yang tidak diharapkan, kemungkinan besar mereka adalah kutu putih atau tungau laba-laba. Hama ini adalah ancaman tingkat rendah. Mereka tidak mungkin menyebabkan kerusakan pada lidah mertua Anda.

Apakah Sansevieria Zeylanica beracun?

Semua bagian Sansevieria Zeylanica sedikit beracun bagi manusia dan juga hewan peliharaan. Jika tertelan, keracunan pada tanaman ini bisa menyebabkan air liur, iritasi mulut, diare, mual, dan muntah. Yang terbaik adalah menjauhkannya dari jangkauan anak-anak, kucing, dan anjing.

Untuk apa lidah mertua digunakan?

Selain lansekap di taman dan dekorasi di rumah, Sansevieria Zeylanica telah digunakan sebagai tanaman serat. Sebagian besar negara tropis membudidayakannya untuk diambil seratnya. Serat yang terkumpul digunakan antara lain untuk membuat kain kasar, layar, dan tikar.

Lidah mertua juga secara tradisional telah digunakan untuk mengobati luka septik. Rimpang dan akar tanaman dikeringkan dan digunakan untuk membuat salep antiseptik. Berkat penelitian modern, ekstrak air dari tanaman telah dipastikan memiliki sifat antijamur.

Bagaimana cara saya menyirami lidah mertua saya dengan benar?

Sebelum menyiram Sansevieria Zeylanica, tanah harus dibiarkan hingga benar-benar kering. Penyiraman yang menyeluruh dan mendalam adalah cara terbaik untuk menyiram tanaman Anda.

Cara menyirami tanaman Anda itu sederhana. Anda harus menuangkan air secara perlahan ke tanah lidah mertua Anda. Terus tuang hingga air mulai menetes dari lubang drainase. Biarkan air di dalam pot terkuras seluruhnya. Air berlebih yang terkumpul di tatakan panci harus dibuang. Jangan biarkan lidah mertua Anda tergenang dalam air atau memiliki tanah yang basah.

Bagaimana Anda membedakan Sansevieria Zeylanica dan Trifasciata?

Lidah mertua jenis ini kurang umum atau tidak seterkenal Sansevieria Trifasciata atau lidah mertua yang umum kita jumpai di mana-mana. Seringkali salah dikenali sebagai spesies ini. Kedua tumbuhan ini sangat mirip dan seringkali sulit dibedakan.

Cara terbaik untuk membedakannya adalah dengan melihat daunnya. Meski halus, ada perbedaan pola daunnya. Namun jangan meremehkan satu atau yang lain! Kedua tanaman ini sama kuat dan tangguhnya dengan yang lain.

Kesimpulan

Sulit untuk menemukan kesalahan pada tanaman ini. Sansevieria Zeylanica indah dan pemaaf. Dengan kemampuannya untuk menyaring racun di udara dan terus menghasilkan oksigen di malam hari, tidak ada alasan untuk tidak menginginkannya! Sansevieria Zeylanica tidak perlu banyak perhatian, mereka akan bertahan dengan sendirinya. Daun yang bercorak anggun dan memiliki toleransi ekstrim terhadap pengabaian, inilah salah satu tanaman yang wajib dimiliki.

Komentar