Panduan Perawatan dan Perbanyakan Philodendron Serpens

Philodendron Serpens pemanjat yang selalu hijau ini adalah tanaman unik, bahkan untuk sekelas tanaman Philodendron. Untuk merawat tanaman unik ini, Anda membutuhkan cahaya tidak langsung yang terang dan tanah yang drainasenya baik. Tanah harus selalu lembab tetapi tidak pernah jenuh. Kelembaban adalah aspek kunci dari Philodendron yang subur.

Harga Philodendron Serpens

Daun Philodendron Serpens yang berbentuk hati memiliki urat dalam yang menonjol. Dan setiap daun tanaman ini unik. Anda tidak akan pernah melihat dua yang persis sama. Batang daun (juga dikenal sebagai tangkai daun) memiliki rambut coklat dan abu-abu yang menutupinya.

Philodendron Serpens tangguh. Butuh banyak waktu untuk “membunuh” salah satu tanaman ini. Mereka dapat mengatasi sebagian besar hama tanaman, penyakit tanaman, dan bahkan kondisi yang tidak baik. Perlu waktu lama bagi tanaman untuk merasakan efeknya. Ingatlah, meskipun tanaman itu kuat, mereka tidak abadi.

Charles Plumier memperkenalkan Philodendron ini ke Eropa pada abad ke-16. Pengenalan ini menciptakan popularitas mereka di kalangan pecinta tanaman di luar hutan hujan. Philodendron Serpens adalah hadiah yang sempurna untuk siapa saja. Tidak masalah jika Anda masih pemula atau sering gagal merawat tanaman.

Ini adalah panduan kami untuk merawat tanaman Philodendron serpens. Anda akan mempelajari berapa banyak air yang dibutuhkan tanaman Anda dan hama apa yang harus Anda waspadai.

Perawatan Tanaman Philodendron Serpens

Tanah

Tanah yang memiliki drainase yang baik adalah suatu keharusan bagi tanaman Philodendron serpens. Tanah yang memiliki drainase yang baik berada di tengah-tengah tanah yang ekstrim. Jenis tanah ini memungkinkan kelebihan air mengalir keluar. Saat Anda menyirami Philodendron, setiap air berlebih akan mengalir melalui tanah ke dasar pot.

Anda tidak perlu khawatir tentang tanah yang menahan semua air itu. Memiliki pot tanaman dengan lubang drainase akan sangat membantu sehingga air ekstra dapat keluar seluruhnya. Air tidak akan diam di dasar tanah terlalu lama.

Penyiraman berlebihan adalah salah satu hal termudah untuk dilakukan pada tanaman apa pun. Ini juga cara termudah untuk merusak atau bahkan membunuh tanaman apa pun. Tanah yang mudah mengering dengan baik masih memiliki cukup kelembapan sehingga tanaman Anda dapat tumbuh dan hidup.

Kurang menyiram tanaman tidak terlalu menyakiti Philodendron. Tapi tanaman Philodendron yang dehidrasi bisa menjadi fatal seperti tanaman yang terlalu banyak disiram. Agar tanaman tumbuh subur, coba tambahkan pasir Malang ke tanah. Bahan ini memungkinkan udara lebih mudah mencapai tanah. Philodendron Anda akan tumbuh semakin subur.

Cahaya

Tanaman Philodendron Serpens membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung. Ini adalah jenis cahaya yang sama yang akan diterimanya di area asal tanaman. Dalam iklim panas, tanaman akan mendapatkan sinar matahari yang cerah di sekitarnya. Namun tanaman selalu dinaungi oleh pepohonan dan tanaman yang lebih besar dari sinar matahari langsung.

Cahaya langsung bisa menghanguskan daun semua tanaman Philodendron. Itu juga bisa menyebabkan daun menjadi berubah warna. Untuk mendapatkan cahaya tidak langsung, letakkan Philodendron Anda di jendela yang menghadap ke utara atau timur. Pastikan Anda merotasi tanaman sepanjang hari. Ini agar seluruh tanaman mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkannya.

Air

Tanaman Philodendron serpens membutuhkan tanah yang lembab untuk tumbuh subur. Tetapi Anda harus mencegah tanah basah kuyup. Menyiram tanaman secara berlebihan dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Ini dapat menyebabkan infeksi bakteri, dapat menarik hama tanaman, dan dapat menyebabkan busuk akar.

Menurut University of Maryland, penyiraman yang berlebihan menghalangi oksigen masuk ke dalam tanah. Tanpa oksigen yang cukup, tanaman tidak dapat menyerap air dengan akarnya. Ini menyebabkan busuk akar. Saat pembusukan akar dimulai, ini menyebar dengan cepat. Setelah semua akar tanaman membusuk, tanaman tidak akan bertahan dan mati.

Sebelum Anda menyiram Philodendron Serpens Anda, Anda harus memastikan 5 cm lapisan atas tanah kering. Ini membantu mencegah jenuh tanah tanaman. Untuk memastikan tanaman siap untuk Anda sirami, Anda bisa memeriksanya dengan jari Anda. Letakkan jari Anda di tanah, tusuk hingga buku jari terbesar Anda.

Saat tanah mengering hingga ujung jari Anda, sekarang saatnya menyirami tanaman. Tetapi jika tanah masih lembab di ujung jari Anda, Anda sebaiknya menahan diri untuk tidak menyiraminya.

Selama bulan-bulan musim panas, Anda perlu menyirami Philodendron lebih sering. Panas akan menyerap semua kelembaban yang dibutuhkan. Selama bulan-bulan musim hujan, Anda harus jarang menyiram tanaman. Cuaca hujan dan dingin membantu tanah menahan kelembapan.

Suhu

Tanaman Philodendron serpens bukanlah penggemar suhu dingin. Berhati-hatilah untuk menghindari suhu beku atau pembentukan embun beku pada daun tanaman. Pada siang hari, Philodendron Anda harus berada dalam suhu yang berkisar dari 21 derajat Celsius hingga 29 derajat Celsius. Pada malam hari, tanaman dapat bertahan pada suhu mulai dari 18 derajat Celsius hingga 21 derajat Celsius.

Kelembaban

Kelembaban penting saat menumbuhkan Philodendron serpens yang sehat dan subur. Ini karena tanaman berasal dari lingkungan yang panas, seperti di Amerika Selatan. Sekarang, kelembaban bukanlah suatu keharusan bagi tanaman ini. Tapi itu akan membuat perbedaan besar pada kesehatan tanaman Anda. Kelembaban yang cukup akan membuat Philodendron Anda senang.

Sebagian besar rumah tidak dapat menciptakan kelembapan tinggi yang dibutuhkan tanaman Anda sendiri. Anda harus membuatnya untuk tanaman Anda. Sisi baiknya, ini sangat mudah dilakukan. Cara termudah untuk menciptakan kelembapan di ruangan Philodendron serpens Anda adalah dengan menggunakan humidifier.

Pilihan termurah dan terbaik adalah metode nampan kerikil. Untuk metode ini, yang Anda butuhkan hanyalah baki atau nampan atau tatakan, kerikil, dan air. Anda bisa mulai dengan mengisi nampan sampai paling atas dengan kerikil. Setelah selesai, Anda bisa mengisi nampan dengan air.

Airnya harus tepat di bawah kerikil. Jangan sampai kerikil terendam sepenuhnya. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah meletakkan pot tanaman di atas kerikil. Air akan menguap. Ini menciptakan kelembapan tinggi yang diinginkan tanaman Anda.

Pupuk

Anda perlu memupuk Philodendron Serpens Anda sekitar sebulan sekali. Namun jika kesehatan tanaman menurun atau tumbuh sangat lambat, Anda dapat memupuknya lebih sering. Pastikan Anda menghindari pemupukan berlebihan pada tanaman. Hal ini menyebabkan garam dalam jumlah tinggi menumpuk ke dalam tanah, menyebabkan pembakaran pupuk.

Dua jenis pupuk bekerja dengan baik dengan tanaman Philodendron ini. Anda dapat menggunakan pupuk slow release berbentuk butiran. Atau Anda bisa menggunakan pupuk cair serba guna. Pupuk lain yang layak digunakan adalah pupuk organik atau pupuk alami.

Perbanyakan

Untuk memperbanyak tanaman Philodendron serpens, Anda memiliki dua pilihan. Anda bisa memperbanyak menggunakan stek batang dan tanah. Atau Anda bisa memperbanyak tanaman menggunakan metode cangkok. Teruslah membaca artikel ini untuk menemukan mana yang paling mudah bagi Anda.

Pertumbuhan

Philodendron Serpens dapat tumbuh hingga setinggi 30 cm. Tapi tanaman ini lebarnya bisa jauh lebih besar. Mereka bisa tumbuh hingga lebarnya 12 cm. Penting untuk meletakkan tanaman Philodendron serpens Anda di area yang memiliki ruang untuk berkembang.

Pot

Memindah pot tanaman Philodendron Serpens itu sederhana. Ini seperti menanam ulang sebagian besar tanaman Philodendron lainnya. Saat Anda melihat akar tanaman menjulur keluar dari lubang drainase di dasar pot tanaman, Anda tahu inilah saatnya untuk mengepot ulang. Anda perlu menghindari akar menggumpal.

Saat Anda memutuskan untuk mengepot ulang tanaman Philodendron Anda, gunakan pot yang hanya sedikit lebih besar dari yang sudah Anda gunakan. Jika Anda mendapatkan pot tanaman yang terlalu besar, akarnya akan kewalahan dengan semua ruang ekstra itu. Akar yang tertekan dapat menyebabkan hama tanaman dan beberapa penyakit tanaman.

Waktu terbaik dalam setahun untuk menjalani proses repotting adalah di sepanjang tahun karena kita tinggal di daerah tropis.

Langkah-Langkah Perbanyakan Philodendron Serpens

Waktu terbaik dalam setahun untuk menyebarkan Philodendron Serpens Anda adalah sepanjang tahun di daerah tropis seperti Indonesia. Pertama, kita akan memperbanyak Philodendron ini melalui stek batang. Ini adalah cara termudah. Kemudian kita akan membahas perbanyakannya melalui metode cangkok.

Perbanyakan menggunakan stek batang

Anda memerlukan pemotongan batang Philodendron serpens berkualitas tinggi sebelum Anda mulai membudidayakannya. Potongan batang yang baik memiliki panjang antara 5 sampai 10 cm. Anda harus memotong tepat di bawah ruas daun dan harus memiliki setidaknya dua daun yang masih menempel padanya.

Untuk melakukan pemotongan batang ini, Anda membutuhkan gunting kebun yang sudah disterilkan. Anda dapat mensterilkan gunting setek Anda menggunakan alkohol isopropil. Setelah Anda mensterilkan gunting, Anda dapat melanjutkan dan memotong.

Penting untuk menyembuhkan bekas potongan stek batang Anda sebelum Anda menanamnya. Ini berarti memberikan kesempatan pada ujung potongan untuk mengapal. Ujung kapalan ini memudahkan stek batang untuk berakar. Untuk menyembuhkan stek batang, biarkan setidaknya selama seminggu di lingkungan yang hangat.

Sementara Anda menunggu pemotongan batang sembuh, Anda harus menyiapkan semuanya untuk menanamnya. Anda membutuhkan pot tanaman dengan lubang drainase untuk memungkinkan kelebihan air mengalir keluar. Karena Philodendron ini adalah pemanjat, Anda mungkin perlu menyiapkan turus lumut. Anda perlu memasang tiang berlumut ini ke dalam tanah. Namun Anda tidak membutuhkan tiang tersebut segera.

Setelah ujung stek batang selesai mengapal, Anda bisa menanamnya. Gunakan jari Anda untuk membuat lubang sedalam sekitar 5 cm ke dalam tanah. Ini harus cukup besar untuk menampung batang yang dipotong. Kemudian Anda perlu memendam cuttingan dengan cukup kuat.

Tidak semua stek batang bisa berdiri sendiri. Tidak apa-apa. Anda bisa menggunakan tongkat kecil untuk menahannya hingga tanaman bisa melakukannya sendiri. Tongkat penahan harus sebagian berada di dalam tanah dan juga harus sedikit lebih tinggi dari potongan batang. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikat stek batang ke tongkat itu.

Bagian yang sulit sudah berakhir. Semua yang tersisa untuk dilakukan adalah merawatnya seperti Anda merawat tanaman Philodendron Serpens yang sudah dewasa. Anda perlu menyiraminya sesuai kebutuhan dan memastikannya mendapat jumlah cahaya yang sesuai.

Perbanyakan menggunakan teknik cangkok

Metode propagasi cangkok jauh berbeda dari metode standar. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melukai batang tanaman Philodendron serpens yang asli. Anda harus membuat luka sayatan ini di bagian atas tanaman sehingga Anda dapat dengan mudah memotongnya pada waktunya. Untuk melukai batangnya, Anda membutuhkan pisau steril.

Anda bisa mensterilkannya dengan isopropil alkohol. Setelah Anda mensterilkan pisau, Anda dapat mulai membuat lukanya. Panjang luka harus sekitar 5 cm dan kedalaman 5 cm. Untuk menahan lukanya agar tetap terbuka, Anda membutuhkan tusuk gigi. Posisikan tusuk gigi sedemikian rupa agar bisa menahannya sphagnum moss di dalam cangkokan nanti.

Setelah tusuk gigi menembus luka, saatnya menambahkan segenggam sphagnum moss. Moss harus dibasahi agar tetap menempel di batang setidaknya selama beberapa menit. Gosokkan moss pada luka yang Anda buat. Jika Anda ingin mempercepat proses pengakaran, inilah saatnya menambahkan senyawa hormon pengakaran. Tapi ini tidak wajib.

Jika sphagnum moss tidak mau menempel di luka cukup lama sehingga Anda bisa melakukan apa pun, jangan khawatir. Anda bisa mengikatkan tali di sekitar luka dan bagian batang lainnya. Ini akan membantu.

Sekarang, ambil bungkus plastik dan bungkus di sekitar luka dan batang. Bungkus plastik harus cukup rapat untuk menahan sphagnum moss di tempatnya. Jangan mengikat terlalu ketat sehingga moss tidak bisa bernapas. Gunakan lakban untuk menahan pembungkus plastik di batang. Itu akan ada di sana untuk sementara waktu.

Sphagnum moss membutuhkan waktu untuk membuat tanaman berakar. Sambil menunggu, Anda dapat melanjutkan dan menyiapkan semuanya. Anda membutuhkan pot tanaman dengan lubang drainase yang memungkinkan air mengalir keluar.

Gunakan jenis tanah yang tepat untuk menjaga kesehatan tanaman baru Anda. Anda bisa berada beberapa langkah di depan jika Anda menambahkan turus berlumut untuk dipanjat Philodendron saat tumbuh. Namun perlu waktu lama agar tanaman Anda mencapai ukuran yang tepat untuk ini.

Dalam satu bulan atau lebih, Anda akan mulai melihat akar tumbuh dari sphagnum moss. Setelah akar mencapai panjang setidaknya 7,5 cm, Anda dapat memotong cangkokan dari tanaman aslinya. Untuk memotong tanaman yang baru tumbuh, Anda membutuhkan pisau yang disterilkan. Pastikan Anda memotong beberapa cm di bawah cangkokan. Anda akan menanam ujung ini di tanah.

Saatnya melepas pembungkus plastik dari stek batang baru Anda. Berhati-hatilah selama proses ini agar Anda tidak merusak akar baru. Kini saatnya menanam tanaman Philodendron Serpens baru Anda. Akar harus berada di bawah tanah sepenuhnya.

Kini yang tersisa hanyalah merawat tanaman baru seperti Anda merawat tanaman aslinya. Sirami dan pastikan mendapat cukup sinar matahari. Periksa tanaman sesering mungkin untuk mengcek adanya hama atau penyakit.

Masalah Umum dengan Philodendron Serpens

Hama tanaman adalah gangguan yang mungkin harus Anda tangani saat merawat Philodendron Serpens Anda. Hama tidak datang dari jauh untuk menemukan Philodendron ini. Tetapi jika mereka bersentuhan dengan tanaman, infestasi akan dimulai.

Kutu putih

Infestasi serangga yang paling umum di tanaman Philodendron serpens berasal dari kutu putih. Kutu putih adalah hama yang aneh. Mereka bertubuh lembut tapi ditutupi bahan seperti kapas. Zat ini berfungsi sebagai pelindung bagi mereka. Anda dapat mengetahui infestasi kutu putih dengan mudah. Anda akan melihat zat seperti kapas di seluruh tanaman Anda. Tempat favorit hama ini untuk bersembunyi adalah di bawah daun.

Kutu putih memakan getah di dalam tanaman. Mereka menembus pembuluh di daun untuk menyedot getah ini keluar. Getah ini penting untuk tanaman Anda. Ini mengandung nutrisi yang diserap tanaman Anda dari tanah serta air yang diserap. Kutu putih memang menyebalkan, tetapi serangan thrips adalah hal yang harus lebih Anda khawatirkan.

Thrips

Thrips adalah serangga kecil yang menyerupai benang di seluruh Philodendron Serpens Anda. Mereka memiliki sayap tetapi mereka tidak dapat terbang terlalu jauh. Seperti kutu putih, thrips memakan getah tanaman. Masalah dengan thrips adalah mereka berkembang biak dengan cepat. Sebelum Anda menyadarinya, ada ratusan mulut thrips yang menyerang tanaman Anda.

Semua mulut ini mencuri getah tanaman Philodendron Anda. Semakin banyak getah yang hilang, semakin sulit tanaman Anda menjalani fotosintesis. Hal ini dapat menyebabkan kematian tanaman Philodendron Serpens Anda. Fotosintesis adalah proses yang membantu memberi makan tanaman dan membantu tanaman berkembang.

Cara terbaik untuk mengatasi hama tanaman adalah dengan menggunakan minyak neem yang merupakan minyak alami. Minyak ini mematikan hama tanaman dan langsung membunuhnya.

Tips Merawat Philodendron Serpens yang Tidak Bahagia

Tanaman Philodendron Serpens kuat dan tangguh. Jadi Anda tidak akan mengalami terlalu banyak kesulitan saat merawatnya. Ini selalu menjadi bonus besar, terutama jika Anda memiliki kehidupan yang sibuk dan tidak selalu bisa merawat tanaman Anda. Tetapi kadang-kadang Anda mungkin menemukan beberapa masalah kecil dengan Philodendron Serpens Anda.

Daun Philodendron Serpens Anda Menjadi Kuning Pucat

Philodendron Serpens dengan daun kuning pucat disebabkan air yang terlalu banyak. Anda harus selalu waspada dengan banyaknya air yang Anda gunakan saat menyiram tanaman. Selama akar tanaman baik-baik saja, Anda bisa mengatasi penyiraman berlebihan. Anda perlu menyiram tanaman lebih sedikit.

Sebelum Anda menyirami Philodendron, uji tanahnya. Tempelkan jari Anda di tanah hingga buku jari Anda sedalam sekitar 5 cm. Jika tanah di sekitar jari Anda kering, inilah waktunya untuk menyirami Philodendron Serpens. Tapi jika tanahnya masih lembab, tunda penyiramannya.

Anda juga bisa menguji seberapa basah tanah dengan mengambil pot tanaman. Jika tanah terlalu lembab, Anda dapat mengetahui dari beratnya. Ini akan terasa lebih berat dari biasanya. Jika tanah terlalu jenuh, Anda mungkin harus mengganti tanah. Anda tidak ingin akar tanaman Anda berdiam di tanah jenuh untuk waktu yang lama.

Philodendron Serpens Anda Memiliki Bintik Nekrotik

Bintik nekrotik pada Philodendron Serpens merupakan tanda Bintik Daun Bakteri. Bacterial Leaf Spot adalah penyakit tanaman yang disebabkan oleh bakteri jahat. Penyebab terbesar Bintik Daun terjadi karena terlalu banyak air.

Jika tanaman Anda terkena penyakit ini dalam waktu yang lama, tanaman tersebut bisa mati. Bahkan bisa berakibat fatal bagi tanaman Philodendron serpens yang tangguh. Satu-satunya cara untuk menghilangkan Bakteri Daun Bintik adalah dengan membuang daun yang terinfeksi. Ini adalah daun dengan bintik-bintik nekrotik yang mengalir. Ini menghentikan infeksi menyebar ke seluruh tanaman.

Daun Philodendron Serpens Anda Menggulung

Saat daun Philodendron serpens Anda mulai menggulung, Anda mungkin sudah mempupuknya secara berlebihan. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, pemupukan berlebihan pada tanaman menyebabkan penumpukan garam yang larut. Garam akan membakar akar tanaman. Untuk memperbaiki situasi ini, Anda harus mengubah tanah Philodendron Anda. Kurangi pemupukan tanaman Anda dan pastikan Anda menyiram tanah sesekali.

Varietas Philodendron

Kita akan melihat beberapa spesies Philodendron terbaik di luar sana. Ada begitu banyak spesies hebat, sulit untuk memilih favorit. Setiap Philodendron memiliki fitur-fiturnya yang unik. Lihat spesies Philodendron yang keren ini.

Philodendron Brasil

Anda dapat menemukan tanaman Philodendron Brasil dalam jenis beraneka ragam. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dan kuning yang cantik. Ini sempurna untuk keranjang gantung di teras tertutup.

Philodendron gloriosum

Tanaman Philodendron gloriosum tumbuh cukup besar. Ini termasuk daunnya. Urat putih di daun hijau menonjolkan kontras yang indah.

Philodendron rugosum

Tanaman Philodendron ini berasal dari Ekuador. Daunnya yang berbentuk hati tebal dan memiliki tekstur seperti kulit yang menyenangkan saat disentuh.

Philodendron hastatum

Tanaman Philodendron ini indah dan akan menonjol di rumah mana pun, tidak peduli di ruangan mana Anda meletakkannya. Daunnya berubah warna saat tanaman tumbuh. Mereka berubah menjadi putih mengkilap atau abu-abu.

Pertanyaan Umum Philodendron Serpens

Dapatkah saya menggunakan air keran untuk menyiram Philodendron Serpens?

Ya, Anda dapat menggunakan air keran untuk menyirami Philodendron Serpens Anda. Tapi Anda harus mendiamkan air itu semalaman. Hal ini memungkinkan klorin di dalam air untuk menghilang.

Apakah benar Philodendron Serpens memurnikan udara?

Ya, tumbuhan Philodendron serpens memurnikan udara di sekitar mereka. Mereka memurnikan udara dengan menyerap racun. Racun disaring dari udara dan udara yang lebih sehat kemudian dilepaskan.

Kesimpulan

Philodendron Serpens adalah tanaman funky dengan batang berbulu dan daun berbentuk hati. Kami menyukai tanaman ini. Anda tidak perlu menjadi profesional untuk merawat Philodendron. Panduan perawatan tanaman kami akan memandu Anda mempelajari semua yang perlu Anda ketahui.

Komentar