Wisata Taman Bunga di Cianjur: Taman Bunga Nusantara

taman bunga nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu taman bunga terbesar yang terletak di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Cianjur. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur melepas penat karena letaknya yang tidak jauh dari gunung Gede, sehingga udaranya cukup segar. Luas taman ini adalah 35 hektar dan dibagi menjadi beberapa bagian. Sekitar 23 hektar lahan terdiri dari taman-taman bunga, 7 hektar sebagai area playground bagi anak-anak, dan 2 hektar digunakan untuk pembibitan, dan sisanya dibangun beberapa penginapan, restoran, dan ruang pertemuan.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Awal dibangunnya taman ini adalah tahun 1992 bersamaan dengan terpilihnya Ibu Dani Bustanil Arifin sebagai ketua Yayasan Bunga Nusantara. Tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk menjadikan area ini sebagai area agrowisata nasional berskala internasional.

Akhirnya, setelah melalui proses pembangunan selama 3 tahun lamanya, pada tahun 1995 taman ini resmi dibuka serta diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia saat itu yakni Presiden Soeharto. Hingga saat ini, tempat wisata ini selalu dipadati pengunjung dan menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Indonesia.

Lokasi Taman Bunga Nusantara

Kawasan ini berlokasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang beralamat di Jl. Mariawati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat.

Terletak pada ketinggian 750 meter diatas permukaan laut dengan rata-rata suhu 20 derajat sampai 26 derajat celcius, serta curah hujan 2.475,7 mm. Taman ini dapat ditempuh sekitar 9 km dari Jalan Raya Jakarta – Bandung.

Sarana yang Terdapat di Taman Bunga Nusantara

Bursa Bunga dan Tanaman

Bursa bunga dan tanaman menawarkan berbagai jenis bunga maupun tanaman yang dapat dibeli oleh pengunjung taman ini. lokasinya berada di area parkir sehingga Anda akan lebih mudah membawa belanjaan yang telah dibeli langsung menuju kendaraan.

Danau Angsa

Di kawasan danau angsa ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang dipenuhi oleh angsa putih, angsa hitam, angsa leher hitam, serta berbagai jenis burung air dan ribuan ikan dalam berbagai jenis. Luas dari danau ini sekitar 8.000 meter persegi.

Lokasi Piknik dan Gezebo/Saung

Lokasi ini cocok untuk digunakan oleh rombongan yang mengadakan kegiatan atau acara. Terdapat 8 lokasi piknik dan 18 unit gazebo yang tersebar untuk menunjang kegiatan Anda bersama rombongan. Kapasitas area pikniknya dapat menampung hingga 3.500 orang.

Menara Pandang

Menara ini dibangun dengan ketinggian 29 meter yang tertiri dari 3 lantai. Dari atas menara, anda dapat menikmati pemandangan seluruh kawasan Taman Bunga Nusantara. Sayangnya, belum ada lift untuk mencapai puncak menara sehingga untuk mencapainya, Anda harus menaiki anak tangga.

Saung Nini

Saung ini merupakan penginapan yang lokasinya tepat berada di depan Taman Bunga Nusantara. Penginapan terdiri dari 5 business room, 8 standart room, dan 10 unit tenda untuk berkemah di Camping Ground. Untuk menginap di area ini, anda dapat menyewa Camping Ground dengan harga mulai dari Rp 325.000 permalam dengan fasilitas yang cukup memadai.

Dotto Trains

Dotto Trains merupakan fasilitas yang menawarkan jasa berupa kendaraan untuk mengelilingi kawasan Taman Bunga Nusantara. Operasional dotto trains adalah hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional saja dengan jadwal keberangkatan tiap 1 jam. Anda dapat menikmati fasilitas ini dengan harga Rp 50.000 untuk usia 4 tahun keatas.

Garden Tram

Berbeda dengan dotto trains, garden tram bentuknya menyerupai bis yang biasa kita jumpai di Eropa. Bis ini berkapasitas 16 hingga 20 orang yang digunakan untuk mengelilingi kawasan Taman Bunga Nusantara. Adapun harga tiket untuk menaiki bis ini adalah Rp 50.000 dengan jadwal kegiatan setiap hari dan setiap 30 menit.

Wira Wiri

Transportasi ini berupa kendaraan terbuka berkapasitas 14 orang. Harga untuk menaiki transportasi ini lebih terjangkau daripada garden tram dan dotto trains yaitu hanya Rp 5.000 saja.

Jenis-Jenis Taman yang Dapat Dinikmati

Rumah Kaca

Rumah kaca di Taman Nasional Cianjur ini terdapat berbagai macam tanaman hidup dari negara-negara yang memiliki empat musim yang tidak dapat tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Untuk itulah, suhu, intensitas cahaya, dan kelembapan di rumah kaca ini diatur sedemikian rupa agar bunga-bunga yang terdapat di dalamnya dapat bertahan hidup. Taman ini memiliki luas 2000 meter persegi dan dilengkapi dengan 3000 panel kaca yang telah diatur suhu dan kelembapannya.

Taman Air

Di taman air ini, Anda akan menemukan tanaman-tanaman yang hidup di air seperti teratai raksasa hingga tanaman air yang asalnya dari beberapa negara seperti Sungai Amazone, Mesir, Asia Timur, dan Brazil.

Taman Bali

Taman ini merupakan kreasi buatan bangsa Indonesia yang telah diakui keberadaannya oleh masyarakat internasional. Terlebih lagi taman ini memiliki ciri khas Bali yang telah dikenal luas oleh masyarakat internasional. Di taman Bali ini, Anda akan disuguhkan dengan keunikan bangunan, patung, dan tanaman khas Bali yang didominasi oleh tanaman bunga kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia serta tanaman tropis berdaun indah lainnya.

Taman Gaya Jepang

Jika Anda dan keluarga ingin sekali  berlibur ke Jepang, tidak usah jauh-jauh. Pasalnya di Indonesia ada juga, lho. Di taman ini, Anda akan disambut dengan kemegahan gerbang khas dari Jepang yang akan membawa Anda ke dalam nuansa Jepang yang sesungguhnya. Selain itu, terdapat pula sarana rekreasi seperti gazebo, jalan setapak, danau ikan koi dan taman-taman yang sering dijumpai di Jepang.

Taman Mawar

Sebelum mengunjungi taman mawar di Taman Nasional Cianjur ini, Anda terlebih dahulu harus menyiasati waktu berkunjung. Pasalnya, khusus untuk taman ini, Anda harus mengetahui kapan bunga-bunganya bermekaran. Sebaiknya carilah informasi melalui sosial median Taman Bunga Nusantara untuk melihat indahnya bunga mawar yang sedang bermekaran di taman ini.

Taman Mediterania

Taman Mediterania yang ada di Taman Nasional Cianjur ini didesain sedemikian rupa agar bentuk bangunannya dapat melindungi ragam kaktus yang ada di dalamnya. Taman ini bergaya khas Timur Tengah dan memberikan kesan tersendiri dengan pohon-pohon khasnya.

Taman Palem

Sesuai dengan namanya, taman ini banyak didominasi oleh tanaman yang rimbun dan hijau pohon palem. Lokasinya tak jauh di jalur menuju ke rumah kaca dan cuban royal palm.

Taman Prancis

Desain taman prancis di taman ini merupakan desain masa Renaissance dan bentuk-bentuk geometrisnya. Di taman ini, kita akan dimanjakan dengan berbagai bunga-bunga indah khas negara Prancis. Beberapa spot di taman prancis sangat  bagus untuk dijadikan latar foto anda. Selain itu, indahnya pemandangan dari taman ini dapat pula anda nikmati dari atas Menara Pandang.