Panduan Perawatan Tanaman Hias Lipstik Gantung di Rumah

Jika Anda seorang pencinta bunga yang mencari tanaman yang akan mencerahkan rumah atau taman Anda, tanaman lipstik yang biasa digantung ini adalah pertimbangan yang bagus. Ini adalah tanaman dalam ruangan yang indah dan cerah yang mendapatkan popularitasnya karena mekarnya yang unik dan penampilannya yang bersinar. Ini adalah tanaman gantung yang cantik karena dapat bertahan hidup baik di dalam maupun luar ruangan dengan kondisi dan perawatan yang tepat.

Tanaman lipstik

Aeschynanthus radicans, lebih dikenal sebagai “Tanaman Lipstik” adalah tanaman rambat epifit yang berasal dari daerah tropis lembab di Semenanjung Malaya. Tanaman ini biasanya tumbuh di batang, dahan, dan tanaman merambat yang membungkus pohon hutan hujan. Ini adalah tanaman non-parasit yang berarti tidak membahayakan inangnya, karena mereka mendapatkan kelembapan dan nutrisi dari hujan dan udara hutan hujan yang lembab.

Tentang Tanaman Lipstik

Aeschynanthus radicans juga disebut lipstick vine, blushing rose, dan basket vine. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Gesneriaceae. Genusnya, Aeschynanthus, terdiri atas sekitar 150 spesies tanaman tropis asli Asia Tenggara. Sangat mudah untuk memahami dari mana tanaman ini mendapatkan nama umumnya, tanaman lipstik.

Tanaman ini memiliki warna oranye mawar dan berbentuk tabung. Bunga dengan tenggorokan kuning muncul dari kelopaknya, tampak seperti tabung lipstik miniatur. Anda akan senang melihat bunga berwarna-warni yang mekar secara sporadis sepanjang tahun saat tanaman ini mendapatkan cukup banyak paparan cahaya.

Tingkat keberhasilan dalam menumbuhkan tanaman lipstik di luar ruangan bagi mereka yang tinggal di iklim bebas musim dingin cukup tinggi. Namun demikian, iklim yang lebih sedang masih baik karena epifit berbunga ini tumbuh subur sebagai tanaman hias dalam ruangan, terutama bila dirawat pada kondisi yang cukup hangat.

Tanaman ini tumbuh sekitar 60 cm atau bahkan lebih panjang. Batangnya yang merambat menjadikannya tanaman gantung yang ideal untuk ruangan yang terang. Juga sangat melegakan mengetahui bahwa tanaman ini aman untuk hewan peliharaan atau anak-anak Anda karena tidak beracun.

Ada beberapa macam tanaman lipstik:

– Tanaman lipstik Curly Q dikenal dengan bentuk keriting, bengkok, dan daun hijau tua yang unik.

– Tanaman lipstik Cassiopeia adalah pemikat lainnya dengan bunga merah cerah dan kuncup merah ungu tua.

– Tanaman lipstik Mona Lisa memiliki daun berwarna hijau tua tetapi berbunga merah jingga.

Pastinya, ada tanaman lipstik yang sesuai dengan gaya dan kesukaan Anda. Varietas tanaman lipstik lain yang tersedia antara lain semi-rambat, tegak, memanjat, dan banyak lainnya yang pasti sesuai dengan Anda.

Menumbuhkan Tanaman Lipstik

Bagi semua penggemar tanaman, mengetahui cara merawat tanaman Anda adalah keterampilan terpenting yang harus dimiliki. Menyiram, mengganti tanah, menanam, dan mengendalikan hama hanyalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemelihara tanaman. Tanaman lipstik, seperti banyak tanaman lainnya, pasti akan membutuhkan perawatan tertentu agar dapat tumbuh dengan baik, tetapi hasilnya pasti akan sepadan.

Tanaman lipstik tumbuh dengan baik di daerah yang hangat dan lembab. Suhu ideal untuk menumbuhkannya berkisar dari sekitar 21-30 °C. Pada suhu 18°C, tanaman ini masih akan bertahan tetapi tidak tumbuh subur, yang sangat membatasi jumlah bunga yang dapat dihasilkannya. Tanaman lipstik menyukai kelembapan tinggi dan dapat tumbuh dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Pot yang bagus untuk sulur lipstik yang mengalir adalah pot atau keranjang gantung. Anda bisa menanam tanaman merambat ini di atas lempengan kayu, tetapi selalu jaga agar tanaman tetap lembab. Tanaman lipstik dapat dengan mudah diperbanyak melalui pemotongan batang. Jika Anda mulai menanam tanaman ini dari stek, yang terbaik adalah memeliharanya pada suhu 21 °C untuk membantunya mekar sebanyak mungkin.

Pemangkasan sebaiknya hanya dilakukan untuk menghilangkan bagian batang yang membusuk atau rusak atau mengontrol ukuran tanaman. Perubahan warna daun, ketika menguning atau mengembangkan tepi coklat, sering menunjukkan bahwa tanaman membutuhkan lebih banyak air dan cahaya.

Pastikan untuk merawat tanaman dengan fungisida jika ada jaring laba-laba berwarna coklat kemerahan. Hama tanaman rumahan yang umum termasuk thrips, kutu putih, tungau laba-laba, dan kutu daun. Pestisida organik yang baik, seperti minyak neem, dapat mengatasi hama umum tanaman.

Perawatan Tanaman Lipstik

Beberapa faktor berkontribusi pada keberhasilan menanam tanaman lipstik. Dasar-dasar yang perlu Anda pertimbangkan adalah tanah, nutrisi, air, cahaya, dan suhu. Jika Anda berpegang pada pedoman sederhana ini, akan lebih mudah untuk menjaga tanaman Anda dalam kondisi pertumbuhan terbaik.

Tanah dan Nutrisi

Perawatan tanaman lipstik dimulai dengan media tanam dan pemupukan yang tepat. Menambahkan vitamin dan pupuk cair ke tanah pot adalah cara terbaik untuk mempertahankan kelembapan tanah.

Cahaya

Jika tanaman lipstik Anda memburuk dan batangnya mulai terlihat tidak rapi, kemungkinan besar tanaman tersebut tidak menerima cahaya yang memadai. Hindari menempatkan tanaman di tempat teduh penuh atau sinar matahari penuh. Tanaman membutuhkan cahaya terang selama sekitar enam jam setiap hari, tetapi tidak sepanjang hari.

Suhu

Suhu dalam ruangan yang ideal berkisar antara 21 °C hingga 30 °C, yang merangsang pertumbuhan dan pembungaan. Perkembangan tanaman lipstik melambat saat suhu mencapai di bawah 15 °C. Ketika suhu dalam ruangan turun hingga 10 °C atau lebih rendah, jaringan tanaman menjadi rusak dan daun bisa mulai rontok.

Penyiraman

Air adalah salah satu faktor utama yang secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan hampir semua tanaman. Tanaman lipstik ini menyukai lingkungan yang lembab, sehingga kamar mandi atau dapur bisa menjadi tempat yang bagus untuk mereka tumbuh.

Untuk penyiraman yang benar, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah bagian atas tanah sudah kering. Ini akan membantu mendorong mekarnya tanaman lipstik Anda. Seberapa sering Anda menyiramnya juga mempengaruhi pertumbuhan.

Penyiraman dapat dilakukan seminggu sekali atau lebih sering jika kondisi terlalu panas. Membenamkan jari Anda ke dalam tanah merupakan salah satu cara untuk mengecek tingkat kelembapan tanah dengan cepat. Jika dibiarkan kekeringan terlalu lama, daun akan mulai berubah warna menjadi coklat dan rontok. Pastikan untuk memeriksa tanah secara teratur untuk menghindari penyiraman yang berlebihan. Melakukan hal ini dapat berisiko menyebabkan kerusakan akar dan masalah jamur pada tanaman.

Perbanyakan Tanaman Lipstik

Saat ini, perbanyakan menjadi cara standar kebanyakan ahli botani dan tukang kebun lainnya untuk menghidupkan kembali dan memperbanyak tanaman. Aeschynanthus radicans berkembang biak dengan cepat melalui pemotongan batang alias stek.

Batangnya harus dipotong dengan panjang sekitar 10 cm dan tidak boleh ada bunga atau kuncup di atasnya. Celupkan ujung batang yang dipotong ke hormon perangsang akar dan kemudian tanam dalam pot kecil berisi media tanam yang lembab. Simpan di tempat hangat yang jauh dari sinar matahari langsung dan tunggu sampai batang tumbuh akarnya.

Untuk mempercepat pertumbuhan akar, Anda dapat membuat ruang propagasi mini dengan meletakkan kantong plastik bening di atas cuttingan Anda, yang akan menciptakan kelembapan. Akar seharusnya berkembang setelah empat hingga enam minggu.

Anda dapat memeriksanya dengan menarik batangnya perlahan untuk melihat apakah dia bisa keluar dari tanah dengan mudah. Anda akan tahu bahwa dia telah berakar jika dia dapat menahan sebagian tanah. Biarkan di sana selama beberapa minggu lagi agar akarnya menguat, kemudian pindahkan cuttingan ke pot yang lebih besar dan rawat secara teratur dengan perawatan yang sesuai.

Kesimpulan

Tanaman lipstik adalah tanaman hias indoor dan outdoor yang sangat populer dan mudah ditanam. Mereka adalah spesimen yang indah untuk dimiliki dalam koleksi tanaman Anda serta elemen dekoratif yang mencolok untuk dimiliki di rumah Anda. Jika Anda bisa memberikan kondisi yang tepat, tanaman lipstik akan tumbuh subur.

Hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat menanam tanaman lipstik di dalam ruangan adalah penyiraman yang tepat dan pencahayaan yang cukup. Tanaman lipstik yang sedang mekar akan membuat Anda merasa sukses dan juga dapat mengesankan tamu mana pun begitu mereka melihat mekarnya yang semarak.

Bunga-bunga merah cerah dan tanaman merambat yang mengalir dari tanaman ini pasti akan membuat tamu-tamu Anda terkesan. Tanaman ini pasti akan menambah warna dan memberi kehidupan baru pada ruang Anda. Tanaman hias unik ini sepadan dengan waktu dan usaha yang Anda curahkan untuknya!

Komentar