Cara Merawat Tanaman Kaktus Zebra (Haworthia attenuata)

Jika Anda mencari tanaman yang mencolok namun simple yang cocok untuk meja kantor, dapur, atau tanaman sukulen, Anda bisa melirik Haworthia attenuate alias atau tanaman zebra atau kaktus zebra. Tanaman ini bisa tumbuh subur dalam pot, di tanah, dan bahkan di dalam ruangan dalam pengaturan dekoratif selama Anda merawatnya dengan baik. Penampilan hijau dan putih yang mencolok adalah alasan mengapa mereka sangat populer.

Tanaman kaktus zebra

Gambaran Umum

Kaktus zebra sering salah dianggap sebagai tanaman lidah buaya. Faktanya, tanaman ini adalah anggota subfamili yang sama dan sering keliru dianggap kaktus sejati karena kemiripan dalam penampilan. Memiliki dedaunan hijau tua dengan bintik-bintik putih cerah, tanaman Zebra adalah tanaman tahunan sukulen yang dapat tumbuh cukup baik di mana saja dengan banyak sinar matahari atau cahaya terang.

Tanaman sukulen ini tumbuh lambat dan dapat hidup hingga 50 tahun! Mereka adalah anggota keluarga Asphodelaceae dan berasal dari provinsi Eastern Cape di Afrika Selatan.

Kaktus zebra sering disalahartikan dengan kerabatnya, Haworthia fasciata, karena penampilannya yang mirip. Ciri yang membedakan keduanya adalah fasciata memiliki tuberkel berwarna putih seperti kutil di bagian bawah daun, sedangkan attenuata terdapat di bagian atas dan bawah daun.

Tuberkel putih di kedua sisi daunnya panjang, tipis, dan agak menyebar. Daunnya tidak berserat, tetapi Anda bisa merasakan tonjolan atau gerigi jika Anda menyentuh garis putihnya.

Jenis Tanaman Zebra

Ada beberapa varietas dan subspesies tanaman Zebra yang akan Anda temukan. Beberapa tipe umum dibahas di bawah ini.

Haworthiopsis attenuata var. radula

Umumnya dikenal sebagai Hankey Dwarf Aloe, daunnya berwarna hijau kecoklatan dan memiliki lebih banyak tuberkel putih daripada varietas normal. Daunnya lebih panjang dan tumbuh sedikit lebih padat.

Haworthia attenuata f. variegata

Jenis ini umumnya dikenal sebagai tanaman zebra variegata. Tinggi dan diameternya mencapai 15 cm. Daunnya berwarna hijau tua dan runcing, tetapi memiliki bintik dan pita berwarna kuning atau krem, yang memberikan tampilan variegata klasik.

Haworthia attenuata var. clariperla

Varietas ini dibedakan dari tanaman lain dengan daunnya yang tertutup tuberkel putih secara merata.

Haworthia attenuata ‘Crazed Glaze’

Varietas ini dibedakan dengan daunnya yang lebih tipis dan memanjang serta bintik-bintik pada tuberkel putih yang lebih terkonsentrasi pada ujung daun yang tumbuh.

Perawatan Tanaman Zebra

Cahaya & Suhu

Dalam hal kondisi pencahayaan, tanaman zebra lebih menyukai cahaya terang, tetapi dapat menangani bagian teduh karena cukup toleran terhadap berbagai kondisi pencahayaan. Hal ini membuat mereka menjadi tanaman terarium atau indoor yang luar biasa, karena jumlah cahaya yang tersedia di dalam ruangan lebih rendah.

Jika Anda menginginkan pertumbuhan yang sangat baik, beri mereka setidaknya 6 jam cahaya terang setiap hari, yang berarti Anda harus menempatkannya di ambang jendela yang menghadap ke utara/selatan jika tumbuh di dalam ruangan, atau di luar ruangan dengan sinar matahari penuh jika ditaruh di teras atau pekarangan

Jika Anda menaruhnya di dalam ruangan yang tidak memiliki banyak cahaya, Anda selalu dapat membawa haworthia Anda “berjalan-jalan” di luar dan memberinya akses ke sinar matahari penuh selama satu atau dua hari, lalu pindahkan kembali ke dalam.

Dari segi suhu, semua spesies Haworthia cenderung lebih menyukai musim panas yang hangat dan musim dingin yang sejuk di daerah subtropis, tetapi tidak menyukai suhu di bawah sekitar 7 °C karena mereka dapat mulai mengalami kerusakan akibat embun beku. Di daerah tropis, tanaman ini sangat tolerir dengan suhu musimannya.

Penyiraman

Menyiram tanaman Haworthia cukup sederhana: tidak perlu banyak, dan penyiraman berlebihan adalah cara paling pasti untuk membunuhnya. Jika ditanam di dalam ruangan, cukup sirami saat tanah benar-benar kering. Jika di luar ruangan, pastikan tanahnya cukup lembab hingga agak kering, karena sukulen bergaris ini menampung cukup banyak air di daunnya.

Media Tanam

Seperti yang Anda bayangkan, kaktus zebra lebih menyukai tanah berpasir yang baik. Campuran media tanam kaktus dan sukulen standar apa pun seharusnya cukup baik. Anda dapat menggunakan tanah yang sedikit asam serta lebih menyukai kisaran pH 6,6. Jika Anda ingin memodifikasi campuran media tanam dalam ruangan, cukup tambahkan lebih banyak pasir Malang dan sekam untuk menunjang tanah.

Pupuk

Anda tidak perlu sering-sering memupuk, tetapi jika Anda ingin meningkatkan pertumbuhan sukulen zebra Anda, Anda dapat memberinya pupuk kaktus yang diencerkan.

Perbanyakan

Cara termudah untuk memperbanyak tanaman Haworthia attenuata adalah dari offset (anakan) atau stek daun. Anakan adalah yang termudah, karena yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan pisau tajam dan memotong anakan dari tanaman induk, berhati-hatilah agar tidak merusak induk atau akar anakan. Kemudian, tanam anakan di pot baru.

Jika memperbanyak dari potongan daun, Anda akan memelintir daun tepat di pangkalnya, membiarkannya mengering, lalu tempelkan ujung potongan tersebut ke dalam campuran tanah yang baru di pot.

Repotting

Cara terbaik adalah memasukkannya ke dalam pot besar dan dangkal, bukan pot tinggi dan tipis karena kebiasaan tumbuhnya yang menggerombol. Saat tanaman tumbuh, ini akan menghasilkan offset atau planlet yang akan mengisi keseluruhan wadah. Setelah terdorong ke tepi pot, Anda dapat mengganti ke pot yang lebih besar atau cukup melepas dan membuat kelompok Haworthia baru.

Masalah

Anda dapat menghadapi masalah seperti busuk akar dan serangan kutu putih saat menanam tanaman zebra haworthia. Masalah ini dibahas di bawah.

Jika Anda melihat daun berwarna kecoklatan di ujungnya, kemungkinan itu adalah masalah kekurangan air atau sengatan matahari. Sering kali kedua masalah ini bertepatan, karena tanaman yang kekurangan air lebih rentan mengering di ujungnya dalam panas yang menyengat. Perbaiki dengan mengguyur tanaman Anda dengan baik dan bila perlu pindahkan ke area dengan naungan dari bagian terpanas hari itu.

Jika Anda melihat daun yang lembek dan terkulai serta pertumbuhan yang terhambat, kemungkinan Anda menyiram tanaman secara berlebihan. Masalahnya adalah kebiasaan menyiram atau campuran tanah – cari tahu mana yang salah dan perbaiki!

Hama

Anda mungkin tidak akan menemukan banyak masalah hama pada tanaman ini, tetapi kutu putih dan jenis serangga sisik lainnya dapat muncul. Anda dapat menggunakan pestisida dan insektisida untuk menghilangkannya, atau menyeka daun dengan kapas pembersih yang dibasahi alkohol.

Penyakit

Anda tidak akan melihat banyak penyakit dengan zebra haworthia – hanya yang disebabkan oleh penyiraman berlebihan.

Tanya Jawab

Seberapa sering haworthia perlu disiram?

Secara umum, Anda harus menunggu sampai tanah Anda benar-benar kering, kemudian sirami secara mendalam. Siram lebih sering di musim kemarau.

Haworthia memerah, mengapa?

Ini adalah respons khas tanaman terhadap paparan banyak cahaya. Ini bukan hal yang buruk, hanya penampilan berbeda yang disukai beberapa orang!

Apakah haworthia akan mekar?

Haworthia memang bisa mekar, tetapi karena pertumbuhannya lambat, perlu sedikit waktu untuk muncul, dan tidak akan terjadi kecuali jika kondisi pertumbuhannya tepat – jadi ikuti panduan ini!

Komentar