Mengetahui Lebih Jauh Si Merah Dari Papua, BUAH AJAIB Timur Indonesia


Hallo sahabat tanam. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan baik.Kali ini kita akan kemabali membahas ragam tanaman yang boleh jadi tanaman tersebut merupakan tanaman langka berkhasiat, yang bahkan kita sendiripun tidak mengetahui bahwa tumbuh-tumbuhan ini ada disekitar kita.Yaitu Buah Merah Papua. Mengetahui namanya yang membawa suatu nama provinsi di Indonesia, Papua. Memiliki nama Ilmiah Pandanus conoideus, buah merah papua termasuk dalam keluarga tumbuhan bersuku pandan-pandanan. Sedangkan di Papua sendiri buah ini lebih dikenal masyarakat daerah dengan nama Kuansu.

buah merah papua

Tanaman buah merah papua dapat tumbuh tinggi mencapai lebih dari 15 meter. Dengan bentuk buah lonjong memanjang ditutupi daun buah yang menyerupai pandan. Panajang buahnya sendiri dapat mencapai 50-60cm, berdiameter 10-12 cm dan memiliki berat 2-5kg per buahnya. Nama buah merah sendiri berasal dari warna buahnya yang memang merah merona, ketika masak, warnanya akan semakin terang maroon. Namun beberapa jenisnya ada ditemukan dengan warna coklat kekuningan hingga warna merah yang lebih muda.

Warga lokal Papua seperti Wamena, Manokwari, Timika, hingga Jayapura biasa mengkonsumsi buah ini sebagai makanan pembuka dalam acara adat bakar batu. Dimana tadisi tersebut merupakan bentuk syukur masyarakat papua tetrhadap hasil panen yang berlimpah, hasil buruan yang mencukupi, hujan dan panas yang bijaksana, kelahiran yang selamat, perkawinan antar adat, dan sajian untuk penobatan kepala suku yang baru.

Tanaman buah merah sendiri mudah dan banyak ditemukan di hutan-hutan Papua hingga kebun masyarakat daerah Jayapura sampai pelosok Nabire.

Budidaya tanaman buah merah tidak luput dari kerja keras anak kampungnya yang bernama Nicholas Maniagasi pada tahun 1983. Yang membuat buah merah ini populer hingga sekarang. Bahkan atas hasil tangan dinginnya tersebut pulalah yang membuat dirinya dianugerahi penghargaan atas pelestarian buah merah papua pada tahun 2002, atau yang saat itu diketahui dengan nama KEHATI AWARD.

Rahasia sehat masyarakat Papua

Banyak penelitian yang dilakukan kepada buah eksotis tanah Papua ini, diantaranya mengenai adanya hasiat pengobatan beserta kandugan yang membuat para ilmuan kebigungan. Mengingat masyarat tanah Papua hingga pedalamannya jarang sekali memiliki penyakit degeneratif seperti kanker, darah tinggi, diabetes, jantung dan stroke. Padahal orang-orang tersebut lahir, tumbuh, dan tinggal di wilayah yang dapat dikatakan memiliki keadaan yang keras, termasuk panas ekstream dan suhu dingin pegunungan. Tidak sedikit ditemui bahkan warga lokal yang memiliki tubuh kekar dengan stamina kuat dan hidup lebih sehat daripada masyarakat Indonesia lainnya.

Sedikit demi sedikit rahasiapun terkuak. Para peneliti menemukan komposisi kandungan mineral dan nutrisi yang terdapat pada sari buah merah memiliki rata-rata partikel antioksidan yang amat sangat tinggi. Mengikuti ditemukannya pula zat-zat pendukung lain yang juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan terhadap radikal bebas. Diantaranya adalah, Omega 3, 6, dan 9, Asam linolenat yang merupakan asam lemak sehat yang dapat mencegah kerusakan jaringan dan senyawa-senyawa super aktif untuk melindungi tubuh dari terjangkitnya radikal bebas.

Hal tersebut jelas membuktikan bahwa buah merah Papua adalah anugrah yang diturunkan Tuhan di tanah Papua untuk memberikan perlindungan masyarakatnya dari serangan penyakit. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari buah merah penuh nutrisi tersebut.

Buah dengan anti-kanker yang reaktif

Kanker merupakan penyakit yang sangat tidak dapat diduga keberadaannya. Hal ini membuat penyakiti kanker sebagai pembunuh manusia nomor 1 didunia. Berbagai cara, obat dan makanan diteliti demi menemukan zat yang dapat membunuh hingga mencegah sel kanker ini untuk tumbuh. Dan hebatnya warga lokal Papua seakan tidak khawatir oleh hal yang dianggap sebagai pembunuh berdarah dingin tersebut.

Mengapa demikian, jawabannya terdapat pada buah ajaib yang tumbuh subur di tanah kering tersebut. Ya, buah merah Papua. Masyarakat Papua menjadikan buah merah sebagai obat untuk segala penyakit. Bahkan tidak jarang orang yang berasal dari luar wilayah Papua sengaja mencari dan memesan buah tradisional ini untuk mengobati penyakit kanker.

Buah merah diketahui memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal itulah yang kemudian menghambat hingga menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat pada sari buah menakjubkan ini juga berperan untuk menigkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit-penyakit lain.

Mengandung betakaroten aktif yang sangat bermanfaat

Diketahui antioksidan adalah zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain itu terdapat pula nutrisi sejenis vitamin A yang bersemanyam didalam sari buah merah dengan bentuk Betakaroten. Betakaroten adalah senyawa pembentuk warna merah-jingga pada buah dan tanaman.

Beragam penelitian dilakukan untuk mengetahui apa saja kegunaan senyawa yang mudah larut ini. Dan ditemukanlah bahwa betakaroten berfungsi untuk menangani berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jangka panjang, menjaga fungsi mata agar tetap optimal, mengatasi diare, mengurangi tekanan darah tinggi, memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bu yang sedang hamil, meredakan sakit asma akibat beraktivitas, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker pada prostat, payudara dan ovarian.

Memiliki kandungan nutrisi bersifat anti-bakteri dan virus

Tidak dapat dipungkiri, keadaan bumi yang semakin tua dengan berbagai aktifitas didalamnya menimbulkan banyak penyakit baru yang disebabkan oleh kontaminasi bakteri dan virus. Karena itu, kita wajib waspada terhadap perubahan iklim yang mendadak, menghindari situasi yang dapat membuat kita terjangkit penyakit dan semampu mungkin untuk meningkatkan sistem imun.

Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah merah yang berasal dari tanah subur Papua. Terdapat kandungan senyawa Omega 3 dan 9, Tokoferol, yang membantu terbentuknya antibodi agar tubuh tidak rentan terserang penyakit karena radikal bebas.

Buah merah Papua sebagai suplemen yang menakjubkan

Sudah bukan rahasia lagi jika fisik dan stamina masyarakat Papua merupakan yang paling baik diantara warga daerah lain. Mereka mengandalkan beragam olahan dari buah merah sebagai konsumsi sehari-hari. Mulai dari memakannya langsung setelah dipetik, diolah menjadi lauk-pauk, disaring sari buahnya, diambil minyaknya, dikukus, direbus, dipanggang hingga dimasak dalam batu. Semuanya memiliki khasiat yang penting untuk kesehatan. Menjadikan buah khas Papua ini sebagai senjata dari resep hidup sehat warga di ujung timur Indonesia.

Sebagai buah panjang umur

Dan terakhir adalah manfaat buah merah dari Papua sebagai buah untuk umur yang panjang. Terlepas dari segala bentuk kandungan nutrisi dan senyawa yang terdapat pada hasil bumi tanah Papua ini, buah dengan bentuk lonjong panjang nan merah dipercaya sebagai simbol kesehatan dan panjang umur bagi masyarakat suku pedalaman Papua. Menjadikan komoditas asli nusantara ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat tradisional dan pribumi nusantara.

Tertarik untuk mencoba buah unik bergizi dari tanah Papua ini. Selain kandungan nutrisinya, buah ini sudah menjadi sumber peghasilan ekonomis bagi sebagian warga lokalnya. Dan sudah sepatutnya pula kita wajib bersyukur atas apa yang diberikan tuhan yang Maha Esa. Tugas kitalah selanjutnya yang menjaga,  merawat dan melestarikan buah dengan khasiat luar biasa ini.