10 Buah Nikmat Ini Terbukti Dapat Menurunkan Panas


Buah adalah salah satu komoditas penting yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan. Tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh, tanaman buah juga memiliki manfaat memulihkan hinga meyembuhkan beberapa penyakit. Diantaranya adalah buah penurun panas atau demam.

Penyakt yang ditandai dengan gejala seperti meningkatnya suhu tubuh melebihi ukuran suhu normal atau yang berada pada angka diatas 37,5 derajat celcius. Panas tinggi  umumnya merupakan reaksi tubuh yang memberikan tanda bahwa sedang terjadi masalah pada sistem imun meliputi terinfeksi bakteri, virus hingga parasit. Biasanya akibat dari tubuh yang terserang flu, radang tenggorokan, dan infeksi bagian tubuh atau organ tertentu.

Tidak hanya karena kontaminasi virus dan bakteri, panas tinggi juga dapat terjadi akibat vaktor cuaca dan reaksi hormon. Beberapa kasus demam juga ditemukan karena efek samping dari mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan dan imunisasi.

Meskipun gejala panas tinggi sering kali mengkhawatirkan, apalagi jika terserang demam secara tiba-tiba. Kita harus menyikapi keadaan tersebut dengan tenang, agar pengobatan atau tindakan yang diberikan dapat efektif dan tepat sasaran. Mengingat panas tinggi tidak melulu soal pertanda penyakit yang serius. Ada baiknya jika tidak terburu-buru menghubungi dokter sampai harus minum obat penurun panas.

Pilihannya terdapat pada mengkonsumsi tanaman buah. Selain nikmat untuk dikonsumsi, buah penurun panas sangat nikmat dikonsumsi,  memakan buah dapat menjadi penanganan alami dan tanpa efek samping untuk menurunkan panas yang lebih dianjurkan.

1. Semangka

semangka

Buah penurun panas pertama yang dianjurkan untuk dikonsumsi menurunkan suhu tubuh adalah semangka. Buah manis merah berair ini sudah dikenal sebagai buah yang mengandung kadar air sangat tinggi, mencapai 70%. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh penderita demam untuk tetap memenuhi kebutuhan cairannya agar tidak dehidrasi, khususnya untuk anak-anak yang kerap sulit untuk minum air putih.

Buah yang dapat memberikan efek dingin ini, kaya akan vitamin, kalium dan serat. Mineral tersebut terbukti berfungsi meluruhkan dan menurunkan panas tinggi yang melanda baik bagi anak-anak maupun orang dewasa.

2. Jeruk

jeruk

Kemudian ada buah jeruk sebagai buah penurun panas. Buah yang biasanya menjadi oleh-oleh untuk kita berikan ketika sedang menjenguk seseorang yang sedang sakit ini, ternyata memang merupakan buah dengan manfaat menagkal radikal bebas dan anti-racun. Jeruk adalah buah dengan sumber vitamin C tinggi yang tidak dapat terbantahkan. Memiliki rasa asam manis segar, buah jeruk disinyalir dapat mengembalikan energi pasca sakit sekaligus menurunkan panas tubuh akibat penyakit demam.

3. Mentimun

mentimun

Buah mentimun atau timun yang sering dijumpai sebagai pelengkap lalapan ini mengandung kadar air yang tinggi. Tidak hanya air, timun juga memiliki senyawa kalium dan vitamin B5 yang mencapai 147 mg membuat buah seperti peluru ini bersifat menghilangkan nyeri dan dapat menurunkan suhu tubuh.

Selain dapat menurunkan panas demam, mentimun juga khasiat untuk menjaga kesehatan tulang serta melindungi gigi dari timbulnya karang dan plak.

4. Pisang

Buah pisang yang memiliki kharismanya sendiripun dak luput dari khasiatnya yang dapat menurunkan panas. Potassium, flavonoid, serat, karbohidrat dan zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan seseorang sedang dalam keadaan demam tinggi. Dan buah pisang memiliki semua nutrisi tersebut tanpa ada yang dapat membantahnya.

Pisang menyimpan jumlah kalori yang terbilang sangat mencukupi. Hal ini tentu akan membantu orang yang sedang sakit untuk memulihkan energinya.

Anda dapat mengkonsumsi buah pisang yang sudah matang untuk mengurangi rasa pusing dan lemas akibat suhu tubuh yang sedang tinggi.

5. Apel

apel

Buah apel kembali menjadi andalan banyak orang yang sedang mencari buah untuk menurunkan panas. Buah yang kaya akan kandungan antioksidan ini, sedikitnya menyimpan vitamin sebanyak 1.600 mg. Anda dapat mengkonsumsi buah apel segar secara langsung atau mengolahnya menjadi jus dan infused water (air berisi irisan buah yang disimpan dalam wadah tertutup) untuk mengobati penyakit demam.

Mengkonsumsi bah apel secara teratur setiap hari dapat mencegah tubuh dari terserang banyak penyakit yang berasal dari radikal bebas dan pola hidup tidak sehat.

6. Delima

delima

Buah delima atau pome ini suduh diketahu masyarakat sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, potassium, fosfor, flavonoid, beta karoten dan asam folatnya berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-inflamasi. Hal ini menjadikan buah delima dapat megurangi bahkan menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh kontaminasi bakteri dan infeksi dalam tubuh.

Buah delima yang sudah matang dapat anda konsumsi dengan menjadikannya jus dan diminum setiap hari apabila panas tubuh terasa masih tinggi, hingga merasa lebih baik.

7. Anggur

Buah anggur sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu oleh bangsa yunani kuno sebagai buah yang wajib ada disetiap jamuan makan. Hal itu tentu tidak terlepas dari khasiat buah anggur sendiri.

Selain sebagai makanan para bangsawan sejak zaman kuno, anggur memiliki peran sebagai buah dengan sifat anti-radang dan bakteri.

Mengkonsumsi buah anggur secara teratur setiap hari terbukti dapat meningkatkan stamina dan mencegah anda dari terserang penyakit.

8. Manggis

Buah manggis terkenal dengan jululukannya sebagai ratu dari buah-buahan. Manggis adalah buah yang tumbuh dengan baik di seluruh permukaan tanah asia tenggara, terlebih di Indonesia. Buah manggis dipuja banyak orang sebagai buah dengan kandungan nutrisi dan antioksidan paling tinggi di antara buah lainnya. Bukan rahasia lagi jika buah dengan rasa nikmat ini mampu menyembuhkan hingga mencegah berbagai macam penyakit, dari yang paling ringan seperti sakit demam atau panas tinggi sampai penyakit kronis seperti kanker dan tumor ganas.

Buah yang sering kali dipasangkan dengan buah durian ini. Merupakan buah musiman yang tumbuh muncul mendekati musim penghujan di ujung tahun.

9. Melon

Satu lagi buah nikmat yang terbukti ampuh untuk menurunkan panas tubuh, yaitu buah melon. Buah dengan rasa manis yang sangat enak ini juga menyimpan kandungan air yang melimpah, meskipun buah semangka tetap menempati juara pertama dalam jumlah kandungan air.

Sama seperti buah semangka, buah melon juga memiliki sifat mendinginkan dan menenagkan, menjadikan buah melon sebagai pilihan buah yang juga direkomendasikan untuk menurunkan suhu tubuh ketika demam melanda.

10. Air kelapa

Yang terakhir adalah yang paling banyak dicari ketika anggota keluarga atau bahkan diri sendiri sedang mengalami panas tinggi akibat demam. Baik itu hanya demam ringan akibat terkena air hujan, ataupun panas tinggi dampak dari infeksi faktor bakteri dan virus.

Buah kelapa yang masih muda, memiliki kandungan elektrolit berbentuk natrium, kalium, protein, zat besi dan kalsium. Hal tersebut tentu menjadi alasan buah dengan kandungan air berlimpah ini kerap diburu oleh masyarakat ketika sakit untuk menggantikan ion tubuh yang hilang akibat menuingkatnya suhu tubuh.

Panas tinggi dapat dicegah dengan mengkonsumsi makan makanan bergizi, menjaga kebersihan dan istirahat yang cukup. Namun jika dirasa sudah menerapkan pola hidup yang sehat tapi tetap saja terserang demam oleh faktor lingkungan, anda dapat menjadikan buah-buahan yang sudah disebutkan diatas sebagai alternatif obat nikmat yang memiliki peran sama seperti obat oral pada umumnya.