Daun Miana, Tanaman Herbal Tradisional Pemberantas Wasir.

Halo sahabat tanam. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan baik.

Seperti judul artikel tanaman.com diatas, kali ini kita akan membahas lebih detail tentang tanaman berpenampilan unik bernama Miana. Mungkin tidak banyak yang mengenal sosok tumbuhan dedaunan yang satu ini, namun bisa jadi anda lebih mengenalnya dengan melihat langsung rupa sang daun miana.

Tanaman bernama Latin Coleus scutellarioides tersebut bukanlah tanaman baru dalam dunia flora nusantara. Disebutkan bahwa salah satu anggota keluarga tumbuhan berbunga ini acap kali dimanfaatkan dan dibudidayakan sebagai tanaman hias penutup tanah.

Miana atau daun iler dalam bahasa jawa adalah satu dari sekian banyak tanaman semak berpenampilan indah. Daun miana yang berwarana merah keunguan terang diikuti corak kehijauan di tepian daunnya, memberikan kesan eksotis bagi tumbuhan berdaun tunggal ini. Bahkan pada beberapa jenis lainnya menciptakan tampilan lebih indah dengan membentuk cipratan cat berwarna merah muda terang di pangkal pertulangan daun. Sedangkan bunga miana sendiri berukuran mungil berwarna putih kebiru-biruan yang muncul di ujung-ujung kuncup tanaman.

Batang tanaman daun iler termasuk dalam jenis batang tanaman tidak berkayu dan lunak. Berbentuk persegi dengan rambut-rambut halusnya yang pendek nyaris gundul menyelimuti keseluruhan tubuh tanaman. Hebatnya meski termasuk dalam katergori jenis tumbuhan terna dan semak, tanaman daun miana dapat tumbuh mencapai ketinggian hingga 1,5 meter.

Hanya tumbuh pada daerah dengan wilayah dataranan setinggi  1000 meter diatas permukaan laut, daun iler juga disebut-sebut sebagai perwujudan dari pakaian dewi-dewi khayangan yang tertinggal di pegunungan. Hal itu menjadi cerita masyarakat Jawa tentang asal mula daun cantik nan indah ini.

Tampilan helaian daun yang sarat akan perpaduan warna warni cerah inilah kemudian menjadikan tumbuhan berdaun mempesona tersebut kerap hanya dipandang sebagai penghias hunian, yang tentu saja bernilai jual tidak murah.

Senyawa kimia yang terdapat pada daun miana

Memiliki bentuk serta corak warna yang menakjubkan daun miana merupakan salah satu dari ratusan hingga ribuan jenis tanaman obat dengan rupa indahnya. Diketahui bahawa daun iler atau miana mengandung senyawa kimia dan nutrisi yang menempatkan posisinya sebagai tanaman herbal. Sebut saja kandungannya antara lain minyak atsiri, flavonoid yang merupakan senyawa bioaktif dari tumbuh-tumbuhan, saponin, tanin, triterpenoid, polifenolat dan steroid.

Adapun senyawa kimia diatas berperan atas terbentuknya sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas.

Daun miana sebagai obat tradisional

Daun  Coleus scutella atau miana adalah obat tradisonal yang sangat ampuh untuk mengatasi penyakit wasir. Hal tersebut bukanlah tanpa sebab, diketahui bahwa sifat antiseptik yang terdapat pada daun berwarna cerah tersebut bekerja efektif meringankan bahkan menghilangkan pembengkakan pada pembuluh darah yang terbentuk disekitar anus. Menjadikan daun iler sebagai obat tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat lokal dalam urusan mengatasi penyakit wasir atau ambeien.

Sebagai obat penurun panas

Selain bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi penyakit wasir, tanaman daun miana juga sering kali dugunakan oleh warga pedesaan untuk meredakan panas tinggi yang menyerang anak-anak.

Gunakan air rebusan daun miana yang diminum pada pagi dan sore hari sebagai obat penurun panas.

Kandungan saponin dan minyak atsirinya dipercaya sebagai media penyembuh yang berkhasiat dalam menurunkan suhu tubuh tinggi akibat penyakit demam.

Inilah ciptaan tuhan yang boleh disebut tidak hanya memiliki penampilan cantik, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tertarik untuk mengoleksi salah satu jenis daun iler ini?

Komentar