Bunga Dahlia: Jenis-jenis, Cara Menanam, serta Perawatannya


Bunga dahlia merupakan tanaman perdu berumbi serta salah satu tanaman hias yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sehingga bunga ini dapat dengan mudah ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Dahlia juga memiliki keindahan bunga yang menawan dengan variasi warnanya yang tak kalah indah, tak jarang jika bunga ini menjadi salah satu favoritbagi para pencinta tanaman hias. Bunga ini berasal dari Meksiko dan juga merupakan bunga nasional negara tersebut.

Selain itu, umbi dari bunga ini mengandung sekitar 70% pati inulin murni yang biasa digunakan dalam bidang kedokteran sebagai bahan obat-obatan. Inulin yang difermentasi oleh enzim tertentu akan berubah menjadi zat fruktosa, yaitu zat yang digunakan untuk mengawetkan makanan atau sirup.

Jenis-jenisĀ  Dahlia

dahlia memiliki berbagai jenis dan variasi warna yang beragam. Adapun jenis-jenis dahlia yang wajib anda ketahui antara lain:

  1. Dahlia Peony

Dahlia Peony

dahlia jenis ini merupakan salah satu jenis yang memiliki bentuk yang sangat indah ketika mekar. Ciri khasnya terdapat pada bagian pusat yang cenderung lebih terbuka dan dikelilingi oleh dua atau lebih barisan kelopak bunga yang berukuran cukup besar. Pola dari kelopak bunga tesebut tidak beraturan tetapi memberikan kesan yang unik.

  1. Dahlia Waterlily

Bunga dahlia ini memiliki kemiripan dengan bunga teratai air. Tampilannya sangat menakjubkan jika sedang mekar karena akan sangat tampak indah dengan kelopak bunganya yang berbentuk ganda dan juga luas.

  1. Dahlia Anggrek

Dahlia Anggrek

Bunga dahlia anggrek memiliki bunga tunggal yang cenderung memiliki pusat terbuka. Dahlia jenis ini dapat dikategorikan sebagai anggrek tunggal maupun ganda. Dinamanakan sebagai dahlia anggrek dikarenakan bunga ini memiliki kemiripan dengan anggrek.

  1. Dahlia Bola

Sesuai dengan namanya, bunga dahlia ini memiliki bentuk bulat dengan garis tepi rata sehingga terlihat seperti lingkaran. Jenis ini tumbuh dua inci atau lebih ketika bunganya mekar sempurna.

  1. Dahlia Pompon

Umumnya, bunga dahlia jenis ini berukuran kecil dengan kelopak bunga yang datar serta tersusun dalam bentuk spiral. Sama seperti bunga dahlia bola, bunga ini juga berbentuk bulat. Bedanya, bunga dahlia pompon memiliki kelopak bunga yang terlihat seperti diguung.

  1. Dahlia Anemone

Bunga ini memiliki dua bagian kelopak dimana masing-masing kelopak bunganya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Umumnya, kelopak dari bunga jenis ini berukuran lebih kecil sehingga tampak seperti cincin. Keunikan dari bunga ini adalah warnanya yang bervariasi serta tanamannya tumbuh dengan ketinggian mencapai empat kaki.

Cara Menanam Bunga Dahlia

Karena sifatnya yang mudah ditanam dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan, bunga ini menjadi tanaman favorit untuk dijadikan tanaman hias. Jika anda tertarik untuk menanam bunga ini di rumah, berikut cara mudah untuk menanam bunga dahlia.

  1. Dasar Penanaman

Hal yang pertama kali yang harus anda ketahui dalam penanaman bunga ini adalah mengenali dasar-dasarnya terlebih dahulu. Inti dari tahap ini adalah intensitas matahari dan persiapan sistem drainase yang baik dan juga lancar. Bibit dari bunga ini pun tidak sulit untuk diperoleh karena anda dapat mendapatkannya dari toko-toko tanaman hias. Selain itu, bunga dahlia juga dapat disilangkan dengan bunga lainnya untuk mendapatkan hasil bunga yang tak kalah menawan.

  1. Menyiapkan Media Tanam Dahlia

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam bagi dahlia. Langkah ini dapat mempermudah dalam penanaman. Jika anda tidak memiliki pekarangan yang cukup untuk ditanam langsung di tanah, maka anda dapat menggunakan pot sebagai alternatifnya. Letakkanlah bunga di tempat yang dirasa pas untuk dijadikan hiasan baik indoor maupun outdoor. Namun perlu diperhatikan juga untuk menjaga dahlia mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup serta rajin disiram dengan air yang pas pula. Siapkan pula tanah humus dengan pupuknya.

  1. Menyiapkan Bibit Dahlia

Bibit bunga dahlia ini sangat mudah untuk diperoleh, apalagi jika bunga ini sudah pernah tumbuh sebelumnya, maka anda dapat menuai bibit berupa biji, batang, dan umbi yang akan berkembang menjadi bibit baru.

Berbeda dengan bunga jenis lain, dahlia menyukai tempat dengan banyak asupan cahaya matahari langsung. Sebaiknya gunakan polybag terlebih dahulu untuk memudahkan saat proses pemindahan bunga nanti. Setelah bibit dahlia tumbuh dengan baik, maka anda dapat memindahkannya ke media yang lebih besar atau luas seperti di dalam pot atau ditanam langsung di tanah.

Isilah media tanam dengan tanah humus, pupuk kompos, serta pasir halus. Sesuaikan pula dengan dengan komposisi tanamnya, jangan terlalu padat dan juga jangan terlalu longgar agar aliran air dan sistem drainase berjalan lancar. Sebaiknya anda perlu menyiapkan media tanamnya 7 hari sebelum memulai penanaman.

  1. Proses Penanaman

Apabila bunga telah tumbuh dengan ketinggian yang cukup, langkah selanjutnya adalah memindahkan bunga dahlia ke media yang lebih besar. Adapun langkah-langkahnya sebegai berikut:

  • Pisahkan secara hati-hati dari polybag dengan cara melonggarkannya terlebih dahulu media tanam agar tidak merusak akar.
  • Pangkaslah daun bunga agar semua nutrisi yang terserap tidak terfokus pada daun sehingga mengabaikan nutrisi bagi bunganya.
  • Stimulasilah bunga agar dapat tumbuh dengan cepat dengan rutin melakukan pemupukan baik pupuk kimia maupun pupuk kompos.
  • Perhatikan asupan cahaya matahari untuk pertumbuhan bunga yang lebih baik.

Perawatan Bunga Dahlia

Untuk mendapatkan bunga yang sehat dengan warna yang indah, maka anda harus selalu rutin merawat bunga ini. Adapun langkah-langkah mudah perawatan bunga dahlia dapat anda ikuti langkah berikut.

  • Kurangi intensitas pemupukan jika bunga telah dirasa cukup tumbuh dengan baik.
  • Rutin melakukan pemangkasan terhadap daun dan ranting yang mengganggu menggunakan gunting khusus tanaman atau pisau yang tajam.
  • Jangan terlalu sering menyiram tanaman ini karena dapat mempercepat proses pembusukan.
  • Pastikan bunga selalu berada pada daerah yang terkena sinar matahari langsung. Sebaliknya, jika cuaca panas atau kering, maka anda harus sering meyiram dahlia dengan air yang cukup.
  • Buanglah gulma yang mengganggu secara ruitn, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan bunga dahlia anda.
  • Pisahkan tunas baru dengan tunas lama agar tidak terlalu padat jika anda menggunakan media berupa pot.
  • Lakukan penyemprotan anti hama secara rutin agar tidak terserang hama dan penyakit seperti ulat.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis, cara menanam, dan perawatan bunga dahlia yang mudah bagi anda yang ingin memulai menanamnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.