Cara Memangkas Daun Pohon Ficus yang Baik dan Benar

Pohon ficus cantik dan sangat populer. Karena itu tidak mengherankan jika mereka bisa menjadi salah satu tanaman hias paling populer d dunia. Alasan lain untuk popularitas tanaman ini adalah karena mereka tidak terlalu sulit untuk tumbuh: selama Anda memberi mereka nutrisi dasar dan kondisi pertumbuhan yang menguntungkan, Ficus Anda akan tumbuh kuat dan sehat.

Fikus

Pohon Ficus Tumbuh dengan Cepat

Karena pohon Ficus mudah tumbuh, bahkan di dalam ruangan, itu berarti mereka akan tumbuh banyak. Tidak mengherankan jika pohon Ficus yang sehat tumbuh sangat cepat dalam potnya. Meskipun ini adalah hal yang baik bagi pemilik yang ingin memiliki Ficus yang besar dan sehat di rumahnya, ada satu masalah: apa yang harus dilakukan jika potnya sudah besar?

Ini adalah hal yang hebat, karena ini berarti pohon Ficus Anda tumbuh subur dan menikmati kondisi di rumah Anda. Di sisi lain, hal itu berpotensi menimbulkan masalah karena tanaman Ficus dapat tumbuh lebih cepat dari potnya.

Masalah lainnya adalah pohon Ficus tidak suka dipindahkan. Ini menciptakan banyak tekanan untuk Ficus, yang bisa membuatnya menggugurkan daunnya. Untuk mencegah masalah ini dan mengatasi masalah pohon Ficus menjadi terlalu besar, penting untuk memangkas Ficus Anda secara teratur.

Untungnya, pertumbuhan Ficus Anda dari potnya mungkin hanya terjadi di luar (daunnya). Akarnya tidak tumbuh begitu cepat sehingga Anda tidak perlu terlalu sering memikirkan repotting. Namun  pemangkasan secara teratur adalah salah satu hal dasar yang perlu Anda kuasai jika Anda ingin menanam tanaman Ficus di rumah Anda.

Kapan Memangkas Ficus Anda?

Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah kapan memangkas Ficus Anda. Sangat penting untuk dipahami bahwa pohon Ficus tidak tahan musim dingin. Inilah sebabnya mengapa mereka umumnya ditanam sebagai tanaman hias dan bukan tanaman luar ruangan di Amerika Serikat Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di dunia sehingga mereka dapat tumbuh dengan sukses di luar ruangan hanya di zona iklim hangat. Jika Anda tinggal di luar daerah tropis dan subtropis, kemungkinan besar Anda harus merawat Ficus di dalam ruangan.

Satu hal yang perlu diingat tentang pohon Ficus yang tumbuh di dalam ruangan adalah pertumbuhannya biasanya lambat tetapi stabil. Inilah sebabnya mengapa tampaknya Ficus Anda tumbuh sangat cepat dan menyebar. Pertumbuhan ini terkadang bisa sangat kuat sehingga tanaman menjadi sangat berat di ujungnya. Ini memengaruhi bentuk lengkung Ficus, yang merupakan sesuatu yang ingin Anda hindari.

Ini adalah salah satu alasan utama untuk memangkas. Ini dianggap sebagai “pemangkasan peremajaan” karena ini akan meningkatkan pembentukan cabang yang tepat pada tanaman Anda dan membuat pohon Ficus Anda lebih padat dan menarik secara visual.

Kapan memangkas Ficus Anda? Penting untuk memangkas tanaman Anda setiap kali bersentuhan dengan furnitur, langit-langit atau benda lain di rumah Anda. Ini adalah salah satu alasan paling umum untuk memangkas pohon Anda dan Anda harus melakukannya setiap kali Anda melihat Ficus Anda tumbuh menjadi objek lain.

Namun pemangkasan yang lebih substansial perlu diatur waktunya dengan benar. Apa pun yang lebih dari sekadar pemangkasan kecil di sana-sini perlu dilakukan hanya jika tanaman tidak lagi aktif tumbuh. Ingatlah bahwa Ficus Anda (jika Anda tinggal di daerah subtropis), seperti kebanyakan tanaman lainnya, aktif secara vegetatif di musim semi dan musim panas. Pada musim gugur, tanaman memperlambat pertumbuhannya dan di musim dingin dia memasuki masa dormansi. Ini adalah saat tanaman Anda jauh lebih tidak rentan terhadap cedera dan masalah lainnya. Inilah sebabnya mengapa musim dingin adalah waktu terbaik untuk memangkas pohon Ficus Anda.

Pada saat yang sama, perlu diingat bahwa membuang material mati dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Anda tidak perlu menunggu hingga musim dingin untuk ini. Nah untuk iklim tropis, pemangkasan bisa dilakukan kapan saja di sepanjang tahun.

Tips Memangkas Pohon Ficus Anda

Memangkas pohon Ficus Anda tidak rumit, tetapi Anda harus bekerja dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman Anda. Cara terbaik adalah menggunakan pemangkas yang bersih dan tajam. Gunting bonsai besar tampaknya bekerja paling baik. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan agar Anda tidak melukai diri sendiri saat memangkas. Perlu diingat bahwa tanaman Ficus memiliki getah lateks yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Inilah mengapa sarung tangan menjadi keharusan.

Sebelum memangkas, perhatikan baik-baik pohon Ficus Anda untuk mengidentifikasi area tepat yang perlu dipangkas. Jika tanaman terlalu tinggi, di sinilah Anda akan mulai. Namun jika Anda hanya ingin membuat tanaman pendek yang rimbun, Anda perlu berpikir sedikit untuk memutuskan di mana akan memangkas. Memutuskan di mana mulai memotong mungkin merupakan langkah paling penting.

Setelah Anda mengidentifikasi tempat untuk memotong, selalu penting untuk menyingkirkan cabang yang mati dan patah terlebih dahulu. Lakukan ini sebelum Anda mulai dengan pemangkasan yang benar. Ini selanjutnya akan membantu Anda mengidentifikasi hal-hal yang perlu dilakukan dan membantu Anda memutuskan bagaimana membentuk Ficus Anda dengan benar.

Ingatlah bahwa ada beberapa aturan pemangkasan yang perlu Anda ikuti. Ini akan membantu Anda menciptakan tampilan yang lebih baik pada pohon Ficus Anda dan menghindari potongannya terlihat jelas. Aturan yang paling penting adalah memotong tepat sebelum simpul pertumbuhan (buku/node). Ini diperlukan untuk memastikan bahwa pertumbuhan baru akan tumbuh di sana dan menutupi tunggul.

Hal lain yang perlu diingat adalah membuang cabang demi cabang yang satu ukurannya. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan bentuk yang rapi. Ini juga akan mengembalikan ukuran dan penampilan cantik Ficus Anda. Cara bagus lainnya adalah memotong dengan miring dari simpul atau cabang sekunder. Ini akan memastikan pertumbuhan yang tepat dan membuat Ficus Anda terlihat cantik.

Jika pohon Ficus Anda sangat rusak dan memiliki banyak pertumbuhan yang mati, sebaiknya pangkas tidak lebih dari sepertiga bahannya. Selalu memungkinkan untuk memangkas lebih banyak lagi nanti, setelah tanaman pulih. Yang terbaik adalah menunggu sampai pohon Ficus Anda mulai tumbuh kembali. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak membuang materi baru apa pun.

Komentar