Benarkah Daun Insulin Mampu Mengatasi Diabetes? Cari Tau Disini.

Halo sahabat tanam, apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan baik.

Banyaknya ragam entitas flora yang tumbuh di Indonesia menjadikan Negeri Pertiwi kita sebagai salah satu wilayah dengan jenis tumbuh-tumbuhan terbanyak pada Benua Asia, selain itu wilayah Indonesia juga memiliki iklim tropis yang semakin mendukung tempat bertumbuhnya sejumlah tanaman-tanaman langka hingga tanaman herbal berkhasiat.

Dewasa kini, kita akan mengulik sedikit informasi mengenai tanaman insulin. Ya, Insulin.

Insulin atau yang lebih kita kenal sebagai hormon pemecah gula darah menjadi energi, adalah satu dari sekian banyak hormon yang sangat dibutuhkan dalam tubuh.

Dan tahukah anda, bahwa terdapat tumbuhan atau tanaman yang memiliki kandungan menyerupai dan membentuk senyawa insulin. Diberi nama tidak berbeda dari manfaatnya daun insulin menjadi senjata andalan alami bagi banyak penderita diabetes.

Karakteristik tanaman daun insulin

Tanaman daun insulin merupakan salah satu tanaman berbunga indah yang memiliki khasiat luar biasa, terlebih atas pembuktiannya yang berpengaruh untuk mengontrol kadar gula darah. Tanaman insulin atau Yakon ini dikenal bernama Ilmiah Smallanthus sonchifolius adalah tumbuhan obat dengan jumlah penelitian yang sudah tak terhitung lagi. Saking banyaknya bahkan diketahui daun insulin tidak hanya direkomendasikan bagi penderita diabetes, tapi juga berkhasiat untuk berbagai keluhan kesehatan.

Tumbuh-tumbuhan berdaun hijau yang termasuk dalam kategori kerabat tanaman hias ini berbentuk menyerupai daun tanaman buah anggur, hanya saja ukurannya lebih lebar dan dihiasi oleh bunga mungil cantik seperti aster yang berwarna kuning cerah. Umumnya masyarakat terdahulu yang belum mengetahui manfaat dan khasiat dari tanaman ini, lebih memfungsikannya sebagai tanaman hias karena bunga cantiknya. Batangnya tumbuh tidak terlalu tinggi, hanya mencapai ketinggian 2 meter dengan tangkai tak berkayu. Tumbuh diatas permukaan tanah yang disokong oleh umbi insulin yang membentuk gumpalan atau tumor tanaman, berwarna putih dengan kulit kecoklatan atau kemerahan.

Kandungan daun insulin

Disebut sebgai tanaman yang mampu membantu para penderita penyakit gula darah dalam memproses glukosa. Daun insulin mengandung senyawa molekul gula sederhana yang terdapat pada buah atau sayuran, biasa disebut dengan fruktosa yang besarannya mencapai 35%. Kandungan inilah yang kemudian berperan mencegah dan menekan kadar gula dalam darah agar dapat dikontrol dan tidak menumpuk.

Beberapa penelitian terus dilakukan untuk mengetahui kandungan nutrisi dan senyawa yang terdapat pada daun insulin, dan hasilnya menyatakan bahwa daun hijau tersebut menyimpan senyawa aktif berupa tanin, saponin, alkaloid, flavonoid, dan steroid. Molekul-molekul tersebut berperan secara langsung sebagai anti-oksidan tinggi, anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-diabetik yang bekerja sangat efektif juga aman dalam jangka waktu panjang.

Daun insulin sebagai media terapi bagi penderita diabetes

Penyakit kencing manis atau penyakit gula adalah penyakit generatif yang sangat berbahaya. Apabila tidak ditangani dengan serius dan tepat, dapat mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit berbahaya lainnya yang mengancam nyawa.

Belakangan diketahui sudah banyak para peneliti dan dokter yang bekerja sama untuk kemudian mengolah dan menjadikan ekstrak tanaman daun insulin sebagai terapi herbal dalam menangani masalah kadar gula penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Alternatif lain anti-kanker

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kandungan saponin, tanin dan flavonoid pada daun insulin berperan aktif sebagai anti-oksidan tinggi. Anti-oksidan inilah yang kemudian memerangi sel-sel kanker yang terdapat didalam tubuh seseorang.

Uji coba terhadap hewan pun dilakukan demi mengetahui hasil signifikan zat anti-kanker tersebut. Dan faktanya hewan yang sudah diinduksi oleh sel kanker, kondisinya perlahan membaik dan dapat menekan pertumbuhan sel-sel abnormal tersebut.

Hingga kini, penelitian terus digencarkan agar mendapatkan paten sempurna dari khasiat daun insulin tersebut.

Berperan sebagai zat anti-septik dan anti-bakteri

Daun insulin yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri disinyalir mampu melawan beberapa jenis bakteri jahat yang dapat mengancam kesehatan. Diantaranya dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri penyebab radang tenggorokan dan sakit perut. Selain itu, rutin mengkonsumsi ekstrak daun insulin secara teratur dipercaya dapat mencegah tubuh dari serangan radikal bebas dan memperbaiki sistem imun yang lemah.

Apapun keadaanya tetaplah untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan terapi berbagai jenis, agar penanganan yang diberikan dapat diterima tubuh secara maksimal dan sesuai keinginan. Pastikan pula untuk mengetahui apakah terapi kesehatan yang dijalani memiliki efek samping atau tidak, supaya tidak ada keluhan berkelanjutan dikemudian hari.

 

Komentar