Daun Kenikir “Ulam Raja” Kaya Manfaat Berbunga Indah

Halo sahabat tanam. Apa kabar? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan baik.

Ulasan tanaman.com kali ini akan membahas tentang Kenikir, atau lebih tepatnya Daun Kenikir. Hmm, pasti sahabat tanam sudah membayangkan salah satu jenis tanaman hias dengan bunganya yang indah bukan. Benar sekali, umumnya tanaman kenikir adalah tanaman bunga yang pemanfaatannyapun tidak jauh-jauh sebagai tanaman hias. Namun tahukah anda, bahwa kenikir juga merupakan herba yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jenis-jenis kenikir

Kenikir atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cosmos dalam Bahasa Latinnya, adalah tanaman berbunga yang berasal dari daratan Amerika spesifikasi lebih lanjutnya menyebutkan dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Latin. Namun sekarang  banyak ditemukan tumbuh secara liar di negara-negara Benua Asia Tenggara dan Asia Selatan meliputi Thailand, Filipina, Kamboja, Semenanjung Malaya, Indonesia hingga India. Penyebarannya sendiripun tak luput dari tangan

Termasuk dalam salah satu jenis tumbuhan kerabat tanaman bunga aster yang cantik, ternyata tanaman kenikir memiliki banyak jenis berdasarkan tempat tumbuh, warna dan bentuk bunganya, serta khasiat yang dihasilkannya. Diantaranya adalah Kenikir Hias, Kenikir Sulfur, Kenikir Coklat, dan Kenikir Sayur yang kerap dimanfaatkan sebagai tanaman sayuran.

Morfologi tanaman

Tanaman kenikir memilikir akar tunggang yang menopang keseluruhan batangnya. Batang kenikirpun termasuk dalam kategori jenis tanaman perdu yang tumbuh setinggi tidak lebih dari 1 – 1,5 meter. Batangnya tegak lurus ramping, berwarna hijau kecoklatan dan tampak kokoh namun rapuh.

Kenikir merupakan salah satu dari sekian banyak jenis tumbuhan berdaun tunggal. Daunnya tumbuh berhadap-hadapan selang-seling, berwarna hijau daun pada umumnya dengan ujung yang berbagi meruncing.

Bunga kenikirpun merupakan bunga majemuk yang muncul di ujung-ujung tangkai. Warna bunganya indah beragam, bahkan beberapa jenis kenikiri tertentu memiliki bunga yang sangat unik.

Kandungan nutrisi daun kenikir

Menelisik lebih jauh tentang daun kenikir yang menjadi bahan santapan sayuran warga, tentu tidak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Sebagiannya adalah flavonoid, saponin, tanin, serat vitamin A, C, D, dan E, polivenol, magnesium, asam askorbat, karbohidrat, kuersetin, hidroksieugenol, terpeoid, dan senyawa lain yang membentuk protein. Dan tak ketinggalan pula kandungan minyak atsirinya yang menjadi sumber aroma khas dari tanaman berbunga cantik tersebut.

Khasiat dan manfaat daun kenikir

Dan ini yang paling menarik, dibawah ini akan dijelaskan beberapa khasiat dan manfaat dari sang “ulam raja” tersebut. Adapun diantaranya yaitu.

1. Menunjang sistem imun tubuh

Daun kenikir yang kerap disantap sebagai lalap-lalapan bukanlah tidak beralasan. Faktanya dedaunan hijau ini mengandung sejumlah vitamin A, C, E, dan D serta flavonoid yang berperan maksimal menghasilkan antioksidan. Antioksidan inilah yang kemudian menjadi sumber zat utama untuk menunjang sistem imun dalam hal melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Bahkan beberapa senyawa kimia yangterdapat didalam daun kenikir berfungsi sebagai anti bekteri dan virus.

2. Alternatif penambah nafsu makan.

Di dalam 100 gram daun kenikir segar terdapat senyawa aktif yang bekerja secara efektif merangsang rasa lapar . Hal ini tentu berdampak pada bertambahnya nafsu makan, yang kemudian menjadikan daun kenikir sebagai alternatif orang tua dahulu untuk menyajikannya dalam bentuk masakan sayuran atau lalapan.

3. Daun kenikir untuk mengatasi bau mulut

Jika anda meremas daun kenikir, anda kan dapat merasakan aroma khas dari tanaman sayuran tersebut yang memenuhi indra penciuman anda. Hal demikian adalah akibat proses pelepasan senyawa minyak atsiri yang teoksidasi oleh oksigen.

Seperti tanaman daun mint yang juga dapat mengatasi masalah bau mulut kurang sedap, anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kenikir segar, kemudian berkumurlah dengan air putih. Dijamin keluhan nafas tak sedap dapat anda tuntaskan.

4. Baik dikonsumsi penderita diabetes

Bagi anda penderita diabetes, ada baiknya anda mulai rajin mengkonsumsi daun kenikir ini. Pasalnya terdapat senyawa kimia aktif yang dapat membantu pankreas dalam memproduksi hormon insulin. Sebut saja senyawa kuersetin, saponin, dan tanin. Ketiganya dinilai efektif membantu kinerja insulin dalam memecah zat glukosa menjadi energi. Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan bagi sebagian penderita penyakit gula.

5. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi lagi-lagi menjadi kondisi yang sangat dihindari oleh banyak orang. Tapi tahukah anda, daun kenikr ternyata sudah sejak lama digunakan oleh para nenek moyang untuk mengontrol tekanan darah.

Diketahui bahwa sayuran daun kenikir memiliki efek diuretik yang dimilikinya merangsang sistem pembuangan baik berupa urin menjadi lebih lancar. Dan hal tersebut juga mengaitkan atas hasil tekanan darah yang lebih stabil karena sistem dalam tubuh membuang zat natrium dan kadar air.

Komentar