Bagaimana Cara Menanam Sukulen dari Biji? Berikut Langkah Mudahnya

Sukulen adalah tanaman indah yang hadir dalam berbagai warna, ukuran, dan bentuk. Mereka juga sangat mudah untuk dirawat berkat kebutuhan penyiraman dan pemberian pupuknya yang minimal. Meskipun Anda dapat membeli sukulen yang sudah ditanam di hampir semua toko bunga, pusat pembibitan online (nursery), atau toko online, Anda sebenarnya juga bisa menumbuhkan sukulen dari biji!

Biji sukulen

Melihat sesuatu yang awalnya sangat kecil (biji sukulen sangat kecil) tumbuh menjadi tanaman yang dewasa dan berkembang sangat menyenangkan. Tapi bagaimana Anda bisa menanam sukulen dari biji? Kami akan memberi tahu Anda sebuah rahasia kecil: ini bukanlah ilmu yang rumit. Meski begitu Anda harus membuat akomodasi yang sesuai, termasuk memilih media tanam yang tepat, menempatkan benih di lokasi yang tepat, dan menggunakan air yang cukup.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan agar berhasil menumbuhkan sukulen dari biji? Mari kita jelajahi.

Mengapa Anda Harus Menanam Sukulen dari Biji?

Sebelum kita menyelami dan menjelaskan cara menanam sukulen dari biji, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda ingin menanam sukulen dari biji. Lagipula (dan seperti yang telah kita bahas), tanaman ini sebenarnya tidak kekurangan pasokan. Anda dapat membelinya di hampir semua lokasi yang menjual flora. Jadi, mengapa Anda tertarik untuk memperbanyak tanaman Anda sendiri dari biji?

Pertama, faktor kepuasan secara keseluruhan. Seperti yang telah kami nyatakan di atas, seperti jenis tanaman lainnya, ada sesuatu yang sangat memuaskan tentang menanam sukulen dari biji. Tetapi, mengapa pula Anda ingin menumbuhkannya sendiri? Beberapa varietas sukulen sebenarnya sangat langka sehingga Anda akan kesulitan menemukannya untuk dibeli, dan jika Anda cukup beruntung untuk menemukannya, harganya bisa sangat mahal.

Selain itu, jika Anda adalah penggemar berat sukulen, meluangkan waktu untuk menumbuhkannya dari biji benar-benar akan memberi Anda penghargaan yang lebih besar untuk tanamannya. Ditambah lagi, menumbuhkannya dari biji akan menghasilkan panen yang melimpah; sebenarnya, Anda mungkin akan memiliki cukup tanaman untuk memenuhi ambang jendela atau taman Anda sendiri, dan masih banyak yang tersisa untuk dibagikan kepada teman dan keluarga!

Tips Menanam Sukulen dari Biji

Jadi sekarang kita telah membahas mengapa Anda harus menanam sukulen Anda sendiri dari biji, jika Anda memutuskan bahwa Anda ingin mencoba sendiri untuk menumbuhkannya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana memulainya.

Pertama, penting untuk diperhatikan bahwa menanam sukulen dari biji sangat berbeda dengan menumbuhkan jenis tanaman lain dari biji. Karena itu, mari kita lihat bagaimana Anda bisa menumbuhkan kebun sukulen Anda sendiri dari biji.

Mulailah dengan Benih Berkualitas Baik

Meskipun cukup jelas, ini adalah hal yang perlu diperjelas lagi: pastikan Anda memulai dengan benih berkualitas baik dari sumber yang dapat diandalkan. Sebelumnya kami telah menyebutkan bahwa biji sukulen berukuran sangat kecil; bahkan beberapa varietas sangat kecil sehingga mudah disalahartikan sebagai kotoran atau debu. Percaya atau tidak, dan sayangnya, ada beberapa orang jahat di luar sana yang benar-benar menjual barang-barang yang bisa dengan mudah disalahartikan sebagai benih sukulen.

Untuk menghindari penipuan, pastikan Anda membeli benih dari sumber yang memiliki reputasi baik. Belanja online adalah yang paling nyaman. Ada beberapa penjual di Shopee atau Tokopedia yang menawarkan benih sukulen berkualitas tinggi; namun ada juga beberapa penjual yang tidak terlalu dapat dipercaya di situs ini juga. Jadi untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan seller yang memiliki reputasi baik, baca ulasan pengguna dan ratingnya sebelum Anda melakukan pembelian.

Bahan-bahan yang Anda Butuhkan

Setelah Anda mendapatkan benih, sekarang waktunya untuk mengumpulkan bahan-bahan yang Anda perlukan. Untuk menanam sukulen Anda dari biji, Anda perlu mengumpulkan:

– Nampan tanaman yang dangkal. Anda sebaiknya memilih sesuatu yang memiliki beberapa lubang drainase di sepanjang bagian bawah. Tanaman sukulen membutuhkan drainase yang tepat -bahkan saat benih- jika tidak, mereka bisa busuk karena kebanyakan air.

– Tanah yang mengering dengan baik. Ada banyak media tanam di pasaran yang dirancang khusus untuk sukulen.

– Sungkup.

Mempersiapkan Penanaman

Setelah Anda memiliki bahan-bahannya, Anda dapat mulai membuat persiapan yang diperlukan untuk penanaman biji sukulen Anda. Sebelum Anda menabur benih, membangun substrat yang tepat sangatlah penting.

– Substrat tempat benih ditempatkan akan berdampak besar pada kualitas pertumbuhan dan berhasil atau tidaknya usaha Anda.

– Media tanam yang kaya pasir, atau tentu saja, memiliki drainase yang baik sangat ideal untuk benih sukulen, karena sangat mirip dengan tanah tempat tanaman ini tumbuh di alam liar.

– Anda dapat membeli tanah yang khusus dibuat untuk sukulen atau Anda dapat membuat substrat sendiri dengan mencampurkan media tanam standar dengan pasir bangunan atau pasir Malang.

– Jika Anda ingin membuat substrat sendiri, kami sarankan untuk mensterilkannya sebelum menanam benih.

– Letakkan media tanam di atas nampan kue atau loyang dan panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama maksimal 30 menit.

– Cara lainnya, Anda bisa meletakkan campuran tanah / pasir di piring microwave dan memasak tidak lebih dari 10 menit.

Opsi mana pun yang Anda pilih untuk mensterilkan tanah untuk benih sukulen Anda, biarkan hingga benar-benar dingin sebelum digunakan.

Isi nampan tanam Anda dengan media tanam

Selanjutnya, ambil media tanam sukulen yang sudah jadi atau substrat yang Anda buat dan isi nampan tanam Anda. Isi setiap bagian dalam nampan sehingga tanahnya kira-kira 2,5 cm di bawah tepi nampan.

Setelah nampan terisi media tanam, sirami. Biarkan kelebihan air mengalir melalui lubang drainase. Jika tidak ada lagi air yang keluar dari lubang, Anda tahu bahwa Anda siap untuk mulai menanam. Menyiram media tanam sebelum menanam benih itu penting, karena akan memastikan benih yang sangat kecil akan menempel di media tanam.

Tanam Bibitnya

Setelah nampan tanam Anda terisi dengan media tanam dan media tanam telah disiram dan dikeringkan, Anda dapat melanjutkan dengan menanam benih.

Meskipun kami telah menyebutkannya beberapa kali sebelumnya, ini layak untuk disebutkan lagi; biji sukulen berukuran sangat kecil. Mereka sangat kecil sehingga mudah tertiup angin. Karena itu, Anda harus menanam benih di area yang terlindung; di dalam atau di lokasi luar ruangan yang terlindung dari angin.

– Buka satu tangan dan letakkan benih di telapak tangan Anda. Ini akan membuat mendorong benih ke dalam nampan jauh lebih mudah.

– Untuk menanam benih, berhati-hatilah dan sebarkan di sepanjang permukaan tanah, pastikan ada cukup ruang di antara benih.

– Semakin besar sukulen setelah mereka mulai tumbuh, semakin banyak ruang yang dibutuhkan benih di antara mereka.

– Jika Anda menggunakan baki yang berisi kompartemen berbeda, letakkan satu atau dua biji di setiap kompartemen.

Karena benih sukulen sangat kecil, Anda harus menghindari menutupinya dengan tanah. Mengapa? – Karena begitu tanaman berakar dan mulai berkecambah, jika tertutup tanah, mereka tidak akan bisa naik ke permukaan dan mereka akan mati.

Jika Anda menanam bermacam-macam tanaman sukulen pada saat yang sama, kami sangat menyarankan Anda untuk menanam setiap jenis dalam nampan tersendiri. Hal ini karena setiap jenis benih sukulen memiliki masa perkecambahan yang berbeda. Dengan demikian, akan jauh lebih mudah untuk menyediakan setiap varietas tanaman dengan kondisi pertumbuhan yang tepat.

Sungkup Benih

Mayoritas spesies sukulen membutuhkan kelembapan tertentu untuk berkecambah (pikirkan tentang lingkungan tempat mereka tumbuh di alam). Menutup nampan tanam dengan sugkup atau bahkan topi mandi (ya, jenis yang biasa Anda pakai untuk melindungi rambut Anda saat mandi) akan membantu menciptakan kelembapan yang dibutuhkan benih sukulen untuk tumbuh besar.

Tempatkan di Lokasi yang Cerah dan Hangat

Setelah benih ditanam dan nampan disungkup, sekarang Anda harus meletakkan nampan di bawah sinar matahari langsung. Jika sumber sinar matahari yang konstan tidak tersedia, Anda dapat meletakkan nampan di bawah lampu tumbuh. Selain itu, suhu 21 derajat Celsius sangat ideal untuk perkecambahan

Perhatikan bijinya. Saat mereka mulai bertunas, Anda bisa melepas sungkup atau topi mandi. Pindahkan nampan ke area yang menerima banyak cahaya, tetapi jauh dari sinar matahari langsung. Setelah benih mulai berkecambah, Anda akan segera memiliki koleksi sukulen yang Anda tanam sendiri.

Penutup

Setelah benih Anda tumbuh menjadi tanaman yang cukup besar, Anda dapat memindahkannya dengan aman ke lokasi baru. Proses menanam sukulen dari biji tidak terlalu sulit, namun dibutuhkan bahan yang tepat dan sedikit kesabaran, sama seperti jenis tanaman lain yang tumbuh dari biji. Selama Anda mengikuti petunjuk yang disebutkan di atas dan sabar, Anda akan berhasil menanam sukulen Anda sendiri. Selamat mencoba ya!

Komentar