Tips Merawat Tanaman Peperomia Hope Agar Subur dan Sehat

Peperomia ‘Hope’ (Peperomia tetraphylla Hope) adalah tanaman hias yang populer dengan daun hijau berbentuk lonjong seperti sukulen. Daunnya yang kecil tumbuh berkelompok tiga atau empat di batangnya. Epifit tahunan ini adalah tanaman keranjang gantung yang ideal karena pertumbuhannya yang kompak, batang yang memanjat, dan dedaunan yang selalu hijau. Peperomia Hope dapat menghasilkan bunga kecil dengan duri panjang tetapi tidak signifikan.

Peperomia Hope

Artikel ini adalah panduan perawatan lengkap untuk menanam tanaman peperomia Hope di dalam ruangan. Anda akan menemukan tips praktis untuk menumbuhkan tanaman hias peperomia lucu ini sehingga meningkatkan estetika interior rumah Anda.

Apa itu Peperomia Hope (Peperomia Tetraphylla Hope)?

Peperomia Hope adalah hibrida dari Peperomia deppeana dan Peperomia quadrifolia. Nama botani untuk peperomia Hope adalah Peperomia tetraphylla Hope. Peperomia termasuk dalam keluarga tumbuhan tropis Piperaceae. Jadi secara botani, mereka termasuk dalam keluarga lada. Tanaman Peperomia Hope adalah tanaman indoor kuat yang tumbuh lambat.

Peperomia Hope adalah sejenis epifit – tumbuhan dengan akar yang menyerap kelembapan dan nutrisi dari udara dan air. Karena kebiasaan tumbuh ini, tanaman epifit seperti Peperomia merupakan tanaman hias yang sangat baik yang membutuhkan perawatan minimal. Nama umum lainnya untuk tanaman peperomia Hope adalah peperomia berdaun empat dan peperomia acorn. Nama botani tanaman Peperomia tetraphylla, secara harfiah berarti “empat daun.”

Tanaman Peperomia Hope juga terlihat seperti daun jade plant atau peperomia daun bulat (Peperomia rotundifolia). Kedua jenis tanaman tersebut merupakan tanaman indoor yang sangat baik untuk ditanam di pot gantung. Secara kolektif, Peperomia juga disebut tanaman radiator. Nama ini sepertinya berasal dari fakta bahwa mereka menyukai sinar matahari dan udara hangat. Jadi ini adalah faktor penting yang harus diingat saat menanam peperomia Hope di dalam ruangan.

Cara Merawat Peperomia Hope – Gambaran Umum

Letakkan pot tanaman peperomia Hope Anda di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah dan tanam dalam campuran media tanam yang subur dan gembur. Sirami tanaman peperomia saat tanah mengering sebagian dan semprot daun sukulennya sesekali untuk meningkatkan kelembapan. Kisaran suhu ideal untuk Peperomia tetraphylla Hope adalah 18 °C sampai 26 °Celsius. Gunakan pupuk organik encer setiap bulan atau Anda bisa menggunakan pupuk slow release agar lebih praktis.

Bunga Peperomia Hope

Tanaman Peperomia Hope adalah jenis tumbuhan tropis yang berbunga. Dapat membentuk bunga kecil pada paku panjang yang tumbuh di ujung batang. Bunga pada tanaman peperomia Hope tidak signifikan, dan tanaman tersebut jarang – jika pernah – mekar di dalam ruangan.

Daun Peperomia Hope

Peperomia Hope memiliki daun oval seperti sukulen yang tumbuh di batang yang menjuntai. Daun kecil tumbuh sebagai lingkaran dalam kelompok tiga atau empat batang. Warna daun peperomia berkisar dari hijau muda hingga hijau tua. Meskipun peperomia Hope bukan sukulen, daunnya yang berdaging menyimpan kelembapan yang mirip dengan banyak jenis sukulen.

Cara Merawat Peperomia Hope

Mari kita lihat lebih detail cara menumbuhkan Peperomia tetraphylla Hope di dalam ruangan sehingga tumbuh subur selama bertahun-tahun.

Kebutuhan Cahaya Peperomia Hope

Peperomia Hope tumbuh paling baik dalam cahaya terang yang difilter. Kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan pertumbuhan batang panjang dan penampilan yang tidak terawat. Menempatkan tanaman peperomia Hope dalam pot di bawah sinar matahari tidak langsung memastikan pertumbuhan yang kompak dan sehat. Lokasi terbaik untuk menanam peperomia Hope adalah di ambang jendela yang menghadap ke timur atau barat.

Kultivar peperomia seperti Hope tumbuh dengan baik di ruangan yang menghadap ke selatan. Namun Anda harus melindungi tanaman hias ini dari terik matahari tengah hari. Sinar matahari langsung dapat menyebabkan daun terbakar dan kemungkinan menguning. Menempatkan Peperomia atau tanaman radiator yang menawan di balik tirai tipis memastikan pertumbuhan terbaik.

Pertumbuhan Peperomia Hope menjadi berbatang panjang dan lambat jika terus-menerus berada dalam naungan. Meskipun Peperomia bisa bertahan di ruangan gelap, mereka membutuhkan cahaya untuk tumbuh. Jika Anda memperhatikan bahwa batang lunak yang memanjat menjadi panjang dan terentang dengan dedaunan yang jarang, pindahkan tanaman ke tempat yang lebih cerah. Atau Anda mungkin perlu menggunakan pencahayaan buatan untuk meningkatkan pertumbuhan.

Jika Anda memiliki peperomia Hope variegata, Anda harus memastikan tanaman mendapat sinar matahari beberapa jam setiap hari. Banyak cahaya terang membantu menjaga variegasi daun dan mencegah daun menjadi hijau sepenuhnya.

Tanah Terbaik untuk Peperomia Hope

Tanam tanaman peperomia Hope di tanah subur yang memiliki drainase yang sangat baik. Gunakan campuran media tanam tanaman hias yang memiliki lumut gambut bersama dengan sekam bakar, cocopeat, atau pasir Malang. Bahan organiknya ringan dan membantu mempertahankan kelembapan. Tetapi bahan anorganik memungkinkan kelebihan air mengalir dengan bebas, mencegah pembusukan akar.

Tanah untuk peperomia Hope bisa menjadi jenis campuran media tanam yang sama untuk sukulen. Untuk membuat tanah peperomia Anda sendiri, campurkan dua bagian campuran media pot biasa dengan satu bagian sekam bakar dan satu bagian cocopeat. Campuran tanah yang sangat berpori ini cepat kering dan ideal untuk tanaman peperomia.

Campuran pot peperomia yang ideal harus mengering relatif cepat antara penyiraman dan tidak terlalu lama basah. Hal terburuk untuk tanaman peperomia Hope adalah jika akarnya duduk di tanah basah dan lembab.

Berikut adalah beberapa petunjuk praktis untuk menanam Peperomia:

– Pilih jenis pot yang tepat – Pot terakota atau tanah liat tanpa glasir memungkinkan tanah pot lebih cepat mengering. Pot plastik dan pot berlapis kaca cenderung menahan kelembapan lebih lama.

– Lubang drainase – Selalu pilih pot yang sesuai dengan lubang drainase. Air harus selalu bisa mengalir keluar dari dasar pot dan tidak pernah menggenang di dasar pot.

– Ketahui kapan harus menyiram peperomia – Pertimbangkan untuk mengeringkan tanah sebelum menyiram peperomia Hope. Cuaca panas, kondisi kering, dan jenis pot dapat memengaruhi tingkat kelembapan tanah.

Cara Menyirami Peperomia Hope

Sirami peperomia Hope hanya jika tanah sebagian kering. Sebelum menyiram, periksa apakah bagian atas 5 – 7,5 cm tanah mengering. Kemudian basahi tanah di pot secara menyeluruh. Biarkan semua air berlebih mengalir sebelum menempatkan pot peperomia kembali ke tatakan.

Anda mungkin harus menyirami tanaman peperomia Hope sesering seminggu sekali di musim panas. Dalam suhu yang lebih dingin, periksa kelembapan tanah sebelum menyiram. Di musim dingin, pertumbuhan tanaman yang lambat dan suhu yang lebih dingin berarti tanaman hanya perlu disiram setiap dua hingga tiga minggu.

Teknik terbaik untuk menyirami tanaman hias seperti peperomia Hope adalah metode membasahi dan mengeringkan. Tips perawatan tanaman ini memastikan akar tetap bergizi dan terhidrasi tanpa menyebabkan penyakit jamur dan busuk akar.

Merendam tanah peperomia kemudian membiarkannya mengering lebih baik daripada menyiram secara sering dan dangkal. Cukup beri tanaman sedikit air, tetapi seringkali ini tidak cukup melembabkan akar. Selain itu, penyiraman yang dangkal meningkatkan kemungkinan munculnya agas jamur dan jamur putih di tanah tanaman hias.

Tanaman Peperomia Hope relatif tahan kekeringan. Jadi mereka akan bertahan beberapa minggu tanpa mendapatkan hidrasi karena daunnya yang berdaging menyimpan kelembapan. Faktanya, lebih baik menyiram Peperomia lebih sedikit daripada menyiramnya terlalu sering.

Bagaimana Anda tahu ini saatnya menyirami Peperomia Hope? Tusukkan jari Anda di tanah. Jika lapisan atas adalah kering, Anda bisa merendam tanah secara menyeluruh dan membiarkannya mengalir keluar.

Kisaran Suhu Peperomia Hope

Tanaman hias Peperomia Hope tumbuh subur di suhu kamar rata-rata. Peperomia berasal dari iklim tropis di mana mereka membutuhkan kehangatan untuk tumbuh dengan baik. Idealnya, simpan tanaman peperomia Hope pada suhu antara 18 °C sampai 26 °C. Suhu minimum absolut untuk tanaman peperomia tropis adalah 10 °C.

Saat menanam tanaman hias peperomia Hope, sangat penting untuk menghindari suhu yang ekstrem. Misalnya, di musim dingin, hindari menempatkan Peperomia di samping radiator panas – meskipun sebenarnya Peperomia disebut tanaman radiator. Juga, jauhkan tanaman pot tropis dari angin dingin dan aliran udara AC di musim panas.

Kebutuhan Kelembaban Peperomia Hope

Tanaman Peperomia Hope membutuhkan kelembapan sedang hingga tinggi. Yang terbaik adalah menjaga kelembapan ruangan di atas 50 persen untuk memastikan pertumbuhan yang sehat. Untuk merawat kebutuhan kelembaban Peperomia Hope, semprotkan daunnya setiap hari. Gunakan air suling atau saring untuk membuat kabut halus di atas daun.

Menyemprotkan daun peperomia Hope secara teratur bisa memakan waktu. Jadi, berikut adalah cara lain untuk meningkatkan kelembapan untuk tanaman hias Anda yang menawan:

– Nampan kelembaban – Letakkan selapis batu dekoratif di baki dalam. Tuangkan air hingga keluar setengah kerikil. Letakkan pot peperomia di atas batu, pastikan tanah tidak tergenang air. Tambahkan level air sesuai kebutuhan saat air menguap untuk melembabkan tanaman Anda.

– Pelembab ruangan – Anda bisa menggunakan pelembab ruangan untuk meningkatkan tingkat kelembaban udara peperomia Anda. Humidifier berguna jika Anda menanam beberapa tanaman tropis di rumah.

– Tumbuhkan tanaman bersama-sama – Mengelompokkan tanaman hias bersama membantu menciptakan suasana lembab dan mendorong pertumbuhan yang sehat.

Cara Memupuk Peperomia Hope

Tanaman Peperomia Hope dapat memperoleh manfaat dari pemberian pupuk bulanan selama musim tanam. Nutrisi tambahan dapat mendorong pertumbuhan lebih cepat dan dedaunan yang lebih penuh. Cara terbaik adalah menggunakan pupuk organik yang seimbang untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman peperomia. Beberapa jenis pupuk yang cocok untuk tanaman radiator adalah rumput laut, teh kompos, atau ekstrak tumbuhan.

Namun jika Anda mendapatkan perawatan peperomia dengan tepat, Anda akan menemukan bahwa tanaman yang berdaun rimbun tumbuh dengan baik tanpa pemberian makanan tambahan. Jika Anda menggunakan pupuk tanaman sintetis, ada baiknya menyiram tanah setiap tiga bulan sekali. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengalirkan air melalui campuran pot untuk menghilangkan garam mineral berlebih. Tips perawatan tanaman yang berguna ini membantu mencegah pembakaran akar pupuk.

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh menyuburkan Peperomia atau tanaman radiator dari akhir musim gugur hingga akhir musim dingin. Tanaman hias biasanya memasuki masa dormansi selama waktu ini dan tidak membutuhkan suplemen nutrisi tambahan (ini hanya berlaku jika Anda tinggal di daerah empat musim).

Cara Repotting Peperomia Hope

Repotting peperomia Hope hanya diperlukan saat tanaman tumbuh besar melebihi potnya. Karena Peperomia hanya memiliki sistem akar yang kecil, merepoting mungkin hanya diperlukan setiap dua tahun sekali. Repotting tanaman radiator memberi Anda kesempatan untuk menyegarkan kembali campuran media tanam, memeriksa akar yang sakit, dan memindahkan ke pot yang lebih besar.

Untuk merepotting peperomia Hope, pilih pot yang satu ukuran lebih besar dari yang sekarang. Keluarkan akar dari wadah dengan hati-hati dan kibaskan kotoran yang terlepas dari akarnya. Periksa akar apakah ada yang kecokelatan, lembek, dan potong seperlunya. Masukkan tanaman ke dalam pot baru dan isi dengan campuran media tanam yang sesuai.

Bagaimana Anda bisa tahu kapan Anda perlu merepotting peperomia Hope? Berikut beberapa tanda-tandanya:

– Akar-akar menyembul dari lubang drainase pot

– Tanah pot tampak padat dan air membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeringkan

– Pertumbuhan tanaman melambat, meski kondisi pertumbuhannya optimal

– Retakan muncul di pot

Sangat penting untuk merepotting semua tanaman hias sesekali untuk mendorong pertumbuhan yang sehat dan dedaunan yang lebat dan sehat.

Cara Memperbanyak Peperomia Hope

Cara terbaik untuk memperbanyak tanaman peperomia Hope adalah dengan stek batang. Potong batang yang sehat dengan panjang sekitar 8 cm tepat di bawah ruas. Pastikan ada dua atau tiga daun di dekat ujung batang. Tempatkan dalam stoples berisi air sampai akar tumbuh.

Setelah akar tumbuh, tempatkan batang yang telah berakar ke dalam pot kecil dengan tanah yang lembab. Tutupi atau sungkup dengan kantong plastik untuk mengunci kelembapan dan letakkan di lokasi yang hangat dan terang. Misting setiap dua hari sekali untuk menjaga media tanam dalam pot tetap lembab tetapi tidak terlalu basah. Setelah beberapa minggu, setelah stek telah berakar, lepas sungkupnya, repotting, dan rawat peperomia seperti biasa.

Cara perbanyakan peperomia Hope lainnya adalah dengan stek daun. Gunting daun yang sehat beserta tangkainya – batang pendek yang menghubungkan daun dan batang utama. Tanam stek di pot kecil dengan tanah penyemaian yang segar dan lembab. Tutup dengan kantong plastik untuk meningkatkan kelembapan dan semprot setiap dua hari.

Pemangkasan Tanaman Peperomia Hope

Tanaman hias Peperomia Hope sesekali perlu dipangkas. Memotong batang yang tumbuh terlalu panjang dan mati mendorong dedaunan yang lebat dan pertumbuhan yang lebih cepat. Waktu terbaik untuk memangkas peperomia Hope adalah di awal musim semi sebelum pertumbuhan yang kuat dimulai.

Dengan perawatan yang tepat, peperomia Hope tumbuh dengan batang pohon hingga sepanjang 45 cm. Memotong daun yang muncul membantu memusatkan pertumbuhan di sepanjang daun batang. Hasilnya adalah tanaman hias yang spektakuler, dengan batang panjang menjuntai yang menambah daya tarik visual dan aksen pada interior.

Apakah Peperomia Hope Beracun?

Tidak, tumbuhan dalam genus Peperomia seperti peperomia Hope tidak mengandung racun dan tidak beracun bagi kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya.

Hama yang Mempengaruhi Pertumbuhan Peperomia Hope

Kutu putih adalah hama tanaman hias utama yang mempengaruhi pertumbuhan peperomia Hope. Kutu putih menghisap sari tanaman, melemahkan pertumbuhannya. Singkirkan kutu putih dari Peperomia dengan menggunakan pestisida alami minyak neem. Campur 2 sdt. minyak neem dan 1 sdt. sabun cuci piring cair dengan satu liter (1 liter) air hangat. Isi botol semprot dan semprotkan ke seluruh daun peperomia oval.

Kutu putih pada tanaman hias terlihat seperti makhluk putih kecil yang merangkak di bawah daun. Anda juga bisa melihat infeksi kutu putih dengan zat seperti kapas pada batang dan daun. Selain menghilangkan kutu putih dengan minyak neem, Anda bisa menggunakan alkohol gosok langsung pada serangga. Celupkan cotton bud ke dalam alkohol isopropil 70 persen dan oleskan pada kutu putih yang merayap untuk membunuh hama tanaman saat bersentuhan.

Penyakit yang Mempengaruhi Pertumbuhan Peperomia

Busuk akar akibat penyiraman berlebihan adalah penyakit utama yang menyebabkan tanaman peperomia Hope mati. Untuk mencegah infeksi jamur dan bakteri yang menyerang tanaman radiator, hindari menyiramnya secara berlebihan. Jika Anda hanya menyirami Peperomia saat bagian atas tanahnya kering, tanaman hias Anda yang berharga jarang akan mengalami pembusukan atau pembusukan akar.

Tanya Jawab Tentang Peperomia Hope Care

Tanaman Peperomia Hope mudah dirawat. Yang Anda butuhkan hanyalah menanam tanaman dalam cahaya tidak langsung yang terang, di tanah yang memiliki drainase yang baik, dan menyiraminya sesekali. Namun beberapa masalah dapat memengaruhi perawatan peperomia Hope.

Mengapa daun Peperomia Hope menggulung?

Kerutan daun Peperomia Hope biasanya disebabkan oleh serangga tanaman atau kurangnya nutrisi. Untuk mengembalikan dedaunan yang sehat ke Peperomia Anda, periksa tanda-tanda kutu putih dan singkirkan jika perlu. Jika Anda mencurigai adanya kekurangan unsur hara, lengkapi penyiraman dengan pemberian makan bulanan menggunakan pupuk tanaman hias yang seimbang.

Daun Peperomia Hope rontok, apa yang harus dilakukan?

Terlalu banyak air adalah kemungkinan alasan daun rontoknya tanaman peperomia Hope. Untuk mencegah daun jatuh, sirami tanaman hanya ketika bagian atas tanah pot kering. Kemudian, rendam tanah secara menyeluruh untuk melembabkan akar.

Komentar