Tips Memelihara Tanaman Yucca di dalam Rumah

Tanaman yucca adalah semak atau pohon perennial yang termasuk dalam keluarga Asparagaceae. Ini adalah tanaman indoor populer yang menambahkan sentuhan hijau ke setiap ruang. Daunnya panjang dan runcing, terkadang bahkan setajam silet. Mereka tumbuh dalam bentuk mawar dan menghasilkan bunga, biasanya setahun sekali.

Tanaman Yucca

Pohon-pohon ini berasal dari Karibia dan bagian Amerika yang lebih hangat. Ketika diletakkan di dalam ruangan, tanaman yucca tumbuh dengan lambat dan jarang memakan terlalu banyak ruang. Namun tanaman yang tumbuh di luar ruangan dan di iklim panas dan kering bisa sangat tinggi.

Ada sekitar 40 spesies dalam keluarga Asparagaceae, dan beberapa di antaranya, seperti yucca elata, mengandung saponin. Senyawa ini agak beracun bagi kucing dan anjing. Tapi mereka bisa mematikan jika dimakan dalam jumlah banyak.

Tentang Tanaman Yucca

– Tanaman yucca mudah tumbuh dan tidak membutuhkan banyak perhatian. Tanaman kuat ini tahan kekeringan dan Anda tidak perlu menyiraminya sepanjang waktu. Lokasi adalah kunci jika Anda menginginkan tanaman yucca yang sehat. Berikan banyak sinar matahari ke pohon ini dan dia akan tumbuh subur dengan sendirinya.

– Tanah tidak boleh lembab sepanjang waktu. Tanaman ini akan mati jika disiram setiap saat. Sehingga ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang terkadang lupa merawat tanaman hias Anda. Tanaman yucca muda akan mendapat manfaat dari pupuk cair, tetapi setelah pohon Anda tumbuh, Anda bisa membiarkannya tumbuh sendiri.

– Meskipun Anda bisa merawat tanaman yucca Anda di dalam ruangan sepanjang waktu, pertimbangkan untuk memindahkannya ke luar saat cuaca panas. Pohon ini menyukai matahari, tetapi letakkan di tempat yang sedikit teduh. Tentu saja, bawa pot itu kembali ke dalam setelah cuaca berubah dingin.

– Anda bisa menanam tanaman yucca dari biji, offset (anakan), atau stek. Jika Anda ingin memelihara tanaman ini di dalam ruangan dan di dalam pot, Anda dapat menanam benih setiap saat di sepanjang tahun. Di daerah subtropis, tanaman yucca di luar ruangan harus ditanam di musim semi.

– Tanaman yucca umumnya sangat sehat dan jarang menarik hama. Tentu saja, pengecualian terkadang terjadi. Selalu sirami tanaman yucca Anda di pangkal dan hindari daunnya basah. Kesalahan umum ini bisa membuat dedaunan menjadi coklat. Selain itu, busuk akar dapat muncul jika Anda tidak memberikan tanah yang gembur atau porous.

Tanaman Yucca: Gambaran Umum

– Tinggi dan sebaran tanaman yucca tergantung dari jenisnya. Jika Anda memilih pohon yang lebih kecil, tingginya antara 60 hingga 120 cm. Di sisi lain, beberapa spesies yang tumbuh di luar bisa mencapai ketinggian 9 meter.

– Waktu mekarnya tidak bisa diprediksi di daerah tropis. Di daerah subtropis, beberapa tanaman yucca akan berbunga di musim semi, sementara yang lain bisa mekar di akhir musim panas atau awal musim gugur. Bunganya akan muncul dari tengah tanaman dan bisa jadi cukup tinggi.

– Bunga tanaman yucca biasanya berwarna putih atau krem. Namun beberapa spesies memiliki bunga berwarna ungu, hijau, atau bahkan merah jambu.

– Dedaunannya sangat mengesankan dan ujung-ujung daunnya terkadang tajam. Mengingat tanaman tersebut beracun bagi teman berbulu Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan mendekati pohon tersebut. Daunnya umumnya panjang, dengan ujung runcing.

– Kelopak bunga dari tanaman yucca adalah makanan lezat di Amerika Tengah. Di Meksiko, mereka sering diolah dengan tomat, bawang, dan cabai. Resep lain adalah merebus kelopak dan menaburkannya dengan jus lemon.

– Yucca elata yang disebutkan sebelumnya digunakan untuk beberapa ritual penduduk asli Amerika. Saponin diekstraksi dari tanaman dan diubah menjadi sampo untuk acara-acara ini.

– Tanaman yucca terkadang disalahartikan sebagai yuca, juga dikenal sebagai singkong. Ini adalah dua spesies yang sama sekali berbeda.

Menumbuhkan Tanaman Yucca

Menciptakan lingkungan terbaik untuk tanaman yucca Anda adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat tanaman ini tumbuh subur di dalam ruangan. Tempat yang ideal untuk menanam yucca adalah tepat di samping jendela yang menghadap ke barat. Jangan khawatir jika Anda tidak dapat memberikan berjam-jam sinar matahari langsung ke tanaman ini karena ini akan baik-baik saja di tempat teduh sebagian.

Meskipun tanaman yucca tidak tumbuh terlalu cepat, repotting perlu dilakukan setiap dua tahun. Pindahkan tanaman dari pot lama dan letakkan di pot yang lebih besar. Jangan lupa untuk menggunakan media tanam baru untuk ini.

Kualitas media tanam tidak terlalu penting untuk tanaman yucca. Yang terpenting, media tanam harus bisa menahan tanaman dengan tegak, itu sudah cukup. Tanaman yucca yang sudah mapan dapat tumbuh menjadi berat dan roboh di atas pot. Jadi Anda bisa menambahkan sedikit pasir ke tanah pot agar lebih berat.

Saat ditanam di dalam ruangan, tanaman yucca akan membutuhkan pupuk sebulan sekali. Tanaman yucca di luar ruangan memang menghasilkan bunga setiap tahun, tetapi ini bisa sedikit rumit untuk tanaman dalam ruangan. Namun ini bukan tidak mungkin terjadi dengan perawatan yang tepat.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, pemangkasan akan diperlukan jika tanaman yucca Anda tumbuh terlalu tinggi. Anda dapat memotong batang pohon dengan gunting yang sangat kuat atau menggunakan gergaji. Kemudian kembalikan bagian bawah tanaman ke dalam pot. Proses ini bisa membuat tanaman stres, jadi sirami dengan baik setelah pemangkasan.

Secara keseluruhan, tanaman yucca sehat dan jarang terserang penyakit. Daun yang berubah warna dapat menandakan bahwa tanaman Anda memiliki jamur atau Anda terlalu banyak menyiraminya. Jika menyangkut serangga, hama penggerek sisik dan tebu mungkin menjadi masalah. Untungnya, menangani hama ini mudah.

Ada sekitar 40 jenis tanaman yucca, tetapi jika Anda ingin menanamnya di dalam ruangan, Anda harus memilih yucca guatamalensis atau yucca aloifolia. Keduanya adalah tanaman yang tumbuh lambat, jadi tidak perlu sering merepotting. Dedaunannya luar biasa cantik dan tanaman ini akan terlihat sama cantiknya di ruang kecil atau besar.

Meskipun tanaman yucca berasal dari bagian hangat Amerika, mereka dapat beradaptasi dengan hampir semua iklim. Misalnya, yucca filamentosa dan yucca gloriosa tidak keberatan dengan cuaca yang lebih dingin dan Anda bahkan dapat menanamnya di luar di kebun Anda.

Apakah Anda berencana menambahkan beberapa tanaman yucca ke halaman Anda? Mereka bisa tampil mengesankan di taman! Jangan menanamnya di dekat bunga yang perlu disiram secara teratur. Selain itu, pikirkan tentang ukuran pohonnya. Ini akan membutuhkan ruang untuk tumbuh, jadi yang terbaik adalah menjauhkan mereka dari area jalan di rumah. Dan daun yang tajam bisa sangat merepotkan bagi siapa saja yang menggunakan jalan setapak.

Menyiram Tanaman Yucca

Tanaman yucca suka diabaikan dan tidak perlu sering disiram. Namun tanaman ini tahan terhadap kekeringan dan satu-satunya cara Anda dapat merusaknya adalah dengan membiarkannya tumbuh di wadah yang lembab. Karena itu, tanah yang mudah mengering dengan baik adalah suatu keharusan bagi tanaman ini.

Mengingat musim semi dan musim panas adalah musim tanam yucca, Anda dapat menyiraminya sesering mungkin selama periode ini. Di daerah tropis, Anda perlu banyak menyiraminya di musim kemarau. Tetapi selalu periksa tanah dan jangan menyirami tanaman kecuali jika terasa kering.

Perbanyakan Tanaman Yucca

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk memperbanyak tanaman yucca. Yang termudah adalah dari offset alias tanaman anakan. Potong offset dari tanaman, singkirkan dedaunan, dan taruh di tanah. Kemudian sirami tanaman baru dengan baik. Pastikan Anda meletakkannya di tempat teduh.

Pemotongan akar mungkin sedikit lebih rumit karena Anda harus mengotori tangan, tetapi ini adalah metode perbanyakan yang cepat. Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Gali di sekitar akar dan potong bagian yang lebih kecil. Jangan langsung menanamnya tetapi letakkan stek di tempat yang kering selama kurang lebih dua hari. Kemudian masukkan ke dalam wadah. Sirami pemotongan dengan baik dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

Tentu saja Anda bisa menggunakan biji untuk memperbanyak tanaman yucca, tapi proses ini bisa jadi agak lama. Jika Anda memiliki tanaman yucca yang menghasilkan bunga, Anda akan menemukan bahwa polongnya berisi biji. Kumpulkan ini dengan hati-hati dan simpan selama beberapa bulan. Untuk menanamnya, gunakan tanah dengan drainase yang baik dan pertahankan agar sedikit lembab. Setelah kecambah muncul, pindahkan pot ke dekat jendela yang mendapat cukup sinar matahari.

Penutup

Tanaman yucca merupakan tanaman hias yang ideal karena mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perhatian ekstra. Mereka adalah tanaman hias yang disukai dengan daun runcing panjang dan batang pohon kecil yang terbentuk ketika daun bagian bawah rontok.

Tanaman ini akan sehat selama Anda meletakkannya di dekat jendela yang cerah dan tidak menyiram secara berlebihan. Anda bahkan dapat menggunakan pupuk untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman yucca Anda. Meskipun mereka asli dari daerah beriklim hangat dan kering, tanaman yucca sangat mudah beradaptasi dan dapat tumbuh subur di hampir setiap lingkungan. Tertarik menanamnya?

Komentar