Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Atabapoense

Kali ini kita membahas tanaman hias cantik lainnya, Philodendron Atabapoense. Ini adalah Philodendron yang langka, memanjat, dan merambat. Tanaman ini berasal dari wilayah selatan Venezuela dan wilayah Amazon di Brasil.

Harga Philodendron Atabapoense

Tanaman yang mudah dirawat ini akan tumbuh bahagia dengan sedikit usaha selama Anda menyediakan tanah yang lembab dan kering dengan baik serta sinar matahari yang berbintik-bintik. Anda juga bisa memupuknya untuk mendorong pertumbuhan daun.

Dengan lebih dari 450 spesies, Philodendron adalah salah satu tanaman hias paling favorit yang memiliki varietas memanjat dan tidak memanjat. Menurut Clemson University, Philodendron memanjat tidak mencapai ukuran maksimumnya sampai mereka dilatih menggunakan penyangga atau turus vertikal. Ini juga berlaku untuk Philodendron Atabapoense.

Tanaman ini adalah aroid semi-epifit dan sangat mirip dengan Philodendron Billietiae (kabel busi). Tingkat pertumbuhan tanaman ini akan bergantung pada beberapa faktor; teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari bagaimana setiap faktor perawatan tanaman akan berdampak pada Philodendron Atabapoense.

Philodendron adalah pembersih udara dan toleran pengabaian, yang menjadikannya tambahan yang bagus untuk ruang dalam ruangan seperti kantor atau ruang tamu. Tidak seperti tanaman hias lainnya, mereka dapat bertahan hidup dalam kondisi yang keras. Spesies khusus ini tumbuh karena dedaunannya yang mencolok dan berwarna ganda.

Cahaya dan kelembaban udara adalah aspek terpenting dari perawatan tanaman Philodendron Atabapoense. Semua yang perlu Anda ketahui tentang tanaman ini dibahas di bawah.

Perawatan Dasar Philodendron Atabapoense

Tanah

Berikan tanaman Atabapoense Anda dengan media tanam lembab yang kaya akan bahan organik. Untuk pot kontainer, tanaman ini membutuhkan drainase yang sangat baik. Jika Anda menyiapkan media tanam Anda sendiri, usahakan untuk membuat campuran yang porous dan lembut. Campuran yang sempurna dan bisa mengering dengan baik untuk setiap Philodendron mengandung bahan-bahan berikut:

– Tanah kebun / humus / kompos

– Sekam bakar

– Andam

– Pasir Malang

Tanaman Philodendron dapat tumbuh dalam 100% sphagnum gambut moss dan campuran non tanah lainnya seperti pasir Malang atau peat moss. PH tanah yang diinginkan adalah antara 6,1 sampai 7,3, agak asam sampai netral.

Air

Tanaman ini perlu sering disiram di musim kemarau dan lebih sedikit air di musim hujan. Sirami tanaman Atabapoense sekali atau dua kali seminggu setiap kali 5 cm bagian atas permukaan tanah kering.

Untuk menyirami tanaman Atabapoense Anda, sirami secara menyeluruh sampai air mengalir keluar dari lubang drainase. Kami sarankan menunggu beberapa menit setelah penyiraman untuk membuang kelebihan air di tatakan atau nampan. Kosongkan tatakan ini untuk mencegah tanaman duduk di air.

Tanaman ini sangat sensitif terhadap penyiraman berlebihan; oleh karena itu Anda harus memberi perhatian khusus pada kebutuhan penyiramannya. Anda dapat meningkatkan drainase untuk media tanam Anda dengan menambahkan pasir Malang atau cacahan pakis dalam jumlah yang baik.

Kami sarankan untuk menyiram tanaman Anda dalam jumlah kecil untuk menghindari stres yang berlebihan. Jika tanaman Anda menderita daun terkulai, itu pasti menginginkan lebih banyak air atau disiram lebih dari yang dibutuhkan. Satu-satunya hal yang perlu disebutkan tentang menyiram tanaman ini adalah membiarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Cahaya

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sedang, yaitu antara 70 – 85%. Dibandingkan dengan spesies tanaman hias lainnya, Philodendron dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya rendah hingga sedang. Anda bahkan bisa menumbuhkannya di bawah lampu tumbuh. Namun pertumbuhan paling produktif dialami dengan tingkat cahaya yang lebih tinggi.

Banyak gardener ahli menyatakan bahwa tanaman ini akan tumbuh dengan baik di tempat teduh parsial atau belang-belang. Jadi aturan umumnya adalah menempatkannya di tempat terang yang terfilter tetapi tidak di bawah sinar matahari penuh.

Untuk pertumbuhan di luar ruangan, gunakan paranet / kain peneduh 40 hingga 70% untuk melindungi dari sinar matahari langsung selama tengah hari. Cahaya langsung akan menghancurkan warna indah pada daun Atabapoense.

Suhu

Tanaman tropis ini menyukai kehangatan dan kelembapan rumah kaca. Suhu ideal untuk pertumbuhan maksimum adalah 12 hingga 26 derajat Celcius. Di zona yang lebih dingin, pemilik harus membawa tanaman ke dalam ruangan selama bulan-bulan musim dingin. Tanaman ini tidak tahan terhadap suhu beku. Hindari menempatkan Philodendron Atabapoense Anda di angin dingin atau di dekat pemanas. Suhu ekstrem apa pun akan merusak tanaman rumah Anda, akhirnya membunuhnya.

Memahami persyaratan suhu sangat penting karena akan memengaruhi kelembapan dan kebutuhan air pada Philodendron Atabapoense. Umumnya, spesies ini lebih menyukai suhu siang hari yang lebih hangat dan suhu malam yang lebih sejuk, tetapi ingatlah bahwa suhu minimum tidak boleh kurang dari 12 derajat Celcius.

Kelembaban

Seperti anggota keluarga Philodendron lainnya, tanaman ini akan tumbuh subur dalam kelembaban sekitar 65 hingga 70% atau lebih tinggi. Tingkat kelembapan dalam ruangan dapat dengan mudah diperbaiki dengan menyeprot lembut dedaunan, mengelompokkan beberapa tanaman, atau menggunakan metode nampan kerikil. Alternatif yang mahal namun dapat diandalkan adalah humidifier alias pelembab udara.

Pupuk

Pertama kali tanaman Anda harus dipupuk tepat setelah Anda menerimanya, beri nutrisi tanaman baru dengan larutan vitamin yang diencerkan. Pemupukan tidak wajib, tetapi Philodendron yang tidak dipupuk tumbuh sangat lambat. Tanaman ini terutama membutuhkan pakan untuk menjaga pertumbuhan daun yang baik. Pupuk Philodendron Atabapoense Anda dengan pupuk lepas lambat 2 hingga 3 kali dalam setahun.

Jika Anda memupuk menggunakan pupuk sintetis seperti 20-20-20, Anda harus mengaplikasikannya setiap dua minggu atau setiap bulan. Atau jika Anda ingin mendorong pertumbuhan daun, berikan pupuk 20-10-20. Pupuk sintetis harus diencerkan hingga setengah kekuatan berdasarkan rekomendasi pabrik atau label.

Pilihan lain yang cocok adalah pupuk organik yang seimbang seperti 1-1-1, atau pupuk berbasis nitrogen seperti 2-1-1 Dua hal yang perlu diingat tentang pemupukan Atabapoense Anda adalah jangan pernah memberi pupuk berlebihan pada tanaman Philodendron Anda; ini akan menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Dan selalu beri ajrak pupuk agak jauh dari pangkal tanaman (setidaknya 15 cm).

Anda harus merepoting Philodendron Atabapoense setiap 2 hingga 3 tahun; Namun gantilah media tanam dengan tanah segar setiap tahun. Philodendron lebih menyukai tanah gembur karena ini memungkinkan pertumbuhan akar lebih banyak. Jika tanah telah menjadi padat, yang terbaik adalah merepoting tanaman Anda. Jika tidak, Atabapoense akan rootbound dengan tingkat pertumbuhan yang lebih lambat. Sebagai langkah ekstra, Anda bisa memupuk tanaman yang telah direpot dengan pupuk rumput laut cair.

Pemangkasan

Philodendron Atabapoense dipangkas untuk menghilangkan bagian tanaman yang rusak, mati, atau menguning. Ini penting untuk menghemat energi berguna tanaman yang akan terbuang percuma dalam menghidupkan kembali bagian-bagian ini.

Pemangkasan ringan juga akan mendorong pertumbuhan baru pada tanaman, sedangkan pemangkasan berat dapat membuat tanaman terkejut sehingga pertumbuhannya lambat. Kami merekomendasikan memakai sarung tangan dan mensterilkan alat pemangkasan Anda untuk mencegah penyebaran jamur atau penyakit apa pun.

Perbanyakan

Philodendron Atabapoense sulit ditemukan dan termasuk spesies mahal. Oleh karena itu perbanyakan adalah satu-satunya cara untuk memperluas koleksi Anda atau membiarkan pengumpul tumbuhan langka lainnya menikmati keindahan Philodendron Atabapeonse.

Meotde propagasi di air akan dibahas di bawah ini:

– Langkah pertama untuk perbanyakan adalah mensterilkan alat Anda menggunakan isopropil atau alkohol gosok. Ini penting untuk melindungi tanaman asli dan stek.

– Cari batang yang sehat di Philodendron Atabapoense, gunakan gunting atau pisau tajam untuk memotong batangnya. Pemotongan batang harus sepanjang 7 hingga 15 cm. Anda harus memilih potongan dengan setidaknya dua mata tunas dan daun.

– Celupkan stek / batang ke dalam hormon perakaran untuk memicu pertumbuhan lebih cepat. Anda bisa menyiapkan hormon rooting Anda sendiri dengan menggunakan cuka sari apel.

– Tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel dalam 1 sampai 1,5 liter air. Anda bisa menggunakan cuka sari apel biasa untuk ini. Ini adalah larutan hormon rooting organik dan murah tanpa bahan kimia berbahaya.

– Isi toples atau wadah kaca dengan dari dalam suhu kamar yang telah diendapkan. Biarkan air mengendap selama beberapa jam agar klorin dan kotoran lainnya dapat menghilang.

– Rendam bagian yang gundul dan tidak berdaun ke dalam air, dan daunnya harus berada di atas permukaan air untuk mencegah pembusukan.

– Letakkan stoples air Anda di dekat ambang jendela atau di atas meja dekat jendela dan ganti air setiap 3 hari. Pemotongan membutuhkan cahaya terang tetapi tidak langsung, jadi letakkan setidaknya 60v vm dari aparan sinar matahari langsung.

– Dalam kondisi cahaya dan suhu yang optimal, perkembangan akar akan memakan waktu 2 hingga 3 minggu, diikuti dengan daun baru. Setelah satu atau dua minggu pertumbuhan akar, Anda dapat memindahkan setek ke media tanah. Fakta menariknya adalah Anda bisa menanam tanaman Philodendron Anda di air secara permanen.

– Ikuti petunjuk perawatan yang dibahas di atas untuk merawat Philodendron Atabapoense muda.

Jika Anda ingin melakukan rooting di tanah, ikuti langkah-langkah yang sama dalam mengambil stek dan gunakan media tanam subur dan gembur. Pastikan saja media tanam itu tetap lembab.

Jika Anda memiliki tanaman induk yang besar, Anda dapat mengambil lebih dari satu stek dan memperbanyak semuanya pada saat yang bersamaan.

Bunga

Tanaman Philodendron ini jarang mekar di dalam ruangan. Ketika itu terjadi, spathe untuk Atabapoense berwarna coklat keunguan di dalam dan hijau di luar. Namun mekarnya adalah bagian yang paling tidak penting dari tanaman ini.

Pertumbuhan

Daun sempit berbentuk pedang memiliki lebar 7,5 cm dan panjang sekitar 75 cm pada Philodendron Atabapoense dewasa. Daunnya yang unik dan tipis berwarna hijau tua dengan bagian bawah merah marun. Sisi sebaliknya dapat bervariasi warnanya dengan nuansa hijau pucat, coklat, dan merah anggur.

Ini adalah tanaman cepat tumbuh yang terkenal menghasilkan daun yang bervariasi karena morfogenesis. Tanaman ini memiliki sistem akar yang kuat dan mapan, dan sebagai tanaman merambat, spesies ini dapat mencapai tinggi 1,2 hingga 2,5 meter.

Masalah Umum untuk Philodendron Atabapoense

Philodendron Atabapoense mudah dirawat karena tahan jamur dan hama. Namun bahkan tanaman yang paling tangguh pun rentan terhadap beberapa hama dan penyakit tanaman rumahan.

Daun Menguning

Kelembaban tanah yang tidak tepat adalah alasan utama daun menguning pada Philodendron. Terutama overwatering, jadi jangan biarkan tanah tetap basah atau basah.  Kelembaban harus ditingkatkan dengan menggunakan humidifier atau misting untuk menjaga kondisi pertumbuhan yang optimal. Tingkat cahaya rendah juga bisa memicu daun menguning. Terkadang daun menguning dan berguguran adalah bagian alami dari siklus hidup tanaman; hal ini benar ketika daun yang lebih rendah dan matang berguguran.

Daun coklat dan layu: Ini menunjukkan kelembaban rendah dan kondisi tanah kering. Atasi masalah ini dengan meningkatkan frekuensi penyiraman dan kelembapan di sekitar tanaman Anda. Alasan lain daun coklat adalah sinar matahari; Seringkali, Philodendron mengembangkan daun coklat saat terkena cahaya terang tingkat tinggi.

Jika tanaman Anda terletak di titik yang sangat terang dengan sinar matahari langsung, segera ubah lokasinya. Jika Philodendron Anda memiliki daun yang terkulai dengan urat yang menonjol keluar, mereka terendam air Pencahayaan yang buruk, kelembapan tanah yang tidak tepat, dan kekurangan nutrisi, semuanya melemahkan Philodendron Anda sehingga rentan terhadap infeksi hama.

Kekurangan magnesium

Jika daun di Philodendron Atabapoense Anda memiliki area kuning berbentuk v, itu berarti kekurangan magnesium. Ini adalah kasus yang jarang terjadi, tetapi Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberi tanaman Anda larutan garam Epsom. Tambahkan 1 sendok teh magnesium sulfat dalam 5 liter air untuk menyiapkan larutan ini.

Kebanyakan pemilik Philodendron mengeluhkan busuk akar pada tanaman muda Atabapoense. Jika media tanam Anda tidak bisa mengalirkan air dengan baik, tanaman Anda rentan terhadap busuk akar.

Tungau Laba-laba

Serangga penghisap getah ini akan mengeringkan kelembapan dari tanaman Anda. Ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, tetapi juga mempercepat daun menguning. Tungau laba-laba biasanya dirawat dengan minyak neem atau sabun insektisida; Anda dapat membaca artikel terperinci kami tentang tungau laba-laba untuk menyingkirkannya

Tips untuk Merawat Philodendron Atabapoense yang Kurang Subur:

– Philodendron Atabapoense membutuhkan banyak air untuk tumbuh merata dengan daun besar dan seragam.

– Bawa tanaman luar ruangan Anda ke dalam sebelum embun beku untuk melindunginya dari suhu beku.

– Sebagai tanaman hias dalam ruangan, pertahankan paparan sinar matahari yang disaring sedang untuk menunjang pertumbuhan maksimum. Tanaman Anda akan menghargai sinar matahari pagi dan sore hari.

– Hindari penggunaan pupuk murah yang mengandung garam berat untuk Atabapoense karena penumpukan garam akan merusak tanaman.

– Sebelum memindahkannya ke luar ruangan, aklimatisasi tanaman Anda dengan menaruhnya di luar dan pindahkan perlahan ke area yang cerah untuk menghindari stres akibat transplantasi.

– Pastikan Philodendron Atabapoense Anda berada di ruangan yang berventilasi baik.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa perbedaan utama antara Philodendron Atabapoense dan Billietiae?

Banyak orang bingung antara karena daun keduanya sangat mirip. Perbedaan utama adalah bahwa Atabapoense memiliki bagian bawah merah anggur, sedangkan Billietiae memiliki bagian bawah berwarna hijau (atau agak merah jambu). Daun Billietiae mengarah ke bawah tetapi tidak untuk Philodendron Atabapoense.

Kapan saya harus menyiram tanaman Atabapoense?

Memenuhi persyaratan penyiraman sangat penting untuk semua Philodendron – umumnya sirami tanaman ini ketika setengah dari tanah telah mengering. Namun kebiasaan menyiram juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti suhu, cahaya, dan musim.

Apa jenis turus terbaik untuk Philodendron ini?

Philodendron panjat akan menunjukkan pertumbuhan yang indah saat diberikan dukungan vertikal yaitu turus. Untuk tanaman ini, Anda bisa menggunakan tongkat bambu atau tiang lumut sphagnum yang lembab.

Apa media perbanyakan terbaik untuk Atabapoense, tanah atau air?

Kebanyakan petani Philodendron merekomendasikan perbanyakan air. Ini memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi untuk hampir semua spesies Philodendron. Tetapi ingat bahwa Anda harus memindahkan tanaman ke tanah segera setelah akarnya cukup kuat. Ini penting karena akar air lebih lemah dibandingkan dengan akar tanah.

Apa alternatif terbaik untuk memberikan penerangan yang cukup ke Philodendron saya?

Jika Anda tidak memiliki cukup cahaya alami di area Anda, kombinasi lampu fluorescent dan lampu pijar akan memberikan cahaya yang cukup untuk Philodendron Anda.

Apakah tanaman ini ramah hewan peliharaan dan anak-anak?

Philodendron Atabapoense beracun bagi hewan peliharaan dan manusia karena dedaunan dan mekarnya mengandung kristal kalsium oksalat yang mengiritasi mulut dan kerongkongan. Oleh karena itu penting untuk menempatkannya di lokasi yang tinggi jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Daun pada Philodendron Atabapoense berubah menjadi coklat, ada apa?

Daun coklat terkait dengan masalah penyiraman untuk Philodendron. Anda bisa membiarkan tanaman mengering terlalu banyak atau menyiram terlalu sedikit. Demikian pula, penyiraman berlebihan juga dapat menyebabkan daun menjadi coklat karena tanah akan tergenang air terlalu lama. Perhatikan kebutuhan penyiraman tanaman Anda untuk mengatasi ini.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Anda dapat membiarkan Philodendron Atabapoense tumbuh sebagai tanaman merambat atau memberikan turus untuk membiarkannya tumbuh sebagai tanaman merambat. Sorotan dari Philodendron ini adalah tangkai daun berwarna merah anggur yang hangat dan bagian bawah daun. Dedaunan hijau, merah marun, dan merah anggur pada tanaman ini akan menambahkan semburat warna ke lingkungan dalam ruangan apa pun.

Komentar