Cara Merawat dan Memperbanyak Philodendron Black Cardinal

Dengan daun burgundy tua yang bisa tumbuh agak besar, philodendron yang satu ini sangat berbeda dengan philodendron heartleaf biasa Anda. Daun philodendron black cardinal akan berubah menjadi warna yang mendekati hitam saat tanaman matang. Ini juga merupakan philodendron berukuran sedang dengan daun besar yang mencuri perhatian saat warnanya muncul.

Harga Philodendron Black Cardinal

Jika tanaman dedaunan gelap adalah apa yang Anda cari, Anda harus membaca tips perawatan tanaman yang kami susun di bawah ini untuk melihat apakah Anda akan menikmati menanam varietas philodendron ini di rumah Anda.

Ukuran & Pertumbuhan

Soal ukuran philodendron black cardinal, Anda dapat mengharapkannya tumbuh sampai sekitar 1 meter dan lebarnya sekitar setengahnya. Ini bukan ukuran yang besar, ini masih dapat dikelola. Ini adalah ukuran yang bagus untuk dirawat – tidak terlalu tinggi untuk diletakkan di atas dudukan tetapi juga bisa berfungsi dengan baik sebagai tanaman lantai.

Manfaat tambahannya adalah Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk memangkas dedaunannya. Anda mungkin bisa melakukan pembersihan daun tua atau sekarat dengan cepat atau bakal tunas yang berpotensi sulit diatur.

Pencahayaan

Umumnya, philodendron menikmati cahaya terang dan tidak langsung. Varietas philodendron ini paling cocok di tempat teduh parsial, namun jika Anda ingin warna black cardinal Anda benar-benar muncul, memaparkannya ke matahari pagi dan sore hari akan memungkinkan warna merah burgundynya lebih bersinar.

Jangan biarkan philo black cardinal Anda terpapar sinar matahari tengah hari yang terik. Di dalam ruangan, jangan menaruhnya terlalu dekat dengan jendela yang mendapat banyak sinar matahari. Mundurkan tanaman dari jendela agar mendapat cahaya terang dan tidak langsung. Jika terkena cahaya langsung yang kuat, daunnya akan hangus, dan kerusakannya tidak dapat diperbaiki.

Penyiraman

Aturan membiarkan tanah tanaman philodendron mengering saat disentuh sebelum disiram tetap berlaku untuk varietas black cardinal. Sirami air secara menyeluruh, biarkan air berlebih mengalir, kosongkan tatakannya, lalu sirami kembali jika lapisan atas tanah terasa kering jika ditekan dengan jari.

Dengan teknik sederhana ini, Anda tidak berisiko membuat philodendron kelebihan air. Tanaman Anda juga tidak berisiko kekeringan jika Anda tidak membiarkan tanah benar-benar mengering dalam waktu lama.

Mencegah overwatering juga dapat dilakukan dengan menanam philodendron di tanah yang memiliki drainase yang baik, yang akan membawa kita ke poin berikutnya, yaitu jenis tanah yang paling cocok untuk philodendron.

Jenis tanah

Anda mungkin cenderung menanam philodendron sebagai dalam campuran media tanam umum. Sayangnya, itu tidak berhasil dengan baik untuk philodendron, karena media tanam tanah biasa dapat menjadi padat seiring waktu, mencekik sistem akar. Itu juga dapat menahan terlalu banyak air, menyebabkan penyakit jamur berkembang di tingkat akar.

Tanah terbaik untuk philodendron black cardinal adalah tanah gembur yang memiliki drainase yang baik dan kaya akan bahan organik. Anda dapat menggunakan campuran tanah Anda sendiri menggunakan sekam bakar, humus, dan cocopeat yang dikombinasikan dengan tanah.

Anda juga dapat menggunakan kombinasi sphagnum moss atau peat-vermiculite dan peat-perlite. Tujuannya adalah untuk membantu tanah mengering lebih cepat dan meningkatkan aerasi di tingkat akar. Ini akan mencegah air menggenang di akar dan menyebabkan pembusukan yang menyebabkan kerusakan permanen pada sistem akar. Seiring waktu, busuk akar akan berakibat fatal bagi tanaman Anda.

Suhu & Kelembaban

Kelembaban dan suhu ruangan rata-rata adalah yang terbaik untuk varietas philodendron ini. Tanaman ini sensitif terhadap suhu dingin, jadi pastikan terlindung dari dingin. Jika Anda menaruh tanaman di luar, saat musim kemarau berakhir bawa kembali tanaman ini ke dalam. Di dalam ruangan, pastikan tanaman ini tidak berada di bawah unit AC atau ventilasi heater. Jangan memaparkannya ke angin dingin juga.

Pemupukan

Anda tidak perlu repot-repot memupuk black cardinal, tetapi ketahuilah bahwa pemberian pupuk bulanan dengan pupuk cair ringan yang dirancang untuk tanaman dedaunan dapat membantunya tumbuh menjadi tanaman yang sehat. Anda harus mengurangi frekuensi pemupukan, atau jika tanaman tumbuh dengan baik, Anda dapat melewatkannya sepenuhnya.

Pot & Repotting

Meskipun tidak tumbuh terlalu tinggi, philodendron black cardinal Anda perlu direpoting setelah ukurannya mencapai ukuran yang tidak dapat lagi ditampung oleh pot saat ini. Petunjuk repotting sama untuk semua tanaman philodendron:

– Sirami tanah sehari sebelumnya untuk memudahkan repotting dan pengurangan stres.

– Periksa keadaan akar dan buang semua akar yang sakit yang sudah tidak dapat tumbuh lagi.

– Anda dapat melakukan pemangkasan / pembersihan ringan pada tanaman untuk menghilangkan daun mati atau yang rusak. Anda juga dapat mengurangi cabang atau tunas yang sulit diatur.

– Tempatkan di dalam pot yang ukurannya sedikit lebih besar dan gunakan tanah gembur yang memiliki drainase yang baik.

– Siram dalam-dalam, lalu biarkan tanah bagian atas mengering sebelum disiram ulang.

Bergantung pada seberapa cepat pertumbuhan philodendron Anda, Anda mungkin perlu merepoting setelah 2-3 tahun lagi.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Black Cardinal?

Tanaman philodendron dengan dedaunan burgundy yang cantik tentu cocok untuk dipropagasi. Anda dapat memotong bagian batang, atau saat Anda merepoting untuk membuat lebih banyak tanaman. Potongan batang dapat dipropagasi di air atau media pot. Jika Anda melakukan rooting di air, pastikan untuk sering mengganti air.

Saat membagi batang, pastikan ada batang yang sehat untuk setiap pembagian. Bersikaplah lembut saat membelah untuk mencegah kerusakan parah pada akar. Anda mungkin perlu menggunakan pisau tajam atau gunting untuk memotong bakalan tanaman dari induknya.

Penutup

Philodendron seperti black cardinal memberi perbedaan dari philodendron umum baik dari segi bentuk daun maupun warna daun. Warna burgundy yang dalam menciptakan tanaman dedaunan yang elegan yang bisa terlihat bagus di atas dudukan atau sebagai tanaman lantai.

Seperti yang mungkin telah Anda simpulkan sendiri dari panduan singkat tentang menumbuhkan philo hitam ini, setelah Anda mengaturnya dengan benar (tempat yang bagus untuk memenuhi persyaratan cahaya, tanah yang baik, suhu optimal, dan lainnya), merawat tanaman ini sangatlah mudah.

Komentar