Panduan Perawatan Tanaman Hias Philodendron Gloriosum

Berasal dari keluarga Araceae, Philodendron Gloriosum adalah tanaman terestrial yang merayap. Ini berasal dari tanah tropis Kolombia, tetapi juga dapat ditemukan di Meksiko, Amerika Tengah, Peru, Ekuador, Venezuela, dan Brasil.

Harga Philodendron Gloriosum

Tanaman ini memiliki dedaunan beludru hijau berbentuk hati yang indah dengan urat putih yang mencolok. Sebagai tumbuhan merambat, varietas philodendron ini tumbuh secara horizontal di sepanjang permukaan.

Pada artikel ini, kami akan menyajikan beberapa tips perawatan yang berguna untuk Philodendron Gloriosum dan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai pengepotan dan perbanyakan tanaman ini.

Ukuran & Pertumbuhan

Ketika membahas tentang tanaman, pertanyaan pertama yang diajukan biasanya tentang ukuran dan pertumbuhannya. Di daerah asalnya, Philodendron Gloriosum bisa mencapai ukuran 90 cm. Namun, philodendron ini pertumbuhannya tergolong lambat. Biasanya dibutuhkan lebih dari sebulan untuk melihat daun baru.

Pencahayaan

Tempatkan tanaman Anda di lokasi di mana dia bisa mendapatkan banyak sinar matahari yang terang, tetapi tidak langsung. Tanaman Philodendron menyukai tempat terang yang dekat dengan jendela, di mana mereka dapat menikmati matahari tanpa terkena terlalu banyak cahaya. Terpaan sinar matahari langsung akan membuat daunnya gosong terbakar.

Penyiraman

Philodendron lebih menyukai tanah yang sedikit lembab. Cara ideal untuk menyirami tanaman Philodendron adalah membiarkan bagian atas media tanam mengering di antara penyiraman. Jika Anda tidak yakin kapan waktunya untuk menyiram tanaman, periksa tanah dengan memasukkan jari Anda ke dalam tanah dan lihat apakah basah atau kering. Jika tanah bagian atas kering, sirami philodendron Anda.

Jenis Tanah

Philodendron Gloriosum menyukai tanah yang berdrainase baik yang kaya akan bahan organik. Untuk membuat tanah yang lebih baik untuk tanaman Anda, Anda dapat menggunakan campuran sekam bakar, cocopeat, humus, pupuk kandang, dan tanah gembur. Ini akan memberi tanaman Philodendron Anda aerasi yang lebih baik yang penting untuk kesehatan akar.

Anda juga bisa menambahkan arang hortikultura ke dalam campuran Anda. Anda mungkin bingung pada saat ini: mengapa tanaman Philodendron membutuhkan arang dalam campuran potnya? Jawabannya sederhana. Sebagai tanaman Aroid, Philodendron Gloriosum terbiasa dengan arang di tanah alami mereka.

Karena kebakaran hutan terjadi secara alami dari waktu ke waktu, arang merupakan bagian penting dari tanah Aroid. Arang juga membantu menghilangkan racun, mencegah penyakit akar, dan mempermanis tanah.

Suhu & Kelembaban

Philodendron menyukai suhu 18 – 25 °C pada siang hari dan suhu tidak lebih rendah dari 15 °C pada malam hari. Mengenai kelembaban, tanaman ini paling baik dijaga pada kelembaban antara 60-80%. Jika ruangan tempat Anda menyimpan tanaman ini memiliki tingkat kelembapan di bawah 40%, Anda bisa mendapatkan pelembab dalam ruangan dan membuat tanaman Anda menjadi lingkungan yang ideal.

Pemupukan

Dalam hal pemupukan, Philodendron Gloriosum bisa diberi pupuk tanaman hias dedaunan cair berkualitas tinggi yang kaya akan nutrisi makro. Tanaman ini membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya yang maksimal, namun tetap jangan berlebihan dalam memupuknya.

Disarankan untuk menyirami tanaman Anda dengan pupuk sebulan sekali. Beberapa merk pupuk bisa Anda pilih, misalnya pupuk mutiara NPK (pastikan N atau nitrogennya lebih tinggi), pupuk daun Grow More, pupuk Gandasil D untuk daun, pupuk Dekastar slow release, dan lainnya.

Anda mungkin bertanya: bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman Anda membutuhkan pemupukan? Ada beberapa tanda sederhana bahwa mungkin sudah waktunya untuk memberi pupuk Philodendron Anda dan Anda dapat melihatnya dengan mudah. Berikut adalah tanda-tanda paling umum yang akan Anda amati:

– Tanaman Anda berhenti tumbuh atau tumbuh sangat lambat

– Daunnya kecil atau pucat

Pot & Repotting

Menanam tanaman Philodendron Anda dimulai dengan menemukan pot yang cocok. Pilih pot persegi panjang dengan lubang drainase, untuk mencegah tanaman Anda terendam air. Gunakan pot yang panjang dan sesempit mungkin agar tanaman menjalar Anda bisa merangkak di sepanjang tanah dengan nyaman. Jaga agar bagian atas rimpang tetap berada di atas permukaan tanah, sehingga akarnya dapat menemukan jalan ke dalam tanah.

Bagaimana Cara Memperbanyak Philodendron Gloriosum?

Jika Anda ingin memperbanyak Philodendron Gloriosum Anda, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan stek batang.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang perlu Anda ikuti agar berhasil memperbanyak Philodendron Anda:

– Langkah pertama adalah mencari bagian yang sehat untuk digunakan dalam proses propagasi. Bidik bagian yang cocok pada rimpang Anda di antara dua daun.

– Cuttingan yang akan Anda gunakan untuk perbanyakan dapat memiliki daun, tetapi juga dapat mencakup rimpang.

– Sebelum memotong bagian yang dipilih, pastikan Anda menyisakan setidaknya tiga daun yang sehat pada tanaman induk.

– Siapkan pisau tajam atau gunting kebun dan potong rimpang. Pastikan potongannya jelas dan rata.

– Gunakan kayu manis atau fungisida seperti Antracol pada cuttingan untuk melindunginya dari kemungkinan infeksi dan biarkan potongan yang baru tidak mengering selama beberapa jam. Kayu manis juga membantu menyembuhkan luka.

– Sambil menyisihkan potongan, siapkan pot. Gunakan pot panjang dan sempit dengan lubang drainase. Rekomendasi kami adalah menggunakan wadah plastik atau polybag untuk menanam stek.

– Pertama, taruh lumut lembab di dalamnya.

– Setelah beberapa jam, ambil setek dan tempatkan dengan hati-hati ke dalam lumut.

– Sungkup dengan kantong plastik untuk meningkatkan kelembapan. Langkah ini akan membantu tanaman menumbuhkan akar baru.

– Jangan lupa buka tutup atau kantong plastiknya selama beberapa menit setiap beberapa hari sekali.

– Setelah stek ditanam, Anda harus bersabar selama sekitar 2-4 minggu. Anda akan segera melihat akar baru pada stek Anda. Saat 2-3 daun pertama tumbuh, Anda dapat menempatkan potongan Anda di tempat terakhir, ke dalam pot dengan campuran media tanam porous alias gembur.

Seperti yang Anda lihat, tanaman beludru ini selalu menjadi sorotan berkat daun besarnya yang indah dan penampilannya yang seperti beludru. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari Philodendron Gloriosum Anda, ikuti tips perawatan yang disebutkan di atas agar Anda bisa menikmati kecantikan tropisnya sepanjang tahun.

Komentar