Tips Perawatan Philodendron Crassinervium yang Langka

Artikel ini ditujukan untuk semua pecinta philodendron yang ingin menambahkan tanaman yang kurang populer ke koleksinya. Philodendron Crassinervium adalah tumbuhan asli tahunan dan bahkan endemik (hanya tumbuh di sana dan tidak di tempat lain) di tenggara Brasil dan sekilas sama sekali tidak terlihat seperti philodendron klasik.

Harga Philodendron Crassinervium

Tanaman ini memiliki daun memanjang, berwarna hijau tua, berbentuk tombak dengan urat tengah besar (namanya berasal dari kata Latin Crassus berarti ‘montok’ dan Nervium berarti ‘saraf’) dan kebiasaan pertumbuhan memanjat yang dimungkinkan oleh sifat epipetrik dan akar angin yang berwarna merah saat pertama kali muncul dan menjadi cokelat seiring waktu.

Crassinervium relatif mudah dirawat seperti kebanyakan anggota keluarga Araceae (Monstera, Anthurium, Epiprenum) dan tidak memiliki persyaratan khusus kecuali kecintaannya pada kelembaban seperti yang diharapkan dari tanaman tropis.

Baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tips dan trik agar Philodrendrom Crassinervium Anda bebas masalah dan berkembang dengan baik.

Petunjuk Perawatan Tanaman Philodendron Crassinervium

Tanah

Philodendron Crassinervium lebih menyukai tanah berbasis gambut dengan drainase yang baik. Kami sarankan Anda mencampur media tanam sendiri dan menggunakan satu bagian gambut, satu bagian cacahan pakis, dan satu bagian sekam untuk aerasi maksimum dan drainase yang baik.

Kulit kayu untuk anggrek juga memberikan cengkeraman untuk akar Philodendron Crassinervium karena merupakan tanaman yang memanjat, seperti halnya anggrek yang membungkus akar di sekitar kulit kayu di dalam pot.

Jika campuran metan Anda terlalu padat, Anda dapat menambahkan sedikit arang atau pasir Maang, jika Anda merasa terlalu gembur, pertimbangkan untuk menambahkan sedikit campuran humus.

Pencahayaan

Philodendron Crassinervium menyukai cahaya tidak langsung yang terang. Ini berarti posisi terbaik untuk tanaman ini di rumah Anda adalah di suatu tempat di mana cahaya sekitar cukup tetapi tidak ada sinar matahari langsung yang mencapai daunnya.

Seperti kebanyakan Philodendron lainnya, mereka akan terbakar matahari jika dibiarkan terlalu lama di bawah sinar matahari dan akan menjadi sedih dan pucat jika tidak mendapat cukup cahaya. Jendela yang menghadap ke timur akan cocok, tetapi jendela selatan akan bagus juga jika Anda menempatkan tanaman jauh dari jendela.

Penyiraman

Philodendron Crassinervium memiliki kebutuhan air yang mirip dengan tanaman tropis lainnya yang berada di dalam ruangan. Urat daun tengahnya yang gemuk memungkinkannya bertahan sedikit lebih lama tanpa air. Selalu pastikan 5 cm bagian atas tanah kering dulu sebelum disiram lagi, jangan terlalu bersemangat dalam penyiraman.

Saat Anda melakukan penyiraman, lakukan secara menyeluruh dan dari bawah, pastikan kulit kayu dan akarnya menyerap cukup air untuk penyiraman berikutnya.

Cara lain adalah mencelupkan pot Philodendron ke dalam air selama setengah jam hingga satu jam. Sentuh bagian atas tanah, jika agak lembab maka itu sudah cukup baik. Ini berarti menyiram setiap satu hingga dua minggu tergantung pada lingkungan tempat tinggal tanaman Anda dan musimnya. Selama musim dingin (daerah empat musim) ketika tanaman tidak dalam pertumbuhan penuh, penyiraman harus dikurangi.

Tanaman ini toleran terhadap garam sehingga Anda tidak perlu memusingkan penyulingan air kecuali Anda memiliki air yang sangat sadah atau Anda melihat endapan mineral di daun dan tidak cantik secara estetika.

Suhu

Ini adalah tanaman tropis sehingga tidak mengherankan Philodendron Crassinervium tidak tahan musim dingin dan tidak akan mentolerir suhu lebih rendah dari 15 derajat Celsius. Titik suhu nyaman adalah antara 21 sampai 26 derajat Celsius pada siang hari dan 18 hingga 21 derajat Celsius pada malam hari, tetapi mereka sangat mudah beradaptasi dan biasanya tumbuh dengan baik dalam suhu ruangan yang biasa.

Pastikan untuk tidak meninggalkannya di tempat yang panas selama musim panas dan menjauhkannya dari jendela dan pintu selama musim dingin, karena Anda mungkin akan melihat daun menguning dan berguguran karena terkena shock suhu karena angin atau perubahan suhu yang tiba-tiba.

Kelembaban

Philodendron Crassinervium menyukai kelembaban tinggi. Sekitar 60% akan optimal dan jika Anda mampu menyediakannya, tanaman Anda akan mengalami pertumbuhan paling besar dan sehat. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman jika kelembapan ruangan biasa Anda tidak cukup.

Pertama dan paling murah, Anda bisa memberi Philodendron Crassinervium alas kelembapan. Ini adalah wadah atau tatakn lebar dangkal tapi cukup dalam untuk menaruh lapisan kerikil dengan air di bagian bawahnya dan Anda bisa meletakkan pot tanaman di atasnya.

Dengan cara ini air perlahan-lahan akan menguap dan meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman, sementara akarnya tidak bersentuhan dengan air sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang busuk akar.

Cara lain untuk mencapai kelembapan yang lebih tinggi adalah menggunakan humidifier yang merupakan cara paling andal, atau dengan semprotan halus yang seringkali tidak masalah, tetapi bukan pilihan terbaik karena partikel air masih cukup besar dan Anda bisa terkena masalah jamur dan penyakit lain karena itu.

Anda juga dapat menumpuk lebih banyak tanaman bersama-sama karena ini akan sedikit meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman, tetapi pastikan Anda masih memiliki sirkulasi udara yang baik di sekitarnya.

Pupuk

Philodendron Crassinervium tidak membutuhkan banyak pemupukan. Sama seperti philodendron lainnya, Anda dapat memilih pupuk cair untuk tanaman hijau dan mencairkannya menjadi setengah kekuatan dan menambahkannya setelah disiram sekali atau dua kali sebulan. Dalam musim dingin atau salju, pemupukan harus dilewatkan.

Kami tekankan “pupuklah setelah penyiraman” karena menuangkan pupuk langsung ke akar kering dapat menyebabkan akar terbakar dan merusak akar. Jika Anda lebih suka memakai pupuk organik, pembakaran akar tidak akan menjadi masalah dan Anda dapat menggunakan kompos, tepung ikan, atau vermikulit untuk memberi nutrisi Philodendron Crassinervium Anda.

Perbanyakan

Anda dapat memperbanyak Philodendron Crassinervium Anda seperti philodendron Anda yang lain. Anda bisa melakukannya dengan air dan kami akan menguraikan prosesnya di bawah ini.

Pilih batang dan daun yang sehat untuk diperbanyak, ini akan memberi tanaman baru Anda peluang terbaik untuk sukses tumbuh. Potong satu batang dengan setidaknya beberapa daun dan satu node. Poin bonus jika Anda berhasil memasukkan satu atau dua akar angin.

Masukkan potongan atau stek ini ke dalam air. Tempatkan di tempat yang hangat dan cerah dan tunggu akarnya keluar. Setelah Anda dapat melihat beberapa cm akar yang bagus, Anda dapat segera memindahkannya ke dalam pot atau, karena ini adalah tanaman langka, bersabarlah dan biarkan tanaman beradaptasi dengan tanah secara perlahan dengan menambahkan sesendok tanah. ke air setiap beberapa hari.

Ini akan membantu tanaman baru Anda terbiasa dengan lingkungan tanah yang gelap, padat, dan miskin oksigen dibandingkan dengan air, dan akan menghindari shock apa pun yang dapat Anda timbulkan pada tanaman karena buru-buru memindahkannya.

Setelah Anda mengganti air sepenuhnya dengan tanah dan akarnya tertutup seluruhnya, Anda bisa memasukkan tanaman ini ke dalam pot dengan tanah yang sudah dibasahi sebelumnya. Jangan memendam terlalu padat, pegang akarnya dengan lembut, dan letakkan di tempat yang cerah dan hangat.

Pertumbuhan

Philodendron Crassinervium adalah tumbuhan yang relatif lambat. Ini pada dasarnya adalah epipetrit dan akan menyebar di sepanjang lantai dan pepohonan dan bebatuan, jadi memberikan turus lumut untuk memanjat akan optimal. Di habitat aslinya, mereka bisa menjadi besar dan mencapai ketinggian hingga 4 meter dengan panjang daun satu meter atau lebih. Dalam kultur dan di dalam ruangan, mereka biasanya berukuran maksimal 45 cm.

Pot

Selalu berikan Philodendron Crassinervium Anda pot yang memiliki lubang drainase yang cukup. Anda dapat merepotting Philodendron Anda tergantung pada seberapa cepat pertumbuhannya, tetapi biasanya ini dilakukan setiap dua tahun.

Periksa bagian bawah pot untuk melihat apakah ada akar yang muncul dari bawah, ini tandanya Anda harus merepotting Philodendron Crassinervium Anda. Basahi terlebih dahulu tanah tempat Anda akan merepottingnya dan berhati-hatilah agar tidak merusak akar apa pun.

Toksisitas

Semua bagian Philodendron Crassinervium Anda mengandung kristal kalsium oksalat yang akan mengiritasi mulut dan kerongkongan jika tertelan atau setelah kontak dalam waktu lama. Jauhkan dari hewan peliharaan.

Bagaimana cara agar Philodendron Crassinervium Anda bebas masalah?

– Berikan Philodendron Crassinervium Anda campuran tanah yang memiliki drainase yang baik dan pot dengan lubang drainase yang cukup

– Jangan terlalu banyak menyiram dan sedikit menyirami Philodendron Crassinervium Anda lebih baik daripada berlebihan, periksa dengan jari Anda apakah 5 cm teratas tanah sudah kering.

– Simpan dalam cahaya tidak langsung yang terang

– Berikan kelembapan yang lebih tinggi dari standar

– Lakukan perawatan dengan minyak neem secara teratur untuk mencegah hama dan penyakit

Masalah umum dengan Philodendron Crassinervium

Penyakit erwinia

Ini adalah penyakit paling umum pada Philodendron. Ini adalah bakteri yang tumbuh subur di lingkungan yang panas dan lembab. Perhatikan tanda-tandanya jika Anda menanam tanaman di rumah kaca atau musim panas yang lembab akan segera dimulai.

Ketika Anda mengalami infestasi erwinia, Anda akan mencium bau amis, melihat bintik hitam berbentuk tidak teratur pada daun yang berkembang menjadi tangkai daun, dan daunnya roboh begitu saja.

Pertumbuhan daun baru juga terpengaruh dan akan tumbuh lebih kecil dan rusak dan akhirnya akan membusuk juga. Hawar dapat membunuh tanaman hanya dalam beberapa hari. Kurangi penyiraman, letakkan tanaman di ruang dingin yang berventilasi baik, potong pertumbuhan yang rusak, dan sesuaikan rutinitas pemupukan Anda karena terlalu sedikit atau terlalu banyak pupuk dapat menjadi penyebab infeksi.

Thrips

Thrips biasanya ditemukan pada Philodendron dan perlahan akan menyebabkan daun menguning dan membunuh tanaman jika diberikan waktu yang cukup. Mereka tidak mudah disingkirkan dan membutuhkan banyak perawatan.

Ini adalah serangga kecil berwarna hitam dengan penampilan panjang serta memiliki sayap sehingga mereka dapat terbang dari satu tanaman ke tanaman lain dan sering menginfeksi tanaman lain. Mereka akan berkumpul di sepanjang tanaman utama dan menghisap getah dari tanaman untuk makan.

Berikan tanaman Anda perawatan insektisida menyeluruh setiap minggu dan tindak lanjuti dengan semprotan minyak neem, kemudian amati tanaman dan ulangi perawatan sampai benar-benar hilang selama lebih dari 4 minggu.

Kutu putih

Kutu putih adalah serangga kecil berbentuk bola kapas bulat putih yang memakan getah tanaman Anda. Mereka lambat dalam pergerakannya dan tidak akan menimbulkan banyak kerusakan karena mereka cukup besar untuk terlihat lebih awal.

Keluarkan secara fisik dengan coton bud yang dicelupkan ke dalam alkohol atau semprotkan dengan pancuran yang kuat, kemudian lakukan perawatan dengan insektisida dan selesaikan dengan minyak neem. Ulangi proses ini setiap minggu jika perlu sampai hama hilang.

Tanya Jawab tentang Philodendron Crassinervium

Saya memperhatikan ada jaring laba-laba kecil di Philodendron saya tetapi saya tidak dapat menemukan laba-laba, apa yang harus saya lakukan?

Sarang laba-laba pada tanaman hias dapat disebabkan oleh serangga yang jauh lebih kecil, bukan laba-laba rumah biasa. Periksa di bawah daun dan di sekitar batang apakah ada serangga kecil seperti laba-laba putih yang disebut tungau laba-laba. Anda dapat menghilangkannya dengan insektisida dan minyak neem.

Daun Philodendron Crassinervium saya menguning. Apa yang harus saya lakukan?

Periksa tanaman apakah ada busuk akar. Jika Anda telah menyiram secara teratur, ini mungkin masalahnya. Akar harus tampak sehat dan putih hingga krem, tanpa bagian berwarna coklat tua atau hitam. Jika Anda melihat busuk akar, cuci tanaman, potong akar yang rusak, dan pindahkan Philodendron Crassinervium Anda ke dalam campuran tanah steril yang lebih baik. Kurangi penyiraman untuk sementara waktu.

Mengapa Philodendron Crassinervium saya terlihat pucat?

Cahaya yang terlalu sedikit mungkin menjadi masalah di sini. Taruh di tempat yang lebih cerah di rumah Anda dan tunggu dedaunan baru muncul. Jika dedaunan baru lebih cerah dan sehat, ini berarti Anda telah menemukan tempat yang lebih baik untuknya dan tanaman sebelumnya tidak mendapat cukup cahaya.

Kesimpulan

Philodendron Crassinervium adalah spesies Philodendron cantik yang akan menarik perhatian semua pecinta tanaman. Ini adalah Philodendron yang langka dan tidak terlihat seperti anggota philo lainnya tetapi memiliki semua kebutuhan yang sama.

Dengan memberikan cahaya terang, tidak terlalu banyak air, kelembapan lebih tinggi, drainase tanah yang baik, dan pemupukan sesekali, maka Philodendron Crassinervium Anda akan menjadi tanaman hias rumahan yang menyenangkan.

Komentar