Cara Merawat dan Memperbanyak Tanaman Hias Philodendron Plowmanii

Beberapa dari kita menyukai tanaman hias yang lebat dengan kelompok daun kecil, sementara yang lain menyukai tanaman dengan daun besar. Hari ini kita membahas salah satu Philodendron yang paling langka, XXL Plowmanii Philodendron. Tanaman ini dinamai sesuai nama mendiang ahli botani Timothy Charles Ploughman. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati bicolor besar yang menjadikannya tanaman statement.

Harga Philodendron Plowmanii

Perawatan Philodendron Plowmanii termasuk memberikan suhu hangat sedang dan cahaya tidak langsung yang terang. Tanaman ini akan tumbuh subur dalam campuran pot yang memiliki drainase yang baik. Ingatlah bahwa mereka tidak akan cocok di lingkungan yang dingin.

Daun mengkilap diwarnai dengan gradien hijau tua, hijau limau, dan kuning krem. Dedaunan bicolor adalah alasan utama popularitas tanaman ini. Ploughmanii adalah tanaman kontainer yang luar biasa dan tanaman lanskap berdaun untuk taman tropis Anda.

Tanaman ini memiliki kemiripan yang dekat dengan Philodendron Mamei. Tapi Anda bisa membedakannya berdasarkan daunnya. Mamei memiliki warna perak, sedangkan Plowmanii tidak. Perbedaan lainnya adalah bahwa Ploughmanii memiliki tepi tangkai daun yang bergelombang.

Philodendron Plowmanii termasuk dalam wilayah tropis Peru dan Ekuador. Tanaman ini bisa tetap sehat dan subur sepanjang hidupnya jika diberikan perawatan dan lingkungan yang tepat.

Perawatan Dasar Tanaman Philodendron Plowmanii

Tanah

Tanah untuk tanaman Plowmanii harus dijaga tetap lembab dengan bahan organik yang tinggi. Hindari menanamnya di tanah berpasir, berlumpur, atau basah. Anda dapat dengan mudah membuat media tanam sendiri menggunakan sekam bakar, pasir malang, dan cocopeat dengan bagian yang sama. Tambahkan kompos untuk memperbaiki nutrisi tanah. Tanaman ini lebih menyukai media tanah dengan pH tanah berkisar antara 4,5 sampai 6 yang agak asam.

Philodendron ini dapat ditanam dalam campuran media tanam aroid berkualitas baik serta media tanpa tanah seperti perlite atau sphagnum moss. Tanah dalam pot harus bisa mengalirkan kelebihan air dengan baik untuk mencegah tanah yang basah atau tergenang air. Ini akan menimbulkan banyak masalah untuk Philodendron Anda.

Air

Mengingat fakta bahwa Philodendron Plowmanii adalah tanaman yang menyukai air dan menyukai tanah yang lembab, maka ini harus sering disiram. Tanaman ini tidak tahan kekeringan; mereka membutuhkan air yang cukup untuk bertahan hidup.

Dalam kasus terburuk, penyiraman yang tidak mencukupi dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan spesies ini; Oleh karena itu, perhatikan baik-baik kebutuhan penyiramannya.

Pastikan saja tidak ada air yang berlebihan. Selalu memeriksa 5 cm teratas dari tanah sebelum menyiram Ploughmanii; ini memberikan gambaran yang lebih baik tentang apakah tanaman benar-benar membutuhkan air. Siram sekali atau dua kali di musim kemarau. Dan di musim hujan, Anda bisa mengurangi frekuensi penyiraman.

Kebutuhan penyiraman untuk tanaman hias berbeda-beda tergantung suhu dan cahaya. Tanaman yang ditempatkan dalam cahaya terang mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada yang tumbuh di bawah cahaya redup. Demikian pula, tanaman yang tumbuh pada suhu tinggi membutuhkan lebih banyak air.

Cahaya

Letakkan Philodendron Plowmanii dalam cahaya yang tersaring terang dan tanaman ini akan tumbuh dengan cepat dengan dedaunan besar yang indah. Namun spesies ini dapat dengan mudah tumbuh dalam kondisi cahaya yang lebih rendah daripada kebanyakan tanaman hias lainnya.

Ploughmanii akan bertahan di hampir semua kondisi cahaya asalkan sinar matahari tidak langsung mengenai tanaman. Sinar matahari langsung akan merusak sebagian besar tanaman hias karena daunnya akan hangus.

Di luar ruangan tanaman ini akan tumbuh dengan baik dalam naungan parsial hingga penuh. Di luar Anda dapat menggunakan kain peneduh, tirai, atau kerai tipis yang paling ideal untuk mengurangi intensitas sinar matahari. Kami sarankan menempatkan tanaman Anda di belakang tanaman besar lainnya.

Suhu

Untuk di dalam ruangan, kisaran suhu yang ideal adalah 12 hingga 31 derajat Celcius. Jika Anda hidup di daerah bersalju, bawa Philodendron Anda masuk ke dalam ruangan untuk menghindari suhu beku dan embun beku. Tanaman ini sama sekali tidak tahan suhu, suhu dingin minimum yang dapat ditoleransi adalah 12 derajat Celsius. Jadi pindahkan ke tempat yang lebih hangat saat musim dingin melanda. Jauhkan tanaman hias dari AC, kipas angin, atau radiator karena ini akan lebih cepat mengeringkan tanaman.

Kelembaban

Tanaman tropis ini tahan kelembaban, tetapi sangat menyukai kelembaban ekstra; 60% atau lebih sudah bagus. Menjaga kelembapan sangat mudah; untuk iklim yang lebih kering, Anda bisa mendapatkan humidifier dalam ruangan. Tetapi untuk lingkungan dalam ruangan rata-rata, sesekali menyemprot tanaman sudah cukup untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Mengelompokkan tanaman bersama-sama adalah metode murah lainnya untuk meningkatkan kelembapan dalam ruangan. Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, gunakan metode nampan kerikil. Tambahkan beberapa kerikil ke tatakan atau nampan dan isi dengan air. Jangan biarkan tanah menyentuh air ini. Saat air ini menguap, maka kelembaban di sekitar tanaman akan meningkat.

Tujuannya adalah untuk memastikan tanaman tidak mengering, terutama pada hari-hari yang panas dan berangin.

Pupuk

Beri nutrisi Philodendron Plowmanii dengan pupuk slow release tiga kali setiap tahun. Pupuk harus diterapkan 15 cm dari pangkal tanaman. Pemupukan tanaman ini akan mempercepat laju pertumbuhan. Setiap pupuk tanaman rumahan biasa bisa digunakan, tetapi hindari menggunakan pupuk berkualitas rendah karena dapat merusak akar dalam jangka panjang.

Repotting

Philodendron yang sehat ini memiliki sistem akar yang mapan. Ploughmanii akan tumbuh tinggi dan sehat bila akarnya dibiarkan lepas, sehingga mereka perlu dipindah pot hanya dalam tiga kasus:

– Jika tanaman tumbuh sangat lambat, mungkin akar penuh. Repot ke pot baru yang satu ukuran lebih besar agar akarnya memiliki lebih banyak ruang.

– Ketika tanaman Plowmanii telah tumbuh lebih besar dari potnya saat ini, Anda harus pindah ke pot baru yang lebih besar.

– Jika tanaman Plowmanii Anda terinfeksi penyakit atau hama yang mematikan.

Sebagian besar ahli berkebun menyarankan untuk meremajakan tanah tanaman Anda setahun sekali. Ini membantu drainase, aerasi, dan meningkatkan nutrisi. Selalu periksa sistem akar sebelum memindahkan tanaman ke pot. Akan sangat membantu jika Anda memangkas akar yang lembek atau kuning.

Pemangkasan

Philodendron Plowmanii adalah tanaman dengan perawatan rendah yang tidak membutuhkan usaha ekstra. Tanaman ini dapat dipangkas untuk menghilangkan batang dan dedaunan yang rusak atau kuning. Jika tidak, Anda tidak perlu terlalu sering memangkasnya.

Perbanyakan

Seperti Philodendron lainnya, spesies ini juga dapat diperbanyak di media yang berbeda. Dua dari metode yang paling umum dibahas di bawah ini. Tapi bersihkan alat dan perlengkapan Anda, kenakan sarung tangan pelindung. Ambil stek batang dengan hati-hati menggunakan pisau atau gunting.

Cuttingan harus setidaknya sepanjang 5 hingga 8 cm dengan satu daun di atasnya. Lebih banyak daun juga dapat diterima, tetapi Anda dapat membelah atau membuang daun dari mata tunas bawah; ini adalah tempat di mana akar baru akan muncul.

Perbanyakan dalam Air

– Isi botol / gelas kaca dengan air menyisakan ruang sekitar 2,5 cm di tepinya.

– Biarkan air mengendap selama beberapa jam sebelum digunakan untuk perbanyakan. Ini akan memastikan klorin dan kotoran lainnya mengendap. Ini juga akan menurunkan air ke suhu ruangan normal

– Tempatkan potongan di dalam botol / gelas kaca dengan merendam mata tunas ke dalam air. Daunnya harus berada di atas permukaan air.

– Penting untuk memposisikan daun sedemikian rupa sehingga tidak pernah menyentuh air. Jika tidak, mereka akan membusuk karena lembap.

– Tempatkan botol / gelas kaca di lokasi yang hangat agar cuttingan mengakar. Ganti air setiap 2 atau 3 hari.

– Botol / gelas kaca tidak boleh diletakkan di bawah sinar matahari langsung karena akan mendorong pertumbuhan alga.

– Setelah akarnya muncul, biarkan tumbuh berukuran 3 atau 5 cm sebelum memindahkannya ke tanah. Perkembangan akar biasanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu.

– Stek harus dipindahkan ke tanah sedini mungkin. Jika tidak, tanaman muda baru akan mengembangkan akar air. Ini lebih lemah dari akar tanah, sehingga tanaman mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

– Metode ini menjadi favorit banyak orang karena memungkinkan Anda untuk melihat pertumbuhan akar. Anda juga dapat memeriksa penyakit atau masalah apa pun sebelum merusak seluruh cuttingan.

Perbanyakan di Tanah

– Untuk cara ini cuttingan diletakkan pada media tanah yang mengandung lumut gambut dan perlite. Tutup pot dengan kantong plastik untuk menciptakan lingkungan rumah kaca.

– Sangat penting untuk memberikan aerasi yang tepat untuk mencegah pertumbuhan mikroba. Buatlah beberapa lubang pada kantong plastik, tetapi Anda juga harus membuka kantong setiap beberapa hari untuk sirkulasi udara dan cahaya.

– Untuk mempercepat pertumbuhan akar, Anda dapat menggunakan bubuk hormon perakaran untuk pemotongan.

– Jaga agar tanah tetap lembap dengan menyiraminya setiap kali mengering. Pot harus ditempatkan pada suhu sekitar 21 hingga 24 derajat Celsius.

– Anda dapat menarik sedikit potongan untuk memastikan keberadaan akar. Setelah 3 hingga 4 minggu, Anda dapat mentransfernya ke lokasi permanennya. Lanjutkan perawatan tanaman seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya.

Bunga

Philodendron Plowmanii jarang mekar; ketika itu terjadi, seludangnya sebagian besar berwarna kuning. Tetapi karena spesies ini sangat bervariasi, setiap percikan dapat bervariasi warnanya. Beberapa orang juga pernah melihat warna merah, ungu, atau ungu tua. Seludang ini tidak harum dan luput dari perhatian. Ploughmanii biasanya menghasilkan sekitar tiga perbungaan per axil. Tangkai yang menopang perbungaan berwarna hijau dengan semburat kemerahan.

Pertumbuhan

Laju pertumbuhan dan warna daun Philodendron Plowmanii dapat berbeda secara signifikan tergantung pada tanah, cahaya, suhu, dan faktor lainnya. Philodendron yang merayap ini memiliki batang yang tidak biasa dengan daun yang menakjubkan. Batangnya berfungsi sebagai alas, bukan penyangga daun.

Daunnya tipis, kasar, dan penampilannya bervariasi di setiap tahap pertumbuhan tanaman. Daun muda memiliki guratan perak, tetapi saat tanaman dewasa, daunnya tumbuh besar dan lebih berbentuk hati. Sisi bawah daun biasanya berwarna abu-abu, dan permukaan atasnya berwarna hijau dan kuning krem.

Tanaman Plowmanii ini dapat tumbuh hingga tinggi 20 cm dengan perawatan yang tepat, tetapi karena pertumbuhannya lambat, hal ini akan memakan waktu. Ketika ditanam di tanah kebun, tanaman ini tumbuh sangat besar dan seringkali tidak dapat dikenali dari versi pot remaja.

Masalah Umum Philodendron Ploughmanii

Kutu daun

Sering-seringlah menyiram tanaman Anda dengan air dan obati dengan sabun insektisida untuk menjauhkan kutu daun. Serangga kecil ini akan menyedot nutrisi dari tanaman Plowmanii Anda, menyebabkan dedaunan kerdil atau keriput. Mereka menempel pada batang atau daun hijau untuk memakan pertumbuhan baru.

Kutu daun dapat dengan mudah berpindah dari satu tanaman ke tanaman lainnya, menginfeksi beberapa tanaman di kebun Anda. Mereka mengeluarkan cairan yang menarik serangga dan hama lain, termasuk semut.

Cuci tanaman Anda dengan aliran air yang deras untuk membunuh kutu daun. Untuk perawatan tambahan, oleskan minyak neem dan sabun insektisida ke dedaunan yang terinfeksi. Tindakan pengendalian lainnya termasuk menggunakan perangkap lengket atau alkohol gosok. Kutu daun harus segera diobati; kalau tidak, serangan besar-besaran bisa membunuh Philodendron.

Awasi Philodendron Plowmanii Anda dan temukan hama apa pun sedini mungkin untuk mencegah kerusakan yang signifikan

Erwinia Blight

Ini adalah penyakit paling umum pada Philodendron. Jangan biarkan tanaman Anda terendam air; itu akan menyebabkan daun kuning dan pucat. Tanaman yang menderita penyakit ini akan memiliki daun tua yang terkulai dengan lesi kuning. Anda dapat menghindari penyakit ini dengan memastikan tanaman Plowmanii Anda hidup di lingkungan sedang dan dibersihkan secara teratur. Pisahkan tanaman Anda yang terinfeksi untuk menghentikan penyebaran bakteri.

Daun Menguning

Philodendron sebagian besar memiliki daun kuning saat tanaman kebanyakan air. Pastikan tanaman Plowmanii tidak terendam air atau terlalu basah setelah Anda menyiramnya. Biarkan tanah tanaman mengering dengan baik sebelum sesi penyiraman berikutnya.

Chlorosis Conundrum

Ini adalah penyebab lain daun menguning di Philodendron. Ini disebabkan oleh kekurangan magnesium. Basahi tanah dengan campuran garam Epsom. Anda bisa menyiapkannya dengan menambahkan 1 sendok teh garam Epsom atau magnesium sulfat ke dalam 1 galon air.

Suhu Dingin

Jika area di antara urat daun di Plowmanii memiliki bercak hijau tua atau coklat, Philodendron Anda menderita cedera dingin. Jangan letakkan tanaman Plowmanii di dekat kipas angin atau AC, dan jangan biarkan suhu turun di bawah 12 derajat Celsius.

Bintik Daun

Ketika daun memiliki lesi berair lingkaran kuning gelap sekitar 2,5 cm, tanaman memiliki bercak daun. Daun yang terinfeksi akan mulai berguguran. Sirami tanaman dari bawah dan simpan dalam suhu sekitar 21 derajat Celsius.

Tips Tambahan untuk Menumbuhkan Philodendron Ploughmanii

– Jika Anda bingung atau tidak memiliki akses ke media tanam yang berkualitas baik, Anda dapat menanam Plowmanii dalam 100% sphagnum moss. Tanaman Anda akan berkembang dengan gembira, asalkan kondisi lain terpenuhi.

– Di musim dingin, sirami tanaman dengan hati-hati dan hanya jika diperlukan. Karena Philodendron Plowmanii akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

– Di musim kemarau, siram tanaman secara teratur setiap 2 hari sekali. Di musim hujan, siram hanya ketika tanah kering.

– Siram tanaman setiap musim untuk menghilangkan garam atau penumpukan mineral. Gunakan sumber air yang baik untuk mencegah masalah ini.

– Jika daun mulai memiliki pinggiran berwarna coklat, tingkatkan tingkat kelembapan dalam ruangan.

Philodendron Plowmanii: Tanya Jawab

Mengapa Philodendron dianggap beracun?

Semua bagian Philodendron beracun bagi manusia dan hama karena mengandung kristal kalsium oksalat. Kristal ini bisa menyebabkan iritasi pada mulut dan kerongkongan. Selalu jauhkan spesies tanaman ini dari jangkauan hewan peliharaan atau anak-anak.

Seberapa sering Philodendron Ploughmanii harus disiram?

Frekuensi penyiraman untuk tanaman ini bervariasi tergantung pada lingkungan yang Anda pilih. Umumnya, Anda bisa menyiraminya jika setidaknya setengah dari tanahnya kering. Selalu hindari penyiraman berlebihan karena dapat membusukkan akar atau, lebih buruk, mematikan tanaman Anda.

Apakah ada cara untuk membantu tanaman Plowmanii tumbuh lebih cepat?

Bubuk kopi sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan Philodendron yang tumbuh lambat. Anda bisa mencampur kopi dengan pot tanah atau menyiapkan larutan dengan setengah bagian air dan setengah bagian kopi. Ini efektif untuk kebanyakan tanaman hias karena kopi memberikan sedikit asam dan nitrogen ke dalam pot tanah.

Berapa lama Philodendron Plowmanii berakar di air?

Rooting tanaman hias dalam air adalah metode perbanyakan yang menarik, dan akarnya akan mulai muncul dalam 10 hari hingga 3 minggu. Waktu ini akan berbeda-beda untuk setiap tanaman, bergantung pada beberapa faktor.

Apakah ada alternatif hormon rooting yang lebih murah untuk memperbanyak Philodendron Plowmanii?

Aspirin adalah salah satu produk hormon rooting terbaik untuk stek tanaman. Cukup larutkan tablet aspirin dalam segelas air dan rendam potongan Plowmanii Anda dalam larutan ini selama sekitar satu jam sebelum diperbanyak.

Bagaimana cara meningkatkan warna hijau daun Ploughmanii?

Anda dapat menggunakan garam Epsom yang tidak hanya meningkatkan warna hijau tetapi juga meningkatkan bunga.

Kesimpulan

Philodendron Plowmanii sangat menarik untuk dirawat karena tanaman tropis ini membutuhkan perawatan minimal di dalam atau di luar ruangan. Tanaman ini akan menambahkan aksen tropis yang indah ke ruang mana pun; mereka bisa ditanam sendiri sebagai bagian statement tunggal atau Anda bisa memasangkannya dengan tanaman hias lainnya. Tanaman Plowmanii juga akan memurnikan udara untuk Anda.

Komentar